Tokopedia Memenangkan Pembeli Hanya Berdasarkan Omongan

Perkenalkan, nama saya Tri Darmawan, salah satu seller di Tokopedia. Pada tanggal 7 Agustus 2023, ada pembeli saya yang melakukan komplain, nomor transaksi: INV/20230803/MPL/3381728368, dengan alasan cat tidak bisa berfungsi menutupi karat sesuai deskripsi produk. Kemudian saya melakukan penolakan retur refund, karena foto yang dilampirkan pembeli hanya berupa gambar pagar hijau.

Saya memberikan petunjuk untuk penggunaan cat tersebut adalah dengan melakukan penggosokan dulu pada cat yang lama. Namun setelah itu pembeli tetap bersikeras, bahwa cat tidak bisa menutupi karat. Kemudian saya melihat di foto pembeli ada bagian karat yang sudah dicat semprot dengan warna hitam. Saya heran, kok bisa cat yang bisa menghentikan karat dengan hasil warna hitam, tapi tidak keluar?

Dengan dasar adanya cat yang baru di bagian karat warna hitam itu, saya anggap sebenarnya pembeli ini berbohong, kalau cat sudah dipakai. Karena seharusnya cat pagar awalnya hijau, tidak ada warna hitamnya. Kemudian saya selaku seller meminta pembeli untuk melampirkan video unboxing dan penggunaan awal cat saat diaplikasikan. Karena kecurigaan saya pada adanya cat hitam yang baru disemprot di bagian yang sebelumnya pagarnya warna hijau.

Kemudian saya juga tanyakan terkait adanya cat hitam pada pagar yang harusnya warna hijau. Alangkah terkejutnya saya dengan jawaban pembeli, bahwa cat hitam itu adalah cat dari semprotan orang iseng dan beliau tidak memiliki video unboxing dan penggunaan cat di awal.

Anehnya lagi, pihak Tokopedia memenangkan pendapat pembeli, yang mana video unboxing itu bersifat opsional dan akan meneruskan saldo ke pembeli jika saya tidak membuat video dari stok baru saya, cara penggunaan catnya. Lah kok kayak gini pelayanan Tokopedia? Padahal video unboxing diperlukan sebagai salah satu syarat wajib untuk melakukan retur atau refund barang. Hal ini supaya pembeli punya bukti yang valid, bahwa barang dari paket yang pembeli terima rusak/tidak sesuai sejak dari awal penerimaan.

Saya jadi bertanya terkait profesionalitas dan kredibilitas kinerja Tokopedia, jika hanya berdasarkan omongan semua bisa dimenangkan. Padahal video unboxing itu penting, apalagi di situ ada kecurigaan saya sebagai seller karena ada cat warna hitam yang merupakan warna cat yang seharusnya dari produk saya.

Tri Darmawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Tokopedia Memenangkan Pembeli Hanya Berdasarkan Omongan

    • 11 Agustus 2023 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Ini sih buyer yang itikadnya ngak baik, dan tokped karna malas investigasi dengan baik dan prioritas memenangkan konsumen jadi mengiyakan saja. Teorinya karat itu akan terbentuk tahunan, ngak bisa dalam harian sudah jadi karat. Antara dua, anda maksa tokped dua iklasin saja, karna buyer bisa jadi saingan usaha, atau iseng, atau tipikal malas, atau ngak rela keluar duit.

      8
      0
    • 15 Agustus 2023 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Ya tokopedia ya sama aja kaya gojek sih lebih memenangkan pembeli
      Ibarat selle itu driver gojek
      Pembeli itu ya customer
      Di gojek klo customer komplen ke driver secara fitnah pun gojek akan tetep memberi sanksi kepada driver , pdhl driver sudah mnjalankam order sesuai aplikasi
      Yg lebih parah bnyak customer pesen makanan komplen makanan ga sampai ,padahal drivee udh memgantar krna gojek lebih memihak ke pada customer ya balik lagi driver yg di anggap bersalah ,akun kema suspen dan saldo driver di tarik ke customer ekek
      Ya masih 1 naungan kan gojek tokopedia wkwkwkwk dh ga heran

  • 10 Agustus 2023 - (22:37 WIB)
    Permalink

    Video unboxing aja gak ada gan,..video unboxing itu penting untuk menunjukan kebenaran produk dari seller..

  • 11 Agustus 2023 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Ini sih emang seller iseng gan, ngapain alamatnya diblur segala, alesannya aja aneh pengen uang balik, nnti yg dikirim cuman kaleng cat nya doang, isinya sudah habis…

      • 11 Agustus 2023 - (15:31 WIB)
        Permalink

        Tokopedia mah emnk gitu. Setiap ada komplain tidak pernah sekali pun seller yg benar atau menang. Sellu penjual itu pasti salah atau kalah. Saya dan kawan2 yg berjualan di tokopedia juga begitu klu pembeli komplain belum pernah sekalipun saya dan kawan2 sebagai penjual dibenarkan atau dimenangkan sekali saja. Mungkin dengan seperti ini lama2 penjual malas berjualan di tokopedia, dan pastinya sedikit saingan penjual maka harga juga akan lebih tinggi dr Marketplace lain. Dan tentunya pembeli juga tdk akan membeli lagi di tokopedia, dan akhirnya tokopedia pun tewas… Wassalam

      • 13 Agustus 2023 - (22:40 WIB)
        Permalink

        Bukan buyer iseng.tapi buyer maling dengan memamfaat kan celah tokopedia yg makin ngasal menengahin masalah…seller toped pasti udh makin malas ..p

    • 11 Agustus 2023 - (01:40 WIB)
      Permalink

      Nanti kan kalau pembeli kirim botol cat kosong, penjual bisa buktikan sewaktu menerima paket returnan dan dibuktikan dgn video unboxing kembali dan cek isi. Nah disini penjual bisa menang.

      • 11 Agustus 2023 - (07:55 WIB)
        Permalink

        Ya Gak semudah itu bos. .Cat kosong pas saya terima .Trus alasan pembeli bilang paket diterima sudah kayak gtu ..Trs jawab apa coba sebagai penjual???

        • 11 Agustus 2023 - (10:54 WIB)
          Permalink

          Tokopedia akan lebih mendukung buyer jika dari seller tidak dengan tegas membuat pernyataan syarat video unboxing baik itu di kolom deskripsi atau stiker notice di paketnya. Tapi jika sebaliknya jelas-jelas syarat video unboxing tersebut sudah ada minimal di deskripsi seharusnya itu harus dipenuhi oleh buyer sebagai syarat wajib komplain retur!

          • 11 Agustus 2023 - (12:28 WIB)
            Permalink

            Makanya pahami gan..Aturan yang dibuat toko itu tidak bisa dilakukan.semua tetap akan ke aturan tokopedia..Makanya jangan sotoi..🙂

            1
            1
  • 11 Agustus 2023 - (07:27 WIB)
    Permalink

    jadi gimana? udah ngirim video dari stok baru dan cara penggunannya belum?
    itukan yang diminta oleh Tokopedia

    • 11 Agustus 2023 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Saya mengirim link video tutorial yg ada di youtube .Bukan menggunakan stock baru saya..Memakai stock baru saya tentu akan mengurangi isi cat produk saya dan tentu tidak bisa dijual

      1
      1
    • 11 Agustus 2023 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Mau ngomong apapun sekarang ini semua ecommerce lebih memihak pembeli karena omset datangnya dari pembeli.
      Video unboxing itu merupakan OPSIONAL DAN TIDAK WAJIB. Ini di tokopedia & shopee sama model aturannya.
      Jadi ya kita penjual semakin ditekan, semakin tidak profesional pihak ecommerce, karena memang saat ini ecommerce sudah monopoli pemain besar hanya tokped shopee sisanya kecil kontribusi nya, jadi makanya mreka semakin sombong saat ini.

      • 11 Agustus 2023 - (15:29 WIB)
        Permalink

        Sudah selesai kok masalahnya akhirnya dana diteruskan ke penjual..Karena pembeli tidak mengikuti intruksi yg saya infokan sesuai link video di you tube

  • 11 Agustus 2023 - (15:01 WIB)
    Permalink

    CS Tokopedia bilang, Video Unboxing bersifat optional.
    Okelah nggak perlu video nya…
    Tapi… Tanpa video unboxing, apakah CS Tokopedia bisa menjamin ke Seller bahwa produk yang dikomplain benar2 barang yang dikirim seller?
    Bisa menjamin bahwa Buyer itu benar melakukan testing atas produk yang dikirim seller?

    CS Tokopedia kan sebagai mediator, sehrusnya paham bahwa tahap pertama yang perlu dipastikan itu adalah produk yang dikomplain adalah benar milik seller.
    Kalau seller membantah (setelah terbukti dari buyer benar), barulah minta seller untuk buktikan packing barang yang dikirim.

    Mohon manajemen Tokopedia lebih serius melihat masalah yang diputuskan oleh CS ini.
    Karena ini menyangkut kredibilitas Perusahan Anda juga di mata seller power Merchant atau non Official Store (brand manufacture).
    Transaksi Tokopedia bisa tinggi karena ada jutaan seller power merchant didalamnya.

    Perusahaan Anda juga diuntungkan karena tanpa modal barang, anda bisa langsung dapat profit-sharing sampai 4,5% dari harga Jual produk.
    Jika profit seller hanya 10% malah bisa lebih kecil nominalnya dibandingkan profit yang Anda dapat.
    Karena profit seller dari harga pokok.

    Bayangkan, kalau total transaksi Penjualan dari Power Merchant sebesar 30% saja dari total transaksi yang berjumlah 100 triliun lebih per semesternya.
    Berapa kontribusi pendapatan dari Seller Power Merchant ???
    Anda pastilah sudah tahu itu, karena bisa dilihat dari data transaksi internal ya.

    Jadi…. bertindak adil jika ada kasus seperti ini. Karena Seller itu rekan bisnis Anda.
    Buyer bisa ramai karena didalamnya banyak Seller. Seller yang berani kompetitif.. seller Power merchant.
    Kalo buyernya salah, tindak!
    Kalo Sellernya salah, juga tindak!
    Yang penting Fair!!

    • 11 Agustus 2023 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Sangat sstuju dg pendapat Anda..Tapi akhirnya dana diteruskan ke saldo saya selaku penjual karena pembeli tidak mengikuti intruksi link youtube yg saya kirim..Terimakasih semuanya🙂
      Harap berhati hati jika ada kendala seperti ini..Krena video unboxing bersifat optional..

        • 12 Agustus 2023 - (20:11 WIB)
          Permalink

          Kepada semua seller yang meminta video unboxing, seharusnya juga membuat video pengepakan produk sebelum atau saat pengiriman ke buyer dilakukan. Jangan hanya menuntut buyer untuk membuat video unboxing, sedangkan seller tidak membuat video pengepakan barang. Banyak seller menggunakan alasan tidak ada video unboxing untuk menghindari komplain. Buyer beli karena percaya kepada seller, kemudian saat komplain, buyer dimintain video unboxing yang sangat merepotkan. Tunjukkan kalau seller bersedia repot juga, baru menuntut buyer untuk repot membuat video unboxing.

          • 12 Agustus 2023 - (20:51 WIB)
            Permalink

            Makanya dibaca ya kak..Mungkin saya akan terima aja tanpa video unboxing tapi masalahnya disitu ada bekas cat yang baru disemprot..Pastilah orang juga tau kalau itu cat baru bukan iseng..Nah itulah yg membuat saya meminta video unboxingnya..Karena apa?? Ada kecurigaan saya disitu

  • 12 Agustus 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Coba buat perjanjian dengan toped klo dibuka segel GK bisa direturn. Masa sudah di pake direturn. Bilang ke admin toped jika istri atau suami lu sudah di cobain orang lu terima GK .gitu ngomongnya ke toped

    • 12 Agustus 2023 - (20:52 WIB)
      Permalink

      Gak bisa kak .Semua aturan yg dibuat seller di tokopedia itu harus sesuai kebijakan tokopedia .Tidak boleh sepihak

  • 13 Agustus 2023 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Kl lihat foto2 buyer aneh jg, dan kalau baca tulisan seller mengenai cat warna hitam, agak heran jg, Spt nya seller ga 100% paham akan produk nya (sy ga katakan totally ga paham ya 🙏) dan buyer spt nya terlalu berekspektasi lebih (tp kl lihat foto jg aneh krn seharusnya bagian karat jd hitam, bukan cat hitam yg dikatakan seller, itu cat biasa gan).
    Produk ini hanya akan berwarna hitam jika kontak dgn bagian karat sj, so bagian yg msh tertutup cat tidak akan berwarna hitam (spt foto cat hitam di foto, itu emang bnr² cat biasa)
    Spt sy katakan diatas entah apa motovasi buyer nya, spt tidak di gunakan produk nya, atau mungkin produk tidak bereaksi krn aplikasi yg salah (terlihat difoto).
    Dan seller pun tidak bnr2 paham produk nya.
    Btw, toko nya kok sering banget dpt komplen mas?? 🥲🙏🙏

  • 13 Agustus 2023 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Yang gak paham itu ente mas.Sok jadi ahli padahal asal ngomong..Itu cat harusnya jika diaplikasikan memang berwarna hitam bukan tidak ada reaksi.Noh liat dibotol dan video youtube..Bukan masalah komplain nya mas..Disini dishare supaya bagaimana seller lain yg merasa mendapat ketidak adilan berani ngomong. bukan diam padahal bener..

  • 13 Agustus 2023 - (13:03 WIB)
    Permalink

    https://youtu.be/Sx_71EpXRCE
    Monggo disimak, biar pinter…. Dikemasan jg tertulis kok masse “turn rust to black” (rust saja 😅)
    Kalau lihat respon sampean, ga heran sih tokonya banyak yg komplen, memahami tulisan pun 1/2 setengah. Coba baca berkali kali komen sy mengenai ‘tidak bereaksi”

    Fyi: tidak semua seller salah ataupun bnr, begitupun buyer, banyak kejadian krn EGO masing²!!
    Pissss bro….

    • 13 Agustus 2023 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Saya tau cat akan bewarna hitam kalau bereaksi dg karat..Makanya digambar pembeli kan ada warnanya hitamnya dibagian karatnya..Trs lo gtw aja gosokan amplasnya aja malah bikin warna karatnya kayak gosokannya..😂😂..Tapi yasudah masalah sudah selesai..
      Jadi hati hati aja bagi seller kalau jualan tanpa video unboxing ..pembeli tetap bisa menang

  • 13 Agustus 2023 - (14:16 WIB)
    Permalink

    La makanya kak diliat di gambar pembeli itu cat yg berwarna hitam itu menutupi karat.sedangkan cat awal lainnya masih hijau.hadeh percuma jelasin sama gan ini🙂..Makanya saya prlu video unboxinv supaya jelas kendalanya dimana..

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Tokopedia?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Memenangkan Pembeli Hanya Berdasarkan Omongan

oleh Tri dibaca dalam: 1 menit
31