IndiHome Membagikan Data Pribadi, Sehingga Ditagih oleh Pihak Ketiga

Pengalaman tidak menyenangkan saat menggunakan jasa IndiHome (Telkomsel) mungkin biasa terjadi, karena mereka lambat dalam melayani. Namun ternyata ada yang lebih menyebalkan, yaitu ketika data pribadi kita diberikan ke orang lain dan kita ditagih oleh pihak di luar IndiHome (Telkomsel), karena tidak membayar tagihan.

Namun tagihan ini bukanlah karena kelalaian saya membayar sebagai pelanggan. Melainkan lebih dikarenakan kelalaian CS dalam memberikan informasi yang jelas. Apakah ini legal dilakukan oleh pihak IndiHome untuk menyebarkan data pribadi saya ke orang lain tanpa seizin saya untuk melakukan penagihan?

Balik ke bulan Juni 2023 lalu, saya mengajukan cuti berlangganan hingga bulan September, karena saya akan pindah keluar Indonesia untuk sementara. Nomor ID IndiHome saya: 122706227398. Awalnya berjalan lancar, hingga pada bulan berikutnya tagihan masuk dan saya mengajukan komplain.

Ternyata komplain saya tidak diterima! Pihak IndiHome (Telkomsel) mengatakan kesalahan ada di pihak saya, yang tidak menyelesaikan prosedur cuti berlangganan hingga akhir tahap. Sebagai bukti, saya cantumkan diskusi antara saya dan IndiHome (Telkomsel), yang membuktikan kalau kelalaian ada di pihak IndiHome (Telkomsel) yang tidak jelas dalam memberikan prosedur dan bahasa yang ambigu.

Tidak berhenti di situ, mereka meminta pendataan ulang secara lengkap. Namun ternyata hal ini digunakan secara salah, dengan memberikan ke pihak ketiga untuk melakukan penagihan. Dirasa tidak profesional ya. Mereka berkata sudah mencoba menghubungi nomor yang tertera. Padahal saya sudah jelaskan, situasi saya sedang tidak di Indonesia, dan saya sudah memberikan nomor yang baru yang siap dihubungi kapan saja, meskipun perbedaan waktu 11 jam. Sebagai catatan, mereka setuju akan menghubungi ke nomor yang baru tersebut, tetapi tetap saja tidak dihubungi.

Apabila saya tanya update, mereka berkata sudah mencoba menghubungi saya, tetapi tidak diangkat. Jelas saja, karena mereka selalu menghubungi nomor lama yang tertera dan itu pun hanya 1-2 kali dari sekian lama komplain dilakukan.

Berikut saya cantumkan percakapan email antara saya dan pihak. Versi aslinya lebih panjang karena ini sudah berjalan 2 bulan tanpa hasil, tetapi sudah saya kaji lebih singkat.

Awal mula pengajuan cuti:

Bukti Telkom 01
Awal mula pengajuan cuti.

IndiHome menolak untuk mengakui kesalahan:

Bukti Telkom 02
Tagihan bulan awal masuk, Telkomsel (IndiHome) menolak mengakui kesalahan.

Pendataan ulang:

Bukti Telkom 03
Telkomsel (IndiHome) melakukan pendataan ulang.

Dihubungi orang tidak dikenal, tidak lama setelah pendataan ulang:

Bukti Telkom 04
Tiba-tiba ada pesan masuk dari orang tidak dikenal, tidak lama setelah pendataan ulang.

Isi pesan WhatsApp pihak tidak dikenal:

Isi Pesan Whatsapp :
Salah satu pesan WhatsApp dari orang tidak dikenal.

Hingga kini tidak ada kejelasan dari pihak IndiHome (Telkomsel), hanya disuruh menunggu. Tagihan dan denda tetap berjalan seperti biasa, sedangkan internet diputus. Pihak IndiHome (Telkomsel) juga enggan mengakui kelalaian mereka atas prosedur yang tidak jelas, penganuliran tagihan dan mengakui kesalahan mereka dalam membagikan data pribadi ke pihak ketiga.

Mungkin bisa dijadikan bahan bacaan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan IndiHome, yang saat ini diakuisisi Telkomsel. Selamat siang, selamat membaca.

Ong Kie
Nomor tiket pelaporan: IN166698058
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penagihan Billing oleh Pihak Ketiga”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 26 Agustus 2023 oleh Bapak Ong mengenai penagihan billing oleh pihak ketiga....
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “IndiHome Membagikan Data Pribadi, Sehingga Ditagih oleh Pihak Ketiga

    • 26 Agustus 2023 - (15:56 WIB)
      Permalink

      Sadis dan Parah amat ….
      Nagih pembayaran Indihome pakai debt collector? Padahal ketika gak bayar internet langsung off (diputus). Terus ketika pelanggan membayar mereka gak bisa mengembalikan waktu utk mundur agar pelanggan bisa pakai internet.

      13
      2
      • 27 Agustus 2023 - (09:55 WIB)
        Permalink

        Ketika telat bayar, internet langsung diputus dan dikenakan denda keterlambatan. Tetapi ketika internet dari mereka yg bermasalah, tidak ada kompensasi. Sekarang ditambah ada payment collector yg siap nagih.

        14
        1
    • 27 Agustus 2023 - (01:44 WIB)
      Permalink

      ISP rasa kartu kredit..
      Padahal kasus ini mereka yang perpanjang hingga ngaret 2 bulan tagihannya..

      4
      1
      • 28 Agustus 2023 - (08:16 WIB)
        Permalink

        Makanya sampai skrg saya ngak mau pakai indihome dan sebangsanya, karna telat bayar langsung putus, ada masalah ngak ada kompensasi karna lama perbaikan

    • 29 Agustus 2023 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Waktu masih zamannya speedy, saya ditagih oleh kantor pengacara. Makanya kapok berhubungan pake BUMN.

  • 26 Agustus 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    nagih utang pake pihak 3 ya biasa, drpd gaji pegawai sendiri cuma buat nagih utang mending lelang ke vendor. kalo ada salah tinggal buang body ke vendor kan buat pegawai dia, wkwkwk..

    1
    2
    • 27 Agustus 2023 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Tinggal lepas tanggung jawab, cuci tangan dikasih ke vendor. Pas dikomplain kenapa data pribadi dikasih ternyata mereka seolah olah gak tahu menahu.

      4
      1
    • 29 Agustus 2023 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Dari dulu memang begitu plat merah satu ini, saya saja minta berhenti berlangganan di plaza aja ribet. Baru bayar tagihan trs besoknya lgsung ke plaza. minta berhenti langganan, tp disuruh bayar tagihan yg ibaratnya belum dipake. Klo cuma biaya adm dll si ga masalah. Intinya stop langganan plat merah satu ini deh sblm terlambat.
      Note : saya berhenti berlangganan karena hampir setiap 1 atau 2 bulan sekali tagihan naik tanpa ada pemberitahuan. Dan satu lagi, data kita jg dijual ke pihak ke 3, darimana saya tahu, karena nomor yang saya gunakan untuk berlangganan plat merah ini, tidak pernah saya daftarkan di platform apapun, tp semenjak didaftarkan ke plat merah ini ada aja tawaran kartu kredit dll.

  • 26 Agustus 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Sistem umum, tunggakan diberikan ke pihak ketiga. Sistemnya komisi, buat efisiensi perusahaan

    4
    1
  • 26 Agustus 2023 - (17:07 WIB)
    Permalink

    Kenapa tidak via call center 147 bisa diproses cepat saat itu juga? Klo via email bukannya lama nunggu dibalasnya

    4
    3
    • 27 Agustus 2023 - (09:50 WIB)
      Permalink

      Maunya juga begitu, tapi sedang tidak bisa telepon 147 karena tidak di Indonesia. Lalu yang jadi permasalahan karena mereka sudah setuju untuk di cutikan, tidak ada arahan untuk proses berikutnya, tiba tiba tagihan datang.

      3
      2
      • 27 Agustus 2023 - (10:47 WIB)
        Permalink

        Saya kira pengajuannya saat masih di indo karena paragraf ke 3 ditulis “Saya AKAN pindah ke luar Indonesia”

        3
        1
  • 26 Agustus 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Emangnya udah telat berbulan -bulan ya kok pakai DC? Sebegitu parahnya kah pelayanan Indihome???

    5
    1
    • 27 Agustus 2023 - (01:48 WIB)
      Permalink

      2 bulan, namun itupun karena di ulur ulur sendiri sama mereka.
      Setiap ditanya update, mereka bilang sedang di proses tiketnya.

      3
      1
  • 26 Agustus 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    saran saya kalo berhubungan soal ngurus tagihan, isolir, berhenti langganan, dll langsung dateng ke plasa telkom aja.. (sekarang kayanya dah dialihkan ke grapari).. lebih jelas penanganannya…

    2
    4
    • 27 Agustus 2023 - (06:03 WIB)
      Permalink

      Nah ini baru bener, atau via online bisa juga sih asal dapet nomer isolirnya.. sepertinya komunikasi email sedikit kurang yaitu penegasan isolir nya di setujui atau ngak dg nomer persetujuan, tapi paling aman sih gapari, btw dalam 2 bln tsb ada pemakaian internetnya gak (khawatirnya sapa tau ada bocor juga) kalo tdk ada bisa sekalian jadi bukti kalo memang di saat itu tdk ada pemakaian.
      Ini 50:50 sih sebenernya IMHO

      1
      1
      • 27 Agustus 2023 - (09:47 WIB)
        Permalink

        Untuk pemakaian kuota dipastikan tidak ada, karena saya sedang tidak di Indonesia. Jadi misalnya via telepon akan tidak efisien rasanya telepon interlokal, terelebih nada tunggu 147 itu lama biasanya dan akan mahal.

        Trus misalnya 50:50 itu rasanya kurang pas, karena konteksnya itu diawal mereka sudah setuju untuk dicutikan, namun tiba tiba tagihan datang dan data pribadinya disebar sehingga dikontak oleh payment kolektor.

        2
        1
    • 27 Agustus 2023 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Maunya juga begitu, tapi situasinya engga memungkinkan saya untuk langsung ke Graparinya atau telepon 147, karena sedang tidak di Indonesia, dan dirumah juga tidak ada siapa siapa untuk mengurusi ini.

      1
      1
    • 27 Agustus 2023 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Untuk pemakaian kuota dipastikan tidak ada, karena saya sedang tidak di Indonesia.

      1
      1
  • 27 Agustus 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Beginilah nasib indihome semenjak di akusisi Telkomsel, orang2 lamanya pada dibuang itu juga diganti orang2 baru dari Telkomsel yg belum tau apa2 tentang indihome

    1
    1
  • 27 Agustus 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Tetap saja selalu konsumen yg dirugikan. Dan rata2 jadinya menerima saja kerugian itu, biasa karakter orang kita nggak mau ribet, rame bertengkar dg pihak lain dan ikhlasnya juga nrimonya orang kita diatas rata-rata

  • 27 Agustus 2023 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Saran saya dengan kondisi bapak sedang tidak di Indonesia, bisa mungkin minta bantu yg lagi di Indonesia sebagai perwakilan. saya g tau jelas kronologisnya, kalau logika sih, kalo menunggak biaya internet biasanya diputus koneksinya, kecuali ada kontrak perjanjian, kalau masalah penagihan mungkin sudah hal umum di arahkan ke pihak ke 3, karna perusahaan juga punya waktu dan juga karyawan yang terbatas.

    kalau data yang di berikan pihak Telkomsel tidak sesuai dengan pihak ke 3 lebih baik SKIP saja pak.

    semoga cepat selesai pak untuk urusannya.

    1
    1
  • 27 Agustus 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Saran saya mulai sekarang mari kita tinggalkan indihome dan beralih ke provider lain yang gak pernah ada masalah, karena indihome sekarang semakin hari semakin nambah masalah.

    4
    1
    • 28 Agustus 2023 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Pengalaman Saya kalau indihome Bukan cuti namanya, tetapi migrasi ke Prabayar. Kita telp ke 147 Minta migrasi ke Prabayar sekaligus Minta di terbitkan tagihan sampai tanggal Hari ini atau beberapa Hari kedepan sesuai kesepakatan.

      • 29 Agustus 2023 - (10:19 WIB)
        Permalink

        Nah, ini saya konfirmasi dulu sebelumnya ke pihak telkomsel/Indihome. Apakah bisa cuti? Lalu mereka mengiyakan dan memprosesnya.

        • 30 September 2023 - (19:26 WIB)
          Permalink

          Kalau pengajuan ini itu bagus ya datang ke kantor langsung, jadi langsung di handle ole csr, karena ada berkas yg harus dilengkapi (namanya paperless). Kalau papperless ini gak selesai, tahapan bisa gagal, paperless ini harus ini harus di input oleh pelanggan sendiri via email yg dikirim, dan kalau mengajukan isolir sementara, tagihan harus sudah lunas. Kalau pun tagihan sudah lunas, bukan depan itu hitungannya prorata, kalau pengajuan di awal bulan, mungkin prorata yg muncul gak terlalu besar, tapi kalau di akhir bulan ya bulan depan pasti tagihannya tetap muncul besar. di Indihome itu berlangganan paket, walaupun gak dipakai sama sekali oleh pelanggan, tapi tidak ada pengajuan resmi ya tagihan tetap jalan. Kalau case diatas sepertinya masalah pemberkasan yg kurang. Kalau pihak ke-3, setau saya memang ada pihak penagihan dr indihome yg datang menagih kerumah, cuma karena bapak ini lokasinya diluar negeri, makanya di hub via WA.

  • 27 Agustus 2023 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Setelah ajuin cuti langganan di email, apakah modem langsung di matikan turn off ?
    Jika tidak, tagihan terus berjalan karena isolir butuh waktu prosesnya.

    Ada biaya isolir yang harus di bayarkan oleh Pelanggan selama masa isolir perbulannya.

    Waktu itu email tgl 20 Juni, sebelum ajuin cuti langganan, apakah sudah di bayar tagihan untuk Bulan Mei dan Juni ?

    Terlihat di tagihan debt collector ada 2x tagihan yang belum di bayar @ 349.650 rupiah dan 2x biaya isolir @ 22.200 rupiah

    Ya ini belum selesai proses isolirnya. Seharusnya setelah ajuin cuti langganan, langsung cek tagihan indihome, jika ada tagihan, langsung dibayarkan pada saat itu juga, untuk proses kelancaran isolir, setelah tagihan lunas, konfirmasi, datang langsung ke kantor Telkom untuk konfirmasi isolir.

    Itu sepertinya tagihan belum di bayarkan di N-1 jadi proses isolir terganggu.

    • 29 Agustus 2023 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Halo untuk prosesnya, saya sudah ajukan cuti, lalu bayar untuk bulan sebelumnya jadi tidak ada tagihan.

      Untuk modem, seharusnya bukan masalah karena dari pusat bisa dimatikan, namun seperti yang saya tulis di email, mereka sudah menyetujui untuk cuti dan tidak ada arahan berikutnya, tiba tiba tagihan datang dan mereka bilang prosesnya belum selesai tanpa memberi tahu arahan di email sebelumnya.

      • 30 September 2023 - (19:32 WIB)
        Permalink

        Nah disini salahnya pak. Pemakaian indihome itu bukan dari tanggal 20 ke 20. 20 itu cuma tanggal jatuh tempo untuk pembayaran bulan kemarin. Sepertinya bapak belum melakukan pembayaran di bulan juni saat pengajuan isolir sementara, di tambah lagi permintaan isolir sementara di tanggal 20 juni, jika tgl 21 juni blm bayar, maka status isolir, dan jika sudah isolir maka mau diajukan isolir sementara tdk bisa, karena akun sudah terisolir akibat belum melakukan pembayaran, karena tdk berhasil di isolir maka bulan juli muncul lagi tagihan full.

  • 27 Agustus 2023 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Semua urusan yg bikin pemasukan mereka berkurang pasti dipersulit. Apalagi diurus dari luar negeri, kesempatan mereka bikin masalah tambah ribet dan kusut

  • 28 Agustus 2023 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Awalnya mau jadi pelanggan indiehome tapi kalau sistemnya begini ngeri juga ya sampai pakai debt collector.
    Nggak jadilah, takut….

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel IndiHome?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

IndiHome Membagikan Data Pribadi, Sehingga Ditagih oleh Pihak Ketiga

oleh Herman dibaca dalam: 2 menit
40