Kecewa dan Dirugikan oleh Tokopedia

Saya membeli 2 produk di toko NFAR Elektronik, yakni dashcam dan micro SD card VGen 32 GB, dengan nominal Rp228 ribu (bukti terlampir). Akan tetapi produk dashcam tidak berfungsi, dan saya meminta retur 2 barang tersebut.

Setelah proses retur terjadi, saya mengembalikan 2 produk tersebut ke penjual. Namun uang saya hanya dikembalikan sebesar Rp149 ribu (untuk 1 produk dashcam). Jadi saya dirugikan sebesar Rp79 ribu (1 produk micro SD card VGen 32 GB). Kesalahan terjadi pada Tokopedia Care, dan saya sudah chat dengan Tokopedia Care, tapi tidak ada respons.

Beginikah cara kerja aplikasi Tokopedia dalam proses klaim barang yang rusak atau tidak berfungsi? Terus terang saya sangat kecewa dengan Tokopedia, karena merugikan konsumen dan membuat konsumen kecewa.

Bukti-bukti terlampir:

Sebastianus Daniel Wijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Kecewa dan Dirugikan oleh Tokopedia

  • 27 Agustus 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    di sacreenshot ada komplain beli 2 barang yg dikirim hanya 1 barang yaitu microsd, yang dashcam tidak dikirim.. dashcam nya tidak dikirim atau rusak?

    • 27 Agustus 2023 - (12:09 WIB)
      Permalink

      Dikirim lewat aplikasi Lazada, dropshiper.
      Jadi dashcam bukan dari penjual, kebetulan dashcam tidak berfungsi. Jadi saya retur. Begitu kejadiannya pak bos.

  • 27 Agustus 2023 - (13:31 WIB)
    Permalink

    jadi beli nya via tokped, kemudian returnya via lazada karena si seller di tokped itu seorang calo/dropshipper, gitu ya?

    • 27 Agustus 2023 - (15:41 WIB)
      Permalink

      Beli via tokped, tapi penjual itu calo, jadi kirim sdcard via tokped dan dashcam via lazada, dropshiper, harga barang pun 110 rb, free ongkir.

  • 27 Agustus 2023 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Dashcam nya bukan dari penjual ? Jadi penjual nya itu dropshiper ? Bayar ongkir dnk si penjual nya ?Terpisah dnk pas paket itu nyampe ?
    Terus pas nyampe semua hanya 1produk aja yang berfungsi dan 1produk lg dashcam tdk berfungsi ? Jika beli 2 produk dan 1rusak dan 1lagi baik2 aja, maka yang di kembalikan uang ny adalah produk yang rusak dnk, kenapa produk yang baik harus ngikut di kembalikan? Kan anda beli memory vgen, udh sampai dan sesuai, apa alesan anda untuk balikin ? Toh jika nanti anda beli dashcam di tmpt lain, pasti jg butuh memory

    • 27 Agustus 2023 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Dashcam tidak berfungsi dan sdcard tidak bisa dicoba, saya takut sdcard pun ga bisa digunakan, jadi saya mau retur 2 barang tersebut, di permintaan awal saya, bisa dilihat discreen shot. Tapi uang hanya dikembalikan yg dashcam, sedang saya retur 2 item barang tersebut. Demikian alasan saya, terima kasih.

      • 28 Agustus 2023 - (17:29 WIB)
        Permalink

        SDCARD tidak bisa di coba bukan berarti tidak berfungsi dan tidak sesuai pesanan kan ?
        Masalah anda mao coba bisa dimana aja
        Di HP bisa
        Di kamera action juga bisa
        Di smart cctv juga bisa

        Jika beli 2produk dan hanya 1 yang rusak tetapi meminta di kembalikan semua,
        Saya rasa itu tidak fair karena yang 1lagi anda belum test sama sekali
        Apa harus di pusingin juga jika anda tidak bisa coba / tdk tau harus coba dimana ssd nya ?
        Atau jika ga tau ssd card bs di pake dimana aja, mungkin bs cari tau lewat mbah google 🙂

  • 27 Agustus 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Benar dashcam dari toko lain di lazada, jadi penjual dropshipper, nyari yg free ongkir penjualnya, iya terpisah paketnya, saat sampai sdcard belum saya buka, masih tersegel, dan saya retur pun masih tersegel. Jadi sdcardnya saya pun ga tau berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk amannya, semua produk seller, saya retur. Itulah alasannya pak bos

  • 27 Agustus 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    keknya masalahnya pas dibalikinnya via lazada deh. si dropshipnya cuma ngaku dashcamnya aja. sedangkan yg memory card nya itu dia gak ngaku terima sama si tokped. bisa jadi seperti itu, jd si tokped ngedetek bahwa yg diretur itu dashcamnya doang.

    • 28 Agustus 2023 - (06:21 WIB)
      Permalink

      Si penjual tidak jujur kak, karena ditanya admin tokped, dia bilang terima cuma dashcam. Padahal saya kirim 2 item barang, untung saya foto, sebelum packing.

  • 27 Agustus 2023 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Adm yg menolak retur vgen karna alasan Anda kan hanya dascam yg rusak kecuali sdh ditest vgen rusak juga dlm hal ini Anda tdk mengikuti instruksi dr Adm tp langsung retur ke alamat dascam ?

    • 28 Agustus 2023 - (06:20 WIB)
      Permalink

      Iy kakak, cek vgennya gunakan apa ? Dashcam saja rusak, jadi saya tidak memerlukan itu sdcard, kecuali dashcam berfungsi dan disuruh input memory card.

  • 27 Agustus 2023 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Bukan salah toped jg, selektip jd pembeli, jangan asal murah, komentar/ulasan pembeli lain jg diperhatikan ya pd produk yg mau di cekout,

    • 28 Agustus 2023 - (06:17 WIB)
      Permalink

      Iy, kakak. Saya sudah comment di terima barangnya dan sudah saya berikan bintang 1, biar jangan ada pembeli lain yang tertipu.

  • 27 Agustus 2023 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Lah ini sih ada kesalahan di pembelinya juga, jelas tokped itu bakal ganti barang yg rusak atau tidak sesuai pesanan ketika diterima. Tapi kan yg rusak dsini cuma dashcam nya sementara memorinya ga ada masalah, jadi seharusnya ya yg di retur itu cuma dashcam buat diganti barang baru atau uangnya di kembalikan. Klo situ retur memorinya juga ya salah ente, karena mungkin mereka nganggep memori ga ada masalah jadi ga di retur dan kepikiran untuk diganti juga. Cobalah sering baca peraturan atau deskripsi biar jadi buyer cermat.

  • 28 Agustus 2023 - (05:48 WIB)
    Permalink

    kalau pesan lebih dr 1 barang pas mau komplain … harus di check list barang barang yg di Complain…
    kalau yg di check list cuman Dashcam, walaupun masukan komplain Vgen, gk bakalan dianggap, coba check lagi di riwayat transaksi yg dikomplain

  • 28 Agustus 2023 - (10:51 WIB)
    Permalink

    wuanjirr, beli dashcam murah amat 149rb. wajar aja kalo barangnya bermasalah (baca: murahan), mending mahal dikit gpp yg penting awet ampe bertahun2. merk xiaomi dashcam sy dari tahun 2016-2017, sampe skrg msh awet aja. mobil jg sering kejemur, ga ada masalah

  • 28 Agustus 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Iy, kakak, beli dashcam ini katanya bisa connect di head unit android. Ga taunya boong, efek kemurahan mungkin…

    • 29 Agustus 2023 - (06:19 WIB)
      Permalink

      Merasa di rugikan 80 ribu aja berkoar koar. Meskipun akhirnya semuanya dikembalikan. Gue yang baca kronologisnya aja ribet amat. Sering gue belanja online ditipu/barang gak sesuai, biasa aja, komplain gak perlu sampai berkoar koar apalagi menyalahkan marketplacenya. Tokped disini cuma mediasi, yang salah penjualnya, kenapa jadi menyalahkan tokpednya? Sudah mencemarkan nama baik, posting di area publik, elo minta maaf gak ke tokpednya?

  • 28 Agustus 2023 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Kasus sudah selesai, tokopedia care sudah kembalikan dana saya sebesar Rp 77.131,-
    Case closed.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Kecewa dan Dirugikan oleh Tokopedia

oleh Sebastianus Daniel Wijaya dibaca dalam: <1 menit
22