NIK Saya Digunakan oleh Pelanggan Telkomsel Lain

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah menyampaikan keluhan saya ke pihak Telkomsel. Semoga dibaca dan bisa diselesaikan oleh mereka.

Perkenalkan saya pengguna Telkomsel dengan dua nomor, yakni Prabayar dan Halo dengan prefix 0853 dan 0811. Ketika saya ingin mendaftarkan nomor Telkomsel yang baru, muncul pemberitahuan bahwa NIK saya telah digunakan oleh 3 nomor prabayar. Saya kaget, karena saya hanya menggunakan 2 nomor saja.

Bisa dilihat pada gambar, ada dua nomor berawalan 0822 yang saya tidak tahu siapa pemiliknya.

Saya sudah coba melapor ke cs 188 maupun layanan e-care Telkomsel via Instagram, jawabannya sama saya diarahkan ke Grapari. Kendala saya adalah lokasi Grapari yang jauh (1 jam perjalanan) dan cukup menyita waktu kantor apabila saya harus ke sana.

Agak aneh juga saya melihat kejadian ini, yang menerbitkan nomor Telkomsel, tapi ketika ada pemilik NIK sebenarnya minta hapus data registrasi pada nomor yang tidak diketahui malah tidak bisa.

 

Saya berharap Telkomsel bisa menghapus dua nomor yang berawalan 0822 tersebut. Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memfasilitasi saya dalam masalah ini.

Ahmad Arif
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “NIK Saya Digunakan oleh Pelanggan Telkomsel Lain”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 5 September 2023 oleh Bapak Ahmad Arif mengenai NIK yang digunakan oleh...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “NIK Saya Digunakan oleh Pelanggan Telkomsel Lain

  • 5 September 2023 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Dulu saya juga pernah kejadian serupa. Ikutin aja langkahnya, datang ke Grapari, bawa ktp & kk. Itu untuk validasi data aja. Prosesnya mudah dan cepat. Harusnya selesai dalam 1 hari. Berhubung grapari jauh, mungkin bisa luangkan waktu dari jauh hari atau cuti. Semoga masalah ts terselesaikan.

    12
    1
    • 5 September 2023 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Ikutin saja arahannya untuk ke grapari dan bilang hapus untuk no yg anda tidak kenal.kalau anda berharap di MK juga gk logis gimana cara verifikasi nik anda main asal hapus itu no.kadang yg kompelen di MK aneh2 aja.

      • 14 September 2023 - (09:20 WIB)
        Permalink

        Biasanya konter² hp kecil² suka daftarin kartu perdana pelanggannya dg nik seadanya, entahlah nik siapa yang dipakai…🤭🤭🤭

    • 6 September 2023 - (20:02 WIB)
      Permalink

      Anda yang dirugikan, kenapa anda yg harus repot ke GraPARI sampai menempuh 1 jam ya? Padahal sejarang semua bisa online… Seharusnya cust care Telkomsel bisa melayani anda secara online. Dokumen KK dan KTP kan bisa ditunjukkan secara online dan juga bisa uploada juga…

  • 5 September 2023 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Cari Plasa Telkom terdekat pak, sekarang bisa pelanggan Telkomsel ke Plasa Telkom sejak merger.

    2
    1
  • 5 September 2023 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Melihat nomor yg berurut kemungkinan itu data dirinya dipakai orang lain daftar utk kepentingannya sendiri, yaa taulah gmn intansi lever terbawah sampai tertinggi sekalipun ngelola data diri kita, bisa bocor sana sini… kalau menurut sya memang harus ke GraPARI utk memastikan bahwa memang anda pemilik identitas.

    2
    1
    • 5 September 2023 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Kata telkempret maksimal hanya 3 nomor. Tapi faktanya nik angota keluarga saya pernah dipakai unt daftar puluhan nomor berurutan. Mirip kayak nomor spam tukang tipu,judol dan spam lainya. Mereka yg buat aturan mereka juga yg melangar, giliran kita komplain disuruh datang kekantornya. Sungguh tidak bertangoeng jawab memang telkmapret ini.

      13
    • 5 September 2023 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Ikutin saja arahannya untuk ke grapari dan bilang hapus untuk no yg anda tidak kenal.kalau anda berharap di MK juga gk logis gimana cara verifikasi nik anda main asal hapus itu no.kadang yg kompelen di MK aneh2 aja.

      2
      1
  • 5 September 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    inilah ketidakefektifan registrasi nomor prabayar di Indonesia. Tidak ada verifikasi apakah betul pendaftar memakai identitas aslinya. Cukup tau no KTP, KK, beres. Dah tau kan di negara ini data dijualbelikan, tidak ada hal yg privasi lagi. Dulu SMS penipuan merajalela, sampe skrg. Sekarang WA penipuan bergerilya. Tidak ada manfaat dari registrasi nomor via sms/dial. Seharusnya pemerintah mewajibkan meregistrasikan nomor harus tatap muka (verifikasi muka) di gerai operator. Awalnya pasti ribet, tp di akhir pasti enak. itupun masih ada celah tp setidaknya dapat diminimalisir penyalahgunaan data.

    13
    • 5 September 2023 - (20:30 WIB)
      Permalink

      Seingat saya dulu sempet diimplementasikan seperti itu, tapi konter pulsa pinggir jalan pada demo. Katanya matiin rejeki mereka.
      Susah kalau urusan perut mah.

  • 5 September 2023 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Data saya pernah berubah sendiri bahkan sampai dua kali berubah. Dua kali pula saya harus datang ke grapari dan menunjukkan ktp. Saat saya tanya data apa yang beda dengan ktp, CS nya tidak mau menjawab…

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

NIK Saya Digunakan oleh Pelanggan Telkomsel Lain

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
12