Kecurangan Tokopedia Mengubah Keterangan Invoice Pembelian

Pada tanggal 10 Oktober 2023, saya melakukan pembelian barang di  Tokopedia, dengan menggunakan kupon cashback. Pada invoice tertera jelas saya menggunakan kupon cashback 50 persen, dengan maksimal cashback Rp100 ribu. Bukti invoice terlampir, tertera jelas bahwa pembelian menggunakan kupon cashback. Invoice ini saya download sebelum invoice-nya berubah.

Invoice barang telah menggunakan kupon cashback .
Pembelian telah menggunakan kupon cashback

Namun setelah diklik pesanan diterima, invoice berubah menjadi tidak menggunakan kupon cashback. Di sini seolah-olah pelanggan tidak menggunakan kupon cashback.

invoice berubah tidak menggunakan kupon cashback
Invoice berubah seolah-olah tidak menggunakan kupon cashback.

Setelah melakukan klik solusi cepat di aplikasi Tokopedia, seolah-olah saya tidak melakukan apply kupon cashback.

Seolah-olah saya tidak melakukan apply kupon.
Seolah-olah saya tidak melakukan apply kupon.

Sepertinya Tokopedia melakukan tersebut, agar ketika pelanggan ikut promosi tapi cashback tidak dikreditkan, maka pelanggan akan menyadari seolah-olah lupa melakukan apply kupon. Padahal sebelumnya telah melakukan apply. Tokopedia pun sengaja menghilangkan  keterangan kupon yang dipakai, agar tidak dikomplain oleh pelanggan. Jadi harap hati-hati jika ingin transaksi di Tokopedia ketika menggunakan kupon cashback.

Muhammad Zaki
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

44 komentar untuk “Kecurangan Tokopedia Mengubah Keterangan Invoice Pembelian

  • 16 Oktober 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    Murni system glitch paling. Alias pas checkout itu lg ngaco, kupon bisa diapply pdhl pembyran Mandiri VA. Logika nya selama sy belanja, cashback gopay ngga mgkn didapatkan melalui pembayaran selaen gopay (kecuali mgkn pas program bank berjalan. Normalnya checkout dgn gopay coins sebagian aja (dibarengi gopay) suka mengurangi jmlh cashback yg akan diterima. Kecuali kamu saat itu memang pake kupon cashback kupon program Mandiri khusus, ya ngga tau deh.

    5
    5
    • 16 Oktober 2023 - (15:47 WIB)
      Permalink

      Ini event promo umum 1010 pembayaran bebas mau pakai va atau gopay atau pembayaran lainnya. bukan glitch emang sengaja seperti itu. Tidak akan menempel jika memang hanya bisa pembayaran menggunakan gopay. Syaa lihat di grup promo lain pun ada kasus sama yang keterangan cashbacknya menghilang juga setelah klik terima sehingga cashbacj tidak cair. itu sengaja toped lakukan agar tidak terkena komplain pelanggan ,licik juga tokopedia.

      • 17 Oktober 2023 - (11:48 WIB)
        Permalink

        diprank. saya juga diprank seharusnya di promo 10.10 saya dapat casback 100.50 dan 20 di waktu sudah cekhout sudah tertera dan waktu barang diterima tidak ada. invoice tokped ga sesuai. mending di shopee atau blibli nyata itu ada

      • 18 Oktober 2023 - (22:48 WIB)
        Permalink

        Hai, saya juga pakai promo tersebut bahkan saya menggunakan yg promo CB toped 2x dlm satu akun yg CO pertama apply CB 50% 100rb dan CO kedua apply CB 100% 50rb itu smua cair disaat barang pesanan selesai. Mungkin akun ananda terdeteksi dublikasi data yg sama atau transaksi berulang atau system pada saat CO dan pembayaran lgi problem.

    • 16 Oktober 2023 - (15:52 WIB)
      Permalink

      seharusnya apa yang tercetak di invoice seharusnya sudah bersifat final

      kalau konteks nya soal payment menggunakan gopay coin, nanti di invoice juga akan mengikuti kok

      coba aja kakak cek dahulu
      saat mengapply promo trus pembayaran via gopay coin, ntar ada notifikasi kalau cashback nya akan disesuaikan dengan nominal akhir tagihan

      baru kakak bisa payment
      abis payment lunas, baru terbitlah invoice

      apabila melanggar ketentuan promo tersebut, seharusnya transaksi dibatalkan atas dasar transaksi yang mencurigakan

      2
      4
      • 16 Oktober 2023 - (16:19 WIB)
        Permalink

        Ya kak kris kalau dahulu cb cair atau tidak cair setelah pembayaran invoice akan final tidak berubah namun saat ini sudah berubah cashback tidak cair akan update invoice seolah olah tidak memakai kupon cashback. Saya tidak menggunakan gopay coin karena tau akan tidak bisa pakai kupon cb / prorata sih. Fyi saja kejadian ini bukan saya saja yang mengalami tadi saya cek di medkom lain juga ada yang serupa kejadian setelah mengklik tombol selesai.Pasti ini dilakukan tokopedia agar terhindar dari komplain sih. Agal licik emang tokopedia sekarang ,setuju sih lebih baik batal diawal jika emang dicurigai / di fitnah melanggar.

        • 17 Oktober 2023 - (11:23 WIB)
          Permalink

          Ini adik sy kmaren baru mengalami ada 2 invoice yg ga dpt. Akirnya komplennn trus ke live chat sama di tw*ter akirnya dpt

          • 17 Oktober 2023 - (11:27 WIB)
            Permalink

            Terimakasih telah berkunjung ke keluhan ini. Terimakasih telah memvalidasi bahwa benar kejadian ini adalah bukan kelalaian pelanggan karena tidak melakukan apply kupon / kuota kupon habis/ glitch. Semakin yakin bahwa ini merupakan fitur update invoice yang memang ada baru saat ini.

    • 17 Oktober 2023 - (14:50 WIB)
      Permalink

      Pernah jg saya kejadian persis kek gini sekitar 2 tahun yg lalu di toped, invoice berubah & gak dapat CB pas pesanan diterima. Kenapa ? Karena sy pake promo di 2 device & itu melanggar peraturan toped. Oh ya itu 2 devicenya udh beda akun & no hp ya, dukun emang si toped 😂

      1
      1
    • 18 Oktober 2023 - (07:16 WIB)
      Permalink

      Waduh tokped rese jg ya ni,ahh besok2 ikutin TS nya deh sblm klik terima download dl invoicenya biar bisa komplain. Makasi TS masalahnya jd pembelajaran buat saya 😁

  • 16 Oktober 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Nunggu ada yang komentar sistem toped tidak pernah salah, algoritma sensitif, canggih dan seakan sistem itu tidak pernah salah. kok belum muncul ya??

    3
    1
  • 16 Oktober 2023 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Terimakasih mediakonsumen telah memuat keluhan pelanggan.Pada tanggal 16 oktober 2023 jam 16:24 wib telah dibalas oleh cs tokopedia bahwa benefit promo saya telah diteruskan. sampai sini masalah telah selesai.
    Sekali lagi saya ucapka terimakasih untuk mediakonsumen sebagai wadah keluhan daring yang handal.

    • 16 Oktober 2023 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Rupanya toped hrs dikomplen dulu baru dapat cashback.. parah nih toped.. klw nggak niat ksh cashback lbh baik nggak usah promo2 kupon cashbacklah.. jgn konsumen udh pakai kupon cashback malah sepihak diubah gitu invoicenya..

      • 17 Oktober 2023 - (03:21 WIB)
        Permalink

        Kekurangan laporan untuk hal ini, jika hanya screenshot ya gini.. cs susah untuk percaya.
        coba Record (rekam layar) saat cekoutnya. cuman ya entah akan seperti itu terus, atau kalau pas lagi di record normal aja .. tapi saran aku sih kalau ada record nya enak buat laporin ke toped jya.

        • 17 Oktober 2023 - (11:18 WIB)
          Permalink

          Terimakasih saran nya namun saya tidak terfikirkan untuk melakukan screen record ketika berbelanja. Saya menyadari perubahan invoice ini berlaku saat membaca di mediakonsumen dengan kasus serupa. Sehingga saya mengambil langkah cepat dengan mengamankan invoice dengan cara mendownload nya di applikasi tokopedia. Invoice di download ketika selesai membayar dan invoice ketika paket diterima (klik pesanan diterima). Telah terbukti dari gambar bahwa pada pojok kanan bawah di invoice ada timestamp update invoice , pada jam tersebut tepat ketika saya klik pesanan selesai. Berarti ini bukan sebuah glitch / bug namun memang mekanisme invoice nya telah berubah bertarti fitur ini memang di adakan.

  • 17 Oktober 2023 - (00:59 WIB)
    Permalink

    Udah lama ga prnh pke tokped lagi gegara kasus yg sy alami dpt flashsale tiba2 dibatalkan dg alasan ada kesalahan sistem dan kejadian nya terulang 3x.

    • 17 Oktober 2023 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai manusia biasa malas dengan promo skema flash sale. Karena saya tidak terlatih berebut barang flashsale. Pernah beberapa kali mencoba fs namun rasanya diluar nalar untuk sampai ke halaman pembayaran.

    • 17 Oktober 2023 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Bukan soal besar kecilnya cahback yg jadi masalah, tapi kecurangan atau sistem yg error atau janji yang tidak ditepati itu yang jadi masalah. Kalau sudah janji walaupun cuma 1000 tetap harus ditepati. Sebaiknya focus pada masalah baru berkomentar yang positif.

    • 17 Oktober 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      100rb woi itu cb nya,kalo misal nya kamu yg kaya gitu emang rela ilang 100rb begitu aja

    • 17 Oktober 2023 - (11:03 WIB)
      Permalink

      Tidak apa apa dong masuk media konsumen agar lebih mudah di dengar. besar kecilnya itu relatif.

    • 17 Oktober 2023 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Selama ecommerce mengadakan campaign promosi menggunakan kupon / kode promo dengan snk yang sangat jelas saya percaya promo tersebut

    • 17 Oktober 2023 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Walau pun satu perusahaan ( GOTO company) gopay hanya alat menampung gopay coin namun tetap saja yang berwenang mengadakan campaign dan promosi tetap saja yang berhak tokopedia.

  • 17 Oktober 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    nah iya sy juga pernah gini, sy yakin betulll sy pake cashback, tp sy ga dpt apa2 krn pas diliat kok cashbacknya ilang. saat itu sy lupa utk mendownload / capture invoice awalnya. sy sempat protes tp cs bilang sy ga pake kupon cashbacknya. padahal sy sangat yakin sy pake. ga mungkin ga pake. sy kalo belanja suka tengok kupon entah itu kupon diskon/cashback. bahkan seringkali sy batalin beli kalo tidak ada promo

    • 17 Oktober 2023 - (11:09 WIB)
      Permalink

      Sistem telah berubah seperti ini .Saya baca ada kasus serupa di MK cashback tidak dikreditkan saat menyelesaikan pesanan , keterangan di invoice akan berubah. bisa dilihat pada pojok kanan bawah invoice ada timestamp update resi. Timestamp akan berubah ketika klik pesanan selesai. jika cashback dikreditkan akan tetap ada keterangan promo yang digunakan jika gagal dikreditkan keterangan penggunaan promo akan hilang.

  • 17 Oktober 2023 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin, 2x saya transaksi pakai voucher cashback, sudah kroscek ulang di Invoice juga ada cashbacknya, tapi pas barang sampai dan diklik confirm, invoice secara ajaib berubah dan cashback Hilang. Sudah complain juga percuma.

    Hanya bilang ada pelanggaran tanpa dijelaskan pelanggaran apa, lalu chat ditutup langsung takut ditanya lagi

    • 17 Oktober 2023 - (15:56 WIB)
      Permalink

      memang kadang cs tokopedia agak sulit meminta banding dan meminta bukti yang dituduhkan kepada pelanggan.

    • 17 Oktober 2023 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Cukup disayangkan fitur tokopedia yang menghilangkan bukti penggunaan kupon.

  • 17 Oktober 2023 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Mana ada belanja 300rb dapat 100rb…umumnya 1- 5% dr total belanjanya baru dapat cashback, kamu bisa baca syarat dan ketentuan kupon itu, kalau kamu dpt 100rb di invoice artinya sistem lagi gangguan, dan akan di akumulasi langsung otomatis sesuai ketentuan itu, cetak invoice biasanya sering error, kecuali sudah kamu selesai kan transaksi, baru invoice nge kalkulasi yang bener, dan uang masuk di gopay coin.

    1
    2
    • 18 Oktober 2023 - (16:30 WIB)
      Permalink

      ada kupon khusus 10.10 ini rebutan ya restock jam 2 siang wib. Persentasenya mulai : 50.000 100% , 20.000 100% , 100.000 50% , dan 500.000 20% . nanti tanggal 25 ada lagi tapi rebutan klaim dulu jam 2 siang. mari ikutan dan lihat pasti ada.

  • 17 Oktober 2023 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Mana ada belanja 300rb dapat 100rb…umumnya 1- 5% dr total belanjanya baru dapat cashback, kamu bisa baca syarat dan ketentuan kupon itu, cetak invoice biasanya sering error, kecuali sudah kamu selesai kan transaksi, baru invoice nge kalkulasi yang bener, dan uang masuk di gopay coin.

    1
    2
    • 18 Oktober 2023 - (16:32 WIB)
      Permalink

      Ada dong. ada kupon khusus 10.10 ini rebutan ya restock jam 2 siang wib. Persentasenya mulai : 50.000 100% , 20.000 100% , 100.000 50% , dan 500.000 20% . nanti tanggal 25 ada lagi tapi rebutan klaim dulu jam 2 siang. mari ikutan dan lihat pasti ada.
      Bukan sering error tapi memang fitur baru , saya lihat ada keluhan yang sama seperti saya di media konsumen.
      Mohon dipahami ya kak jangan marah ya kak mohon dipahami saja , semoga tidak kejadian di kakaknya

    • 18 Oktober 2023 - (16:38 WIB)
      Permalink

      Invoice akan terbit setelah kita berhasil bayar ya , bulan lalu transaksi mau itu cashbcak berhasil di kreditkan atau tidak, invoice akan tetap sama seperti invoice selesai bayar.

  • 18 Oktober 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Sekarang tokopedia memang cukup bobrok, saya sebagai seller saja sering dapet tagihan siluman untuk tagihan fitur Dilayani Tokopedia (DT), jdi fitur DT ini semacam menitipkan barang di gudangnya mereka, sudah hampir setahun tidak naro stok di gudangnya aja tetap kena tagihan, artinya ketika saya dulu masih sering nitip stok, tagihan yg muncul bisa jdi tidak akurat.

    Selain itu produk saya sering kena delete dengan beribu alasan konyol, saya yakin tokopedia ini sebetulnya sedang menerapkan shadow ban, alias melakukan pembatasan dgn segala cara terhadap penjualnya, lalu orang di belakang itu (entah oknum pegawainya atau memang platformnya mungkin) menjual juga produk sejenis.

    Akhirnya sekarang saya putuskan untuk belanja dan jualan di marketplace lain saja dripada marketplace konyol satu ini.

  • 4 April 2024 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga baru2 ini beli laptop seharga 10.300.000 yang harusnya dapat cashback 1% sebesar 823.920 dan cashback pembayaran pakai gopay sebesar 51.495 namun di finalnya malah saya hanya terima 51.495 yg 823.920 nya tidak dianggap padahal tokopedia sistemnya sekarang sudah secara otomatis mencentang cashback potensi maksimal.

    • 4 April 2024 - (20:19 WIB)
      Permalink

      Maksud saya dari cashback 10.300.000 saya mendapatkan 823.920 1% itu ketentuan dari toko namun cashback dr Tokopedia tertulis 823.920

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Kecurangan Tokopedia Mengubah Keterangan Invoice Pembelian

oleh zaki z dibaca dalam: 1 menit
44