Apa Fungsi Mediasi Shopee Kalau Semua Komplain Disetujui Pengembaliannya?

Pada tanggal 27 Oktober 2023, kami menerima pesanan di Shopee dengan nomor: 23102723C8GGMF. Pada hari yang sama kami langsung proses pesanannya, dan paket sampai pada tanggal 28 Oktober 2023. Pada tanggal 30 Oktober 2023, pembeli membuka keluhan dengan alasan ada bintik hitam pada produk.

Kami cek stok produk yang ada di kami, memang kondisinya seperti itu. Kami pastikan, setelah kami cek di IKEA memang semua produknya seperti itu, bukan karena cacat atau yang lainnya. Semua produk yang sama, kondisinya memang seperti itu dari IKEA-nya.

Pada tanggal 2 November 2023, Shopee menyetujui pengembalian produknya, dengan alasan yang kami tidak tahu. Lalu ongkir pengiriman awal dan pengembalian barang ditanggung oleh penjual.

Di sini kami ingin mengetahui, fungsi dari mediasi Shopee apa ya? Karena sampai saat ini, komplain barang yang rusak dalam pengiriman atau dari penjual pasti disetujui oleh Shopee. Sekarang meskipun produk sudah sesuai, komplain pembeli juga disetujui oleh Shopee? Lalu fungsinya mediasi Shopee apa, kalau semuanya disetujui dan penjual yang disalahkan dan menanggung beban?

Untuk kasus di atas, apakah Shopee meminta bukti produk yang pembeli inginkan seperti apa? Atau hanya berdasarkan penilaian pembeli saja dan hanya menyalahkan ke penjual? Shopee ada bukti kalau produk tersebut seharusnya tidak ada hitamnya sama sekali? Atau memang ada bintik hitamnya?

Luar biasa sekali kalau prosedur Shopee sekarang seperti ini. Mohon manajer dispute atau supervisornya menjawab pertanyaan ini. Karena sampai saat ini saya tidak mengerti fungsi dan tujuan mediasi pengembalian Shopee kalau semuanya disetujui.

Charles Winarto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Apa Fungsi Mediasi Shopee Kalau Semua Komplain Disetujui Pengembaliannya?

  • 7 November 2023 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Kalau menjual barang yg benar, pembeli tidak akan komplain..
    Penjual ini sudah jelas menjual barang yg gak benar, masih saja mengelak…..

    3
    8
  • 7 November 2023 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Minta video unboxing dari awal buka paket, apakah sudah terlihat ada bintik hitam atau tidak

    • 8 November 2023 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Ngga perlu lah, kecuali ada sobek. Namanya beli handuk, wajar kalo ada bintik debu atau partikel laen yg nempel di sela2. Terlebih Ikea jualnya polosan dan digeletakkan di trolley bisa dijamah siapa aja. Intinya ini pembeli belagu, beli Ikea nuntutnya perfecto layaknya beli handuk Hermès yg jutaan.

      Shopee memang lebih memihak ke pembeli. Kalau utk belanja ke seller yg blm teruji dan brg receh, sy selaku buyer lebih milih checkout di sana (pengajuan pengembalian dana tanpa retur sejauh ini 100% berhasil). Utk buka toko, hanya berani di platform satunya lagi.

  • 8 November 2023 - (05:29 WIB)
    Permalink

    cs shopee nya udah tinggal yg bahlul skrg,Asal pembeli sudah mengirimkan bukti video barang rusak aj tanpa video unboxing pun tetap cs shopee tetap akan memenangkan pembeli.padahal bisa saja itu barang yg mereka beli offline atau dr toko lain yg memang tdk bs ditukar.
    dan pesanan akan langsung selesai secara otomatis..sehingga pesanan akan nyangkut dipembeli..

  • 8 November 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Mangka nya g gak pernah mau jualan di Shopee seller selalu dirugikan, lebih baik di tokopedia karna lebih fair

    • 8 November 2023 - (18:46 WIB)
      Permalink

      tapi buyer yg selalu merugi di Tokopedia kalo ada barang yg rusak seller yg selalu di untungkan

  • 8 November 2023 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Pernah jual barang yg dikirim benar Karna kami semua kasih tanda di barangnya tapi di retur sama customer barangnya beda ga ada tandanya ya udahlah sejak saat jtu mending ditutup saja karna kaya kasih barang amal ke customer.

  • 8 November 2023 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Anda pasti blm pernah beli hp samsung tapi di kirim hp chin gak jelas…klo melihat sesuatu itu dari kedua sisi dong

  • 9 November 2023 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Mediasi di Shopee hanya basa basi…CS Shopee pasti memenangkan buyer dengan kondisi apapun walaupun seller punya aturan yang harus diikuti oleh buyer tapi Shopee merasa paling benar dan seller harus menerima keputusan Shopee

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Apa Fungsi Mediasi Shopee Kalau Semua Komplain Disetujui Pengembaliann…

oleh Charles Winarto dibaca dalam: 1 menit
18