Paket Hilang, Shopee dan JNE Saling Lempar Tanggung Jawab

Saya salah satu seller di Shopee, yang mendapatkan musibah kehilangan paket yang dikirimkan oleh jasa pengiriman JNE. Padahal jarak pengiriman hanya 3 Km saja dari tempat paket dikirim (dari Sunter ke daerah Mall of Indonesia, Kelapa Gading). Nomor pesanan: 231101EXX0YC4S dan nomor resi pengiriman JNE: CM91541327929.

Paket tersebut dikirimkan pada tanggal 1 November 2023. Pada tanggal 2 November 2023, menurut tracking sistem JNE paket tersebut sudah diantar menuju alamat (sudah dibawa kurir). Sangat masuk akal, mengingat jarak pengiriman ke alamat tujuan hanya sekitar 3 Km saja. Akan tetapi sampai dengan tanggal 4 November 2023, paket tersebut tidak juga kunjung sampai ke tujuan.

Tanggal 4 November 2023, saya dan pihak pembeli bergantian menelepon JNE call center 24 jam, untuk mengetahui kenapa paket tersebut tidak kunjung diantarkan juga. Menurut mereka alamat tujuan tidak lengkap. Pihak pembeli pun sudah melengkapi dan memberikan detail yang sangat jelas (alamat tujuan adalah salah satu gedung apartemen di dekat Mall of Indonesia). Jadi sangat tidak mungkin kalau alamat tersebut tidak jelas, dan pembeli pun sangat aktif berkomunikasi dengan saya mengenai paketnya.

Bayangkan, setiap hari dari tanggal 4 November 2023 sampai dengan tanggal 8 November 2023, kami menelepon pihak JNE dan hanya dijanjikan proses investigasi belaka, tapi tidak ada hasilnya.

Tanggal 8 November 2023, alangkah kagetnya saya ketika mendapatkan notifikasi bahwa paket dinyatakan hilang oleh pihak JNE dan pada saat itu juga secara otomatis saya mendapatkan pergantian hanya sebesar Rp90 ribu saja. Padahal nilai barang saya adalah sebesar Rp568.500.

Ketika saya melakukan komplain kepada pihak JNE, mereka menjawab bahwa pergantian full sudah diberikan kepada pihak Shopee. Akan tetapi ketika saya menanyakan kebenaran hal ini kepada pihak Shopee, mereka menjawab bahwa pergantian dari pihak JNE hanya sebesar 10x ongkos kirim saja.

Tolong kepada pihak JNE dan Shopee, jangan suka saling melempar tanggung jawab!

Fatia Suci
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Paket Hilang, Shopee dan JNE Saling Lempar Tanggung Jawab

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang, Shopee dan JNE Saling Lempar Tanggung Jawab

oleh fatia lestari dibaca dalam: 1 menit
17