Sinyal Internet Buruk, Pelayanan CS Sangat Lama

Saya benar-benar kecewa dengan jaringan internet XL. Sinyal yang muncul memang 4G, tapi saat mengakses myXL, sosial media, game, YouTube dan yang lain, selalu buffering, dan sering lost koneksinya.

Saya sudah mencoba menghubungi customer service melalui chat di aplikasi myXL pada tanggal 7 November 2023. Setelah hampir 2 jam menunggu, saya terhubung dengan agen. Nomor saya dibantu di-refresh jaringannya melalui sistem, dan kendala saya dibuatkan laporan: C28340841. Saya pun disarankan menunggu.

2 hari kemudian, saya mendapatkan SMS yang isinya: “Pelanggan Yth, terkait no keluhan C28340841 mengenai berkendala Akses internetnya silahkan untuk mengecek kembali setting dan profile pada devicenya. Terima kasih.”. Namun tetap saja tidak ada perubahan.

Saya sudah mencoba restart hp, pindah kartu ke hp lain, aktifkan airplane mode, tetapi sama saja. Kenapa seperti ini ya? Padahal saya memiliki kuota internet. Untuk menghubungi customer service melalui chat saja, saya mengandalkan sinyal Wi-Fi. Dan anehnya, kendala ini hanya terjadi di tempat saya tinggal.

Kemudian tanggal 10 November 2023, saya mencoba menghubungi customer service melalui panggilan 817. Saat itu jaringan di nomor saya di-refresh kembali. Saya disarankan untuk restart ponsel dan mencoba akses kembali.

Tanggal 16 November 2023, saya menghubungi live chat kembali dan sempat terhubung dengan agen. Lumayan lama, karena dari pukul 14.31 sampai sekitar pukul 8 malam. Namun tetap belum mendapatkan solusi. Saya sudah capek-capek menunggu, berharap dibantu, tetapi hanya diminta menunggu dan menunggu. Waktu saya pun terbuang sia-sia. Saya harus menunggu sampai kapan? Kapan XL memperbaiki jaringan di lokasi saya? Saya harus menghubungi siapa agar kendala saya benar-benar ditindaklanjuti?

Saya mohon dengan sangat bantuan tim Media Konsumen. Semoga melalui Media Konsumen ini, keluhan saya benar-benar ditindaklanjuti oleh tim XL. Kuota saya akan terbuang sias-ia jika jaringan XL seperti ini. Memang harganya tidak seberapa untuk paket yang saya daftarkan. Namun apakah XL akan membiarkan konsumennya beralih ke provider lain karena kualitas internetnya yang begitu buruk?

Sri Murni
Klaten, Jawa Tengah


Update (26 November 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sinyal Internet Buruk, Pelayanan CS Sangat Lama”

Jakarta, 25 November 2023 Ref.CM/CU/E/016/1123/IL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Ibu Sri Murni melalui...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Sinyal Internet Buruk, Pelayanan CS Sangat Lama

  • 19 November 2023 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Coba cek jaringan di lokasi anda
    Kalo emang jaringan didaerah sana buat XL lemot ya ganti provider yg lebih bagus sinyalnya didaerah tempat tinggal anda tu
    Apa gara2 XL program kuotanya murah?

    • 21 November 2023 - (06:20 WIB)
      Permalink

      Di jakarta sj kadang jaringan XL kyk ingus kadang bgs kadang jelek….full bar tp akses internet lola. Pindah provider lain aja yg gk eror2 jaringannya

  • 19 November 2023 - (18:35 WIB)
    Permalink

    Masalahnya beberapa operator selular itu menggunakan listrik PLN terkadang listrik padam jaringan pun jd buruk. Palingan kalo saya kedepan rumah kejalan raya agak mendingan kalo cm untuk WA sih lumyn.

  • 20 November 2023 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Emang sudah beberapa hari ini jaringan XL sedang tidak baik2 saja,di tempat saya juga pun begitu sinyal full tapi internetan loading

  • 20 November 2023 - (18:49 WIB)
    Permalink

    operator XL itu ibarat mau bangkrut tp takut kecium publik…
    Gw pake kartu XL ampir 20 tahun terpaksa gw ganti ke plat merah,tau kan kenapa bs lari ke sana…ya gitulah mgkn XL kalah saingan

 Apa Komentar Anda mengenai Sinyal XL Axiata?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Sinyal Internet Buruk, Pelayanan CS Sangat Lama

oleh Sri Murni dibaca dalam: 1 menit
8