Sistem dan Layanan Retur Lazada Bikin Geram

Terima kasih atas dimuatnya surat ini di Media Konsumen. Berawal dengan orderan COD di Lazada, dengan nomor orderan: 1299116026147548. Pengiriman dari Jakarta tujuan ke Jakarta, tetapi gagal kirim. Alasan proses gagal kirim ke konsumen, karena pembeli lupa menitipkan uang COD. Terlampir chat saya dengan pembelinya melalui WA.

Lalu terjadi retur ke saya selaku seller/penjual:

Tanggal 18 November 2023, gagal kirim/cancel.
Tanggal 20 November 2023, baru diproses retur.
Tanggal 21 November 2023, terjadi gagal kirim, lagi-lagi alasan gagal kirim ditulis di web alasan tak terduga. Namun saat ditelepon, bilangnya alamat tidak ditemukan.

Gimana gak ditemukan? Alamatnya seperti biasa, yang saya gunakan di Lazada dan lancar selalu. Yang artinya kurir LEX ini sudah input manipulatif ke data tracing sembarangan, menggunakan alasan supaya seller yang disalahkan. Sudah gitu batas estimasi pun maksimal sampai tanggal 31 November 2023. Ini sangat lama. Jika lewat tanggal 31, baru dinyatakan hilang.

Yang bikin kecewa, pihak Lazada telepon saya bilang awalnya dijelaskan gagal kirim ke retur tanggal 21, karena saya tidak ada di tempat, jadi dilakukan pengantaran ulang. Terus saya jawab, saya ada di rumah gimana ceritanya kurir pake alasan tersebut? Pihak Lazada kelabakan dan langsung muter-muter, malah jelaskan masalah gagal kirim yang ke konsumen lagi. Sangat tidak nyambung dan mengalihkan pembicaraan. Padahal yang saya tanya kenapa gagal kirim ke saya (seller) pake alasan saya tidak ada di tempat. Itu poinnya. Lalu pihak Lazada pura-pura bilang “Halo (kesannya tidak ada sinyal), jika tidak ada respons kami akan mengakhiri telepon ini”. Lalu dimatikan.

CS layanan Lazada ini SDM-nya benar-benar parah. Proses returnya juga selama ada batas maksimal waktu, mereka tenang-tenang saja. Proses retur di Lazada itu menjadi yang terburuk karena kurirnya pandai bermain alasan dan meng-input seenak jidat dia. Begitu juga layanan CS divisi terkait yang menelepon ke kita juga.

Catatan, kurir LEX ID ini ekspedisi Lazada punya. Kurirnya main seenak jidat untuk isi alasan, biar pihak kurir tidak disalahkan, menggunakan kita sebagai seller/buyer untuk dijadikan alasan kenapa paket gagal kirim. Terima kasih.

Handy
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Sistem dan Layanan Retur Lazada Bikin Geram

    • 28 November 2023 - (16:51 WIB)
      Permalink

      kurir nya udah bener, nyuk.. datang cod , siap uagh cash nya, … kaga ada cash balikin aje, napa repot2 ama kurir gegara cod ?!?!.
      antar ulang? emang kaga pake bensin?
      tranfer ke kurir, hello bos itu tar jadi masalah ama kjrir nya kelez …. ngotak lah
      loe cod mang segampang si tukul?

      1
      2
  • 28 November 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Sejauh ini Kurir LEX yang mengantar paket saya baik-baik saja. COD atau pun Non COD, mereka WA saya dulu walaupun kurir nya berganti ganti sekitar tujuh orang yang bertugas mengantar ke area lokasi saya.

    • 28 November 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      @82 pertama ini proses retur (bukan bahas pembeli nunggu barang ya) . Diatas udah jelas kalo saya ketika membeli ga ada masalah yg saya lapor ini proses retur nya.. Dan udah beres sejak masuk media konsumen dah saya Terima barang retur nya.

  • 28 November 2023 - (17:57 WIB)
    Permalink

    @sarry Ya ketika udah retur emang dah ga ada masalah, saya anggap ya udah retur aja gpp, itu kan hanya saya posting kronologi dari awal saja.

    Yg saya masalahin kan ketika balik ke saya selalu seller menggunakan alasan yg ga seharus nya.

  • 28 November 2023 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Case selesai.
    Barang sudah diterima walau harus melalui jalur media konsumen. Sebab jalur CS lazada sangat lambat urus nya.

    Banyak yg gagal paham apa yg saya laporkan.
    Yg saya laporkan proses retur ketika balik ke saya selalu penjual. Itu sangat lama dan waktu gagal kirim retur ke PENJUAL yaitu saya di isi alasan yg ga seharus nya.

    Jadi yg saya masalahin gagal kirim yg ke saya yaitu Seller (saya selalu seller)

    Kalo ga lewat media konsumen proses retur itu bisa sampe max tanggal 30 dan andaikata dinyatakan hilang saya coba klik claim mesti nunggu lagi sampe tanggal 12 artinya bisa sampe 3 minggu. Itu jika dinyatakan hilang.

    Dan Syukurnya barang retur ga hilang. Hanya jika masuk media konsumen. Proses bisa lebih cepat dan prioritas. Ga mesti nunggu batas waktu maksimal yg sangat lama.

    Semoga proses retur lazada tidak memakan waktu yg sangat lama sekali.

    Berkat kasus ini saya sudah pegang no HP/WA kurir yg biasa pickup dan antar barang retur jadi bila ada problem sekarang saya dah bisa lewat kurir nya (ga perlu lewat CS lazada yg super lelet dan ga sopan itu)

    Case ini udah selesai.
    Terima kasih konsumen.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Sistem dan Layanan Retur Lazada Bikin Geram

oleh Power Glue dibaca dalam: 1 menit
6