Pengembalian Dana Lazada Tidak Pernah Diterima

Saya ingin menyampaikan keluhan saya atas tindakan pihak marketplace Lazada yang tidak kunjung mengembalikan dana saya.

Saya membeli baju batik anak di Lazada, seharga Rp40.776. Karena ukuran tidak pas di anak dan seller setuju untuk retur barang, maka saya memulai proses pengembalian barang yang di-pick up oleh kurir Lazada sendiri. Setelah barang di-pick up, saya dapat notifikasi dari Lazada, bahwa pengembalian dana saya sudah berhasil diproses lebih cepat tanpa harus menunggu persetujuan penjual pada tanggal 15 November 2023. Saya cek di rekening bank saya, ternyata dana tidak ada yang masuk. Lalu saya hubungi CS Lazada dan disuruh menunggu sampai seller terima barang lebih dahulu dan konfirmasi penerimaan barang.

Seller tidak juga konfirmasi penerimaan barang sampai tanggal 20 November 2023. Jadi saya harus menunggu konfirmasi otomatis dari sistem Lazada agar pengembalian dana diproses. Tanggal 22 November 2023, saya dapat notifikasi pengembalian dana berhasil, tapi tetap dana tidak masuk juga ke rekening saya.

Saya hubungi kembali CS Lazada dan disuruh menunggu hingga estimasi 1-3 hari kerja untuk masuk ke rekening saya. Karena melewati hari Sabtu dan Minggu, maka batas maksimal estimasi saya terima dana di hari Senin, 27 November 2023.

Saya coba hubungi CS Lazada kembali tapi respons tetap saja sama, lagi-lagi saya harus menunggu 1-2 hari kerja sampai tim Lazada menghubungi saya. Masalahnya, dari awal saya komplain dana tidak masuk, mereka terus menjanjikan akan follow up saya, tapi tidak pernah tim Lazada hubungi saya.

Lalu pada hari Senin, saya juga membeli paket data senilai Rp15.000 di Lazada melalui transfer Bank BRI lagi. Keterangan transaksi berhasil, tapi kuota tidak masuk ke nomor handphone saya. Selang beberapa menit orderan paket data saya otomatis dibatalkan dari sistem Lazada tanpa keterangan yang jelas. Lagi-lagi, keterangan pengembalian dana berhasil, tapi tidak juga masuk ke rekening saya.

Drama terjadi 2 kali dan respons CS Lazada tetap sama, santai menanggapinya, tanpa ada pihak tim Lazada hubungi saya dan saya cuma disuruh menunggu.

Saya merasa tertipu dan lelah harus menghubungi CS Lazada tiap hari mengenai pengembalian dana saya. Sangat disayangkan, pihak Lazada meremehkan keluhan saya dan hanya selalu disuruh menunggu uang saya yang gak pernah kembali lagi. Malah bertambah nominalnya, karena kebodohan saya yang masih saja mau belanja paket data di Lazada dan tiba-tiba dibatalkan otomatis oleh Lazada, tanpa mengembalikan dana saya langsung ke rekening saya.

Saya meminta pertanggungjawaban Lazada. Saya hanya meminta uang saya dikembalikan untuk 2 orderan tersebut. Hal ini membuat saya trauma untuk belanja di Lazada lagi.

Ruth Octora
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:2    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Pengembalian Dana Lazada Tidak Pernah Diterima

  • 30 November 2023 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Lazada lagi nggak baik-baik saja. Aku ada dua transaksi bermasalah. Dana sudah terpotong di LineBank tapi kata Lazada nggak ada transaksi. Tapi tanpa penjelasan apa apa. Padahal jelas jelas ada OTP masuk via SMS. Belum sempat bikin Surat Pembaca di MK ini

  • 30 November 2023 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Karena pembayaran menggunakan debitcard, coba di cek dulu di Lazada wallet nya, seharusnya semua transaksi yang mengalami refund masuk kesana. Baru dari sana tinggal terserah kita mau ditransferkan ke rekening sendiri atau di biarkan buat pembayaran transaksi selanjutnya. Lagian, apa sudah input rekening penampungan dana refund? Pasti belum deh ya…. Setahu aku jg e-commerce lain jg sama, apabila pembayaran menggunakan debit, dana refund tidak akan diteruskan ke rekening awal ketika melakukan pembayaran, pasti masuk ke wallet pemilik akun terlebih dahulu. Baru dari sana, pemilik akun sendiri yang akan tf ke rekening pribadi masing-masing.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Lazada Tidak Pernah Diterima

oleh Ruth Octora dibaca dalam: 2 menit
2