Shopee Tiba-tiba Membatalkan Pesanan, Padahal Barang Sudah Dikirim

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat pembaca ini. Saya mengajukan komplain kepada pihak Shopee, karena pesanan di toko saya tiba-tiba dibatalkan. Padahal status pengiriman masih on process dan sudah tiba di kota tujuan, yaitu Batam.

Kronologinya sebagai berikut: Saya sebagai seller di Shopee, dengan akun seller: Modernbikeshop. Saya menerima pesanan 1 unit sepeda, dengan nomor pesanan: 2311096G2RMDPQ. Barang pesanan telah dikirim ke jasa pengiriman JNE pada tanggal 11 November 2023, dengan total harga unit sepeda Rp1.976.000 dan bubble wrap Rp22.000.

Pesanan dengan nomor resi JNE: JT15387760905, status terakhir tracking-nya menginfokan: “Pesanan saat ini di Batam dalam proses pengiriman menunggu jadwal keberangkatan operator transportasi”, pada tanggal 26 November 2023 13:34.

Namun pihak Shopee secara tiba-tiba membatalkan status transaksi, dengan alasan pengiriman gagal: “Pesanan Dibatalkan 27/11/2023 17:01”. Padahal saat kami cek pesanan dengan resi tersebut masih diproses oleh pihak JNE. Saat kami menghubungi JNE Sidoarjo melalui WhatsApp, mereka menginfokan bahwa pesanan masih diproses dan menunggu informasi apakah paket mau diretur atau tetap dilanjut pengirimannya.

Hal ini tentu saja merugikan penjual, karena barang sudah diproses dan dikirim, tetapi transaksi dibatalkan sepihak tanpa alasan yang jelas. Apakah pihak Shopee sengaja membatalkan agar barang dikirim ke penerima tanpa memberikan hasil penjualan kepada seller atau memang sistem Shopee yang error?

Kami juga sudah menghubungi pembeli dan pembeli memberikan info bahwa tidak ada telepon atau info paket yang dikirim mengalami kendala/menanyakan alamat lengkap dari pembeli oleh pihak JNE. Kami juga sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak customer service Shopee dengan nomor laporan 1729085901008523335.  Namun penyelesaian tidak jelas dan hanya disuruh menunggu dan menunggu.

Kami meminta tanggung jawab pihak Shopee, karena transaksi dibatalkan secara sepihak tanpa alasan yang jelas, dengan total transaksi sebesar Rp1.976.000 dan Rp22.000. Demikian surat pembaca saya, saya harap ada respons dari pihak Shopee mengenai kejadian ini dan segera memberikan tanggung jawabnya. Terima kasih.

Christian Budi Hartanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:37    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Shopee Tiba-tiba Membatalkan Pesanan, Padahal Barang Sudah Dikirim

    • 1 Desember 2023 - (08:16 WIB)
      Permalink

      gk kaget. mrketplace da b0brok,apalagi kurirny. pnglaman liat kurir ngnter brng, masa pakek celana pndek.
      mau k pantai y bang? wkwkkk

      7
      2
  • 30 November 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Kemarin lihat youtube kios komputer juga kena kasus seperti anda. Lokasi pengirinan juga ke daerah sumatera. Normalnya ketika barang sudah dikirim itu tidak bisa dibatalkan. Saya sebagai seller dan buyer di shopee, ketika beli dan barang sudah dikirim, nyatanya tidak ada link untuk membatalkannya, tp kenapa bisa? Mungkin saja admin shopee “ada main” dengan buyer. Atau memang ada celah di shopeenya.

    2
    11
    • 30 November 2023 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Baru kali ini sih marketplace segede gini kacau sistemnya, enak aja barang udah dikirim tiba2 pesanan dibatalin, duit kaga cair di seller

      • 30 November 2023 - (19:58 WIB)
        Permalink

        Bukan marketplace yg kacau, jasa kirim JNE nya yg kacau,, lambat update status akhirnya dibatalkan oleh sistem secara otomatis… JNE memang para dalam update status, sistem error, barang tidak tau dimana rimbahnya.. Jasa kirim tertua tapi tapi manajemen sistem dan cara kirim amburadul….

        4
        3
        • 30 November 2023 - (20:17 WIB)
          Permalink

          emang sistemnya shopee yang error, orang kemarin estimasinya paling lambat sekitar 29-30 november

          4
          1
          • 1 Desember 2023 - (08:27 WIB)
            Permalink

            Mestinya buyer klaim perpanjang garansi shopee sehingga tidak melebihi estimasi barang di terima di sistem shopee,karena di sistem shopee kalau melebihi tgl waktu barang di terima akan batal otomatis,beda kalau buyer perpanjang garansi shopee…karena pihak jne butuh waktu lebih untuk pengiriman

  • 1 Desember 2023 - (04:30 WIB)
    Permalink

    Shoppe itu driver nya aja ngancel orderan sekali aja langsung suspen 3hari
    Emg edan shoppe

    1
    1
    • 1 Desember 2023 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Kayanya bukan salah shopee, itu bisa saja kurir jne yg cancel. Bisa saja karena alamat atai bawanya susah.

  • 1 Desember 2023 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Coba hitung
    Pengiriman 11 November 2023
    Blm ada progres 26 Nov 2023
    Cancel 27 nov 2023
    Dalam 11 Hari paket belum sampai, masuk kategori Over SLA, otomatis akan close order By system, kecuali pembeli memperpanjang masa pengiriman.
    yg problem disini Expedisinya, Ke area Kepri itu estimasinya 6 sd 8 hari.
    Seller dan Buyer mesti aktif komunikasi ketika ada kendala pengiriman.
    Literasi dulu lah sebelum Komen biar gak kelihatan bodoh dan gobloknya.

    2
    10
  • 1 Desember 2023 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Om rudi udah 5× bikin surat pembaca untuk Shopee karena merasa dirugikan, tapi masih aja jualan disana.
    Kalau jadi aku sih, udah pilih tutup toko di Shopee, karena masalah yang sama akan terus terulang lagi.

    • 1 Desember 2023 - (21:46 WIB)
      Permalink

      Saya buat media konsumen biar cepat responnya shopee, dan temen2 yang lain juga sama mau berapa kali buat memang ruginya apa buat penulis? Justru kalau menguntungkan penulis suratnya ya bagus dong berarti media konsumennya menyampaikan komplain dengan baik. Terus masalahnya ente apa nyuruh orang stop jualan? Kalau mau stop situ brani ganti pendapatan saya berapa kali lipat??

  • 1 Desember 2023 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Terimakasih media konsumen, dengan ini masalah ini sudah selesai jne menghubungi penerima karena barang suda sampai dan pembeli sudah membayar barang pesanan kepada saya sebagai seller. Untuk pihak shopee selalu lambat responnya dan bertele tele

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Shopee Tiba-tiba Membatalkan Pesanan, Padahal Barang Sudah Dikirim

oleh rudi dibaca dalam: 1 menit
13