Packing Kayu Dilepas Pihak Kurir, Barang Dikembalikan dalam Keadaan Pecah, JNT Cargo dan Lazada Tidak Mau Tanggung Jawab!

Kami sampaikan terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat kami.

Kami adalah penjual di Lazada dengan no id ID67X564PU dengan nama Time Time.

Berikut kronologi masalah yang kami alami:

  • No pesanan : 1309184176611637
  • Kami menerima pesanan dengan nomor di atas, produknya adalah Radio Portable. Karena ini barang elektronik, maka kami melakukan packing kayu untuk memastikan keamanan paket sampai tujuan. Kami mengirim paket tersebut tanggal 16 November 2023.
  • Tanggal 25 November 2023, paket dinyatakan gagal kirim, lalu dikembalikan ke kami. Alangkah kagetnya ketika kembali ke kami paket tersebut TANPA packingan kayu. Lalu kami unboxing dan hasilnya patah dan banyak yang pecah (link unboxing https://youtu.be/ZaPRoSe4FQA)
  • Ketika unboxing, kurir JNT CARGO atas nama RENO pun menyaksikan dan mengakui bahwa memang paket dikembalikan dalam keadaan rusak (Ada Berita Acara Penolakan Paket)
Kurir JNT Cargo pun mengakui bahwa paket dikembalikan dalam keadaan rusak dan pecah
  • Lalu sesuai prosedur dari Lazada (jika ada barang dikembalikan dalam keadaan rusak, lapor via agent), kami melaporkan hal tersebut disertai bukti-bukti tersebut (Surat Berita Acara Penolakan Paket karena Rusak, Video Unboxing, dan Foto Bagian yang Pecah)
  • Alangkah kagetnya kami, ketika selesai lapor, Lazada memberikan jawaban tidak bisa diklaim karena tidak di- packing kayu
  • Lalu kami sampaikan bahwa kami sudah menggunakan packing kayu, namun pada akhirnya tetap ditolak oleh Lazada.

Berikut bukti kami menggunakan packingan kayu untuk pesanan tersebut.

2 Video ini saling terintegrasi, jadi silakan dikroscek 2 video ini.

Video pertama adalah video testing, di mana kami melakukan pengetesan dengan menunjukkan resi dengan jelas (link video : https://youtu.be/Jiliicjv_Mo) dan resi ini jelas sesuai dengan no pesanan yang dikembalikan

Video kedua adalah dimana ketika kami selesai melakukan pengetesan, kami melakukan packing kayu (link video : https://drive.google.com/file/d/1O7zgtG1O7j1IEZ_7SAtdS7lUA89W8PU9/view?usp=sharing)

Di video kedua, dari 0:00 hingga 04:03, terlihat staff kami melakukan video testing menggunakan handphone di meja. Nah hasil video testing tersebut adalah video yang pertama (https://youtu.be/Jiliicjv_Mo).
Untuk membuktikan video pertama / video testing adalah benar direkam pada waktu itu berikut screenshot video details dari handphone yang digunakan untuk membuat video tersebut.

Jadi tanggal 16 November 2023 tersebut, memang kami hanya mengirim 1 pesanan Radio Portable tersebut, tidak ada yang lain. Bisa dibuktikan di sistem Lazada. Tapi tetap Lazada menolak, karena video tidak jadi satu, yang menurut kami alasan nya tidak masuk akal, karena kami dapat membuktikan dengan 2 video kami di atas.

Jadi bukti kami sudah jelas, namun Lazada tetap mengelak. Ternyata janji Lazada yang menyatakan bahwa paket gagal kirim jika dikembalikan dalam keadaan rusak bisa diklaim dan dicover Lazada adalah hoax dan bulls*** saja. Buktinya, paket kami saja tidak bisa diklaim, dengan alasan yang sudah kami bantah dengan bukti kami yang kuat, tapi tetap ditolak.

Bagaimana Lazada, mau sembunyi di mana lagi??

Ivan Adi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Packing Kayu Dilepas Pihak Kurir, Barang Dikembalikan dalam Keadaan Pecah, JNT Cargo dan Lazada Tidak Mau Tanggung Jawab!

  • 11 Desember 2023 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Itulah resiko nya jualan dilapak orang,karena yg punya ketentuan dan pemutusan akhir ada ditangan mereka ,gw pribadi gak mau jualan di online ,yg ada rugi

  • 13 Desember 2023 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih Media Konsumen yang telah memuat surat kami dan juga tim Lazada yang dengan cepat merespon keluhan kami.

    Kami ingin menyampaikan bahwa per hari ini, tanggal 13 Desember 2023, kami telah mendapatkan tanggapan dari Lazada dan mendapatkan kompensasi senilai barang yang rusak tersebut. Sehingga dengan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua belah pihak yang merespon dengan cepat.

    Kami harap kedepannya tidak ada kejadian seperti ini lagi, baik untuk kami, maupun teman-teman seller yang lainnya.

    Terima Kasih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Packing Kayu Dilepas Pihak Kurir, Barang Dikembalikan dalam Keadaan Pe…

oleh Ivan Adi dibaca dalam: 2 menit
3