Informasi Refund dan Reschedule yang Menyesatkan

Saya melakukan pembelian tiket penerbangan untuk Januari 2024 melalui aplikasi Traveloka. Namun saya mendapatkan email, dengan informasi bahwa penerbangan di-reschedule oleh maskapai. Dalam email tersebut dituliskan:

“The changes don’t suit you?
You have the option to reschedule or refund your flight if the new schedule does not suit you. However, since this is a minor change (a change of less than 180 minutes), the airline may apply a fee.”

Memang kurang dari 180 menit, tetapi waktunya tidak pas dengan jadwal saya selanjutnya, sehingga saya mengajukan refund. Namun refund tetap ditolak, padahal di email ada informasi tersebut dan saya tidak keberatan jika dikenakan fee.

CS tetap menolak, dengan alasan tiket tidak dapat di-refund karena reschedule kurang dari 4 jam. Jika memang begitu, kenapa di email memberikan keterangan yang seolah tiket bisa di-refund/di-reshedule? Kenapa gak langsung saja kasih info yang jelas bahwa reschedule kurang dari 4 jam tidak bisa di-refund? Jadi saya kan tidak perlu komplain, karena sudah dikasih statement yang sangat jelas.

Kalau ini kan terkesan memberikan pilihan kalau waktu reschedule-nya gak sesuai, meskipun less than 180 min dan mungkin akan dikenakan biaya bisa di-refund/reschedule. tapi pas komplain ditolak terus. Konsumen hanya butuh kejelasan di awal, sehingga tidak misleading dan membuang waktu saya.

Terima kasih.

Annisa D.
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Informasi Refund dan Reschedule yang Menyesatkan”

Kepada Yth., Bapak/Ibu Annisa D, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Annisa D tujukan...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Informasi Refund dan Reschedule yang Menyesatkan

  • 17 Desember 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Kalau informasi yang dicantumkan pada kondisi tiket saat pre-booking :

    – Info Refund : Tidak Bisa Refund
    – Namun, jika anda harus Refund Tiket karena terjadinya hal tidak terduga, Anda akan tetap bisa mengajukan permohonan refund. Hal tidak terduga mencakup :
    ● Penerbangan dibatalkan maskapai
    ● Penerbangan di-reschedule secara signifikan oleh maskapai (yang ditentukan oleh maskapai sendiri)
    ● Kematian penumpang

    “You have the option to reschedule or refund your flight if the new schedule does not suit you.”

    Statement itu dari maskapai yang diteruskan oleh OTA dan sifatnya umum.
    Artinya kalau memenuhi salah satu dari 3 Hal Tidak Terduga di atas, maka bisa diproses refund oleh maskapai.

    Untuk penerbanganmu, syarat refund nomor 2 tidak terpenuhi menurut ketentuan maskapai. Jadi pengajuan refund ditolak oleh maskapai.
    Kalau mau banding, hubungi aja CS maskapai-nya. Nanti kalau ada keputusan berbeda dari maskapai, kamu infokan ke pihak OTA (Traveloka).

  • 17 Desember 2023 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas penjelasannya 🙏. Justifikasi saya dalam mengajukan complain adalah berdasarkan apa yang ada dalam email (apa yang tertuang dalam email seharusnya menjadi informasi yang spesifik untuk solusi sebuah masalah bukan general). Kalau dari perspektif saya sebagai konsumen, reschedule ini di luar kontrol saya dan tidak ada penerbangan lain selain di jam yg di re-schedule. Sehingga saya mengajukan refund. Saya sudah coba chat maskapai namun kode booking tidak ditemukan sehingga saya complain melalui traveloka karena saya belinya lewat traveloka bukan direct ke maskapainya kak. Namun terima kasih atas informasinya besok saya coba menghunungi maskapai kembali

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Informasi Refund dan Reschedule yang Menyesatkan

oleh Hai dibaca dalam: 1 menit
2