Barang Tidak Dikirim oleh Penjual, Tokopedia Tidak Mengembalikan Ongkir ke Pembeli

Saya membeli barang di Tokopedia, dengan nomor invoice: INV/20231018/MPL/3515986832, pada tanggal 18 Oktober 2023 11:20 WIB. Namun ternyata barang tidak dikirimkan oleh penjual. Dana pembelian barang sejumlah Rp983.600 telah dikembalikan ke akun saya, tetapi ongkir-nya sejumlah Rp264.000 masih ditahan oleh Tokopedia tanpa alasan.

Saya sudah melakukan komplain hampir setiap hari di aplikasi Tokopedia dan media sosial X. Namun jawabannya cuma: Optimalkan, upayakan, koordinasikan, dan sebagainya. Saya tidak tahu harus mengadu ke mana lagi, karena kesannya Tokopedia benar-benar sudah tidak peduli, tidak ada itikad baik, dan berusaha mengambil uang yang bukan merupakan haknya.

Sudah 3 bulan waktu berlalu dan uang saya masih belum dikembalikan.

Handik Widiarta
Singaraja, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Barang Tidak Dikirim oleh Penjual, Tokopedia Tidak Mengembalikan Ongkir ke Pembeli

  • 19 Januari 2024 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Kemgknan ini kasusnya seller maksain kirim amplop/dus kosong doank (menghindari pinalti atau apalah) , transaksi batal stlh di komplain, bukan batal otomatis tanpa pengiriman. Berhubung resi otomatis, dana ongkir harus tunggu refund dr pihak ekspedisi, krn by sistem sudah diteruskan full saat barang (apapun itu) diserahkan oleh seller. Rese emank model seller begini.

    • 20 Januari 2024 - (11:34 WIB)
      Permalink

      Nah betul ini, seharusnya Tokopedia kasin pinalti yg tegas untuk seller macem gini, merugikan pembeli. Tiru aja lazada, klo poin pinanti numpuk maka order akan dibatasin 5 order saja sehari, biar kapok.

  • 20 Januari 2024 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Refund recehan aja susah nya minta ampun, jadi kapok belanja di sini. Tdk seperti si oren, refund hitungan detik sudah masuk ke saldo.

  • 20 Januari 2024 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Saya sering seperti itu, tanpa alasan… Percuma menagih krn itu sdh masuk di opsi pengiriman bukan di seller… Jadi sdh ada di. Kurir… Lama krn harus minta ke kurirnya..

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Barang Tidak Dikirim oleh Penjual, Tokopedia Tidak Mengembalikan Ongki…

oleh Handik dibaca dalam: <1 menit
7