Tokopedia Memotong Saldo Refund dan Tidak Mengembalikan Ongkir

Pada tanggal 10 Desember 2023, saya membeli 2 botol madu melalui Tokopedia. Total harga barang sebesar Rp76.000 dan total ongkos kirim sebesar Rp86.000. Setelah dipotong diskon ongkir sebesar Rp20.000, total tagihan yang saya bayarkan sebesar Rp145.000 (setelah dipotong diskon, ditambah asuransi, biaya layanan, dan biaya jasa aplikasi) .

Setelah menunggu selama kurang lebih 10 harian, barang yang saya pesan tidak kunjung sampai. Akhirnya saya mengajukan komplain. Karena adanya kendala pada pengiriman, akhirnya Tokopedia menyetujui komplain saya dan me-refund dana saya.

Yang menjadi masalah adalah, saya membayar sebesar Rp145.000 (harga barang + ongkir), akan tetapi pihak Tokopedia hanya me-refund harga barang sebesar Rp57.000 (bukti refund terlampir). Padahal harga barang yang saya bayarkan adalah Rp76.000.

Tidak hanya itu saja, pihak Tokopedia juga tidak me-refund ongkos kirim yang telah saya bayarkan sebesar Rp46.000. Artinya dari total yang saya bayarkan sebesar Rp145.000, Tokopedia hanya me-refund sebesar Rp57.000. Terdapat kekurangan sebesar Rp88.000, dana saya yang belum di-refund oleh Tokopedia.

Saya sudah mencoba bertanya melalui layanan customer chat Tokopedia. Akan tetapi mereka selalu saja memberikan jawaban template yang hanya berupa janji-janji, tanpa memberikan kepastian kapan kekurangan dana saya akan di-refund.

Semoga dengan terbitnya surat pembaca ini, kekurangan dana saya bisa segera di-refund oleh Tokopedia. Terima kasih kepada Media Konsumen atas dimuatnya surat pembaca ini.

Andi Darman
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Tokopedia Memotong Saldo Refund dan Tidak Mengembalikan Ongkir

  • 20 Januari 2024 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak salah ketentuan refund tokopedia untuk barang yang sudah sempat masuk ekspedisi/kurir ongkir tidak dikembalikan (ongkir asli sebelum dipotong kupon). Jadi untuk kasus anda : 145.000 – 86.000 (ongkir) – 2000 (biaya) = 57.000
    Jadi sudah betul refund-nya

    1
    4
    • 20 Januari 2024 - (17:16 WIB)
      Permalink

      Saya memilih kurir yang Tokopedia rekomendasikan. Ongkir asli sebelum dipotong kupon? Kupon dari Tokopedia, artinya saya yang harus membayar kupon tersebut. Barang tidak dapat, uang hilang.

      2
      1
      • 20 Januari 2024 - (17:19 WIB)
        Permalink

        Iya kupon ongkir 20rbnya tidak dihitung, jadi ongkir 86rb dibayar pembeli. Saya pernah kejadian seperti ini, ongkirnya dihitung full

        • 20 Januari 2024 - (17:22 WIB)
          Permalink

          Nah itu. Makanya saya ga terima. Ini kesalahan kurir yang Tokopedia rekomendasikan. Ya Tokopedia harus tanggung jawab. Seandainya ini kesalahan saya sebagai pembeli, saya terima. Tapi dalam hal ini saya merasa tidak salah sama sekali. Kenapa jadi dana saya yang dipotong, padahal ini murni adalah kesalahan Tokopedia

          2
          1
          • 20 Januari 2024 - (17:43 WIB)
            Permalink

            Kalau sama sekali tidak terima/paket tidak sampai (hilang dsbnya), uang transaksi harus direfund full. Beda cerita jika sampai namun satu atau semua barang bermasalah. Terlebih kan ada asuransi pengiriman, mestinya kan tahapan masuk ke klaim asuransi.

            35
  • 20 Januari 2024 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Belum hilang kan ? Apa Anda yang meminta dibatalkan sebelum ada pernyataan hilang dari pihak ekspedisi ?
    Kalau begitu kasusnya ya benar refundnya, beda lagi kalau paket hilang itu kita dapat full dari asuransi

    35
    • 20 Januari 2024 - (23:08 WIB)
      Permalink

      Barang tidak hilang, entah karena masalah apa, barang tersebut di retur kembali ke penjual. Dan berdasarkan hasil tracking penjual sudah menerima kembali barang tersebut (terlampir screenshot). Makanya saya meminta refund keseluruhan dana yang sudah saya bayarkan.

  • 21 Januari 2024 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Barang blm sampai dan tidak ada info hilang dr ekspedisi. Ya sudah benar cuma refund barang aja. Kalau pengen full sih harus sampai dlu barang nya lalu komplain atau ada info barang hilang dr ekspedisi baru komplain

    • 21 Januari 2024 - (10:53 WIB)
      Permalink

      Barang tidak sampai setelah 10 hari. Saya lalu mengajukan komplain. Kemudian oleh ekspedisi yang di rekomendasikan oleh Tokopedia barang tersebut di return kembali ke penjual. Hasil tracking ekspedisi terlampir di screenshot.

      • 21 Januari 2024 - (11:21 WIB)
        Permalink

        Brarti benar kan barang belum hilang, ada kendala cuma belum hilang. Batal atas kehendak Anda sendiri. Ya bayar sendiri ongkirnya lah. Masak penjual yang talangin, yang batalkan kan situ.

        • 21 Januari 2024 - (12:02 WIB)
          Permalink

          Darimana saya minta cancel? Saya mengajukan komplain karena barang tidak sampai. Oleh Tokopedia pesanan saya dibatalkan. Tolong baca baik baik dan cek Lampiran. Seandainya saya yang cancel Saya cukup cerdas untuk berfikir. Masa iya saya minta refund ongkir padahal saya yang minta cancel

  • 21 Januari 2024 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Sebelum barang dinyatakan hilang atas kesalahan kurir tdk blh minta refund (cancel) oleh pembeli nantinya kita yg bayar ongkir karna batal atas permintaan kita sendiri

    • 21 Januari 2024 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Tolong dibaca. Ini bukan barang hilang. Barang ini dalam pengiriman ke alamat saya. Tp kemudian tidak sampai sampai dan akhirnya transaksi dibatalkan oleh Tokopedia barang tersebut di retur ke pembeli. Karena itu saya meminta refund full. Karena dalam hal ini saya tidak merasa salah sama sekali

      • 21 Januari 2024 - (12:11 WIB)
        Permalink

        Dibatalin toped apa pembeli yg ajukan batal ? Itu sesuatu yg beda kalo toped yang batalin (sistem) jelas dapat full refund harusnya

  • 24 Januari 2024 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Contoh beli elektronik senilai 2jt dan ditambah ongkir 200rb plus asuransi dll nya, datang barang terus di unboxing menggunakan video tanpa jeda dll, kemudian barang tersebut minus atau tidak sesuai yg ditawarkan maka ajukan komplen dan kirim balik, modal dari beli 2jt memang balik, lah masalahnya ongkir nya jadi ilang, maka disini belanja onlen cukup rawan ya terlebih dalam segi nilai yang tidak sedikit, tapi apakah ada solusinya biar rasa aman bagi konsmen.

  • 7 Maret 2024 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Saya punya pengalaman yang sama. Kurir me-retur barang ke penjual tanpa ada alasan. Saya tidak pernah meminta pembatalan pembelian. Pesanan dikomplain dan akhirnya dana yang dikembalikan kurang dari total pembayaran di awal. Sepertinya masalah ini harus di-up ke media mainstream agar tidak ada lagi korban2 seperti kita.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Memotong Saldo Refund dan Tidak Mengembalikan Ongkir

oleh adira dibaca dalam: 1 menit
17