Sudah 2 Bulan Barang Hilang, Tokopedia dan J&T Saling Lempar Tanggung Jawab

Pada tanggal 24 Desember 2023 saya melakukan transaksi pembelian Men’s Rogaine senilai Rp. 1.100.000 di toko Good Store Commerce di Tokopedia dengan no invoice INV/20231224/MPL/3642251139. Total belanja Rp.1.132.800 beserta ongkir menggunakan J&T dengan no resi JT0007098928 dan asuransi.

Pada tanggal 30 Desember 2023 saya mengajukan investigasi pengiriman ke Tokopedia disebabkan J&T mengirimkan kembali barang saya ke penjual di Jakarta, tetapi penjual tidak pernah menerima barang kembali, hingga pada tanggal 7 Januari 2024 barang dinyatakan hilang.

Penjual kemudian mengajukan klaim barang hilang dan melengkapi berkas dokumen yang diperlukan pada tanggal 8 Januari 2024. Tokopedia kemudian menginfokan bahwa mereka masih memproses dokumen dari kurir.

Setelah itu dari Januari hingga Februari, setiap ditanyakan di chatting, jawaban CS Tokopedia selalu sama.

Hingga pada tanggal 22 Februari 2024 penjual mengkonfirmasi dengan pihak J&T sendiri perihal dokumen yang belum diserahkan, dan mendapat info dari J&T bahwa tidak pernah ada permintaan dari Tokopedia untuk menyerahkan dokumen. Penjual menanyakan kepada Tokopedia dan kembali lagi CS Tokopedia memberikan jawaban yang sama.

Sampai saat ini status di Tokopedia masih sama, menunggu dokumen klaim dari kurir.

Sudah 2 bulan barang hilang, dan baik Tokopedia dan J&T saling lempar tanggung jawab meskipun saya sudah membeli asuransi yang seharusnya untuk proteksi pembeli. Apa gunanya kalau begitu asuransi yang sudah dibeli apabila Tokopedia dan J&T tidak kompeten seperti ini. Tidak ada usaha ataupun itikad untuk menyelesaikan masalah ini dan pada akhirnya penjual dan pembeli yang dirugikan.

Sangat mengecewakan dan memalukan bagi Tokopedia, perusahaan dengan valuasi USD 30 milliar tidak bisa mengurus pengembalian dana yang notabene hanya USD 70 (Rp.1.100.000)

Angie
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Sudah 2 Bulan Barang Hilang, Tokopedia dan J&T Saling Lempar Tanggung Jawab

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Sudah 2 Bulan Barang Hilang, Tokopedia dan J&T Saling Lempar Tangg…

oleh Angie dibaca dalam: 1 menit
4