Pembatalan Tiket Pesawat via Shopee, Limit Dikembalikan ke Travel Credit Bukan ke PayLater

Terima kasih kepada tim Media Konsumen yang telah menayangkan keluhan saya kepada Shopee.

Pada tanggal 29 April 2024, saya memesan tiket pesawat PP Indonesia – Jepang untuk suami saya melalui Shopee. Nomor pemesanan tiket: 2714362688434575369, nominal Rp5.446.931, untuk pemberangkatan tanggal 14 Mei 2024. Dikarenakan saya lupa belum memasukkan berat bagasi, maka saya melakukan pembatalan tiket tersebut pada tanggal 09 Mei 2024. Di dalam tiket saya terdapat keterangan “Dapat Dikembalikan”.

Saya pesan menggunakan PayLater, jadi saya pikir jika saya batalkan akan kembali ke limit PayLater saya. Karena di awal tidak dijelaskan untuk pengembalian dana berupa travel credit/voucher.

Kemudian pada tanggal 10 Mei 2024 pukul 20.13 WIB, saya mendapatkan email dari Shopee yang isinya adalah informasi pengembalian dana berupa travel credit yang dapat digunakan untuk membeli tiket pesawat kembali menggunakan maskapai yang sama untuk penumpang yang sama. Karena saya merasa tidak sesuai dengan informasi awal, maka saya menghubungi CS Shopee pada pukul 20.37 WIB, untuk menanyakan perihal email tersebut.

Saya mencoba menggunakan form yang ada di email Shopee untuk redeem voucher. Akan tetapi link form sudah tidak aktif, dan voucher tidak dapat digunakan. Karena voucher tidak dapat digunakan, saya meminta untuk pengembalian dana ke PayLater saja. Namun sampai hari berikutnya tidak ada informasi tanggapan dari pihak Shopee.

Karena permintaan pengembalian dana saya tidak ada respons, saya menghubungi Shopee lagi untuk menanyakan cara redeem travel credit saja. Daripada saya lama menunggu untuk pengembalian dana, toh memang saya membutuhkan tiket untuk penerbangan tanggal 14 Mei 2024. Akan tetapi CS Shopee tidak tahu cara redeem voucher tersebut. Saya diarahkan untuk menghubungi Traveloka. Namun Traveloka menyarankan saya menghubungi Shopee lagi. Saya dilempar sana- sini untuk mengetahui info tersebut.

Pada tanggal 13 Mei 2024 pagi, saya menghubungi CS Shopee untuk dibantu redeem. Lalu saya disuruh menunggu sampai pukul 12 siang. Sampai pukul 12 siang tidak ada info. Kemudian saya menghubungi CS Shopee lagi pukul 14.00, tetapi disuruh nunggu lagi sampai pukul 16.00. Dikarenakan pemberangkatan saya tanggal 14 Mei 2024 dan waktu sudah mepet, maka saya pesan tiket kembali lewat Traveloka secara mandiri.

Setelah saya pesan tiket dan sudah berangkat Jepang, saya baru dapat info akan dibantu redeem voucher pada tanggal 14 siang. Sungguh sudah telat infonya. Padahal saya sudah info ke CS Shopee bahwa saya mau berangkat tanggal 14. Di dalam email juga tertera pemesanan tiket harus H-3 hari sebelum pemberangkatan.

Sampai hari ini saya sudah menghubungi tim Shopee 24 kali, tetapi masih belum dikembalikan PayLater saya dengan alasan kebijakan maskapai. Seharusnya jika Shopee memberi travel credit mereka juga harus tahu cara redeem-nya sehingga tidak menyulitkan konsumen. Kalau seperti ini saya dirugikan karena limit PayLater saya tidak kembali dan tiket pesawat yang tidak saya gunakan masuk di tagihan saya.

Ini kesalahan Shopee, bukan kesalahan saya. Saya tidak berkenan membayar tiket pesawat tersebut, karena tidak saya pakai. Jika dari awal Shopee tahu cara dan membantu redeem tiket, saya tidak mungkin membuat laporan berkali-kali di aplikasi Shopee. Saya menginginkan pengembalian dana saya ke PayLater saya, sehingga saya tidak perlu membayar tagihan tiket yang tidak saya gunakan. Mohon perhatiannya team Shopee dan PayLater. Saya merasa dirugikan.

Amaliyah
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Pembatalan Tiket Pesawat via Shopee, Limit Dikembalikan ke Travel Credit Bukan ke PayLater

  • 20 Mei 2024 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Setau saya memang begitu akan masuk ke travel kredit.. Kaya agoda pas saya batalkan masuknya ke agoda coin..
    Setau saya ga bs di redeem jg ya..
    Jd lebih baik kakak pesan lg pakai travel kreditnya

    • 11 Juni 2024 - (05:19 WIB)
      Permalink

      Ah iya sama. KLO saya dicancel dari pihak maskapai. Sudah dri Maret sampe skrg blum cair uangnya ke limit paylatter.

  • 21 Mei 2024 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Iya kak, sebenarnya tdk apa² kembali travel credit. Tp disaat mau pesen lagi, pihak shopee tdk tau cara pakai vouchernya.
    Giliran saya sudah pesan mandiri ditraveloka, malah baru dikasih tau caranya. Padahal sudah terbang jpn. 😭😭😭

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Tiket Pesawat via Shopee, Limit Dikembalikan ke Travel Cred…

oleh Nema dibaca dalam: 2 menit
3