Permohonan Perbaikan Layanan SPX Wilayah Surade

Dengan hormat,

Saya Dena Permadi, penjual Shopee dengan nama toko acuku.sae, ingin menyampaikan keluhan terkait layanan Shopee Express (SPX) di wilayah Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Saya telah membangun toko di Shopee dengan susah payah dan mendapatkan status Star Seller.

Sebelumnya, saat pengiriman produk dilakukan dari Bandung, hampir tidak ada kendala yang berarti dengan layanan SPX. Namun, setelah saya memindahkan tempat produksi dan gudang ke wilayah Surade, Sukabumi, dan menggunakan SPX di wilayah setempat, saya mengalami berbagai kendala yang sangat merugikan.

Permasalahan yang saya hadapi:

  1. Scan produk sering terlambat: Hal ini menyebabkan keterlambatan pengiriman produk kepada pembeli, sehingga memicu peringatan toko, yang nantinya bisa berdampak pada penambahan poin pelanggaran dan menurunkan kepuasan pembeli.
  2. Kurangnya respons dari SPX Surade: Saya telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah ini, seperti menghubungi SPX Surade secara intensif untuk meminta percepatan scan produk, namun tidak membuahkan hasil yang memuaskan.
  3. Saran yang tidak memadai dari CS Shopee: Saat menghubungi CS Shopee, saya hanya disarankan untuk mencari cabang SPX terdekat di Palabuhan Ratu, yang mana berjarak 4 jam perjalanan pulang pergi.

Dampak yang Ditimbulkan:

  1. Penurunan reputasi toko: Jika kejadian keterlambatan terus berulang, akan memicu kerapnya peringatan toko dan status poin pelanggaran akan diterima yang nantinya menurunkan kepercayaan pembeli terhadap toko saya.
  2. Ketidakpuasan pembeli: Keterlambatan pengiriman produk akibat scan produk yang terlambat tentu saja membuat pembeli tidak puas.
  3. Citra Shopee yang tercoreng: Layanan SPX yang tidak memadai di wilayah Surade dapat memberikan citra negatif terhadap Shopee di mata penjual dan pembeli.

Permintaan:

Berdasarkan permasalahan dan dampak yang saya jelaskan di atas, saya dengan hormat memohon kepada pihak Shopee untuk:

  1. Melakukan tindakan preventif untuk meningkatkan kualitas layanan SPX di wilayah Surade.
  2. Mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah scan produk yang kerap terlambat. Saya ingin sukses berjualan di Shopee dengan didukung pengiriman yang memadai. Prinsip saya, sebisa mungkin saya harus patuh pada aturan berjualan dan menghindari setiap poin pelanggaran.
  3. Memberikan pelatihan dan arahan yang lebih baik kepada staf SPX Surade.

Saya berharap Shopee dapat segera menyelesaikan masalah ini demi kelancaran bisnis saya maupun para penjual lain di wilayah Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Saya menuliskan keluhan ini hanya untuk perbaikan layanan agar kejadian serupa tidak terulang kembali sehingga kepuasan pelanggan tetap terjaga.

Demikian surat keluhan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dena Permadi
Surade, Sukabumi


Update (7 Juni 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Permohonan Perbaikan Layanan SPX Wilayah Surade

  • 25 Mei 2024 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Shopee maksa nyala Shopee Express (SPX) dan J&T (JNT). Ngak bisa dimatiin. Jadi begitulah. Agak semena2. Yang ada, mereka baca ini, malah sengaja ditarget makin diperlambat inputnya.

    Ke CS Shopee, juga ngak ada gunanya. Anda juga tau reputasi customer service Shopee bagaimana. Udah banyak yang komplain di Media Konsumen dan media sosial yang lain. Ngak ada perubahan.

    • 25 Mei 2024 - (15:50 WIB)
      Permalink

      Saya menulis disini, dengan harapan ada perbaikan Layanan.
      Karena selama ini di kota sebelumnya layanan SPX tidak ada masalah.

      Semoga tujuan positif ini, pihak Shopee bisa berbenah, demi kebaikan untuk semuanya.

  • 26 Mei 2024 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Emang harus di media kan dulu, kalau memang masih tetap belum ada perbaikan dari pihak SPX nya.

    Semoga mengutamakan kepuasan, dan kenyamanan pelanggan min

  • 26 Mei 2024 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Intinya, managemen Shoppe utk SPX harus di benahi… Jangan sampe merugikan. Diliat2, rata2 keluhan Shoppe di MC banyak banget

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Permohonan Perbaikan Layanan SPX Wilayah Surade

oleh Dena dibaca dalam: 2 menit
5