Prosedur Retur Shopee yang Mengecewakan

Pada tanggal 12 Juni 2024, saya ada dua transaksi di Shopee dengan pembayaran COD, yang terkirim dengan label yang tertukar. Pada tanggal 14 Juni 2024, pihak pembeli menginfokan ke saya sebagai penjual, dan pihak pembeli melakukan proses pengembalian barang/retur melalui aplikasi Shopee (bukti chat pembeli terlampir).

Namun anehnya, pihak Shopee tidak mau memproses pengembalian tersebut dan sepenuhnya menyalahkan penjual. Padahal jelas-jelas pihak pembeli dan penjual sudah chat untuk proses pengembalian/retur barang melalui aplikasi.

Atas putusan tersebut saya banding. Jelas-jelas barang yang saya jual tidak melanggar ketentuan Shopee, pada bagian produk tidak dapat dikembalikan. Namun setelah banding pun pihak Shopee malah menyalahkan penjual atas proses tersebut. Padahal saya juga sering jadi pembeli dan kalau ada barang yang tidak cocok, saya biasa retur  dan gak ada masalah selama ini.

Namun kali ini dengan seenaknya pihak Shopee memberikan link untuk panduan penjual. Yang mana tidak ada penjelasan retur bagi penjual, hanya panduan retur bagi pembeli. Apakah tim Shopee bekerja profesional atau cuma gaya-gayaan saja? Karena terkesan gampang saja, semua kesalahan dilempar ke penjual. Kalau begini prosesnya, maka menjadi penjual di sini merupakan risiko besar.

Antoni Arianto
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Prosedur Retur Shopee yang Mengecewakan

  • 19 Juni 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    sudah kak, percuma lawan shopee, tim mediasinya malah berani ajak penjual ribut, mreka tidak mau salah karena keputusan mreka kalau mreka akui salah, mreka yang bayar biaya yang terjadi nya, ini saya baru ribut sama tim mediasinya shopee via telpon akhirnya mengaku kalau mereka salah memberikan keputusan, mereka yang bayar, jadi mereka tim mediasi pasti mati-matian tidak mau salah dan disalahkan. Kebijakan shopee di 2024 ini makin ngawur saja mengenai pengembalian barang. Semoga banyak Seller yang speak up dan mungkin kita bisa bersama menuntut shopee mengubah kebijakannya yang makin konyol

  • 19 Juni 2024 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Ini karena makanan kan yah? Jadi pembeli benar udah pilih mau balikin, cuma karena makanan ngak bisa dibalikin.

    Saya pribadi ngak ketemu kategori “Dapat dikembalikan”, mungkin itu cuma opsi yang ada buat jual makanan?

  • 19 Juni 2024 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Label tertukar kesalahan seller atau ekspedisi? Kalau kesalahan seller, biar nggak ribet pakai solusi yang diberikan bang @Ari. Buyer langsung kembalikan ke seller dengan ongkir ditanggung seller. Sopi mah apaan tuh! ­čśť

  • 22 Juni 2024 - (23:17 WIB)
    Permalink

    pihak shopee sudah menghubungi dan menawarkan solusi voucher setelah saya infokan akan pubis ke mediakonsumen.com.
    ya mau ngak mau ketimbang proses ngak jelas saya terima sajalah dan nilainya dibawah produk.
    konsumen sudah proses return dan barang di kembalikan ke kurir.. hanya prosesnya shopee yg jelimet dan tidak jelas jadi ambil simplenya saja salahkan penjual padahal kalaupun dicash proses return kita siap karna keliru lebel.
    yang disayangkan dia yg buat peraturan tp dia juga yg baleloh..kita juga sering pesan barang makanan kalau keliru bisa return kok dan prosesnya sukses..

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Prosedur Retur Shopee yang Mengecewakan

oleh Antoni Arianto dibaca dalam: 1 menit
6