Transaksi Pembayaran Gagal, Bank BNI Menolak Mengembalikan Dana

Perkenalkan, saya nasabah BNI sejak tahun 2008. Selama ini saya sering memakai layanan BNI Mobile Banking dan tidak ada masalah yang berarti.

Pada hari Rabu, tanggal 12 Juni 2024 pukul 13.10 WIB, saya memesan tiket penerbangan atas nama Haris Herlambang, rute Balikpapan – Jakarta, dengan maskapai Citilink dan kode pembayaran: 013423052214. Sayangnya pada saat pembayaran transaksi dengan mobile banking BNI (nomor rekening: 685893***) sejumlah Rp1.798.871, terdapat gangguan jaringan. Sehingga layar menampilkan untuk mengecek riwayat transaksi. Pada riwayat transaksi, telah terpotong pada rekening sejumlah nilai tersebut.

Proses ini kemudian dilaporkan melalui BNI Call, dengan nomor aduan: 2-00023747855. Petugas call service meminta untuk mengecek ke web Citilink. Sayangnya sampai menuju batas waktu pembayaran tiket penerbangan, Citilink belum menerima konfirmasi pembayaran. Sehingga saya memutuskan untuk melakukan pembayaran menggunakan rekening yang lain pada pukul 14.27 WIB. Beberapa menit setelah pembayaran, status pemesanan berhasil dan Citilink mengirimkan tike beserta itinerary ke email.

Pada pukul 15.16 WIB, BNI Transaksi Journal mengirimkan status pembayaran pesanan 0134423052214 gagal. Sayangnya kegagalan transaksi ini tidak secara otomatis mengembalikan dana nasabah ke rekening semula.

Laporan melalui call center akhirnya ditutup pada tanggal 13 Juni 2024. Padahal dana tersebut belum dikembalikan. Hal ini kemudian ditindak lanjuti dengan mengirimkan email keberatan kepada pihak BNI. Sayangnya pihak BNI bersikukuh bahwa dana tersebut telah sukses terbayar. Namun hingga kini pihak BNI belum bisa memberikan bukti transaksi sukses. Bukti yang diberikan pihak BNI merupakan pembayaran yang gagal, sedangkan bukti sukses hingga tanggal 26 Juni 2024 09.00 WIB belum diberikan.

Hal ini mempersulit pelanggan untuk komplain kepada pihak maskapai, karena kesalahan ada pada pihak bank. Mohon saldo yang terpotong untuk di-refund kembali dan sistem pembayaran online melalui mobile BNI lebih ditingkatkan, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali kepada pelanggan lainnya.

Candra Setiawan
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Transaksi Pembayaran Gagal, Bank BNI Menolak Mengembalikan Dana

  • 28 Juni 2024 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Update Kasus.

    Setelah surat pembaca ini tayang pada hari Jum’at 28 Juni 2024. BNI melalui call center menghubungi nasabah pada pukul 13.29 WIB atas nama Febiola. Pihak BNI telah menghubungi citilink dan memproses transaksi tersebut. Dari pihak Citilink telah ada proses pengajuan untuk me – refund dana dengan jangka waktu 14 hari. Proses ini akan ditindaklanjuti.

    Setelah telepon ini , pada pukul 13.40 WIB ada email dari BNI yang menginformasikan bahwa refund atas transaksi tersebut . Hasil pengecekan terhadap riwayat rekening memang terdapat pengembalian dana dari pihak perbankan.

    Saya ucapkan terima kasih keada mediakonsumen yang telah memuat surat pembaca. Serta pihak bank BNI dan Citilink yang telah kooperatif. Mohon pelayanan lebih ditingkatkan dan memperhatikan keluhan nasabah tanpa perlu membuat surat pembaca.

    Salam

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Transaksi Pembayaran Gagal, Bank BNI Menolak Mengembalikan Dana

oleh Candra dibaca dalam: 1 menit
2