Masalah Kelebihan Pembayaran Tagihan XL Masih Belum Selesai

Kepada Yth.
Media Konsumen dan provider XL,

Pada tanggal 18 April 2024 lalu, saya pernah memuat keluhan terkait “Sudah Beli Paket Roaming XL Prio Pass Tapi Masih Ditagih Biaya Berkali-kali“, yang mana saya tetap ditagihkan internet regular saat di luar negeri, meski saya sudah membeli paket roaming. Setelah keluhan ini tayang di Media Konsumen, pada hari yang sama saya dihubungi oleh pihak XL 818 via telepon dan dinyatakan bahwa tagihan sudah direvisi.

Saat ini yang jadi permasalahannya adalah, tagihan yang di-autodebit dari kartu kredit saya adalah senilai tagihan pertama yang belum direvisi, sebesar Rp302.586. Pendebitan ini tercetak pada billing tagihan kartu kredit saya per tanggal 23 April 2024. Yang mana seharusnya jika tanggal 18 April 2024 sudah dilakukan koreksi, maka yang didebit adalah nonimal setelah koreksi.

Billing bulan berikutnya (April), saya cek ada keterangan koreksi sebesar Rp169.800 (seharusnya Rp187.146). Namun pihak XL tetap mendebit tagihan April saya secara full, padahal seharusnya masih ada kelebihan pembayaran saya dari bulan sebelumnya. Hingga per 1 Juli ini masih belum ada pengembalian dana saya atas kesalahan tagih XL tersebut, maka dari itu saya nyatakan bahwa case ini masih berlanjut dan belum selesai.

Saya sudah hubungi pihak bank bahwa ada kesalahan tagih atas tagihan XL saya. Namun pihak bank menginformasikan kepada saya, bahwa saya harus hubungi XL sehingga nanti XL yang akan mengkreditkan kembali atas lebih bayar tersebut. Oleh karena itu pada tanggal 22 Mei 2024, saya hubungi XL dan CS meminta saya mengirimkan billing cetak kartu kredit saya via email. Setelah saya kirim email, tetap tidak ada kejelasan dan penyelesaian atas kasus ini.

Tanggal 10 Juni 2024, saya telepon lagi ke 818, saya jelaskan ulang kronologinya dan dibuatkan dengan nomor: C200532608. Lalu saya diminta menunggu 3×24 jam, tetapi tetap saja tidak ada kabar. Sehingga tanggal 25 Juni 2024, saya hubungi kembali customer service XL. Saya jelaskan ulang kronologinya dan meminta untuk segera di-update, tetapi tetap diminta tunggu 3×24 jam. Namun sampai hari ini tidak ada konfirmasi apapun dari XL.

Saya sudah lelah mem-follow up kembali, karena sepertinya hasilnya akan sama saja seperti tidak direspons atau mungkin diabaikan. Mungkin dengan adanya keluhan di Media Konsumen ini, pihak XL dapat merespons dengan cepat atas atas keluhan saya yang terjadi sejak Maret 2024.

Saya hanya meminta, agar XL segera mengembalikan kelebihan autodebit pembayaran billing Maret saya sebesar Rp187.146, yang mana tagihan Maret tersebut setelah dikoreksi, seharusnya Rp115.440. Sementara total pendebitan yang dilakukan XL sebesar Rp302.585 seperti nominal awal.

Semoga masalah ini segera terselesaikan dan pengembalian dana saya segera diproses. Semoga pihak XL ke depannya cepat tanggap dalam merespons keluhan konsumen, khususnya hal yang sangat merugikan seperti ini. Terima kasih.

Andreas
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Masalah Kelebihan Pembayaran Tagihan XL Masih Belum Selesai

  • 3 Juli 2024 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Oh, jadi XL selama ini respon di Media Konsumen bisa cuma lip service aja? HAHAHAHA. Operator gila memang.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Masalah Kelebihan Pembayaran Tagihan XL Masih Belum Selesai

oleh Andreas dibaca dalam: 2 menit
1