Pembeli Merasa Dirugikan oleh Tim Mediasi Shopee

Saya membeli barang berupa rumput artifisial melalui aplikasi Shopee dari toko luar negeri (hellery1.id). Namun setelah barang datang, barang ternyata berbeda jauh dari yang diklaim penjual. Dikatakan di halaman produk, bahwa rumputnya tebal setebal 15 mm, tetapi kenyataannya produknya hanya sekitar 1 – 2 mm dan bahannya terbuat dari material seperti kertas rafia. Berikut link video barang yang datang ke tempat saya:

Dikatakan juga bahwa matrasnya bagian belakang terbuat dari karet, tetapi yang datang tidak ada karetnya sama sekali. Rumputnya gampang sekali copot karena hanya terbuat dari kertas. Secara logika, saya tidak puas dengan barang yang datang dan komplain ke pihak penjual. Penjual sendiri pun meminta maaf dan menyuruh saya untuk proses refund saja.

Ketika saya request proses refund dan kemudian ditindaklanjuti pihak mediasi Shopee. Mereka meminta saya mengembalikan seluruh barang dan saya hanya di-refund sebagian uang yang sudah saya bayarkan untuk produk ini. Ditambah lagi uang pengembalian harue ditanggung pembeli.

Saya jadi berpikir, kenapa saya yang harus rugi Rp100 ribu? Tidak dapat barang apa-apa dan kemudian harus rugi ongkir balik barang. Padahal saya yang dirugikan penjual dengan tidak mengirimkan barang sesuai deskripsi. Penjual sendiri mengakui kesalahannya.

Seakan-akan pihak mediasi Shopee mengambil keputusan sepihak dan respon dan support dari tim Shopee sangat mengecewakan sejauh ini. Saya anggota Platinum Shopee dan menggunakan layanan chat Platinum Shopee, tetapi ketika saya meminta respon lanjut dari Shopee, chat saya dihentikan sepihak oleh pihak Shopee. Apakah seperti ini layanan shopee sebagai salah satu pemilik toko online terbesar se-Indonesia?

Handoko
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:46    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Pembeli Merasa Dirugikan oleh Tim Mediasi Shopee

  • 6 Oktober 2020 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Sama saja juga begitu jual aksesoris mobil barang nya rusak dalam pengiriman dan tdk bisa tolak return tapi sadis nya saldo di kembalikan ke pembeli namun brang saya hilang seharga 2,5 jt…. Sampai skarang di ca shopee jawaban gitu2 mulu kaya robot apalagi alesan nya 7 hari kerja masa garansi penanganan shopee

    • 7 Oktober 2020 - (11:21 WIB)
      Permalink

      Udah pusing Shopee nya bingung bayarnya takut rugi kayanya mah…. Jd w banyak alasan

  • 7 Oktober 2020 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah klo belanja onlen resiko kecewa 90 persen.klo pas apes yah gitu rugi.klo pas bener barang pesananya ya berasa girang seneng kaya hbs dpt hadiah gitu.paling aman ya belanja offline cuman kadang barang yg kita cari gk ada di toko2 terdekat klo di onlen kan cari apa aja ada tinggal klik

    • 7 Oktober 2020 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga mas malah saya mah belanja lebih dari 100rb, saya rugi 1.594.800,- janji Shopee pengembalian tidak kunjung alibinya lg diganti voucer senilai 791.000 tp pas dipakai hanya bisa dipakai belanja 3 item dan nilainya ga sampai 200.000… Merugikan sekali Shopee sekarang ga profesional. Pesan saya untuk semua tolong hati2 banget dalam pemesanan atau apapun…. Moga ada hikmahnya rekan2 semua… Amiinn

  • 7 Oktober 2020 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Kalo mau beli barang dari China mending di Aliexpress. Kalo barang gk sesuai / gk sampe tujuan bisa di refund full 100% (mengikuti dollar)

  • 7 Oktober 2020 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Kalau masalah ongkir praktek umum nya sih kirim balik di bayar oleh pembeli. Tapi bisa nego juga sih dengan penjual.

    Sama aja kayak beli offline ke toko fisik, semisal beli elektronik trus rusak mau claim garansi ke toko fisik, yang punya toko tidak harus mengganti bensin kendaraan yang anda keluarkan atau ongkos angkot untuk ke toko tersebut kan?

  • 7 Oktober 2020 - (11:38 WIB)
    Permalink

    betul saran Blackholedown, mending pakai aliexpress.

    kalo berurusan dgn CS & kebijakan shopee emang selalu bikin emosi & siap2 kecewa deh.

    • 7 Oktober 2020 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Sama aslinya kecewa mas mending kalo kecewe ya hehehe… Ngabeberah hate saya ge kecewa nya bageeeeet pisaaan Shopee makin nyebelin mau lapor ke polisi malah tambah ribet kata temen teh…. Paling lockdown ga belanja lg di Shopee skrg mah . Oya kalo aliexpres teh gimana itu mas

  • 3 November 2020 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Tim CS Shopee sudah merespon saya dan terima kasih banyak untuk membantu saya dalam Proses Refund. Tim CS Shopee memang lumayan Gercep (Gerak Cepat) dan Responsif…:)

    Saran saya kepada shopee harusnya tim mediasi shopee lebih mempertimbangkan hal dengan baik dan bijak dan respon tim mediasi shopee harusnya lebih baik dan responsif sehingga kami para pengguna shopee tidak harus komplain di media sosial yang merupakan wujud frustrasi kami ke shopee…karena pelayanan dan tanggapan yg kurang baik.

    Semoga ke depannya Shopee lebih fokus membenahi hal ini yg akan ber-impact untuk bisnis nya.

    Terima Kasih Media Konsumen yg telah memberi saya kesempatan untuk mencapai tim shopee…tanpa anda mungkin tidak bs ada tanggapan dr tim shopee.

    Dan terima kasih jg untuk CS Shopee dan leader CS Shopee yg telah berusaha untuk reach out ke saya dan membantu saya sampai proses nya tuntas

    • 3 November 2020 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah syukur deh kalo benar Shopee sekarang jadi lebih baik merespons nya dan mengganti kerugian nya…. Siiplah… Moga ga ada lagi korban selanjutnya… Amiin

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Pembeli Merasa Dirugikan oleh Tim Mediasi Shopee

oleh Dok Dok dibaca dalam: 1 min
11