Harap Tokopedia Investigasi Dulu, Baru Ambil Keputusan!

Saya pemilik akun Sanindo (toko spare part komputer) di marketplace Tokopedia. Pada tanggal 25 Juli 2021, 12:19 WIB, nomor invoice: INV/20210725/MPL/1437919371, akun pembeli Tokopedia atas nama Weweh memesan harddisk 1 TB SATA, dengan menggunakan ekspedisi TIKI ONS, nomor resi: 660031165490. Untuk paket tersebut kami kirim tanggal 26 Juli 2012. Pada tanggal 27 Juli 2012 pukul 11:46 WIB paket sudah diterima oleh pembeli.

Pada tanggal 28 Juli 2021 18:03 WIB pembeli mengajukan komplain, dengan catatan barang yang diterima tidak sesuai (barang jadi harddisk 250 GB dan tidak ada segel barang) dan melampirkan video unboxing. Setelah kami cek, ternyata harddisk sudah tidak sesuai dengan yang kami kirimkan (bukan barang dari toko kami). Kami juga ada dokumentasi paket sebelum kirim ke pembeli.

Berikut unboxing dari konsumen, saya dokumentasi ke akun saya, supaya bukti nanti masih bisa kelihatan:

1. https://youtu.be/eBW8wUuFpMU (unboxing dari pembeli)

Dalam diskusi komplain, saya sebagai pihak penjual melampirkan bukti-bukti dokumentasi bahwa barang yang dikirim itu sudah sesuai, yaitu harddisk 1 TB, berikut buktinya:

1. https://youtu.be/Vt98rnuIoeY (Youtube, dokumentasi dan packing)

2. Perbedaan data dari pembeli dan penjual (dengan gambar 1 dan 2)

Untuk packing mungkin masih bisa palsuin ya, tapi kalau segel pasti susah, karena setiap barang elektronik yang saya kirim terdapat segel. Saya juga konfirmasi ke tim Tokopedia untuk diinvestigasi secara tegas.

Pada tanggal 1 Agustus 2021, CS atas nama Kenzie dari tim komplain Tokopedia, tanpa melakukan investigasi bukti dari penjual (kasus seperti ini bisa dicurigai dari penjual, pembeli dan ekspedisi), langsung langsung menyetujui komplain pembeli.

Pertanyaan saya:

  1. Untuk kasus tersebut, teman–teman seller ada masukan? Kalau ada masukan tolong dibantu infokan.
  2. Tokopedia sebagai pihak penengah, apakah sudah melakukan investigasi ke ekspedisi, pembeli maupun penjual? Apakah sudah bersikap netral? Kalau kasus tersebut kelolosan satu kali saja, akan muncul dan terulang terus. Jangan sampai disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hermanto
Seller Tokopedia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Coba sampaikan saja Tokopedianya, kalau tidak diselesaikan dengan bijak dan benar, akan dibawa ke berbagai media cetak dan tidak menutup kemungkinan ke ranah hukum.
    Biasanya kalau sudah sampai media cetak, bagian petingginya yg akan handle, bukan lagi CS-CS kacangan yg tidak becus.

    • terima kasih pak suprapto atas saran, di awal komplain udah saya sampaikan diskusi , minta tolong CS tokopedia di investigasi , dan bukti-bukti documentasi saya udah lampirkan sedetail mungkin, kenyataan bukti- bukti dari penjual seperti tidak di perhatikan sama sekali, dan di setuju pengembalian, di situ saya keberatan dan kecewa .

    • Ada 1 kekurangan yg mungkin akan menjadi kelemahan seller yaitu "tidak adanya bukti video" Paket tsb benar benar sdh di ambil oleh kurir yg pick up dalam keadaan setelah di packing tsb, karena kemungkinan bisa jadi seller di tuntut balik oleh pihak marketplace dan ekspedisi dengan alibi bisa saja paket di tukar sblm di pick up kurir... :(

  • Maju terus pak, kalo emang bener lanjut aja. data kelengkapan video dll siapin aja. maka dari itu penting QC Video, cctv dll sebagai nya

    • ya betul pak junaedi, bukti udah kita lampirkan, dan yakin sekali kiriman udah sesuai, kita ada documentasi data juga

      • Ngak penjual ngak pembeli sama sama rugi belanja dari Tokopedia . Kalau pengalaman pribadi saya selama berbelanja melalui tokopedia tidak pernah ada pengawasan kualitas barang yang di jual oleh seller . Seharusnya semua barang pesanan wajib di kirimkan melalui logistik tokopedia . Jadi seller menitipkan barang di bagian logistik Tokopedia . Sehingga pengawasan kualitas produk bisa terjamin untuk kualitas dan pantas di beli oleh calon pembeli . Jangan hanya Tokopedia menampung seller yang menjual produk , tapi apakah pantas produk tersebut di jual . Sehingga tidak ada pihak yang di rugikan baik itu seller dan pembeli . Kalau tidak ada pengawasan dari Tokopedia akan terus bermasalah . Sebaiknya Tokopedia bijak jangan hanya menjadi penengah saja ,komitmen menjaga kualitas . Jadi Tokopedia jangan hanya bisa jadi e commerce tapi harus bisa mengerti seperti apa usaha menjual barang yang baik itu . Dan kalau mau menghubungi cust service tokopedia , mereka seperti pengecut takut komplain .

      • Betul, lanjutkan, terus terang memang saya kalau belanja banyak melalui Tokopedia, tetapi tim CSnya kurang bisa diandalkan, semoga ada marketplace yang netral, setidaknya didengarkan berdasarkan bukti yang ada..

        Tolong juga disertakan nama pembelinya supaya kita juga bisa memblock penipu semacam itu dan lebih berhati hati.

  • Soal investigasi ke ekspedisi saya rasa pihak tokopedia tdk akan melakukannya, krn saya sendiri sbg penjual di tokopedia prnh dirugikan oleh salah satu ekpedisinya dan pihak tokopedia tdk prnh menginvestigasi, dan langsung secara sepihak menggangap saya salah dan membebankan ongkir tambahan yg sama sekali tdk msk akal, walaupun bukti2 sdh saya ajukan tp tetap saja toko saya yg dianggap salah. Akhirnya ekpedisi tsb saya non aktifkan dr toko saya dan sampai kpnpun tdk akan pernah saya akan pakai lg.

    • ya betul juga pak, awal kirain ada kerja sama e-commence sama expedisi, akan bantu follow lebih mudah, kenyataan tidak, untuk kedepan kalau ada kendala akan saya laporkan pihak expedisi langsung. terima kasih infonya

  • Saya malah sama sekali tidak curiga sama expedisi, saya malah curiga pada buyernya.

    • Enaknya sebagai seller, tahu rumah buyer.

      Bisa bikin laporan polisi, tindak penipuan
      Dan Tokopedia menjadi tergugat juga

      Karena ini jelas penipuan di buyer, jika seller memang benar

    • Cek barang di terima pukul berapa dan di unboxing jam brapa, itu yang perlu di selidiki, siapa tau barang sudah di bongkar pembeli lalu di tukar dan kemas lagi seperti semula, lalu di unboxing.

      • Ya susah pak tracing nya karena pembeli bisa aja bilang yang terima ibu saya atau adik saya, kemudian baru saya buka setelah pulang kerja

  • Saya coba hubungi lewat toko di tokopedianya yah, coba balas chatnya.
    ada kejanggalan yg mau saya tunjukan , masalahnya disini ga bisa upload.

    • sya juga sering di kecewakan tim Tokopedia saat menangani komplain sprti ini ujung2 nya buyer yng menang seller yng di rugikan

      • untuk kondisi gini, saya ga mau lewat aja, takutnya kalau sekali lewat, kedepan lebih banyak kasus seperti gini,

    • terima kasih pak agip ternyata di review ulang beberapa kali ternyata ada beberapa point bawa paket tersebut dah terbuka

  • Bawa Ke Kantor Polisi. buat Laporan dengan Alasan Pihak Tokopedia memfasilitasi Penipuan

    Dengan Bukti sbg :
    1. Video paking Dari toko
    2. Video Dari Pembeli.

    • Setuju pak. Lebih baik di bawa ke ranah hukum, biar Tokopedia ada perbaikan lebih baik lagi, saya juga korban, paket yang di kirim dinyatakan hilang oleh ekspedisi, padahal paket tersebut di boxing dengan kotak besar dan beratnya lebih dari 3 kg,

  • Lanjutkan ke ranah hukum gan,sertakan bukti2nya,biar rame sekalian.
    Biar dr team tokped ada perbaikan dan tidak ada yg dirugikan.

  • Maaf kalau salah, tapi itu kalau saya lihat dari video unbox pembeli, terlihat di bagian bawah yang ada kertas tiki nya tapenya seperti sudah pernah dibuka, lalu ditempeli kertas tersebut untuk menyamarkan. Coba perhatikan bagian ujungnya seperti ada tape yang sudah terpisah antara sisi panjang dan lebar dari boxnya. Dan tape nya terlihat di double beberapa kali kelihatan tidak rapi. Entah ulah siapa, tapi sepertinya pihak investigasi tokopedia terlalu cepat memutuskan tanpa menyelidiki lebih dalam. Bahaya kalau seperti itu berjualan di tokopedia. Dan untuk toko mungkin lain kali buat video boxing nya lebih dekat dan jelas.

  • cek bagian packing dus (luar)
    bagian bawah tidak terlakban (lakban sudah sobek)
    terlihat saat dia menyobek dengan pisau..
    seperti nya harus dibawa ke ranah hukum