Jangan Beli Starter Pack Kartu Halo via my.telkomsel.com, Merepotkan!

Terjadi lagi untuk kedua kalinya. Tagihan pertama tidak ada pengurangan deposit (pembayaran awal), untuk pembelian starter pack Kartu Halo unlimited via my.telkomsel.com.

Pada tanggal 12 Agustus 2021, saya melakukan pembelian starter pack Halo Unlimited 80K melalui my.telkomsel.com. Pembayaran berhasil dan bukti receipt diterima. Total yang dibayarkan Rp 98.000, yang terdiri dari:

Halo unlimited fee: Rp80.000
PPN: Rp8.000
Registration Fee: Rp10.000

Penggunaan awal kira-kira mulai tanggal 23 Agustus 2021, dengan billing cycle 1. Ketika billing diterima, total tagihan sebesar Rp103.280 dan tidak ada pengurangan deposit Rp80.000. Namun tagihan tetap saya bayarkan pada tanggal 6 September 2021, karena saya tidak suka ditagih-tagih dan dibilang telat bayar.

tagihan
tagihan

Kemudian saya telepon ke 188 untuk menyampaikan keluhan. CS merespon bahwa tidak ada deposit di data mereka dan meminta saya untuk datang langsung ke Grapari. Di masa pandemi dan PPKM seperti ini, lebih baik mengurangi tatap muka dan kumpulan orang banyak, jadi saya menolak dan lebih memilih komunikasi via email.

Seperti biasa, keluhan tidak selesai dalam 1-2 kali komunikasi. Keluhan pertama dengan nomor tiket 1-AJN2HET, status tidak terselesaikan. Selanjutnya dengan nomor tiket 1-CN7OZNP, status belum ada kabarnya.

Ketika kasus pertama terjadi, saya pikir itu hanya faktor sedang tidak beruntung saja. Mungkin data saya terselip atau hal lainnya. Namun saya mengalaminya sampai 2 kali. Artinya ini tidak terjadi di saya saja, tapi terjadi pada semua orang yang membeli starter pack kartu Halo melalui my.telkomsel.com.

Muncul pertanyaan besar di benak saya, Telkomsel punya gak sih manual book/ manual guide? Jika ada, harusnya tercantum aturan dan ketentuan mengenai semua produk dan layanan. Seperti alur proses mengenai pembelian starter pack lewat channel A, B, atau C, alur proses crosscheck pembayaran dari masing-masing channel, dan alur proses yang lainnya. Jadi ketika ada pembeli yang mengeluh, sudah jelas ke mana arahnya. Ini kok ya, bolak-balik gak ketemu jawabannya. Padahal kasus serupa pernah terjadi, harusnya bisa berkaca pada kasus yang sama.

CS di 188 yang pertama saya telepon juga gak mau menelusuri lebih lanjut, malah nyuruh ke Grapari, Buat apa ada call center tapi gak bisa bantu?

Saran saya untuk Telkomsel:

  • Opsi 1: Tidak perlu dilanjutkan program pembelian starter pack Kartu Halo via my.telkomsel.com karena merepotkan pembeli untuk selalu komplain mengenai deposit yang telah dibayarkan.
  • opsi 2: Program pembelian starter pack kartu Halo via my.telkomsel.com tetap dijalankan, tapi tidak perlu pembayaran deposit di awal, cukup registration fee saja, toh kartu Halo adalah pasca bayar bukan prabayar.

Ade Wardani
Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel:
[Total:18    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Jangan Beli Starter Pack Kartu Halo via my.telkomsel.com, Merepotkan!

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Jangan Beli Starter Pack Kartu Halo via my.telkomsel.com, Merepotkan!…

oleh adew dibaca dalam: 2 menit
3