Admin Shopee Tidak Profesional dan Sangat Merugikan Penjual

Surat pembaca ini terpaksa kami buat karena merasa diperlakukan tidak adil dan keputusan Admin Shopee sangat tidak profesional dan tidak sesuai fakta.

Saya adalah pedagang (reseller) di beberapa marketplace, salah satunya di Shopee, dengan nama toko Palem88. Saya telah menyelesaikan ribuan transaksi, dengan rating bintang 5 sebanyak 858 transaksi, dan banyak produk yang sudah dapat badge “Dijamin Original” dari Shopee. Info ini perlu kami sampaikan sebagai gambaran, bahwa kami bukan penjual musiman.

Cerita berawal tanggal 28 Oktober 2021, pembeli chat ingin membeli produk smartwatch Vyatta Fitme Soul Warna Hitam dan kami menyanggupi permintaan tersebut. Sehingga order masuk 3 unit Vyatta Fitme Soul Smartwatch dengan nomor transaksi: 211102164365798, seharga Rp795.000/unit, dengan total pembayaran Rp2.392.000.

Chat Pembeli, Memesan Fitme Soul Warna Hitam

Kami memproses pesanan tersebut dan kami segera PO ke Vyatta Indonesia dan mengirim ke pembeli. Singkat cerita, produk telah diterima. Namun tanggal 02 November 2021, pembeli mengajukan komplain karena produk yang diterima berbeda, terdapat angka 2 pada kemasan yang menandakan produk. Tentu kami shock dan langsung verifikasi ke Vyatta Indonesia, selaku produsen dan supplier kami. Kemudian pihak Vyatta menjawab bahwa Vyatta Fitme Soul Gen II adalah barang yang sama, yang merupakan versi upgrade Vyatta Fitme Soul.

Secara logika, seharusnya pembeli sangat senang dan berterima kasih, karena membeli produk yang sama, sesuai permintaan warna hitam, dengan spesifikasi lebih bagus. Namun anehnya, pembeli malah melakukan komplain dan meminta pembatalan transaksi.

Kami menduga, pembeli sengaja mencari alasan mengada-ada untuk membatalkan pesanan, karena di official store sedang diskon BESAR Rp589.000 (harga normal Rp1.599.000), sehingga pembeli bisa hemat Rp618.000. Tentu kami tidak terima dipermainkan seperti ini dan kami mengajukan bantuan ke admin Shopee.

Kami sangat kecewa dengan admin Shopee yang tetap menerima pengajuan pembatalan pembeli, dengan alasan penjual tidak mengirim bukti. Padahal kami mengirim BANYAK BUKTI 2 jam setelah admin meminta upload bukti.

Penjual mengirim bukti 2 jam setelah admin shopee meminta upload bukti.

Seandainya saja admin Shopee memutuskan membatalkan pesanan dengan memberi alasan yang masuk akal, tentu kami tidak sekecewa ini. Mohon empati admin Shopee ke pedagang kecil seperti kami, yang berusaha memenuhi permintaan pembeli di saat harga modal tinggi. Namun saat ada harga yang lebih murah karena sedang diskon, produk kami dikembalikan dengan alasan yang mengada-ada.

Marlon Hutapea
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:121    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Admin Shopee Tidak Profesional dan Sangat Merugikan Penjual

  • 6 November 2021 - (10:19 WIB)
    Permalink

    1. Penjual berasumsi pembeli akan senang dengan produk yang lebih baru, padahal faktanya penjual mengirim produk tidak sesuai yang diiklankan.
    2. Penjual berasumsi sepihak alasan pembeli membatalkan karena ada promo di off-store.
    3. Penjual menyalahkan shopee.

    Ini contoh penjual yang WAJIB dihindari.

    35
    7
    • 6 November 2021 - (10:24 WIB)
      Permalink

      4. Penjual minta empati dari Shopee dengan alasan pedagang kecil, yang mana seharusnya kepuasan pelanggan nomor satu.

      10
      3
        • 6 November 2021 - (20:28 WIB)
          Permalink

          Terimakasih Admin Shopee A/n Agung yang sudah Aktif Memberi Solusi dan Edukasi. kami selaku pedangan Merasa di Hargai dan Sangat Berterima Kasih.. Dari awal kami tidak merasa benar dan mengakui salah dan lalai update deskripis dan Judul produk dalam transaksi ini. Yg kami keluhkan adalah pelayanan dari tim shopee yg kurang komunikatif, dan terkesan mengabaikan penjual. Padahal kami sudah menjual ribuan transaksi dengan Jujur dan menjaga reputasi.
          Dengan ini kami menyatakan masalah ini sdh clear di media. Dan akan melanjutkan case ini di App Shopee.. Terimakasih Tim Media Konsumen dan semua partisipan. Terutan tim Shopee.. Salam Sehat 🙂

          2
          3
          • 6 November 2021 - (23:28 WIB)
            Permalink

            Disini sudah jelas Penjual mengaku salah. Jelas admin akan berpihak kepada yang benar / tidak salah. Trus apalagi yang diharapkan dari admin Shopee?

            1
            2
    • 8 November 2021 - (17:55 WIB)
      Permalink

      pasti ada aja, yang namanya bisnis itu ga selalu lancar. apalagi bisnis online. semoga kedepannya lebih baik lagi, mau salah atau benar kita bisa selalu belajar dari PENGALAMAN.

  • 6 November 2021 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Selama yg dikirim sama harusnya gak bisa dicancel pembeli tp kalo beda barangnya entah itu model/warna/fitur bisa ditolak kecuali ada persetujuan sebelum dikirim dgn bukti chat kalo memang dropshiper balikin aja barang ke produsen dgn alasan yg sama

    11
    1
  • 6 November 2021 - (12:46 WIB)
    Permalink

    1. Pelanggan adalah RAJA
    2. Apabila ada perselisihan ingat nomor 1
    3. Apabila ada komplain ingat nomor 1&2

    Memang marketplace itu aneh, mereka mendapatkan penghasilan Dr seller, iklan, potongan penjualan, pinjaman modal, tapi yang dipress habis habisan seller…

    6
    1
  • 6 November 2021 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Intinya harus sesuai foto dan deskripsi, saya juga belum tentu mau kalopun ada upgrade versi terbaru dari suatu produk. Karena akad nya tadi sesuai yg di pesan di awal.

    4
    1
  • 6 November 2021 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Marketplace itu makelar, mendingan jangan bertumpu 100% resiko kita sebagai seller sangat dirugikan.

    Kita input produk ke marketplace , mereka udah untung Karena ada karyawan gratis entry data.

    Barang kita laku …kena potongan ..

    Intinya mulai beralih ke offline, online jangan bertumpu ke marketplace. Mereka itu rata rata udah ga Tau diri… Udah dapat untung Dr seller tapi yang di press habis habisan seller

    6
    1
  • 6 November 2021 - (15:33 WIB)
    Permalink

    yang dikirim kan beda jelas pembeli komplain, jika memang yang ready lebih bagus seharusnya anda tanya dulu mau/ga sebelum kirim.
    Mungkin lain kali jangan dropship supaya anda pegang barangnya dulu dan bisa konfirmasi ke pembeli.
    Lagipula kan barangnya diretur, anda rugi apa?barangnya kembali ke anda utuh.

  • 6 November 2021 - (16:53 WIB)
    Permalink

    Seller nya berimajinasi liar, barang tidak sesuai deskripsi hak pembeli membatalkan, dan hal pembeli cari di toko lain akak

  • 6 November 2021 - (23:45 WIB)
    Permalink

    Itu hak pembeli toIoI, lu beli obat jantung lalu di kasi obat tidur karena lu tau tidur itu bagus karena jika tidur, pasien tidak akan merasakan sakit apa – apa. Lalu lu di komplain kenapa tidur mulu, lalu lu komplain lagi ke produsen ambruk dah bobrok.

    Makanya kirim sesuai produk jika tidak mau ada masalah tuoIoI.

    5
    12
      • 7 November 2021 - (08:48 WIB)
        Permalink

        Siapa yang kasar? Coba teliti dulu huruf per huruf-nya, jangan asal nge-Judge kasar.

        1
        10
        • 7 November 2021 - (10:18 WIB)
          Permalink

          dibaca tulisan anda kasar,mengatakan orang tolol,apakah anda tidak merasa ?berkomentar yang bijak, ukan hurupnya.paham?

          6
          3
          • 7 November 2021 - (10:21 WIB)
            Permalink

            Bedakan i sama l, i (besar) sama L (besar). Baru kau bilang saya kasar atau tidak.

            3
            9
    • 7 November 2021 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sudah berpartisipasi. Masalah ini kami lempar ke publik dan Apapun komentar publik kami terima sbg pelajaran untuk membuat kami lebih baik lagi. Maaf sedikit koreksi terkait perumpamaan yg kaka beri kurang tepat. Krn kita mengirim Obat Jantung yg sama dengan formula yg termutakhir . Kami tdk menyalahkan pembeli mohon baca dengan teliti, judul dan paragraf terakhir surat pembaca kami. Terimakasih

      2
      1
      • 7 November 2021 - (18:29 WIB)
        Permalink

        Sama saja “beda”, minta Paramex di kasih Histigo dengan formula yang termutakhir. Sama² obat sakit kepala, tapi di komplain ngadu ke MK, yang dimana sudah jelas² beda barang. Pembeli adalah Raja. Gak mau di komplain, gak usah jualan.

        3
        4
  • 7 November 2021 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Aduh sama kya sya kmren kak..
    Sya selaku pembeli..
    Pdhal barang tggl kirim ke alamat sya malah dikembalikan ke penjual dgn alasan alamat sya tidak terjangkau..

    Pas sya inbox seller nya dia bilang sya yg cancel barangnya pdhal sblumnya kurir gada konfirmasi apa2 ke sya..
    Sya pke expedesi shopee express dah nggu lama malah di kembalikan, dan gak ada konfirmasi sma sekali,, kecewa sya sma shopee

  • 7 November 2021 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Shopee ko dipercaya.. gua ga pernah berurusan sama shopee.. memding neli di marketplace lain

  • 7 November 2021 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Terimakasih sudah berpartisipasi. Masalah ini kami lempar ke publik dan Apapun komentar publik kami terima sbg pelajaran untuk membuat kami lebih baik lagi. Maaf sedikit koreksi terkait perumpamaan yg kaka beri kurang tepat. Krn kita mengirim Obat Jantung yg sama dengan formula yg termutakhir . Kami tdk menyalahkan pembeli mohon baca dengan teliti, judul dan paragraf terakhir surat pembaca kami. Terimakasih

    1
    1
    • 7 November 2021 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Sama saja “beda”, minta Paramex di kasih Histigo dengan formula yang termutakhir. Sama² obat sakit kepala, tapi di komplain ngadu ke MK, yang dimana sudah jelas² beda barang. Pembeli adalah Raja. Gak mau di komplain, gak usah jualan.

      • 8 November 2021 - (12:57 WIB)
        Permalink

        Nama kaka Iqbal Mudah2an Otak kaka Tidak BEBAL ya 🙂 rajin komen mungkin kurang kerjaan ya ka? Semoga dpt kerja spy kaka bisa lbh baik kedepannya. Amin! Coba dicermati judul dan paragraf terakhir SP kami, yg kami keluhkan di MK adalah respon Admin Shopee yg awalnya mengecewakan dan Puji Tuhan Respon Shopee sangat Luarbiasa bagus. Dan kami dpt Apresiasi berupa Voucher Belanja. Terimakasih Shopee.

        • 8 November 2021 - (13:01 WIB)
          Permalink

          Sama saja “beda”, minta Paramex di kasih Histigo dengan formula yang termutakhir. Sama² obat sakit kepala, tapi di komplain ngadu ke MK, yang dimana sudah jelas² beda barang. Pembeli adalah Raja. Gak mau di komplain, gak usah jualan.

  • 8 November 2021 - (05:38 WIB)
    Permalink

    Intinya PENJUAL YG SALAH… DROP SHIPPER AMATIR… Barang yg dijual ga sesuai… Barang lebih baru versinya belum tentu bagus kualitasnya… Terkadang material bahan di pangkas untuk mengurangi biaya produksi…

    • 8 November 2021 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Terimakasih responnya kak.. betul kami Masih amatir yg terus belajar. 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Admin Shopee Tidak Profesional dan Sangat Merugikan Penjual

oleh Marlon dibaca dalam: 1 menit
34