Barang Hilang 1 Karung, Pihak Shopee dan JNE Tidak Bertanggung Jawab

Surat ini saya tulis, setelah kecewa menunggu kabar berhari-hari, baik dari pihak Shopee maupun pihak JNE, mengenai status barang yang telah kami kirim melalui JNE Trucking. Nilai pembelian Rp2.784.000, dimana kami dikenakan biaya admin oleh pihak Shopee sebesar Rp89.088. Barang telah kami kirim sejak tanggal 2 April 2022 dan sampai dengan hari ini 12 April 2022, tidak ada kejelasan untuk pengiriman Jakarta ke Bandung.

Bermula pada tanggal 8 April 2022, pembeli menanyakan barang yang telah kami kirim sejak 2 April 2022, belum diterima. Kemudian kami mengecek status pengiriman barang kami, dimana tertulis “DAMAGE CASE” dengan keterangan KURANG 1 KOLI.
Status Tracking tgl 8 April - Kurang 1 Koli

Saat itu juga kami menganjurkan pembeli untuk bersama-sama menanyakan kepada pihak Shopee juga.
Karena sistem antrean live chat Shopee yang panjang, kami baru bisa terhubung dengan pihak Shopee pada tanggal 9 April 2022, dengan kode pelaporan: 1512487194162397247, yang terlampir di bawah ini:
Pelaporan

Berulang kali kami menanyakan status kasus kami di laporan tersebut, tetapi tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak Shopee.

Sambil berjalan kami juga mencoba menghubungi pihak agen JNE Golf Island, tempat kami mengirimkan barang. Pihak Agen JNE sangat membantu kami dan berulang kali juga menghubungi pihak JNE Pusat.

Kami juga mencoba menghubungi pihak JNE berulang kali melalu email ke customer care dan selalu dijawab dengan bahasa baku, yang tidak menjawab pertanyaan kami sama sekali. Yang kami lihat, mereka hanya ditugaskan untuk menjawab setiap email yang masuk. Seperti misalnya, ketika kami tanyakan status barang kami 1 karung yang hilang, dijawab “Lagi diselidiki ke pihak operasional” (ini cukup masuk akal). Kami tanyakan status barang kami 1 karung lagi yang masih ada posisinya di mana dan apakah akan dikirimkan ke pihak pembeli dahulu, juga dijawab “Lagi diselidiki ke pihak operasional”. Kami tanyakan hal lainnya lagi, juga dijawab dengan jawaban yang kurang lebih sama, walau CS Officer yang menangani berbeda. Seperti ini standar pelayanan pihak JNE.

Pada tanggal 11 April 2022, kami menghubungi pihak Agen JNE lagi untuk menanyakan status barang kami. Dari pihak agen JNE, setelah menghubungi pihak JNE pusat, memberikan kami jawaban bahwa barang kami yang 1 karung, akan dikirimkan terlebih dahulu ke pihak pembeli dan kekurangan 1 karung kami dianjurkan klaim ke pihak Shopee. Kami pun menjawab, kalau begitu kami akan cek status penerimaan pembeli terlebih dahulu, barang apa saja yang diterima.

Namun pagi ini 12 April 2022, saat kami mengecek ulang status pengiriman kami di JNE tracking,
tertulis status pengiriman dikembalikan ke pihak penjual dan dibuat AUTO CLOSE BY SYSTEM!

Jadi barang kami yang hilang 1 karung itu statusnya gimana? Apakah sudah ketemu atau belum?? Tidak ada jawaban baik dari pihak Shopee maupun JNE. Kami cek email tidak ada balasan dari pihak JNE mengenai status barang kami juga. Terlampir email terakhir dari pihak JNE yang sudah kami balas juga, tetapi tidak ada balasan lagi dari pihak JNE.

Seperti inikah pelayanan pihak Shopee? Dimana kami penjual juga membayarkan biaya admin untuk setiap barang yang kami jual dan pihak JNE selaku kurir memberikan pelayanan seenak mereka. Barang yang kami jual, kami beli dengan duit dan kami kirimkan dalam kondisi baik, tetapi sekarang status barang tidak jelas dan tidak ada pemberitahuan apa pun.

Kami minta para pembaca di Media Konsumen, untuk dapat menilai seberapa bobroknya sistem pelayanan jasa mereka, pada saat persaingan semakin ketat.

Mariana
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir JNE Express di Shopee:
[Total:307    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Ibu Mariana

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 15 April 2022 berjudul “Barang Hilang 1 Karung, Pihak...
Baca Selengkapnya

53 komentar untuk “Barang Hilang 1 Karung, Pihak Shopee dan JNE Tidak Bertanggung Jawab

    • 15 April 2022 - (17:09 WIB)
      Permalink

      DM gimana yah kak krn smpe skg jg blm ada solusinya. yg ada cm PHP tak terbatas kak.

      jgn merasa membuat tidak nyaman kak tp mesti merasa bangga krn pihak JNE kyk pesulap simsalabim brg hilang 1 karung tb2 ketemu jd 2 karung rusak.

      TOP BGT kak

      24
      • 15 April 2022 - (17:52 WIB)
        Permalink

        @Mariana
        Jagan pernah mengandalkan CS . Mereka tak berguna, coba langsung ke operasional JNE.
        Tujuan bandung ya? Coba ditelusuri ke JNE gudang Kiaracondong . Di google map ada tuh

        10
        2
        • 15 April 2022 - (18:33 WIB)
          Permalink

          Iy kak, nnti kt coba sarannya kak.
          kt lg mencoba komunikasi ulang dgn pihak shopee wl smpe skg jg jwbnnya beda2. Trkhir shopee info kt kl brg udh dikirim ke pembeli tp JNE info kl brg lg diretur ke kt.

          Tp memang pelayanan JNE dan shopee luar biasa kak, kt bs ngerti kl kondisi lg rame. Tp kt cm mnta kejelasan brg kt dmn hilang atau rusak, dibalikin ke kt ato di kirim ke pembeli. Kl hilang/rusak gmn klaim?

          Gk ada 1 pihak pun yg bs jwb kak, adanya tunggu yah lg di cek. Cek sana cek sini balik lg jwbn beda2 😂

          10
        • 16 April 2022 - (03:20 WIB)
          Permalink

          Saya juga ngerasa kapok kalo pake JNE cargo buat sekarang ini,,
          Beberapa kali blanja buat stok dagangan tapi banyak barang yg hilang/tidak lengkap!! Malah akun saya yg jadi korban karena diblokir toko dimana saya sering blanja!!
          Padahal Via Cargo lain tidak pernah bermasalah..
          Semoga masalahnya segera terselesaikan kak tanpa ada pihak yg dirugikan..

      • 15 April 2022 - (23:21 WIB)
        Permalink

        keren juga jne bisa main sulap sebenarnya barang hilang di tangan siapa dia tanggung jawab walau itu kesalahan karyawannya tetap aja salah perusahan harus tanggung jawab karena memperkerjakan orang yg salah
        sepertinya team ya kurang bagus jadi harus makan waktu lama memprosesnya

        • 15 April 2022 - (23:28 WIB)
          Permalink

          Iy kak itu sgt disayangkan krn JNE label lama tetapi tidak mengalami peningkatkan pelayanan disaat bnyk kompetitor baru bermunculan.

          Kejadian ini merugikan penjual dan pembeli.

          Dan kami sbgai seller cm meminta kejelasan brg kt dan kl hilang atau rusak gmn kami melakukan prosesnya. Bkn cm diblg ajukan klaim aja ke shopee.

          Kami infokan ke shopee sperti itu dr tim shopee malah blg mreka akan cek dan proses laporan kt dahulu dan sudah berhari2 tidak ada jwbn.

          Jd kami kyk di lempar sana sini tidak jelas. Slain maen sulap jg pintar maen pingpong kak.

      • 17 April 2022 - (04:21 WIB)
        Permalink

        Jgn mengandalkan CS via email atau live chat ka bysany itu yg jawab bot atau mesin penjawab otomatis. Jd yg mereka jawab itu pasti baku dan sesuai dgn operasional mereka aja. Saya jg prnh pnya pengalaman dgn JNE kirim buah sampai busuk pdhal ud pkai pengiriman yg cpt sampai tp tetap aja telat sampainya . Cb langsung datangin aja ke gudang t4 tujuan barangnya di kirim ka, kejar trs ka sampai dapet.

        • 17 April 2022 - (07:15 WIB)
          Permalink

          Iy kakak, pnya kakak buah telat smpai parah jg. Pnya kt 1 hilang jd 2 rusak tp mpe skg jg blm liat fisik brgnya.

          Ngakunya udh kirim balik dr tgl 12 April kak.

          Jasa kurir skg kurang bs dipercaya lg. Kesalahan sdikit bnyk psti ada tp yg bikin kcewa itu sudah tnya berhari2 jwbnnya bs brubah n berbeda2 dan lucunya kt hampir tiap hari tnya tp dr pihak CS JNE jwb A eh rupanya resi pengiriman sudah terupdate tp jd B.

          ini pihak shopee kmrin gerak tlp kami kak. Moga bs terselesaikan dgn baik.

          Kejadian ini jg jd pelajaran dan kerjaan ke kami kak.

    • 15 April 2022 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Kalo cuma jawaban macam ini penulis juga udah pernah baca, saya sebagai sesama penjual sangat hawatir melihat kondisi tersebut, mohon selesaikan kasus ini atau saya dan banyak penjual lainnya akan menonaktifkan Layanan JNE, karna saya pun pernah mengalami hal tersebut Minggu ini namun karna nilai dibawah 20rb rupiah saya memilih mengabaikan.
      Ada apa dengan JNE ? Apakah barang kami tidak dijaga sampai hilang?

      12
      • 15 April 2022 - (22:07 WIB)
        Permalink

        Makasih kak buat supportnya. Kt sbagai seller susa payah jaga pelayanan ke pembeli. Ttpi pihak kurir dan pihak shopee kyk lepas tangan, kt yg babak belur di pingpong mohon kesana kemari.

        Antrian shopee yg panjang setiap hari jg kt tungguin krn mau tnya status brg kt.

        Email ke pihak jne berulang2.

        Tetapi bnr2 tidak ada yg membantu memberikan status posisi brg kt sbnrnya hilang, rusak, di kembali kan ato dikirim ke pembeli.

        Smpe hari ini kt balas brg kt jg blm jelas dmn.

    • 16 April 2022 - (04:45 WIB)
      Permalink

      Shopee emang gitu .. C’s nya apalagi duh gak banget. cOD nya bikin penjual rugi. Tapi kalo ga aktifin cod sepi. Jd COD ini bumerang… Seller dirugikan apalagi pake jnt. Sama jg itu. Parah … Jne saya Blum pernah ilang. Jnt ekonomi yg parah suka ilang . Shopee jg C’s nya amatir payah … Mending tokopedia aja jualan lebih nyaman

      12
      • 16 April 2022 - (05:39 WIB)
        Permalink

        Fitur COD sifatnya opsional, BUKAN WAJIB. Di Tokopedia pun COD tidak wajib. COD bikin penjual rugi, trus kenapa nyalahin marketplace nya? Kenapa Tokopedia ga disalahin aja sekalian? Kan ada tokopedia bisa COD juga? Terus kalo dagangan sepi, salah marketplace nya juga? Waduh..

        4
        14
    • 16 April 2022 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Jangan ngelesaja. Kalau ada paket hilang selalu jawaban ngambang. Biar kustomer capek nanya. Kalau suruh ngganti paling ribet.kerasa ga omzetmu turun dalem?

    • 17 April 2022 - (10:59 WIB)
      Permalink

      status di shopee itu cuman ngikutin pergerakan nomor resi dari situs JNE nya sendiri, jadi shopee gk tau apa2

  • 15 April 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Kesalahan juga. Kirim barang terpisah2. Kenapa gak sekalian di satukan dalam 1 karung saja.

    3
    21
    • 15 April 2022 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Makasih kakak buat inputnya.
      Sbagai penjual kt mengirim brg dlm kondisi aman dan jelas kak.

      Apa memang pengiriman kurir itu gk bs sistem lbh dr 1 karung kak dlm 1 resi? Kl memang ada brrti di kami ada kslhn.

      Sbagai informasi brg bawaan dr pabrik memang perkarung2 kak dan kt sudah bbrp kali kirim sistem karungan dan stiap karung selalu kt kasih tanda.

      Contoh : 2 karung – – >1 dari 2 karung dan 2 dari 2 karung .

      Setiap karung beda2 berat dr 22-36 kg trgntung jenis dan ukuran.

      10
      1
    • 15 April 2022 - (20:07 WIB)
      Permalink

      Tmbhn kak, kl kakak baca dgn jelas surat kt diatas pihak JNE pertama menyatakan brg kami hilang 1 karung dan trkhir diubah menjadi 2 karung brg kami rusak.

    • 15 April 2022 - (20:48 WIB)
      Permalink

      Kakak paham g sistem penjualan dan resi di shopee maupun ekspedisi??? Tdk ada larangan mengirim barang dlm keadaan terpisah walaupun resi nya sama (1 resi). Jd yg salah disini bukan seller. Jelas salah dr pihak ekspedisi. Kalau g ngerti mending jgn lsg komentar yg menjudge orang.

      13
    • 15 April 2022 - (23:05 WIB)
      Permalink

      mungkin maksudnya adalah kedepannya lebih baik disatukan untuk menghindari kehilangan seperti ini, secara sistem memang tidak dilarang terpisah2

      • 15 April 2022 - (23:12 WIB)
        Permalink

        Skg status brg kami sudah brubah lg kak dr hilang jd rusak.
        Dan mau dikirim balik ke kt, tp smpe skg blm kt trima fisik rusak ya.
        Dan status resi JNE ttap cantik kak jd brg retur ke penjual krn pengiriman gagal.

      • 17 April 2022 - (09:02 WIB)
        Permalink

        Pak. Disatukan atau di pisah tergantung jenis barang. Jika 1 buah jenis barang beratnya 25kg perkarung. Jika di satukan jadi 50kg per karung. Apakah pengirim sanggup membawa dengan berat beban tersebut? Jadi solusinya di buat 2 karung Masing2 isinya 25 kg lebih mudah mengangkat nya

    • 15 April 2022 - (21:44 WIB)
      Permalink

      2 karung kak. Kt ada chat ke pihak agen jg terkait hal ini.
      Tp di status awal (lampiran tracking JNE) ada ditulis kurang 1 koli kak.

      • 17 April 2022 - (09:11 WIB)
        Permalink

        Kk. Menurut saya kalau dalam jumlah banyak dan pembeli tersebut sudah langganan mending transaksi diluar marketplace menggunakan expedisi standart barang berat. Mereka lebih bertanggung jawab. Saya pernah mengalami kehilangan disana dan mereka mengganti full. Kalo jasa kurir seperti mereka malah sulit mendapat kejelasan. Dan saling lempar tanggung jawab. Saya juga jualan di sana. Kalau jumlah banyak saya ahlikan keluar kalau sudah langganan. Sama2 bayar ongkir kok. Dan expedisi barang berat jauh lebih murah(tidak kena fee marketplace dan biaya pengiriman lebih murah) , aman dan bertanggung jawab. Tinggal datang ke tempat kita kirim jika kita ada masalah. Mereka akan lacak sampai selesai

        • 17 April 2022 - (20:15 WIB)
          Permalink

          Iy kak, makasih untuk sarannya kak.

          Memang lbh baik transaksi langsung krn lwt MP tergntung ke bbrp pihak yg slg lempar.

  • 15 April 2022 - (21:59 WIB)
    Permalink

    Itu jelas2 2 karung dalam 1 resi yg sehrsnya dikirim ke buyer hrs 2 karung jg. Ini jelas disengaja dr pihak jne. Emang jne ini plg gak jelas mending jgn pake. Aku dulu jg begitu cs jne tdk ada yg bener. Saran jgn pake lagi ini expedisi

    5
    1
    • 15 April 2022 - (22:58 WIB)
      Permalink

      Iy kakak. Moga dr pihak JNE dan shopee bs berkoordinasi shg bs memberikan solusi buat kami kak. Bkn jwbn yg berbeda2

  • 15 April 2022 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Ini kesalahan 100% di expedisi, tapi dari pengalaman memang beresiko mengirimkan barang lbh dari 1 koli,lbh baik dipecah saja jd 2 resi jika lbh dari 1 koli atau di masukan ke karung yg lbh besar. Karena meskipun ini salah expedisi,kita bisa membantu untuk mengurangi resiko, karena jika sudah terjadi semua pihak dirugikan karna kejadian ini

    • 15 April 2022 - (23:06 WIB)
      Permalink

      Iy kakak, kebetulan kali ini 2 karung kak. Kdg bs 8 karung yg memang tidak bs dihindari untuk dikirim tidak dlm 1 karung kak.

      Harapan kami pihak kurir bs lbh meningkatkan standar pelayanan, adanya kesalahan / human error krn paket yg begitu bnyk itu kami bs coba maklumi kak tp tolong begitu ada kejadian kami di berikan solusi bkn di pingpong dan di berikan jwbn berbeda. Inilah yg sgt disayangkan.

      Sampai hari ini status brg kt tidak jelas hilang, rusak, dikirim balik ato dikirim ke pembeli.

      Krn sblmnya kami diinfokan brg yg 1 karung lg yg tidak hilang akan di kirimkan ke pembeli jd yg rusak nnti di klaim tetapi tb2 berubah jd brg diretur ke kami smua dan dblg rusak dan smpai hari ini kmi blm trima fisik brgnya.

      Jd status brg kami kl ssuai resi JNE skg berubah dr hilang menjadi rusak kak (ini kami konfirmasi sndiri ke pihak Agen JNE) tetapi ditulis pengiriman gagal dan diretur ke penjual.

      1
      1
  • 16 April 2022 - (02:50 WIB)
    Permalink

    Pengiriman 1 Awb dengan banyak paket memang tidak dilarang, tapi rawan kemungkinan hilangnya klo kondisi digudang itu padat.. Krn lebih mudah memisahkan barang per Awb dari pada 8 barang dengan 1 Awb

    Mengirim barang per Awb juga membuat paket anda akan cepat di handle oleh kurir yg bersangkutan, karna ada sebagian kurir dari berbagai ekpedisi yg hanya di bayar untuk tiap AWB yg terkirim. Jadi apabila ada 5 paket dengan 1 Awb, itu berarti 4 paket mereka kerja bakti karna hanya dibayar untuk 1 paket. Dan kurir tersebut bisa menolak untuk mengirimkan paket dengan tipe seperti itu

    • 16 April 2022 - (07:50 WIB)
      Permalink

      Iy kak kt akan coba mengerti ttpi untuk paket yg berat besar dan karungan itulah kenapa ada sistem cargo untuk brg yg berat.

      Walau paket itu 2 karung ato 10 karung dlm 1 resi scara pihak penyedia jasa tetap menerapkan harga secara berat dan volume.

      Mengenai gmn sistem Mreka ke kurir pembagiannya itu menjadi wewenang perusahaan msg2 tetapi sbgai pemakai kt membayar biaya jasa ssuai porsinya kak.

      Jdnya dr pihak penyedia jasa harusnya sudah siap kl brani membuka layanan jasa sistem cargo.

      Terima kasih buat inputnya

  • 16 April 2022 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Kenapa Shopee ikut²an disalahkan ya? Padahal Shopee cuma penyedia jasa layanan marketplace untuk tempat pertemuan penjual dan pembeli. Biaya layanan yg dikenakan untuk membayar operasional Shopee. Kalau barang hilang di JNE emang termasuk lingkup tanggung jawab marketplace? Kecuali anda pakai ShopeeExpress barulah Shopee ikut bertanggung jawab karena itu ekspedisi punya Shopee

    • 16 April 2022 - (07:46 WIB)
      Permalink

      Halo kakak tercinta shopee lovers,

      Mungkin kakak perlu ngerti porsinya.

      Sy jual barang lwt marketplace shopee sbgai penyedia jasa penjualan.
      Kurir yg ada di marketplace adalah kurir yg kerjasama dgn shopee.

      Kalo hari ini sy tidak libatkan shopee, brg sy hilang. Sy bs klaim ke JNE sndiri? JNE jg tidak mau kak, nyuruhnya sy harus klaim lwt shopee krn sy jualan disana kak.

      Cm di shopee sy bs klaim, cm di shopee yg bs investigasi kasus sy ke JNE.
      Cm di shopee sy bs cpt dpt jwbn kasus sy sbnrnua gmn.. Smua keputusan ada di shopee tp shopeenya tidak merespon.

      Moga aja bs di mengerti kakak kenapa shopee harus terlibat.

      2
      2
      • 16 April 2022 - (09:13 WIB)
        Permalink

        Shopee cuma menampung dana penggantian dari JNE kalo barang hilang, jadi ga ikut bertanggung jawab kalo misalkan terjadi kerugian pada seller

        • 16 April 2022 - (09:43 WIB)
          Permalink

          Makasih kakak buat pengertian paripurna nya.

          Moga kepintaran kakak dlm mengerti permasalahan semakin luar biasa kdpnnya.

          Salam Pintar

          2
          2
          • 16 April 2022 - (12:24 WIB)
            Permalink

            Kakak juga sangat pintar paripurna, tuntut aja shopee & jne ke jalur hukum kalo bisa & ngrasa bener

            1
            7
          • 16 April 2022 - (12:53 WIB)
            Permalink

            Mba, semua itu ada prosesnya dan butuh waktu. Di investigasi dl dmna paket hilang, di jne awal atau jne akhir. Ga bs anda minta lgsg selesai dalam waktu cepat.

            3
            3
        • 17 April 2022 - (10:10 WIB)
          Permalink

          Pernah kejadian jg y kak?
          Tgl 4 April status Brg hilang 1 karung n 1 karung lg tdk mslh.
          Tgl 12 April status brbh jd brg rusak dan tanpa infoin ke kt. kt cek status brg sudah brbh jd di retur ke kt.

          Tgl 15 kt coba tnya lg ke agen JNE dkat rmh kok brg blm jg smpe,
          diinfo kl tgl 14 mreka mau antar ke kt tp gk ktmu alamat kt. Sampe skg gk jelas brgnya apa bnr rusak atau ngulur waktu krn blm ktmu.

          Pokoknya status JNE suka suka JNE lah..

    • 17 April 2022 - (20:09 WIB)
      Permalink

      @Andi Haryono
      Semua marketplace yang memakai jasa kurir yg bekerjasama dengannya itu dapat bagian/fee dari transaksi kurir. Ada yg perjanjiannya per kilo atau per order.
      Jadi pihak markerplace juga harus ikutan andil troubleshootingnya. Begitu pak.

  • 17 April 2022 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Ini Jasa pengiriman barang apa jasa penghilangan barang ko konsumennya banyak yang barangnya hilang kalau pengirimannya mengunakan Jasa kirim JNE

    • 17 April 2022 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Pernah kejadian jg y kak?
      Tgl 4 April status Brg hilang 1 karung n 1 karung lg tdk mslh.
      Tgl 12 April status brbh jd brg rusak dan tanpa infoin ke kt. kt cek status brg sudah brbh jd di retur ke kt.

      Tgl 15 kt coba tnya lg ke agen JNE dkat rmh kok brg blm jg smpe,
      diinfo kl tgl 14 mreka mau antar ke kt tp gk ktmu alamat kt. Sampe skg gk jelas brgnya apa bnr rusak atau ngulur waktu krn blm ktmu.

      Pokoknya status JNE suka suka JNE lah..

  • 17 April 2022 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami seperti ini. Tapi di blibli. 3 dus dalam 1 resi. Dan kurang 1 dus. Saya sbg pembeli. Saya komplain ke JNE dan Pihak Blibli dan juga minta bantuan pihak penjual. Jadi agar semua sinkron mengenai status barang. Pihak Blibli kooperatif sampai nelponin JNE, namun hanya sebatas tanya update status masalah saja. Akhirnya saya runutkan dari agen JNE tempat seller kirim. Alhamdulillah kembali juga itu barang.

    • 17 April 2022 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Syukurlah kak bs slesai dgn baik.
      Moga mslh kt jg bs slesai dgn baik krn mpe hari ini blm ada kelanjutannya.

  • 25 April 2022 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Terima kasih ke Pihak JNE yg sudah menyelesaikan keluhan saya diatas, dimana pihak JNE ckup responsif dalam penanganan shg mslh sy akhirnya bs selesai.

    Harapan sy kedepannya semoga pihak JNE dpt meningkatkan pelayanan terutama mengenai keluhan pelanggan agar kejadian seperti miskomunikasi dan misinformasi diatas tidak terjadi.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang 1 Karung, Pihak Shopee dan JNE Tidak Bertanggung Jawab

oleh Mariana dibaca dalam: 2 menit
53