Penipuan Seller Shopee Melalui “Live Sale”, Barang Diklaim Original tapi Ternyata Palsu

Pada tanggal 3 April 2022, saya mengikut Shopee live sale dengan nama seller: Aang_fashion_shop /galeritas. Pada saat live tersebut, saya menanyakan melalui komentar di live “Apakah check out full payment melalui Shopee?”. Saat itu pria yang melakukan live sale menjawab “Semua pembayaran melalui Shopee”. Mendengar statement tersebut, saya menjadi yakin dengan toko tersebut, toh sebenarnya transaksi saya pun akan dilindungi oleh Shopee.

Lalu kemudian pria pemilik toko tersebut menanyakan apakah saya mencari tas MIRROR atau ORIGINAL? Saya menjawab saya mencari tas ORIGINAL. Kemudian pria tersebut menunjukkan koleksi tas yang dia klaim adalah ORIGINAL. Tidak lupa juga dia menunjukkan rak bagian MIRROR dan rak bagian ORIGINAL. Lalu pria tersebut mengambil tas dari deretan lemari ORIGINAL (karena saya memang mencari tas ORIGINAL).

Pria tersebut mengambil dua pcs coach bag yang diklaim ORIGINAL, yang satu made in Kamboja dan yang satu made in Vietnam. Seperti yang saya tahu, memang brand Coach memiliki tas yang dibuat di beberapa negara. Namun itu bisa diverifikasi melalui kode negara yang terdapat dalam tas dan juga seharusnya tertera jelas pada tag bagian dalam tas (kode pada tas dan tag pada bagian dalam harus menginformasikan negara yang sama).

Pria tersebut menyatakan, pada saat menjelaskan detail tas tersebut, bahwa kedua tas tersebut adalah ORIGINAL dan hanya beda di kode negara saja. Karena setiap tas original pasti ada kode negaranya. Pria tersebut mengklaim berkali-kali bahwa ketiga tas dengan seri tersebut adalah ORIGINAL.

Singkatnya, saya memilih untuk membeli Coach Serena Satchel In Signature Canvas With Stripe (salah satu dari 3 tas yang di-review saat live shopping, ketiga tas tersebut sama hanya berbeda warna saja). Lalu seperti pada kebanyakan live Shopee, saya harus menuliskan statement pada comment
live untuk menandakan bahwa saya mau membeli barang tersebut. Saat it saya menulis “fix limited edition”.

Lalu pria tersebut meminta saya untuk capture dan mengirimkan screenshot ke chat pada aplikasi Shopee dan tidak boleh PHP. PHP di sini maksudnya adalah hit n run. Dia mengatakan bahwa jangan sampai PHP, kalau PHP maka akan diblok. Karena saya memang berniat membeli tas tersebut, saya langsung chat ke akun Aang_fashion_shop /galeritas dan menanyakan bagaimana cara check out-nya, karena di beberapa live lain biasanya akan dikirimkan link untuk check out melalui aplikasi.

Namun disayangkan saat membalas pesan saya, pria tersebut bilang untuk transaksi mahal dia minta melalui transfer (bukan melalui Shopee). Padahal di awal beliau sudah konfirmasi semua pembayaran melalui Shopee. Dia berdalih dengan menyebutkan potongan admin Shopee yang tinggi apabila dilakukan dari sana.

Karena saya sudah komitmen akan membeli dan tidak PHP, saya pun mengikuti perintah pria tersebut. Karena saya juga kasihan apabila keuntungannya dipotong besar oleh admin Shopee (ini berdasarkan informasi dari pria yang live sale di toko tersebut). Lalu saya menghubungi dia melalui WhatsApp langsung pada hari yang sama 3 April 2022 pada pukul 14.17 dan melakukan pembayaran via transfer langsung pada pukul 14.21 WIB, ke rekening BCA atas nama ISNALDIN dengan nomor rekening 4660291712 dengan jumlah Rp2.310.000 (Rp2,3 juta harga tas dan Rp10 ribu adalah biaya kirim).

Kemudian pada 4 April 2022, dengan senang hati saya menerima paket tas Coach tersebut, yang dikirim melalui kurir Anteraja. Begitu terkejutnya saya ketika saya membuka paket tersebut, yang ISINYA SANGAT TIDAK SESUAI DENGAN APA YANG DIJELASKAN SAAT LIVE SALE SHOPEE BERLANGSUNG. Sangat terlihat jelas tas tersebut bukan barang original, karena :

  1. Jahitan tidak rapi. Sejauh ini saya sangat paham perusahaan Coach sangat menjaga kualitas barang mereka, termasuk dalam masalah jahitan. Ini fatal, beberapa bagian ada yang di-double jahit, bentuk benang yang lebih tebal dibanding benang lainnya. Coach original tidak pernah melakukan hal yang sangat sembrono seperti ini.
  2. Pada bagian pengait tas tempat mengaitkan tali panjang, masih terdapat sisa lem. Hal ini sangat tidak mungkin dilakukan oleh Coach orginal.
  3. Pada bagian dalam kode yang tertera adalah G2111-C5642. Begini penjelasan kode ini: huruf pertama adalah kode bulan, huruf G adalah bulan Juli sedangkan dua angka berikutnya yaitu 21 adalah kode tahun pembuatan berarti 2021 dan dua angka sebelum tanda setrip (-) adalah kode negara, di tas yang saya terima adalah 11 yang berarti kode negara Kamboja. Betapa kagetnya saya begitu melihat tag bagian dalam tas tersebut tertulis “made in Vietnam”. Sangat jelas penjual menyebutkan dengan jelas bahwa tas yang saya beli adalah made in Kamboja saat di live sale.
  4. Masih seputar kode tas, 5 huruf dan angka setelah tanda strip (-) adalah kode untuk seri tas tersebut. Hal ini sangat gampang dicek di Coach website, kode C5642 itu adalah style number untuk tas Serena Satchel In Signature Canvas With Stripe. Warna yang tertulis pada website adalah warna “Gold/Khaki Multi”, sedangkan pada tag price di tas yang saya terima warna yang di tulis adalah warna Brown. Padahal tas yang saya terima adalah warna gold/khaki Multi.
  5. Pada kode tas G2111 artinya tas tersebut dibuat pada bulan Juli tahun 2021, tetapi bagaimana bisa pada invoice tertera transaksi dilakukan pada 3 Desember 2020? Ini jelas penipuan yang sangat disengaja oleh seller yang merugikan saya sebagai konsumen. Saya melakukan konfirmasi ke toko tersebut melalui WA. Percakapan panjang lebar yang menjelaskan bahwa tas yang dia kirim ke saya adalah bukan tas original (tanpa penjelasan panjang saja sudah jelas dari poin 1 ini benar-benar menunjukkan tas tersebut bukan original). Saya meminta itikad baik penjual untuk mengembalikan uang saya, bahkan saya menawarkan diri untuk mengantar tas tersebut langsung ke tempat kediaman beliau (yang sesuai informasi ada di apartemen Gajah Mada). Namun penjual tidak memiliki itikad baik, mencari berbagai alasan dengan membela diri, menyatakan bahwa dia tidak pernah menyebut tas saya original dan tidak mau mengembalikan uang saya.

Berikut saya lampirkan link Youtube:

1. Live sale dari seller Shopee, yang menyatakan produk original:

2. Bukti tas Coach tersebut adalah FAKE (bukan original seperti yang diklaim seller):

Saya sebagai konsumen merasa amat sangat dirugikan. Saya sudah bersifat suportif dari awal, dengan mentolerir transaksi di luar Shopee. Karena kasihan nanti si penjual akan dipotong admin besar Shopee (sesuai info penjual) dan juga dengan sangat yakin penjual menyatakan berkali kali bahwa barang dia adalah ORIGINAL.

Sangat disayangkan adanya penjual seperti ini yang merugikan semua pihak, yaitu brand Coach sendiri, Shopee, penjual lainnya yang bersikap jujur dalam mencari rezeki, Saya sebagai pelanggan dan tidak tahu sudah berapa banyak pelanggan lainnya yang tertipu.

Saya meminta seller tersebut untuk dapat mengembalikan uang saya dan meminta Shopee juga melakukan bantuan dan pertanggung jawaban kepada saya selaku konsumen Shopee, untuk push seller mengembalikan uang saya. Bagaimanapun juga transaksi jual beli ini juga terjadi di platform Shopee dan jelas sekali aturan Shopee bahwa tidak boleh menjual barang palsu pada platform Anda.

Saya sudah melaporkan berkali kali ke Shopee, tapi diarahkan untuk lapor akun. Saya sudah melakukan pelaporan akun tersebut dan berharap Shopee bertindak tegas dan bijak sebagai salah platform penjualan online terbesar di Indonesia. Apabila tidak ada tindak lanjut atas seller ini dan juga penyelesaian kepada saya, maka dapat saya simpulkan bahwa Shopee abai terhadap hak-hak konsumen yang berbelanja melalui platform Anda.

Anna Marito Barasa
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Live:
[Total:252    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

157 komentar untuk “Penipuan Seller Shopee Melalui “Live Sale”, Barang Diklaim Original tapi Ternyata Palsu

  • 22 April 2022 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Lapor ke Shopee ada sellernya yg nipu, minta diblacklist.
    Shopee gak punya salah apapun kepada anda, karena kesalahan ada di anda, transaksi di luar shopee

    79
    3
    • 22 April 2022 - (14:13 WIB)
      Permalink

      Baca yg jelas, dia transaksi di shopee sepertinya. Minta saja pengembalian barang kl ordernya belum terima barang.

      2
      71
      • 22 April 2022 - (14:27 WIB)
        Permalink

        baca yang jelas, dia transaksi luar shopee… dalih seller biaya adminnya shopee mahal, transaksi lewat wa, d transfer

        44
        • 22 April 2022 - (14:47 WIB)
          Permalink

          Betul kak dia berdalih biaya admin mahal, kalau kakak ntn live nya sebelum beli aku udah minta dia reconfirm klau semua transaksi pembayaran dari shopee dan beliau jawab semua harus dr shopee, tapi pada kenyataanya begitu saya mau check out dia minta transfer dg alasan admin besar. Kalau saya cancel saya pasti d tuduh hit n run dan pasti d viral in jg kn sama sellernya

          2
          10
          • 22 April 2022 - (16:13 WIB)
            Permalink

            @Anna.
            Justru itu si pelaku bermodus seperti itu agar mendapat iba dari konsumen. Padahal itu jebakan betmen supaya transaksi diluar shopee.
            Padahal ajak aja transaksi di tokped karena untuk seller awal itu ga ada bea potongan.
            Ya paling saran saya cm bisa melaporkan ke pihak berwajib (polisi).
            Yang jelas pihak shopi pasti lepas tangan

            31
            1
          • 22 April 2022 - (18:11 WIB)
            Permalink

            Ini jelas 1000% kesalahan pembeli,bukan kesalahan shopee.karena transaksi di luar shopee.apapun alasan nya sudah jelas pembeli yang salah…saya driver grab car jakarta.ada kejadian penumpang order tapi diluar aplikasi….ya jelas grab tidak tanggung jawab jika ada kejadian.taoi jika transaksi di aplikasi grab…grab menjamin dengan asuransi.dua kejadian di atas pernah saya alamin

            25
            1
          • 22 April 2022 - (18:24 WIB)
            Permalink

            lapor ke bank biar uang yg anda tranfer di blokir.paling pihak bank suruh anda lapor ke pihak berwajib untuk syarat blokir uangnya.kl minta shopee tanggung jawab mustahil..jelas2 ada larangan bertransaksi di luar aplikasi

            17
            2
          • 23 April 2022 - (00:20 WIB)
            Permalink

            Ga bakal di gubris kalo tt di luar shopee. Bukan tanggung jawab shope semua e commerce di seluruh dunia juga transaksi di luar plaform bukan tanggung jawab e commerce lage

          • 23 April 2022 - (01:37 WIB)
            Permalink

            Masih syukur barang dikirim walaupun ” KW ” bisa aja si seller ga kirim barang stlah transfer.
            Mon maaf mba, shopee ga bs tanggung jawab karena shope selalu melarang transaksi dluar aplikasi

            Soal mba takut dibilang PHP, Saya rasa mba terlalu polos, biar dia bilang PHP. Ss aja chat nya dia yg minta transaksi dluar shopee, malah orang² ga akan mau beli di tmpat dia lagi

            Yang sabar ya mba, semoga dapat rejeki lebih lagi lain kali

            21
            1
          • 23 April 2022 - (05:59 WIB)
            Permalink

            Paling minta pertanggung jawaban di akhirat aja nanti mba… Moga dapet ganti rizkinya mba anna…

        • 22 April 2022 - (17:23 WIB)
          Permalink

          Lhah kenapa nyalahin Shopee?
          Kan anda belanja tidak lewat Shopee?
          Perkara nonton live nya di Shopee tapi kalau belanjanya tidak lewat Shopee ya jangan minta Shopee ikut bertanggung jawab lah.
          Saya juga seller shopee sudah sangat tahu resiko kepotong admin dan biaya layanan, untung rugi sudah diperhitungkan dengan matang.
          Kok ya mau mau nya gitu transaksi sebesar itu minta di luar Shopee di iyain…
          Duh duh duh…

          31
          • 22 April 2022 - (18:19 WIB)
            Permalink

            Ini sama aja shopee nampung penjual penipu jadi team survey buat daftar penjual dishopee ga beres!!

            6
            4
        • 28 April 2022 - (05:45 WIB)
          Permalink

          Ikhlasin aj mbak

          Karena mbak terlalu polos

          Lagian knapa melakukan transaksi diluar applikasi

          Jadilah pembeli yg smart

          Soal potongan di shoppee terlalu besar itu cuma alasan seller untuk menipu mbak

          Mbak kena tuh

      • 22 April 2022 - (14:44 WIB)
        Permalink

        sudah jelas ibu ini transaksi diluar shopee, langsung ke rekening seller chat melalui wa

      • 22 April 2022 - (19:33 WIB)
        Permalink

        Kalau sy baca dari cerita anda, kesimpulan saya kesalahan pertama ada pada anda, sudah jelas kaka transaksi diluar shoppe yaitu melalui chat wa dan transfer ke rekening pribadi, menurut sy dg begitu shoppe tidak punya tanggung jawab atw tidak bisa push seller untuk kembalikan uang anda,krn sy tau betul shoppe sudah jelas melarang, mengingatkan untuk tidak transaksi diluar shoppe konsekuensinya anda tidak bisa menuntut shoppe, uang anda tidak bisa kembali, Anda hanya bisa menginfokan kepada shoppe untuk memblock atw memblacklist si toko tersebut itupun kalau pihak shoppe mau memblacklist.
        Saran sy, anda hubungi saja si seller dan minta dikirimkan atw tukar dg yg ori/ bernegosiasi ulang dengan seller itupun kalau seller jujur amanah dan ga mau kehilangan pembeli lain krn nama toko sudah anda up di sini.
        Btw yg ori harga berapa biasanya??
        Kalau anda sangat faham barang ori dari merk tersebut, anda pasti tau harga ori, kalau ada seller yg jual jauh dari harga ori, tentunya sbg pembeli yg biasa membeli barang ori kita jangan mudah tergiur, barang ori tidak mungkin di sale habis habisan.

        22
        • 23 April 2022 - (01:09 WIB)
          Permalink

          Bagaimanapun juga transaksi jual beli ini juga terjadi di platform Shopee dan jelas sekali aturan Shopee bahwa tidak boleh menjual barang palsu pada platform Anda.

          Iya bener spt yg anda katakan, tapi disini anda melakukan transaksi diluar aplikasi, sheler berdalih biya potongan mahal mknya ngajak transaksi diluar aplikasi, apa anda jga tdk kepikiran sdh tfr no anda diblok barang tdk dikirim.
          Knpa diajak transaksi diluar, biar dia bisa jalankan misinya klo niat nga baik,klo anda lewat aplikasi anda tdk bisa mengajukan pengembalian barang yang penting jelas bukti2nya video unboxing yg menguatkan anda, untuk menag . Mngkn bisa dikembalikan 100%uang anda.
          Shopee hanya bisa memproses akun yang dilaporkan tapi tidak bisa menindaklanjuti untuk pengembalian dana krna transaksi diluar aplikasi.
          Dan di shope itu saangat rawan rentang penipuan…
          Apa bila pembelian selanjutnya transaksi diaplikasi pun hati2 jga terkadang shler yang nakal barang yg dikirim blm diterima sheler srh konsumen konfirmasi barang diterima, tujuanya apa supa pembeli tdk bisa melakukan pengembalian barang atau komplen pengembalian barang, jdi ketika barang datang unboxing buat jaga2. Jgn sekali² blm Terima barang blm lihat barangya buru2 konfirmasi barang. Dan blm lama kasusnya ada yg beli laptop harga belasan juta tiba2 sheler membatalkan pesanan na. SheleerWA ke pembeli untuk melkukan pmbelian,karna biasanya untuk pembelian pastibarang yg sma nanti kita akan diksih link lelwat WA berlesan biar cepat cekout klo smpe klik email akan berpindah ke tangan shele khas dah saldo di shope pem barang dibatalkan

          3
          1
          • 24 April 2022 - (23:43 WIB)
            Permalink

            Dengan dasar apa nyuruh Shopee urusin? Ada lampiran kode transaksi? Tidak ada kan?
            Sama sepe Anda nonton iklan Shampoo di Indosiar, kamu belinya di warung atau mini market. Lalu ada masalah di shampoo yang Anda beli itu. Anda mau menuntut Indosiar?

            1
            1
      • 23 April 2022 - (10:01 WIB)
        Permalink

        Sepertinya, anda juga harus baca yang jelas. Kalau transaksinya di Shopee, pasti ada SS halaman transaksi, bisa jelas kode transaksi. Mana tuh, aku nggak lihat.

        • 23 April 2022 - (14:02 WIB)
          Permalink

          Pengalaman report toko penjual barang palsu dan buyer langganan vanyak tertipu karna tergiur disana lebih murah dan coba” .kita report rame” dan sertakan bukti penipuan dan juga kita chat cs shopee. Hasilnya uda mau chat cs maupun repot cuman zooonkk. Reviewnya aja juga banyak yg bilang palsu bukan hanya 1 orang.kalo 1 orang memang perlu tibdak lanjut sebab busa juga toko pesaing yg mau menjatuhkan/ buyer yg penipuan ini ada.tapi kalo uda banyak yg ketipu dan ada bukti,masa yah iya ga ada prosesnya sama sekali.bahkan yg ditipu penjualan ribuan🙉. Kalo soal kritik dan tindakan paling gercep selama jadi seller itu tokopedia.

      • 23 April 2022 - (22:43 WIB)
        Permalink

        bodo;) dia tahu informasi tas dr shopee live…

        tp transaksi pembayaran bukan melalui shopee… tapi chat pribadi d WA…
        yah duit tidak menggantung d shopee…

        yg punya masalah sama shopee ajh …
        shopee nya kadang gk mau tanggung jawab…

        apalagi transaksi di luar shopee yg gk ada garansi dr pihak ke tiga manapun

      • 10 Mei 2022 - (12:26 WIB)
        Permalink

        Itu diluar shopee lah. Livenya doank penjual di shopee. Tapi dia trx diluar shopee untuk mnghindari biaya admin. Jangan pernah melakukan trx di luar shopee kalau belum yakin barang yg anda beli sudah sesuai dengan keinganan mu. Jadi bisa di refund pengembalian barang dan dana. Prcuma lapor shopee gak da nmr pesanan nya jga.

    • 22 April 2022 - (14:35 WIB)
      Permalink

      Beban admin biasanya sudah ditambahkan ke harga produk dan dibebankan ke buyer.. hanya alasan/akal-akalan penjual saja untuk melakukan penipuan. Sebaiknya buyer tidak melakukan transaksi di luar Shopee untuk keamanan. Karena jika ada masalah Shopee tidak ikut bertanggungjawab jika transaksi pembayaran/jual beli dilakukan di luar Shopee.

      20
      • 22 April 2022 - (14:52 WIB)
        Permalink

        betul kak, rasa iba saya ke seller ternyata berbalik jd boomerang ya, seller yang sudah saya tolongin transfer ke rekening beliau malah kirim barang fake. Sebenarnya dia claim original berkali kali kak trs d awal live confirm semua check out dari shopee tetapi nyatanya d chat minta transfer krn admin besar, kemudian saya trma barang fake, bukankan UU perlindungan konsumen ada pasal yang menyebutkan bahwa hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang benar untuk barang yang akan di beli, terlebih lagi di shopee juga ada aturan komunitas yang pasalnya isinya tentang melarang menjual barang palsu. Saya sudah lapor shopee tetapi tiket sy di closed kemudian saya sudah report toko jg tp sampai kemarin saya liat toko tersebut masih berjualan dengan bebas di shopee, pasti dia tau shopee tidak mau proses bantuan atau mediasi krn transaksi d luar shopee dan dia pake itu untuk nipu semua korban2 nya. Sementara shopee do nothing.

        3
        16
        • 22 April 2022 - (18:19 WIB)
          Permalink

          Kesalahan untuk bertransaksi diluar shopee adalah kesalahan buyer, walaupun pembelian secara tidak langsung melalui shopeelive.. seharusnya pihak shopee menindaklanjuti juga laporan buyer untuk menghukum seller nakal sperti itu, karena secara tidak langsung shopee menjadi wadah untuk transaksi penipuan tsb

          11
          1
          • 22 April 2022 - (21:20 WIB)
            Permalink

            menurut saya, karena tdk ada transaksi dishopee, maka shopee tidak ada data komplain antara penjual dan pembeli, yang ada hanya info dan foto-foto dari seseorang (dalam hal ini mengaku pembeli). susah juga shopee mau ambil tindakan apakah benar sellernya jual barang palsu, bagaimana jika ternyata tidak benar tuduhannya?

            *saya tidak memhak manapun, cuma berfikir rasional

            10
            1
        • 22 April 2022 - (19:56 WIB)
          Permalink

          Kalau pembayaran diluar shopee, secara tidak langsung sdh bukan tanggung jawab dari shopee, sebagai konsumen hanya bisa memberitahu ke shopee kalau akun penjual itu menjual barang yg tidak sesuai…..langkah terbaik, lapor ke polisi buat surat pengaduan dilanjutkan ke bank untuk blokir rek penjual…selesai..

        • 23 April 2022 - (18:03 WIB)
          Permalink

          biaya admin shopee itu kecil. Apanya yang di ibain, seller jualan di shopee juga sudah mengerti resiko dan biaya yang ditanggung sendiri.

          Harusnya setiap ada seller yang arahkan transaksi di luar marketplace langsung dilaporkan shopee. 100% langsung di blok itu akun seller

      • 22 April 2022 - (18:46 WIB)
        Permalink

        1. harga live pasti diskonnya lumayan dibandingkan harga normal, sehingga siapapun akan tergiur jika yang dijual adalah produk yang kita sukai.

        2. Yaps kesalahan buyer adalah kecerobohan bertransaksi diluar aplikasi.

        3. Dengan seller memberikan statement “Tidak bisa dikembalikan” dan jika buyer memiliki video unboxing maka ini sudah termasuk tindakan penipuan dan bisa diproses. (Semoga buyer punya video unboxing) karena bukti dan ss sudah sangat jelas.

        4. Shopee hanya bisa memproses akun yang dilaporkan tapi tidak bisa menindaklanjuti untuk pengembalian dana.

        Jadi semoga bisa terselesaikan dan turut prihatin ya. Jadikan pelajaran untuk jangan pernah bertransaksi diluar aplikasi.

        Buat seller jika kebetulan membaca, “2.3jt untuk harga diri dan wajah tersebar kemana-mana? Worth it kah bung?”

        13
      • 23 April 2022 - (13:52 WIB)
        Permalink

        Kalo ini ada yang tidak tepat kak.saya penjual shopee soalnya dan kita admin biaya naik hampir 8% dan kita harga jual ga naik karna toko lain juga tidak naik.akibatnya untung kadang kayak orang gila 100rupiah aja dijual. Untung jual online tipis kalo memang jualan original no kw

        2
        1
    • 22 April 2022 - (15:01 WIB)
      Permalink

      terima kasih ya kak untuk komen kakak di artikel aku, sudah kak aku udah lapor shopee tp tiket aku di tolak dari CS di suruh report dari toko nya, sudah ak report tapi sampai hari ini aku masih liat seller ini ttp jualan d shopee live lho,,kasian kalau ada korban lainnya tapi dari shopee aku ga tau deh ini ada progress atau gaa atau apa yang shopee lakukan terhadap mitra mereka yang jelas2 menipu gini. Makasih ya kak dah respon, semoga dengan bnyk respon pihak shopee bisa baca artikel ini dan melanjutkan proses blacklist atau apalah ke si seller

      2
      2
      • 22 April 2022 - (16:25 WIB)
        Permalink

        Memang itu transaksi diluar Shopee, tapi itu seller di Shopee. Live di aplikasi Shopee. Pembeli adalah konsumen Shopee, apa iya Shopee mau lepas tangan? Yg namanya penipuan tetap harus ditindak. Itu menurut pendapat sy pribadi

        5
        4
        • 22 April 2022 - (17:09 WIB)
          Permalink

          hi Kak Indra,

          Iya kak betul, seenganya laporan saya di respon gitu kak, seller ny di berikan sanksi blokir atau tidak boleh berjualan d shopee, tapi nyatanya sampai hari ini saya masih melihat seller tsb ttp jualan di shopee.

          4
          4
          • 22 April 2022 - (18:18 WIB)
            Permalink

            @hery suruh org lain baca yg jelas.taunya sendiri yg bego..wkwkwkkw makanya BH bini jgn di jadiin kacamata

          • 23 April 2022 - (19:23 WIB)
            Permalink

            Memang kesalahan buyer melakukan pembelian diluar shopee. Apalgi dengan nominal yg cukup besar, klo saya pribadi tdk akan berani. Lebih baik jd php or di block, daripada hilang duid.

            Utk seller agar di blokir, smoga saja banyak yg report. Atau report ke coach, jd pihak coach lapor ke shopee krn menjual produk palsu.

          • 24 April 2022 - (17:29 WIB)
            Permalink

            Shopee hrs Respon gmn kak?selama transaksi penjualan di shopee mereka beres/ga ada komplain kan shopee ga ada alasan utk menutup toko tsb.kalau transaksi diluar shopee,kakak lapor polisi aja.

    • 24 April 2022 - (03:17 WIB)
      Permalink

      Jadi begini mbak, karena di shopee tidak ada transaksi antara anda dengan toko yg anda maksud, maka dianggap tidak ada transaksi penipuan. Lain halnya kalau ada transaksi di shopee dan anda pembeli merasa tertipu, maka anda bisa komplain melalui Shopee.

      Kalau untuk kejadian sekarang, shopee bisa membantu asal ada bukti laporan penipuan dari pihak yg berwajib. Pasti diurus sama shopee kalau hal itu.

      Hal ini terjadi karena untuk shopee tidak terjadi apa2, disebabkan tidak ada transaksi yang terjadi di shopee.

      Shopee tidak bisa berpihak ke penjual ataupun pembeli, karena mereka harus punya bukti otentik yaitu berupa transaksi yang terjadi, dan bukti video unboxing.

      Untuk toko tersebut bagi shopee belum masuk kategori penipu, karena tidak ada transaksi penipuan yang terjadi di shopee.

    • 24 April 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      1. Jelas pembelinya *****..di luar shoppe.
      2. Tas cuman 2jt ke coach aja langaung atau beli di websitenya kok.. udah berani beli tas 2jt jgn kaya orang susah bayar pajak dll ******
      3. Iklasin aja gak ada disini yg membantu.. seller bilang original..original dr vietnam.. loe bisa aja ******

      • 24 April 2022 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Ikhlasin az..anggap az sedekah..emg nominal lumayan .tp itu sebanding dgn pengalaman ditipu..lapor polisi..uang 2.3 jt..bisa2 hbs 23 jt..belum bolak balik kepolsek..ingat jangan pernah transaksi diluar aplikasi ..dan satu lagi bodoamat diblg php..

    • 25 April 2022 - (19:18 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin mba,,, cuma gini mba,, kalopun shopee mao bantu bisa aja bantu blacklist si seller karna berita ini di media.. Akan tetapi duit nya kan ga lewat shopee dan ga bakal ada disimpan shopee, jd pastinya ga bs bantu balikin duitnya karna duit klo dah di tangan org itu ya susah.. Cuma satu mba bisa laporkan ke polisi.. Saran saya sih hati kita harus tegas nextnya jgn mudah iba, ga enakan, atau semacamnya palgi kita ga ketemu langsung org itu

  • 22 April 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    judul nya misleading, seolah penipuan terjadi di shopee live, betulnya transaksi terjadi di whatsapp, atas kemauan pembeli sendiri

    iya saya paham dia emang penipu, bukan salah anda, tapi takut nya orang salah paham, ini bukan urusan nya shopee, dan anda seharusnya tidak menyalahkan shopee atau minta pertanggung jawaban shopee

    shopee live itu kyk smacam IG live g sih, cuma streaming aja, bukan akad transaksi jual beli, akad transaksi jual beli nya memang terjadi di WA

    apakah anda beli tas tersebut melalui platform shopee? kan tidak, secara bukti nyata, uangnya tidak lewat shopee, bagaimana shopee bisa bertanggung jawab?

    15
    1
    • 22 April 2022 - (14:45 WIB)
      Permalink

      apakah saya akan bertemu penjual apabila tidak melalui platform shopee? saya sudah lapor shopee tp pihak shopee closed ticket saya, saya sudah report seller tp masih tu ttp berjualan sana sini dan jualan live, apakah salah kalau saya blg scra tidak langsung shopee mewadahi penipu ini?

      5
      11
      • 22 April 2022 - (15:01 WIB)
        Permalink

        tidak, anda tidak salah dalam hal itu, anda benar kok, seharusnya shopee tidak mewadahi penipu seperti ini

        tapi salah anda adalah mengaku berbelanja di shopee, pdhl bukan

        kenapa kok sulit bagi shopee memproses penipu seperti ini:
        -transaksi tidak terjadi di shopee, meskipun anda ada bukti bahwa dia menipu, penipuan terjadinya diluar platform shopee
        dalam arti shopee tidak memiliki hak untuk menindaki, beda hal nya dengan masa kita sekolah ya, ada anak sekolah tawuran diluar sekolah pun, sekolah bisa menindaki

        kenapa kok bisa transaksi terjadi diluar shopee, padahal anda tahu nya melalui shopee live?
        1. shopee live bukan akad transaksi jual beli, meskipun di platform shopee, itu showcase barang
        2. akad transaksi anda terjadi di WA
        3. transfer uang melalui rekening ke rekening, tidak ada uang sepeser pun masuk shopee

        13
        1
        • 22 April 2022 - (15:12 WIB)
          Permalink

          apakah anda sudah pernah liat shopee live? akad terjadi di sana, konsumen harus fix deal barang di shopee live, capture lalu baru transaksi check out. Untuk case saya transfer diminta dari wa,di WA saya hanya diinfokan norek saja.

          Maksud saya shopee sebaiknya tindak donk seller ini, masa iya saya sudah lapor berkali kali tapi sellernya masih dibiarn jualan? bukannya sudah jelas mereka abai?

          4
          10
      • 23 April 2022 - (14:49 WIB)
        Permalink

        Kejahatan timbul karena ada kesempatan, dan karena anda bertransaksi di kuar shopee di situlah anda memberi peluang penjual untuk nakal menipu anda,, kalo anda bertransaksi di shopee pasti seller mikir lagi kalo mau nipu,,,logis

      • 25 April 2022 - (00:03 WIB)
        Permalink

        Dengan dasar apa nyuruh Shopee urusin? Anda seharusnya malu, ngaku ngaku belanja di Shopee.
        Ada lampiran kode transaksi? Tidak ada kan?
        Hati hati lho, bisa saja anda dituntut balik, karena anda tidak ada bukti berbelanja di Shopee. Anda cuma buka aplikasi Shopee lalu nonton live.
        Sama seperti Anda nonton Sinetron ada iklan Shampoo di Indosiar, kamu belinya di warung atau mini market. Lalu ada masalah di shampoo yang Anda beli itu. Anda mau menuntut Indosiar?
        Apa Indosiar mewadahi penipuan?
        Hati hati dengan ungkapan anda “Shopee mewadahi penipu” , bisa menjadi tuntutan pencemaran nama baik perusahaan.
        Salam Waras, semoga ada solusi nya.

    • 22 April 2022 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Hi kakak, gimana bisa penipuan ini tidak terjadi di shopee? kalau kakak baca kronologis yang saya buat, dia jualan live d shopee dan kalau kakak ntn video youtube nya di sana sy sudah tanyakan ke seller apakah semua pembayaran memalui shopee dan seller menjawab iya melalui shopee. Lalu point berikutnya adalah seller menjual barang di shopee live dan claim berkali kali barang tersebut original. Bukankan UU perlindungan konsumen ada pasal yang berisi konsumen berhak mendapat informasi yang benar dan jelas untuk barang yang di beli? dan jelas aturan komunitas shopee melarang mitra menjual barang palsu.

      menjawab statement kakak ” apakah anda beli tas tersebut melalui platform shopee? kan tidak, secara bukti nyata, uangnya tidak lewat shopee, bagaimana shopee bisa bertanggung jawab?” –> kalau kakak sudah baca detail cukup jelas ya, dia jualan d shopee live dan memperkenalkan barang, transaksi pembayaran yang melalui WA, dan saya deal tas tersebut juga di shopee, cb deh kalau ga ada shopee apa saya akan bertemu seller ini? point saya adalah shopee menindak seller ini, karena saya sudah report penipuan tapi seller masih bebas tu berjualan live d shopee, saya raised ticket, ticket saya di tolak,, BTW yg namanya transaksi jual beli itu pasti ada deal barang nya kak, deal barang di shopee bayar melalui luar shopee transfer mandiri, gimana bisa kakak bilang ini transaksi bukan di shopee?

      1
      12
      • 22 April 2022 - (15:06 WIB)
        Permalink

        “deal barang di shopee bayar melalui luar shopee transfer mandiri, gimana bisa kakak bilang ini transaksi bukan di shopee?”

        screenshot kan skrg daftar transaksi anda di shopee, apakah ada barang-barang tersebut di daftar transaksi anda?

        kalau tidak, ya jelas bukan di shopee transaksi nya, kalau di shopee, saat ini anda sudah bisa klaim lewat shopee, nyata nya kan tidak?

        17
        • 22 April 2022 - (15:09 WIB)
          Permalink

          anda kontradiksi diri sendiri, ini kalimat yang anda tulis sendiri ya di komen di atas, ke user amelie

          “pasti dia tau shopee tidak mau proses bantuan atau mediasi krn transaksi d luar shopee”

          • 22 April 2022 - (15:13 WIB)
            Permalink

            iya betul karena saya tahu ini setelah saya lapor k shopee tapi tidak ada tindakan dari shopee kn terhadap seller nakal begini?

            11
        • 22 April 2022 - (15:20 WIB)
          Permalink

          ooo dalam pengertian anda transaksi jual beli itu hanya transfer dana ya? baiklah noted. terima kasih ya tanggapannya.

          1
          9
          • 22 April 2022 - (15:23 WIB)
            Permalink

            “iya betul karena saya tahu ini setelah saya lapor k shopee tapi tidak ada tindakan dari shopee kn terhadap seller nakal begini?”

            jadi bingung saya, anda bilang A, saya bilang B, anda akhir nya ngaku B k orang lain,saya bilang anda bilang B, k saya ngaku, iya betul B, skrg bilang A lg

        • 22 April 2022 - (15:32 WIB)
          Permalink

          saudara Ivan saya juga bingung baca maksud komen anda apa. ygmn statement saya beda2?

          “iya betul karena saya tahu ini setelah saya lapor k shopee tapi tidak ada tindakan dari shopee kn terhadap seller nakal begini?”

          jadi bingung saya, anda bilang A, saya bilang B, anda akhir nya ngaku B k orang lain,saya bilang anda bilang B, k saya ngaku, iya betul B, skrg bilang A lg

          2
          4
          • 22 April 2022 - (19:48 WIB)
            Permalink

            Gini kaka anna. Menanggapi komen saudara ivan.
            Simpelnya gini ka,namanya transaksi jual beli, barang yg kita beli dari shoppe bayar juga ke shoppe. Kalau salah satu dari dua itu ga terpenuhi maka transaksinya ga sah.
            Kalau kk transfer ke shoppe, atw misal pakai shoppe paylatter atw virtual account shoppe, pas kaka terima barang tidak ori, kk tinggal klik aja tuh di aplikasi shoppe “barang yg diterima tidak sesuai” nanti lampirkan bukti2 semua yg kaka sebutkan. 1×24 jam kaka diskusi sm seller, setelah itu kalau ga ketemu titik terang, shoppe yg mutusin, kalau lihat dari bukti2 kaka, pasti kaka menang dan dana akan dikembalikan ke kaka.
            Disini cuma 1 aja sie kesalahan kaka, kk terlalu mudah percaya sama seller,kk transfer ke rekening pribadi. Jd riwayat pembelian kaka tidak muncul di shoppe.

            18
        • 22 April 2022 - (16:51 WIB)
          Permalink

          Kalau tidak ada itikad baik bawa ke Kepolisian, sertakan bukti youtube, Sertakan Hak UU Perlindungan Konsumen. (UU 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen). Pelaku usaha yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11, Pasal 12, Pasal 13 ayat (1), Pasal 14, Pasal 16 dan Pasal 17 ayat (1) huruf d dan huruf f dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau pidana denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)

          17
          • 22 April 2022 - (17:00 WIB)
            Permalink

            hi Kak Nath,

            Terima kasih banyak ya kak untuk masukannya,sangat membantu dan memberikan saya pencerahan, sebenarnya awalnya saya mau mengiklaskan, hanya saja beberapa hari terakhir sy lihat seller ini tetap bebas berjualan online tnpa dapat ganjaran apapun, sepertinya akan saya laporkan ke kepolisian kak, mksi bnyk ya kak Nath, sehat selalu.

            11
            2
          • 23 April 2022 - (05:14 WIB)
            Permalink

            Ini solusi yang paling tepat, laporkan ke polisi lengkap dengan bukti-bukti video youtube nya diamankan dulu, screenshot chat, video unboxing dll disertakan. Atau bisa juga chat ke seller bahwa akan dilaporkan polisi beserta pasal2 yang bisa dikenakan, siapa tahu mau mengembalikan uangnya.. Sopi dalam hal ini hanya mewadahi live sale nya saja, sama seperti igive atau YouTube live stream. Tapi dengan viral nya kasus ini mungkin saja Sopi mempertimbangkan untuk memblokir akun seller yang melakukan penipuan.

  • 22 April 2022 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Quote:
    ” Apabila tidak ada tindak lanjut atas seller ini dan juga penyelesaian kepada saya, maka dapat saya simpulkan bahwa Shopee abai terhadap hak-hak konsumen yang berbelanja melalui platform Anda.”

    -Anda tidak bertransaksi via Shopee = Anda tidak punya *hak* apapun untuk meminta tanggung jawab dari pihak Shopee, karena tidak ada *kewajiban* apapun yang anda lakukan.

    -Bila Shopee mulai menindak seller dengan dasar laporan atas *transaksi yang terjadi di luar Shopee*, bisa kacau balau & staff Shopee kerjaannya setiap hari hanya mengurusi hal tersebut (yang mana tidak ada benefit apapun untuk Shopee, karena transaksi tidak terjadi dalam platform Shopee).
    Anda menuntut Shopee menjadi investigator & hakim secara cuma-cuma, tidak ada benefit apapun.
    Belum lagi pihak Shopee pasti akan mengurusi komplain balasan dari seller, yang sekali lagi tidak ada benefit apapun.

    Seller penipu tersebut bisa saja berdalih bahwa nomor WA yang digunakan untuk berkomunikasi dengan anda itu bukan nomor ybs yang tersimpan di sistem Shopee. Atau bahwa rekening tujuan transfer yang anda post juga bukan rekening ybs yang tersimpan di sistem Shopee. Atau alamat pengirim yang tersimpan pada sistem AnterAja bukanlah alamat ybs yang tersimpan di sistem Shopee.
    Tinggal berdalih bahwa anda ditipu orang lain namun komplain ke seller yang salah, atau anda melakukan black campaign.
    Pembelaan yang sah & valid menurut saya, yang tentunya Shopee juga tidak bisa menindak seller penipu. Kecuali bila dari awal semua transaksi pembayaran terjadi via Shopee, yang sayangnya tidak anda lakukan.

    Yang dapat anda lakukan:
    -Buat laporan kepolisian -> Minta pihak Bank membekukan rekening seller penipu (bila sellernya agak lamban & ada dana yang sangkut, setidaknya masih ada kemungkinan dana anda bisa kembali).

    -Buat laporan digital via: https://cekrekening.id/home agar nomor rekening tersebut masuk daftar hitam. Setidaknya anda telah menolong beberapa calon pembeli lain yang mungkin akan ditipu dengan nomor rekening tersebut.

    -Laporkan ke pemegang brand (Authorized Distributor Indonesia atau langsung ke Head Office International mereka).
    Bila mereka tanggap, maka bisa saja mereka mengajukan klaim HKI kepada Shopee langsung & seller penipu tersebut akan diblokir.

    24
    1
    • 22 April 2022 - (15:19 WIB)
      Permalink

      hi kak

      transaksi disini mksdnya apa? apabila transaksi jual beli, jelas transaksi saya terjadi di shopee, hanya saja pembayaran di luar shopee. Saya deal membeli barang ke seller di shopee.

      statement kakak “Anda tidak bertransaksi via Shopee” menurut saya kurang tepat ya, krn saya transaksi d shopee tp pembayaran di luar shopee.

      34
      • 22 April 2022 - (15:44 WIB)
        Permalink

        Saya sering berbelanja di Shopee setelah mengikuti Live Sale tetapi semua pemesanan barang dan transaksi pembayaran saya lakukan didalam aplikasi shopee ini saya lakukan demi keamanan saya juga karena jika semua dilakukan didalam aplikasi (pemesanan dan pembayaran) maka pihak Shopee akan menahan dana tersebut sampai produk yg dipesan tiba ditangan Buyer dan Buyer sudah cocok dengan produk yang dibeli dengan mengetik ” Pesanan Diterima” dan dana diteruskan ke Seller kemudian transaksi dinyatakan selesai, namun kalau produk tidak sesuai dengan yang kita pesan dapat langsung mengajukan pengembalian dan apabila proses pengiriman kembali produk ke Seller selesai maka dana yang ditahan di Shopee tadi akan dikembalikan ke Buyer tidak akan di teruskan ke Seller.

        12
        • 23 April 2022 - (14:37 WIB)
          Permalink

          Itulah gunanya shopee sebagai pihak ketiga dan ada harga untuk itu, tapi anda memilih kasihan pada yg jual kemudian bertransaksi di luar shopee padahal sudah jelas di aturan shopee jangan mau bertransaksi di luar shopee anda sekarang yg minta pertanggung jawaban shopee,,jadi yg bodoh siapa?

      • 22 April 2022 - (15:46 WIB)
        Permalink

        Mungkin lain waktu lebih berhati hati lagi ya jangan sampai hal seperti ini terulang kembali, semoga saja Seller nya dapat diajak negosiasi dalam proses pengembalian barang dan dana nya

      • 22 April 2022 - (16:19 WIB)
        Permalink

        Astaga, apakah analogi simple Hak & Kewajiban saja anda tidak mengerti?

        Quote:
        “… saya transaksi d shopee tp pembayaran di luar shopee.”

        Statement macam apalagi ini? Kontradiktif, 180 derajat perbedaannya.
        Bila anda transaksi di Shopee, mana nomor transaksi Shopee-nya?
        Mana bukti transfer ke rekening Shopee-nya?
        Ibarat anda nonton iklan di Yout*be, kemudian anda tertipu lantas anda punya hak untuk menuntuk Yout*be?

        Ini last quote dari saya, karena tidak ada faedahnya melanjutkan dialog dengan tipe seperti anda. Bila anda memang merasa benar, silakan diteruskan perjuangan anda.

        Oh ya, menurut logika anda, sekalian saja anda menuntut pihak Whats*pp, Bank, & ISP (penyedia layanan internet) yang ada sangkut pautnya dengan kejadian ini.

        Karena anda kan bertransaksi melalui semua media tersebut bukan (ini mengikuti logika cacad anda loh)?

        33
        1
        • 22 April 2022 - (16:46 WIB)
          Permalink

          Terima kasih saudara Sendi untuk komennya,

          saya rasa anda so rude ya komen orang lain logika cacad, sementara anda tidak berkaca tulisan anda mencerminkan anda sendiri.

          saya sih ga berfikir seperti statement anda ini ya, mngkn anda aja yang terlalu emosional menanggapi surat konsumen saya.

          “Oh ya, menurut logika anda, sekalian saja anda menuntut pihak Whats*pp, Bank, & ISP (penyedia layanan internet) yang ada sangkut pautnya dengan kejadian ini.”

          32
          • 22 April 2022 - (17:42 WIB)
            Permalink

            This is rich, very rich.

            Wejangan yang sangat tidak ada nilainya dari pribadi yang tidak mengerti & tidak dapat mempraktekkan sendiri apa yang dia bicarakan/lakukan.
            *Mohon maaf sebelumnya*, mayoritas kaum Hawa memang hampir mustahil diajak berlogika atau bercermin atas tindakannya sendiri.

            Quote:
            “saya rasa anda so rude ya komen orang lain logika cacad, sementara anda tidak berkaca tulisan anda mencerminkan anda sendiri.”

            Bukankah anda yang memulai dengan statement anda berikut:
            [statement kakak “Anda tidak bertransaksi via Shopee” menurut saya kurang tepat ya, krn saya transaksi d shopee tp pembayaran di luar shopee.]

            Anda menyatakan logika saya “kurang tepat”.
            Saya menyatakan logika anda “cacad” (terjemahan: tidak tepat). Agak kasar? Mungkin bagi anda, namun dalam kalangan profesional & kaum Adam biasa-biasa saja (saya menjunjung tinggi emansipasi kaum Hawa loh, lantas salahnya dimana?)

            Bukankah anda yang menunjukkan kualitas anda sendiri?
            Saya menyerang idea/logic, sementara anda menyerang pribadi pada postingan kedua anda alih-alih membuktikan bahwa logic anda benar.
            Saya sih bisa memaklumi karena you can’t help it, it’s your nature.
            & penilaian anda terhadap saya itu sepenuhnya hak anda, sama sekali bukan urusan saya.

            20
            2
      • 22 April 2022 - (23:05 WIB)
        Permalink

        ada tulisan di bagian chat .”mohon tidak melakukan transaksi di luar shopee untuk menghindari terjadinya penipuan” kl situ bayarnya bkn via aplikasi shopee namanya transaksi diluar shopee..namanya transaksi via shopee itu .duit yg anda bayar juga via aplikasi shopee.kl anda bayar di luar aplikasi shopee berarti transaksinya bkn di shopee..pantes ketipu..di kasih tau masih ngotot

        13
      • 23 April 2022 - (00:45 WIB)
        Permalink

        Halo kak. Namanya transaksi itu, bukan hanya berdasarkan “kesepakatan jual beli nya saja”, tetapi juga termasuk cara pembayaran nya. Apabila kakak melakukan pembayaran diluar shopee, sekalipun kakak deal melalui platform shopee, blm bs dikatakan bahwa kakak bertransaksi lewat shopee. Sbnrnya, saat si seller meminta melakukan pembayaran via transfer rekening, kakak bs menolak/membatalkan kesepakatan jual beli, karena memang sdh tdk sesuai/diluar kesepakatan awal (kesepakatan awal semua pembayaran melalui shopee) dan bukan berarti kakak php (hit and run). Semoga saja kejadian ini jd pembelajaran berharga utk kakak kedepan nya. Saran saya apabila kakak ingin belanja barang branded authentic melalui live sale shopee, carilah seller terpercaya yg punya rating bagus, penjualan banyak, dan biasanya yg nonton serta comment juga rame sampai ratusan. Ada koq seller2 penjual barang branded authentic di shopee yg bs dipercaya, dan semua transaksi dilakukan lewat shopee.

      • 23 April 2022 - (01:48 WIB)
        Permalink

        Shope gak mau tanggung jawab dan ngebiarin si penjual ttap berjualan karena laporan mbak gak terdaftar, laporan mbak thdap seller bohong itu tidak ada bukti transaksi. Jadi bisa aja shopee menganggap mbak sbgai pihak yang ingin menjatuhkan seller. Thats why seller masih bebas berjualan sampai saat ini

        Namun jika waktu itu mba abaikan permintaan seller utk transaksi dari whatsapp, dan mba bersikeras untuk tetap via shopee. Jika si seller nolak, ya artinya mba tetap bs buat laporan ke shopee bahwa seller memaksa transaksi diluar shopee. Nah itu seller pasti akan ditindak lanjut

        2
        1
      • 23 April 2022 - (14:54 WIB)
        Permalink

        Ngaco nih ngomong nya, bertransaksi di shopee tp pembayaran di luar shopee,,anda sehat?

    • 22 April 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Kalau dilihat dari kronologisnya inu kesalahan buyer yg bersedia digiring untuk transaksi diluar aplikasi Shopee, padahal kita tau Shopee melarang setiap Seller yang menggiring Buyer untuk bertransaksi diluar Shopee dengan alasan keamanan keduabelah pihak dan pastinya Shopee tidak bertanggung jawab atas semua transaksi yg dilakukan diluar Shopee apapun alasannya.

      Seharusnya Buyer tetap ngotot meminta transaksi melalui akun shopee walaupun Seller beralasan besarnya biaya potongan dll jika Seller menolak maka Buyer berhak membatalkan pembelian (tidak jadi beli) dan ini tidak tergolong PHP karena Smart Buyer pasti tau aturan yang berlaku di Shopee dan syah saja kalau Buyer menginginkan transaksi yang sesuai aturan Shopee, jadi ini bisa alasan tepat untuk membatalkan pemesanan / pembelian kan ketimbang akhirnya dikirimkan barang palsu (fake) malah repot untuk retur kan. Belum tentu Seller mau kembalikan uang yg sudah di transfer

      • 22 April 2022 - (15:33 WIB)
        Permalink

        Makasih kak tanggapannya.

        Iya ni karena rasa kasihan dipotong admin malah kena ke aku juga dapat barang fake, rasa iba menutupi pola pikir smart buyer yaa.. hehehe

        16
        • 22 April 2022 - (16:01 WIB)
          Permalink

          Dear Mba Anna,

          Semoga ada jalan keluar dalam penyelesaian masalah ini ya Mba… yang penting next ngga perlu iba dengan Seller ya hehehe

          Intinya kalau transaksi di Market Place harus mengikuti aturan main yg sudah ditetapkan ini demi kenyamanan dalam bertransaksi antara Seller dan Buyer … 🙏

          13
        • 23 April 2022 - (14:56 WIB)
          Permalink

          Uang admin itu untuk bayaran karyawan shopee nya kakak yg pintar,,kalo ga ada admin, karyawan shopee mau di bayar pake apa?
          Coba di fikir,,

      • 22 April 2022 - (15:53 WIB)
        Permalink

        Kalo udah dijelasin panjang lebar begini masih ngga paham jg, mungkin bacanya kudu pas abis buka puasa kali ya, wkwkwk…

        11
          • 22 April 2022 - (16:21 WIB)
            Permalink

            Halo kak saya pikir dari kejadian di atas, Tanggung Jawab shope hanya sebatas memblokir/memutus selamanya pedagang tersebut dari shope karena melanggar aturan shope yaitu transaksi via shope.Dan pihak shope wajib memutus kerjasama dengan seller jika mereka benar benar bertanggung jawab.
            Untuk tanggung jawab lain, hanya bisa di bebankan ke seller.Saya pikir dengan bukti yang ada, dari nomer rekening , ss, dan bukti video, mba bisa melaporkan langsung ke polisi.saya pikir dengan bukti yang ada,dan teknologi kepolisian.akan mudah menangkap pelaku.
            Mungkin itu mba yang bisa saya sampaikan sebagai konsumen

    • 22 April 2022 - (18:04 WIB)
      Permalink

      hi kak @sendi W,

      kakak sedang berkomentar tetang postingan saya sebagai konsumen, knp statement kakak mengeneralisasi ke gender ya? di luar dari issue pada artikel saya, komen kakak itu diskriminasi gender. sebaikny kakak hapus atau ralat, agar pembahasan ini fokus dan tidak menimbulkan diskriminasi gender ya kak di jaman sekarang. terima kasih

      3
      9
    • 24 April 2022 - (07:57 WIB)
      Permalink

      Dari sekian komentar balasan, tanpa merendahkan yang lain, punya bro Sendi W ini yang paling berbobot dan lengkap, ada penjelasan dan ada saran yang harus dilakukan.

      Tapi didebat Penulis hanya karena Penulis merasa “TELAH” berbelanja melalui Shopee. LOL….. Yang namanya belanja melalui Shopee (ataupun marketplace yang lain) itu bahkan harus dimulai dari chat, sistem pengiriman, pembayaran sampai penerimaan barang dll dilakukan dan tunduk mengikuti aturan marketplace tersebut. Kalau ada 1 unsur saja tidak terpenuhi berarti BUKAN berbelanja disana. Kenapa begitu? Tidak lain dan tidak bukan hanya untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bertransaksi, memastikan bahwa memang akun seller dan buyer lah yang bersepakat untuk melakukan transaksi, yang bisa mereka pantau melalui riwayat chat, sehingga ketika terjadi suatu permasalahan marketplace juga lebih mudah untuk menyelesaikannya karena semua riwayat chat tersimpan di database mereka, bukan di whatsapp, telegram dll masing2. Coba saja cek kolom chat setiap marketplace pasti menyulitkan untuk menulis nomor telepon, ada warning diharapkan jangan chat diluar marketplace, jangan transaksi diluar marketplace. Ini baru dari chat, bisa panjang kalau bahas sampai prosedur penerimaan barang. Intinya penulis BUKAN buyer Shopee, dan seperti komentar2 lain intinya juga sama : Shopee belum tentu mau melakukan mediasi atas kasus transaksi yang terjadi di luar platform Shopee diluar T&C Shopee, kecuali kalau kasusnya menjadi viral, ini pun masih kemungkinan saja Shopee bersedia membuka investigasi.

      Saya ingin menambahkan sedikit saran, kalau memang ingin mengejar seller, kejar melalui akun google (youtube) nya, cari disana, posting link komplain ini, berikan warning kepada calon buyer lain, dsbnya.

  • 22 April 2022 - (16:55 WIB)
    Permalink

    hi kakak Gagak Hitam,

    Terima kasih untuk komen kakak, iya sepertinya memang dari shopee dari sisi untuk block atau memutus perdagangan seller tersebut, saya udah report tapi sampai hari ini saya lihat seller itu masih tetap jualan bebas d shopee kak, ini yang sebenarny juga aku highligh di bagian bawah artikel, tapi mungkin tulisan aku ga bgtu clear untuk beberapa orang yang baca jadilah saya di katain logika cacad. wwkwkwkw sekali lagi mksi ya kak Gagak Hitam

    1
    9
    • 22 April 2022 - (17:15 WIB)
      Permalink

      Hmm…
      Saya setuju, memang pembicaraan dilakukan di shopee. Dan Saya setuju juga seharusnya shopee melakukan sesuatu untuk memutus rantai penipu ini.
      Tapi memang menurut Saya, shopee juga tidak memiliki hak untuk memutus mitra dengan seller penipu.. logika Saya adalah, Pihak Shopee tidak memiliki bukti bahwa Bu Anna sebagai pembeli dari Shop tersebut, Karena tidak ada di sistem Shopee. Ibarat kata, apabila Saya sebagai pihak Shopee, Saya pasti akan melihat Dan mengecek info seller,
      1. Apakah nomor telefon yang terdaftar sama dengan nomor yang dilaporkan oleh bu Anna.
      2. Apakah Nomor rekening yang terdaftar sama dengan nomor yang dilaporkan oleh bu Anna.

      Karena apabila tidak sama semua, Saya sebagai Shopee, Saya akan berfikir kalau Bu Anna sebenernya tidak membeli di seller tersebut, apalagi bila barang yang seller tersebut perlihatkan di live sale berbeda dengan barang yang Bu Anna laporkan.

      Mungkin saran dari Saya, untuk memblokir rekening tersebut, melaporkannya kepada pihak Bank, Dan melakukan laporan polisi, atau mungkin meminta pengembalian dana dengan ancaman melaporkannya ke pihak berwajib.

      Mungkin hanya itu yang bisa Saya ucapkan,
      Saya doakan semoga permasalahan ini segera selesai dengan solusi yang win-win.

      Salam Hangat.

      11
  • 22 April 2022 - (17:06 WIB)
    Permalink

    kak @Dhan,

    terima kasih ya kak sudah menanggapi artikel saya, iya kak akan saya laporkan ke Polisi, tapi saya juga akan ttp meminta shopee untuk memberikan sanksi kepada seller ini kak ( entah d blokir atau diputuskan izin berjualannya dari shopee) untuk menghindari korban2 lainnya, karena seller masih bebas jualan lho kak sampai hari ini.

    2
    9
  • 22 April 2022 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah belanja dr seller yg ngaku jual original tapi juga menyediakan kw nya. Biasanya orang di jalur original akan sangat super duper anti ama yg namanya brg kw.

    16
  • 22 April 2022 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Kelemahan anda sbg pembeli krn mengikuti permintaan penjual trx diluar shopi. Sy jg jualan, tp cm penjual abal² berani jual brg jutaan tp TAKUT kena biaya admin, biaya admin itu ya konsekuensi penjual sedari awal. Kecuali pada sblm anda bayar ada ikatan tertentu jika trnyata brg palsu/bermasalah bgmna solusinya ? Tp ya ttp aja susah krn anda terlanjur dpengaruhi transfer anda pun tdk tau posisi sebenarnya penjual dmna. Padahal sudah begitu banyak kasus trasfer dluan ujung²nya zonk, kecuali kita tau betul si penjual misal punya toko fisik jelas dan dia berani live dalam tokonya. Tp klo cm rumahan, kost²an, apartemen, dan sejenisnya kita harus siap ikhlas ketipu.

  • 22 April 2022 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Halo kak anna saya baru baca tulisan anda, kl menurut saya itu kesalahan buyer, harga tas yg asli butiq mana mungkin hanya 2 jt saja? Harusnya anda bisa berfikir. Dan 1 kesalahan fatal anda adalah transaksi di luar shoope, dan saya liat km msh ngeyel mau shoope terlibat.

    Dan saran saya kak posting seperti ini selepas seller salah/bener km bisa kena pencemaran nama baik. Lbh baik di mediasi dulu kak atau di iklhas kan

    10
  • 22 April 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin saya ya kak…mungkin lebih baik beli tas branded ke storenya langsung..bisa pegang2 bisa coba2..puas hati kita..daripada kejadian seperti ini.

  • 22 April 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Viralin aja tuh video live nya seller b3d3bah itu, biar terkenal.
    Harusnya shopee menindaklanjuti seller yang menyarankan transaksi diluar shopee.

  • 22 April 2022 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Terkait dengan kasus yg di alamin kak anna, saran saya ya kl da tau tas asli itu harga bisa puluhan , kenapa percaya dengan harga segitu. Kl siap belanja barang murah ya siap dengan resiko nya kak.

    • 22 April 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Ketawa ketiwi ane baca komen balasan penulis 😂😂
      Keras kepala dibilangin aslinya gk pake sistem shopee tp masih mau minta ganti rugi wkwk

      Klo sistemnya gini yg lain juga bisa
      Ibaratnya ada penipu munculin iklan di yt/fb buat invest saham tp gk ada perantara ( lwt ajaib atau yg lain ) tp lnsg tf rekening ke penipu

      Masa minta tanggung jawab ama yt/fb wkwk mereka cuma dibayar buat nayangin iklan 😂
      Mirip2 gitu analoginya

      15
      1
  • 22 April 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Klo saya sih melihatnya ini transaksi diluar shopee,,sekalipun anda bersikukuh bahwa transaksi dilakukan di shopee, namun pada kenyataannya tidak ada sepeserpun dana yg masuk ke rekening shopee utk pembelian tas tsb.

    Yg anda lakukan di shopee hanya sebatas kata “deal” di live shopee utk tas tsb,,dan perlu diketahui kata “deal” tsb belum mencerminkan transaksi, melainkan hanya mencerminkan kesepakatan, kesepakatan ini belum bisa dikatakan sebagai transaksi, karena belum ada pembayarannya.

    Sepakat jual-beli nya di shopee melalui shopee live,,sedangkan transaksi jual – belinnya (pembayaran atau trf uang utk tas tsb) anda lakukan di luar shopee dengan kata lain pembayaran tidak melalui shopee melainkan trf langsung ke penjual.

  • 22 April 2022 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Transaksi diluar sistem shopee sih ini
    Gk ada hak buat shopee mengganti uang yg ilang

    Mungkin shopee cuma bisa membanned penjualnya aja

    So, ikhlas akan aja udh. Bagus barangnya datang walaupun palsu wkwk klo gk ada datang makin byk ruginya, setidaknya tuh barang kw bisa dipake.

    4
    1
  • 22 April 2022 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Disini sudah jelas pembeli tidak melakukan transaksi di Shopee.anda transaksi diluar aplikasi Shopee. Terus skrg anda minta akun tersebut ditindak. Terus ditindak buktinya apa? Bukti yg anda punya itu tidak kuat. Karena transaksi tidak di lakukan melalui aplikasi shopee

    7
    1
  • 22 April 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    turut berduka utk mbaknya.semoga bs belajar banyak dr kasusnya. dan ptg utk diingat, kl ada org yg jual barang jauh dibawah harga normal,kemungkinannya cuma ada 2.
    penjualnya yg bermasalah (nipu), atau barangnya yg bermasalah (barang gagal/reject).

    jgn terbuai dgn iming² harga murah

    6
    1
  • 22 April 2022 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Satu yg amat disayangkan, anda bersedia transaksi (pembayaran) diluar platform shopee, seharusnya dgn alasan apapun jangan pernah mau kak, krn itu celah yg digunakan seller (yg tidak jujur) agar anda tidak bisa ajukan komplain kpd platform (shopee) atas transaksi tsb.
    Kl sudah trjadi bgini mngkin penyelesaiannya kk retur lgsung ke tempat seller tsb jika memang ada itikad baik dari sellernya, jika trnyata buntu, baru kk bisa ambil tindakan hukum, sertakan bukti2 kronologi nya.
    Sebaiknya lain kali lebih jeli dan teliti y kak, dgn alasan apapun jgn mau untuk bertransaksi (payment) diluar platform, semoga masalahnya cepat terselesaikan ya kak.

  • 22 April 2022 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya itu udah susah kak, transaksi dilakukan diluar aplikasi dan chat nya juga di luar aplikasi.

    Jadi jatuhnya bener” diluar aplikasi, kalau chatnya masih via aplikasi tersebut bukan di WA itu bisa ditindak sellernya.

  • 22 April 2022 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya penulis terjebak oleh transaksi di luar Shopee. Ini sudah di luar tanggung jawab dari Shopee. Anda bayar di Shopee, Shopee tanggung jawab, di luar platform manapun itu menjadi resiko sendiri. Semoga bisa terselesaikan dengan baik.

  • 22 April 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Prinsip paling penting dalam belanja online adalah, jangan pernah mau transaksi di luar platform. Karena kalau terjadi masalah marketplacenya tidak akan bertanggung jawab. Kalau transaksi di platformnya kan enak kita terlindungi dari barang palsu, cacat, ataupun penipuan lainnya. Kalau sudah kejadian seperti ini, marketplacenya tidak bisa melindungi transaksi kita.

    1
    1
    • 23 April 2022 - (00:05 WIB)
      Permalink

      Kenapa pada emosi dan sok paling pintar ya, kalian memikirkan satu sisi membela shopee padahal disini shopee sedang di akalin sama seller ini. Kita nggak tau seberapa banyak konsumen dan transaksi yg di lakukan seller ini di luar shopee berarti dia sudah melanggar peraturan dan kode etik seller di shopee harusnya shopee segera blok orang ini donk, kan ada bukti chat. Sebenarnya tujuan nya kk ini ada baiknya supaya jangan ada orang lain yg tidak tau ikut tertipu tapi dia malah di pojokan dengan kejadian ini, pada sok paling bener manusia susah sih.

      3
      14
      • 28 April 2022 - (10:41 WIB)
        Permalink

        @Anna.
        Mbak, gumana progress dari keluhan ini apakah sdh dilanjut ke tingkat polisi?
        Kita kan pengen tau mbak kelanjutannya. 🙄

  • 23 April 2022 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Seharusnya di capture jg history transaksi yg anda blg di shopee jg biar kuat bukti anda.

  • 23 April 2022 - (03:00 WIB)
    Permalink

    Emang boleh belanja di luar shopee? walaupun dalih biaya admin mahal ini itu, itukan udah resiko dalam jualan. malah imbas nya ginikan, diluar shopee tidak dibenarkan transfer selain dishopee. sama aja kaya ga belanja dishopee kalo ada apaa apa kaya gini kan jadi ribet urusannya. semoga ada penyelesaian yang baik deh-_-

  • 23 April 2022 - (03:18 WIB)
    Permalink

    wkwkwk…bagaimana rasanya? puas bukan? inilah bukti dari suatu kalimat : peraturan dibuat untuk dilanggar.

    3
    1
    • 23 April 2022 - (14:42 WIB)
      Permalink

      Mendingan kamu lapor polisi aja dengan penipuan yg anda alami biar lebih logis daripada minta pertanggungjawaban dari shopee yg tidak logis karena transaksi nya pun di luar shopee,

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Live?

Ada 157 komentar sampai saat ini..

Penipuan Seller Shopee Melalui “Live Sale”, Barang Diklaim…

oleh Anna dibaca dalam: 5 menit
157