Tidak Dapat Driver Gosend Instant, Shopee Malah Memberikan Penalti Kepada Penjual

Saya sebagai penjual di Shopee pada tanggal 21 April 2022, mendapatkan 2 pesanan dengan kurir Gosend Instant dengan nomor pesanan 22042171EPQH3H (pukul 19.08) dan 22042174SU8E9K (pukul 20.08).

Berhubung sudah lewat dari jam operasional toko maka order tersebut saya kirimkan keesokan paginya tanggal 22 April 2022. Namun seharian kedua order itu tidak mendapatkan driver.

Saya sudah laporkan hal ini ke Shopee dengan nomor laporan 1517393452707864622 dan 1517494684845408291, namun jawaban customer service hanya meminta saya untuk menunggu, itu pun respon mereka sangat lama.

Saya menunggu driver sampai jam pickup maksimal instant di Shopee yaitu jam 20.00 tapi hasilnya nihil. Di kedua transaksi tersebut sudah muncul peringatan untuk penjual agar segera mengirimkan pesanan supaya tidak masuk dalam pengiriman terlambat/ berpotensi dibatalkan.

Saya push terus ke Shopee bagaimana dengan munculnya peringatan ini, sedangkan masalah ini terjadi bukan karena kesalahan penjual. Namun tidak ada respon dari Shopee. Saya sangat dipusingkan dengan masalah ini seharian apalagi pembeli juga tidak mau mengerti dengan mendesak terus kenapa barangnya belum dikirim walaupun saya sudah menjelaskan kendala sistem pencarian ada di pihak Shopee.

Akhirnya driver berhasil didapatkan keesokan paginya tanggal 23 April 2022 dan pesanan berhasil diantar ke alamat penerima. Namun tanggal 26 April 2022, saya cek di menu Kesehatan Toko kalau ternyata kedua pesanan tersebut dihitung masuk ke dalam keterlambatan pengiriman pesanan, yang berarti toko saya akan mendapatkan poin penalti di minggu selanjutnya.

Aneh sekali Shopee ini sistemnya, kesalahan sama sekali bukan terletak pada pihak seller namun seenaknya saja melimpahkan ke seller. Memang mungkin sistem seperti ini paling gampang ya, semua tinggal dilemparkan saja ke seller. Jelas-jelas masalah tidak mendapatkan driver bukan menjadi tanggung jawab penjual, semua dilakukan oleh sistem Shopee. Customer Service Shopee juga tidak bisa memahami masalah dan hanya menjawab dengan cara copy text-book.

Memang beberapa hari belakangan dalam masa Ramadan Sale di beberapa marketplace lain juga sangat sulit mencari driver dikarenakan tingginya volume permintaan request pickup, namun marketplace lain tidak melimpahkan kesalahan dan tidak merugikan penjual sama sekali. Shopee memang paling beda. You are doing such a very ‘brilliant’ job, Shopee!

Yuliana Husin
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tidak Dapat Driver Gosend Instant, Shopee Malah Memberikan Penalti Kep…

oleh Yuliana dibaca dalam: 1 menit
36