Pembeli Iseng, Retur Paket COD Shopee Express Gak Jelas

Kronologinya adalah ketika barang COD yang dikirim menggunakan Shopee Express ditolak oleh pembeli tanpa alasan. Akun tersebut lalu gak aktif sudah 10 hari, ternyata cuma pembeli iseng. Lalu paket diretur oleh Shopee Express. Tanggal 31 Mei 2022, telah sampai gudang Kapuk (lokasi saya sangat dekat, di Kalideres Jakarta Barat. Tanggal 6 Juni 2022, paket akan dikembalikan.

Namun nomor laporan saya selalu diganti-ganti sama pihak CS Shopee. Awalnya tanggal 27 Mei 2022 karena ada penolakan barang COD, lalu tanggal 31 Mei 2022 setelah barang tiba di gudang Shopee Jakarta, dan sekarang ini yang terakhir. Karena laporan saya sudah 3x ditutup, lalu dibuatkan yang baru kembali, begitu terus. Yang terakhir ini nomor laporannya: 1533370525470429207.

Nilai barang gak seberapa, tapi ini barang jualan. SOP cuma mentok di nomor laporan. Jika buntu ya sudah, akan selalu didiamkan gak jelas.

Saya juga sudah telepon CS ke nomor 08001500702, ini sudah 3x, tapi gitu-gitu aja. CS aplikasi pun begitu juga, sama saja, sudah lebih dari 7x ditutup terus. Dengan alasan supaya gak penggandaan laporan. Yang bikin laporan baru kan pihak Shopee juga. Geblek gak tuh?

Barang sudah sangat lama di gudang Shopee Express, tapi tiap saya telepon no respond dan selalu sedang ditangani menunggu jawaban dari pihak Shopee Express. Menunggu terus tiada akhir dan gak dihubungi lagi.

Tolong pihak Shopee, kenapa selalu kalau komplain lewat CS-nya gak pernah terselesaikan? Padahal saya di sana termasuk penjual star seller bereputasi sangat baik. Saya sangat kecewa dengan SOP penanganan kasus ini.

Seller di Shopee sangat dirugikan, sudah ditolak, gak jelas. Akun pembeli menghilang non aktif, barang retur gak jelas, minta refund pun juga ga ada kabar. Sudah 11 hari dari tanggal 31 Mei 2022 laporan saya buat sebelum ganti nomor laporan baru itu.

Handy Suryadjaja Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:108    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

48 komentar untuk “Pembeli Iseng, Retur Paket COD Shopee Express Gak Jelas

      • 14 Juni 2022 - (23:21 WIB)
        Permalink

        Sama seperti yang saya alami, kita tracking barang dalam proses delivery ke buyer, ditunggu gak muncul2 keterangannya waktu pengiriman tidak mencukupi, setelah 3 hari baru barang diantar, malah pernah juga barang yang ditunggu tidak datang2 padahal kita tracking dalam proses pengantaran ke buyer 1 hari, dua hari tidak datang2 hari ke 3 kita tracking barang dikembalikan ke seller alasannya buyer menolak menerima barang padahal kita dirumah terus dan tidak pernah ada kurir shopee express datang, dari sisi ini kelihatan yang gak becus itu adalah shopee expres nya, jadi lebih baik pilih expedisi lain walauoun harus bayar daripada memanfaatkan yang free ongkir tapi kejadiannya seperti itu

    • 14 Juni 2022 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Ternyata sebelum masuk media konsumen ini selama 15 hari.. Laporan berkali kali pusat Resolusi dan call center Shopee itu cm omong kosong loh. Barang ga di kerjain sama sekali… Taro aja tanpa ada pergerakan dan perintah sama sekali untuk diretur. Jadi lain kali kalo komplen jgn pusat Resolusi dan call center karena mereka cm basa basi ngomong aja ga di laporin ke pihak terkait…. Buktinya saya dapet info dari org dalam setelah ini komplen media konsumen baru barang tersebut bergerak tiba..Returannya . Bangke jg ya kalo gitu pusat Resolusi dan call center.

      Mending langsung lapor ke media konsumen aja. Media solusi untuk semua marketplace

      12
      1
  • 14 Juni 2022 - (12:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah, barang gagal cod ga dianter2. Mau diambil siang di gudang ga ada pekerjanya cuma ada satpam. Jadi cuma bisa nunggu. Dianterin setelah 1 bulan.

    11
    1
  • 14 Juni 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Nah itu ekspedisi Shopee express saat nya emang di blokir dari dunia onlineshop

    5
    3
  • 14 Juni 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Maaf marketplace punya algoritma jk matiin COD mska tidak dipromosikan. Dan langsung sepi. Harusnya bukan soal COD matiin ya. Tp sop nya yg dibenerin jk ada masalah COD… Bukan justru kita yg matiin COD nya..

    Kedua.
    Bukan semua konsumen COD main main. Tp ada konsumen COD yg memanfaatkan celah.. Jd yg salah disini saya tekankan SOP tindakan pihak Shopee yg sangat tidak bertanggung jawab. Mbiarkan masalah tanpa ada jawaban. Baru masuk media konsumen td baru tuh gue ditelp. Jadi memang Shopee express dan Shopee ini mesti lewat jalur hukum / media gini baru cepet

    18
    3
      • 14 Juni 2022 - (18:41 WIB)
        Permalink

        Terima Kasih Media Konsumen.
        Berkat media konsumen setelah ini masuk. Lgs ditelp pihak Shopee dan 1 hari beres… Tinggal nunggu administrasi di aplikasi nya aja….

        Tapi untuk lewat pusat Resolusi Shopee sih jangan harap bisa selesai ya….

        Ini semua selesai berkat media konsumen.
        Thank u media konsumen.
        I love u so much

      • 15 Juni 2022 - (19:53 WIB)
        Permalink

        Situ yg ******, tunggu aja barangnya.

        Itu bukan barang retur, kata nya seller star tapi pengertian retur aja masih nggak mengerti. Itu barang gagal kirim bos BUKAN RETUR.

        saran saya tunggu aja, toh kalau hilang barang akan diganti oleh pihak shopee, SABAR BOS, KAN UDAH SELLER STAR.. ga cuma barang bos aja, banyak yg lainnya.

    • 15 Juni 2022 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Untuk persoalan COD sepertinya bukan cuma buyer yang iseng. Pernah ada barang COD datang ke rumah, atas nama kakak. Karna waktu barang datang kakak sedang kerja, tidak bisa dtlpn, akhirnya sama istrinya di bayar, 52rb, setelah bisa dihubungi, ternyata kakak ndak pesan apa2.. Dan setelah dibongkar, paketnya isinya cuma celana itupun bahannya jelek.. Jadi sepertinya ada seller yang juga iseng2 mengirim barang COD.

      • 15 Juni 2022 - (12:14 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi itu kurir nya yg salah… Mau cepet cepet close biar kesannya bagus… Kan di Shopee ada rules dalam kurir punya target gitu COD nya. Coba aja kroscek deh.

  • 14 Juni 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Hampir semua marketplace juga gt merugi di awal karena bakar bakar promosi dsb. Tp kebijakan SOP penangan masalah yg konsisten lah yg akhirnya yg menang di hati masyarakat..

  • 14 Juni 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Pak Handy,
    Gini aja deh untuk kedepannya kl ada yg COD tolak aja, kl pembeli ngeyel pengen COD, minta scan/photo selfie ktp.
    Banyak kok seller di sopi spt itu. Alhasil bisa disaring mana pembeli betulan mana pembeli jadi-jadian.
    Biasanya yg udah2 terjadi sih oknum kompetitor produk serupa.

    • 14 Juni 2022 - (19:15 WIB)
      Permalink

      Ga bisa main tolak. Setiap kita tolak, kita dapet poin pinalti juga kalo di skumul akumulasi poin poin itu bisa membekukan id toko kita juga jadinya. Ibarat nya kita nolak cancel artinya ancaman pinalti buat toko kita jg dari marketplace.. Kan ada rules nya. Sebaiknya sih emang Fitur COD di non aktifin tapi langsung sepi. Karena algoritma COD diutamakan marketplace dalam hal promosi om.

      Fitur COD ga semua pembeli rese sih cm ada beberapa aja.

      Shopee justru merahasiakan data secara private untuk konsumen. Tiap batal/selesai alamat dan HP kan di kasih xx xxx gitu kan. Makanya serba salah deh.

      • 14 Juni 2022 - (23:21 WIB)
        Permalink

        Pak handy, satu sisi menurut saya seller dirugikan dari alogaritma ini. Hmm musti diakalin sih gmn caranya mematikan cod tp masih bisa naik.
        Kl di toko ijo kan bisa naikin viewer dengan topads.
        Satu sisi yg lain dengan adanya cod ini si sopi emang pendapatannya dr biaya layanan ini. Sebetulnya tidak fair bisnis cara begini, secara dari sisi seller kan udah dpt fee pula si sopi ini. Dr konsumen jg dia embat jg..
        Bisnis macem kayak gini sy perkirakan gak akan lama. Seperti di india sopi cm bisa bertahan 1 kuartal karena sistem seperti ini.
        Makanya sy mundur dr sopi krn cara bisnisnya semacam ini. Mulai dr pemotongan, fitur asuransi dan pemilihan kurir untuk konsumen yg tidak transparan.

        • 14 Juni 2022 - (23:30 WIB)
          Permalink

          Kalo iklan si Shopee jg ada sih iklan. Macam si ijo. Cm saya ga pernah pake iklan di marketplace…. Suka yg klik para pesaing doang bikin akun banyak banyak. Trus klik klik iklan para pesaing pake cara rahasia.. Buang uang utk iklan jadinya.

          Btw fee dari Shopee gede bgt loh…. Fee dari berbagai macam yg ada itu bisa total total 5-7‰. Petugas pajak pa ga narik pajak ke Shopee tuh yg ambil fee gila gilaan gitu?? Stress jg fee bisa gede bgt kalo ikut program program yg ada. Sedang pajak umk aja cm 0,5‰. Ya ken??? Si ijo masih kecil fee nya… Walau skarang naik…

          Makanya saya jg bingung bisnis yg diterapkan Shopee ini selalu menjual program dgn iming iming penjualan bakal naik berkali kali lipat…

          Oh ya di Shopee itu banyak loh mereka jualan bukan harapin untung tp pada jual modal cm untuk ambil program dari ekspedisi nya… Contoh ekspedisi dari ongkir itu bisa, pada, dapat mobil.. Walau penjualannya ga ada untung bahkan rugi.. Sistem seller seller spt itu gimana tuh pendapat mu??

  • 14 Juni 2022 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Ternyata sebelum masuk media konsumen ini selama 15 hari.. Laporan berkali kali pusat Resolusi dan call center Shopee itu cm omong kosong loh. Barang ga di kerjain sama sekali… Taro aja tanpa ada pergerakan dan perintah sama sekali untuk diretur. Jadi lain kali kalo komplen jgn pusat Resolusi dan call center katena mereka cm basa basi ngomong aja ga di laporin ke pihak terkait…. Buktinya saya dapet info dari org dalam setelah ini komplen media konsumen baru barang tersebut bergerak tiba..Returannya . Bangke jg ya kalo gitu pusat Resolusi dan call center

  • 14 Juni 2022 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Pny pengalaman jg dgn shopee express sbg seller. Jd no WA admin jualan di hub org yg ngaku dr Shopee express yg menawarkan jasa pickup… Wah aku pikir ok neh, dr pada capek2 drop ke gerai WAHANA. Begitu ada order dgn jasa kurir Shopee express standar sore nya aku WA dong utk segera pickup.. Tp sd jam 10 malam blm di pickup, di WA alasannya bnyk.. Lagi bnyk pick-up tmpt lain lah, apalah

    Setelah itu aku tlp cs Shopee dan menceritakan keluhannya.. Eeh cs nya bilang kalau kita ga ada layanan pickup Shopee express.. Lah trus yg hub gw siapa menawarkan pickup dr Shopee express? 🤦‍♀️

    Dan aku selalu info ke buyer kala mau CO regular, pilih kurir lain aja selain Shopee express standard, walaupun COD, msh ada layanan dr sicepat atau J&T 😁

    • 14 Juni 2022 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Hooh aku reply otomatis jg tulis jgn pake Shopee express kasta terendah dari semua ekspedisi
      … Cm kadang org order ga nanya lagi lgs order apalagi pas kalo lg promo event kan.

      Aku jg pernah di telp drop dari agem Shopee gt. Sama lah pickup dari cabang… Pas di WA penuh… Dan sekarang malah ga Terima pickup lg. Jd kita cm tumbal ramein doang… Sialan emang

  • 14 Juni 2022 - (22:03 WIB)
    Permalink

    ya begitulah kalau ada member baru daftar gak di cek ama admin websitenya shoppe ada buyer jahil order main forward aja ke seller tanpa dicek neli beneran atau cuman ngerjain orang ?

    • 15 Juni 2022 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Mestinya untuk pembeli COD itu ada syaratnya ya. Minimal sudah pernah belanja tanpa masalah minimal 3x di marketplace tersebut baru boleh pake COD. Harus nya gitu ya.

      • 15 Juni 2022 - (17:12 WIB)
        Permalink

        iya pengalaman saya punya website e commerce sendiri kalau ada yang daftar pakai nama nomer telepon email palsu rekening bank bermasalah selalu saya tolak akunnya saya banned jadi aman ni nggak ada orang iseng jahil order di acc ?

  • 15 Juni 2022 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Ngomongin SOP kebijakan metode pembayaran COD, kan di Shopee sudah ada kebijakannya, jika pembeli menolak paket COD sebanyak 2 X akan di blacklist dari metode pembayaran COD, anda bilang sudah penjual star seller, harusnya sudah biasa dong dengan kejadian paket return akibat dari pembeli COD yg php alias iseng, kayaknya sih anda penjual baru, kalau toko anda star seller bisa disebutkan nama tokonya??? Penjual star seller Shopee tidak akan sempat menulis keluhan artikel yg kata kamu nilai paket gak seberapa, penjual star seller sibuk packing dan mengatur pengiriman karena banyaknya orderan, jadi yg salah disini memang pembeli nya, langsung blokir saja tuh akun, perkara paket yg belum kunjung tiba, pasti ada pengganti an paket yg hilang dari Shopee, saya sering mengalami jika paket hilang diganti dengan dana yg akan diproses hingga 10 hari kerja,

    • 15 Juni 2022 - (05:42 WIB)
      Permalink

      Yg nolak kan blm tentu org yg sama, dan lagian sdh di jelaskan itu akun iseng. Anda ini kalo komen suka ngasal

      1
      2
      • 15 Juni 2022 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Maklumin aja bro user baru mungkin.. User baru teriak user baru gitu ya gitu deh. Mungkin jg staff nya Shopee 😁

      • 15 Juni 2022 - (16:54 WIB)
        Permalink

        Berarti yg kontra dengn ketikanku belum paham maksudku, si penulis gak berani menyebutkan nama tokonya takut ketahuan bohong kan??? Kalau bukan toko berlabel star.

  • 15 Juni 2022 - (07:29 WIB)
    Permalink

    Bisa kok kak ambil brg digudang shopee express tgl tunjukan aja no resi nya kl misal berhenti di kapuk dc ya ambil aja disitu

  • 15 Juni 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya bisa di ambil ke gudangnya dengan menunjukkan no. Resi di aplikasi tersebut kemudian selesaikan pesanan klik terima di depan orang yang memberikan paket tsb.

  • 15 Juni 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Sop di anter ke alamat penjual.
    Ga ada waktu utk ambil. Sibuk packing dan jualan. Blum lg kehidupan yg lainnya….

    Mungkin yg pengangguran bisa ya.

  • 15 Juni 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Lah masnya baru 11 hari.baru sekali pula..saya udh ada skitar 1 bulan mas gak ada penjelasan.ada 4 barang yg ditolak pembeli.gak tau itu gmn ya,di laporan barangnya aja udh gk ada juga.awalnya di taruh di transaksi selesai.tp setelah sy cari2 lg udh gak ada.saya jd bingung mau ngambil ke konter pake resi mana,soalnya data penjualannya ngilang.haduhhh

    • 21 Juni 2022 - (18:00 WIB)
      Permalink

      Maksud dari bagian penanganan masalah di Shopee dengan nomor laporan diperbaharui terus pasti biar nggak terlihat lama penanganannya, mereka mengakali agar timeline penanganan masalah jadi terlihat tidak berlarut-larut…helllooooo, kan itu malah jadi bikin kacau proses komplain dengan nomor diganti² terus. Mending market place lokal juga lah kalo gini

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 48 komentar sampai saat ini..

Pembeli Iseng, Retur Paket COD Shopee Express Gak Jelas

oleh Penjual Pedagang dibaca dalam: 1 menit
48