Barang Diterima Pembeli, tapi Dana yang Dicairkan Shopee Hanya Sebagian, Karena Tidak Ada Konfirmasi dari Pihak JNE

Berawal dari tanggal 28 Mei 2022, customer order 1 unit mixer audio Ashley premium 6 seharga Rp705.000 di Shopee, dengan nomor pesanan: 220528BCB8REFA. Lalu pada tanggal 9 Juni 2022 pukul 09.30, status pengiriman JTR dengan resi: JT36583302145 berubah “Paket telah diterima yang bersangkutan”.

Tiba-tiba pukul 15.03 pada hari yang sama, customer membuat komplain “Mana paket saya bos”. Lalu kami membalas komplain tersebut “Barang sudah dikirim dan kita sertakan bukti status pengiriman bahwa barang sudah diterima yang bersangkutan”. Kemudian admin Shopee membalas katanya sedang melakukan proses investigasi kepada pihak JNE Trucking.

Lalu tanggal 12 Juni 2022 pukul 11:13, admin Shopee menginfokan kembali bahwa resi JT36583302145 telah dinyatakan terkirim tanggal 9 Juni 2022 diterima oleh Saif* Tor**. Setelah adanya balasan ini tidak ada sanggahan dari customer lagi bahwa barang belum diterima.

Anehnya. pada hari yang sama pukul 17:48, admin Shopee tiba-tiba membalas lagi bahwa pesanan dinyatakan klaim dengan alasan tidak ada konfirmasi dari pihak jasa kirim. Lah gimana ceritanya? Pukul 11:13 baru dinyatakan diterima, tiba-tiba berubah menjadi klaim. Benar-benar aneh admin Shopee ini!

Pengajuan pengembalian dana customer pun disetujui pada tanggal 12 Juni 2022. Sedangkan seller hanya dicairkan dana klaim sebesar Rp300.000 pada tanggal 14 Juni 2022, masih ada kekurangan Rp405.000. Email berkali-kali ke Shopee, jawabannya tetap sama alasannya, karena tidak ada konfirmasi dari pihak jasa kirim hingga batas waktu yang ditentukan.

Kemudian kami telepon ke JNE, kenapa bisa kejadian seperti ini? Status pengiriman sudah diterima, tetapi tiba-tiba pihak Shopee menyatakan barang diklaim? Lalu CS JNE menginfokan bahwa resi JT36583302145, barang sudah diterima ,tetapi ada laporan dari Shopee bahwa barang belum diterima. Karena belum ada tanggapan dari JNE hingga batas waktu yang ditentukan, jadi dinyatakan klaim.

Alasan dari JNE, katanya pihak JNE mencoba untuk menghubungi customer beberapa kali, tetapi tidak bisa dihubungi, jadi belum memberikan tanggapan ke Shopee. Namun pihak JNE punya bukti foto KTP penerima.

Kemudian saya minta buktinya, dan pada tanggal 17 Juni 2022, JNE memberikan bukti ke saya foto paket dan KTP sesuai nama penerima. Anehnya kenapa bukti tersebut tidak diberikan ke Shopee pada saat Shopee bikin laporan, padahal bukti KTP dan paket sudah sesuai. Saya sudah follow up beberapa kali ke Shopee dan juga JNE, tetapi malah di-pingpong.

Tanggal 1 Juli 2022, JNE menghubungi saya katanya masih proses follow up ke Shopee dan disuruh untuk menyertakan bukti invoice dan bukti pencairan dana dari Shopee. Sudah saya sertakan lewat WhatsApp dan email.

Terakhir saya dihubungi kembali oleh pihak JNE tanggal 12 Juli 2022 pukul 20.45. CS JNE yang bernama Bahrul, tiba-tiba menanyakan apakah paket tersebut diasuransikan atau tidak. Saya bilang apa hubungannya dengan asuransi? Barang saya bukan rusak/hilang, tetapi sudah diterima customer.

Lalu saya tanyakan apakah paket tersebut di-pickup/diantarkan? Katanya paket di-pickup oleh penerima yang bawa KTP tersebut. Saya tanya lagi, apakah ada CCTV di sana? Katanya ada. Lah kalo ada kenapa waktu itu tidak diinfokan ke Shopee dan dijadikan bukti? Sungguh aneh. Saya tidak paham bagaimana cara kerja JNE. Lalu terakhir CS Bahrul menginfokan bahwa tidak bisa menjanjikan untuk kekurangannya bisa di klaim atau tidak.

Kedua belah pihak sepertinya tidak ingin bertanggung jawab. Yang saya pertanyakan, kenapa admin Shopee sudah menyatakan diterima, lalu tiba-tiba berubah menjadi klaim? Sedangkan dari pihak JNE punya bukti, tapi tidak disertakan.

Siska Noviana
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir JNE Express di Shopee:
[Total:48    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Ibu Siska Noviana

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 17 Juli 2022 berjudul “Barang Diterima Pembeli, tapi Dana...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Barang Diterima Pembeli, tapi Dana yang Dicairkan Shopee Hanya Sebagian, Karena Tidak Ada Konfirmasi dari Pihak JNE

  • 17 Juli 2022 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Kalau kasusnya seperti ini, lebih baik kamu kejar pembelinya mba. Kalau mengandalkan JNE dan Shopee ngga ada ujungnya. Karena sudah dinyatakan klaim berarti paket sudah dianggap hilang. Dan mereka pun pasti cuma bisa kejar pembeli, kalau tidak ada respon susah juga, secara itu duit udah balik ke pembeli. Dobel cuan tuh. Barang dapet, duit balik.

    11
    2
    • 18 Juli 2022 - (01:58 WIB)
      Permalink

      Pembeli tidak bisa dihubungi kak, Anehnya itu shopee di tgl 12/6 jam 11:13 menyatakan bahwa barang sudah diterima tapi tiba2 jam 17:48 berubah jadi klaim

      2
      2
    • 18 Juli 2022 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Laporin aja ke polisi shopee ama JNE nya, liat mau masih lepas tangan atau gak, org dagang kok malah dibuat rugi..
      Jangan takut, anda udh jualan sesuai prosedur mereka. Kelalaian ada di pihak shopee ama JNE. Biar mereka yg tanggung jawab

      12
      3
      • 18 Juli 2022 - (11:22 WIB)
        Permalink

        Rugi 400 rb..lapor polisi ya jd 20 jt😁😁😁…gampang bgt lu ya ngomong …klo blum prnh urusan sm polisi mending diam

        8
        3
  • 17 Juli 2022 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Itu bukti ktp dari jne apakah betul nama si penerima? Biasanya jne minta bukti identitas kalau barang tsbt di asuransikan dan bernilai tinggi.

    • 18 Juli 2022 - (01:39 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya setiap ambil paket ke gerai JNE di mintai ktp walaupun harga isi paket hanya senilai rp.100.000 an

      • 18 Juli 2022 - (17:23 WIB)
        Permalink

        Mau ga mau harus kejar pembeli nya kak … Ngandelin respon shopee sama jne yg ada makin emosi .
        Tp kalo pembelinya sampe ga bisa di hubungin ya parah si… Nakal berati

        Aku juga seller , pernah iseng cek penghasilan + barang yang udh dikirim + selesai , ada 1 transaksi yang udh selesai ± semingguan tapi duit ga masuk ke saldo seller ..
        Hubungin shopee berele tele banget , suruh nunggu berapa hari , diminta bukti ini itu .. Alesannya saldo ga masuk krn lagi ada perbaikam sistem , sampe emosi .. Giliran udh di gas , cs nya jawab “saldo udh saya cairkan ..silakan di cek ” lah? Kalo kita kagak iseng cek ga tau deh tu saldo bakal masuk apa raib gitu aja .

      • 18 Juli 2022 - (09:56 WIB)
        Permalink

        Ini realnya modus dari pembeli,memanfaatkan ribetnya di shopee,dan lambatnya konfirmasi dari jne,karena kalo kita photo ktp penerima brg ada nya di bagian pengambilan brg di jne,sedang kita minta info ke cs jne,kadang cs jne lama kalo kita mintakan spt bukti brg diterima tsb,cs biasa nya cepatnya cuman pas diminta sesuatu data yg ada di komp nya aza,,

      • 18 Juli 2022 - (10:56 WIB)
        Permalink

        Berarti sdh di terima pembeli. Dan biasanya klo di shopee hrs konfirmasi pesanan sdh diterima baru trnsaksi selesai. Klo sdh ada bukti dari jne tp shopee ttp bgtu, berarti emg dari shopeenya.

        1
        2
  • 18 Juli 2022 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Saran saya dibuatkan pelaporan melalui CS di Aplikasi / Seller Center, sertakan nomor pesanan dan permasalahan sertakan screen shoot diatas, nanti akan diminta email seller, minta nomor pelaporannya. Pihak shopee akan melakukan investigasi dan akan disetujui, proses penggantian dana 5 hari kerja 1×24 jam sejak tanggal disetujui. Nanti ini yang difollowup melalui CS apabila belum ada dana masuk ke saldo penjual dan minta nomor pelaporan kembali atau reply email mediationnya (dipush melalui menu pelaporan di aplikasi).

    Saran jangan langsung ke Ekspedisi dikarenakan kerjasama adalah antara Shopee dan Ekspedisi sementara Seller dengan Shopee.

    https://shopee.co.id/shop/21418405/

    • 18 Juli 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Sudah kak, justru karena sudah komplain lewat CS seller center mau pun email jawabannya tetap sama “karena tidak terdapat konfirmasi dari pihak jasa kirim” dan shopee suruh konfirmasi dengan pihak jasa kirim makanya kita hubungin JNE

      • 19 Juli 2022 - (03:07 WIB)
        Permalink

        Saran saya pada saat komplain jangan langsung terima perkataan CS karena random dan mungkin dia belum pelajari kasusnya lebih rinci. Komplain melalui aplikasi di menu pelaporan sesuai nomornya, buat balasan dalam nomor pelaporan tersebut terus, bila pelaporan sudah dianggap selesai tetap diangkat kembali dengan melakukan reply. Apabila diminta hubungi JNE jawab saja sesuai ketentuan dan panduan shopee komplain melalui shopee, semoga membantu mempercepat permasalahannya ditindaklanjuti.

        Konsisiten dalam melakukan komplain.

      • 21 Juli 2022 - (23:37 WIB)
        Permalink

        Tetap komplain ke shopee kakak, konsisten meminta Garansi Shopee atas kejadian ini dan konsisten dalam nomor pelaporan yang sama.

        Sesuai pengalaman saya akan diganti senilai barang atau 10x ongkos kirim (bila tidak diassuransikan), bila saya cek bisa mendapatkan penggantian penuh.

        Dalam sistem akan dibayarkan sebagian terlebih dahulu, kemudian berdasarkan komplain akan ditindaklanjuti lagi sehingga status barang akan diindikasikan Hilang sehingga Seller akan mendapatkan selisih kekurangan senilai barang atau 10x ongkir bila tidak diassuransikan.

        Selisih kekurangan akan dibayarkan melalui shopee.

        Note: jangan komplain ke ekspedisi karena untuk minta bukti akan dibebankan $5.

        Semoga masalahnya cepat selesai ya kakak.

    • 18 Juli 2022 - (08:19 WIB)
      Permalink

      Kejadian Serupa saya, barang 2jt dikirim JNT bandung sumedang, paket diterima pelangan(sudah lama belanja)jam 11siang,
      Aneh nya di hari yg sama ternyata jam 9 pagi barang di nyatakan hilang di transit oleh sistem di cancel otomatis dana pembeli kembali,, shope sama jnt saling lempar jawaban bikin laporan 2 2nya, JNT cuma trima laporan, 1bulan ngurus neginian Tlp in terus shope , Inilah Jelek nya sistem Shope kerjanya lambat banget dengan alasan pengecekan ini itu,,namanya nasib

      6
      1
  • 18 Juli 2022 - (05:10 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari kronologinya ini kasus sepertinya pembeli bersekongkol dengan oknum JNE yang ada di bagian pengiriman, entah pembeli sebenarnya adalah oknum JNE tersebut atau pembeli kenal dengan oknum dan dia meminta bantuan agar tidak membalas admin shopee itu agar status barang jadi klaim sehingga dia dapat barang juga dapat uang kembali. Kalau bener ini sangat merugikan pedagang sih, shopee nya ga membantu, JNE nya ada oknum yang bantu penipuan juga. Bisa dilaporin ke pihak berwajib juga sih ini atas kasus penipuan.

    • 18 Juli 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Bisa gak sih yang sekongkol itu admin shopee dengan pembeli,atau yang membeli itu admin shopee sendiri? Yang mengklaim dan memutuskan.

      5
      1
      • 18 Juli 2022 - (11:51 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi kak tapi kemungkinannya 1:1000 soalnya admin yang menangani kasus barang bermasalah kan random ya dapetnya karna dipilih acak sama sistem, jadi kecil kemungkinan admin bisa sekongkol dengan pembeli.. satu2nya cara cuma koordinasi sama tempat pengambilan paket itu

    • 18 Juli 2022 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Klo spti yg anda blg, ga mgkn pihak jne memberi bukti ktp si penerima, itu namanya bunuh diri. Ngaco

      • 18 Juli 2022 - (11:56 WIB)
        Permalink

        Ga menjamin juga kak kasih KTP penerima berarti aman, bisa jadi itu KTP yang digunain KTP sodara/teman pelaku yang ga tau kalau identitasnya dijadiin buat penipuan. Karena alamat juga nama penerima di shopee kan ga harus sesuai identitas asli pembeli, dan admin shopeenya di situ bilang kalau tidak ada konfirmasi dari jasa kirim, berarti satu-satunya cara buat ngibulin penjualnya cuma dari jasa kirim ini (meski admin shopeenya juga agak nyebelin ya).

  • 18 Juli 2022 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Itu ada jg kemungkinan JNE sdh ubah status di shopee jd di terima padahal blm di terima pembeli, saya pernah ngalamin dan ini sering terjadi pda yg lain jg. Wkt itu karena sampai hmpir batas wkt blm d antar jg ya saya khawatir jd saya ajukan klaim pengembalian barang karena barang blm diterima jg tp status sdh di buat di terima, sampai klaim di setujui shopee uang udah balik baru tuh kurir datang anter tp saya gak mau terima barangnya karena saya gak mau ntar dianggap nipu. Nah kasus anda ini bisa jd sama bedanya mungkin barang tetap di terima pembeli. Jadi si pembeli ini yg harus diminta konfirmasi.

  • 18 Juli 2022 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Setiap ada keluhan pasti shopee…
    KEJADIAN CUSTOMER SERVICE SHOPEE DAN ADMIN SHOPEE YANG NGAWUR SUDAH SERING.

    Karena itu setiap ada keluhan kayak gini. Gw cuma akan bilang..
    “LOH KOK MASIH NEKAT JUALAN DI SHOPEE?”

    3
    3
    • 19 Juli 2022 - (03:06 WIB)
      Permalink

      Mungkin harus mencoba mengikhlaskan, percuma dikejar uang 400rb++, tp malah habis lebih dari itu. mulai sekarang saya sarankan STOP berjualan di Ecommerce dengan segudang Masalah yg sudah menumpuk di MK ini. coba Memulai lagi di Tokopedia yg menurut saya lebih Aman..

  • 18 Juli 2022 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Seperti krn kelalaian dari admin shopee, pihak JNE tidak pernah menyatakan barang hilang, team admin shopee memang sering bermasalah dalam memutuskan kasus komplain, semoga keluhan2 seller didengar dan diperbaiki oleh shopee

    1
    1
  • 18 Juli 2022 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Jasa kurir JNE memang akhir-akhir ini semakin tidak profesional. Selain pernah kehilangan paket, saya juga pernah ditanya lokasi alamat sebagai penerima. Bagaimana bisa jasa kurir tanya lokasi untuk alamat yang sudah jelas dan tidak ada resiko alamat mirip misalnya. Apa ga bisa cek di aplikasi map? Jadi males pakai JNE.

  • 19 Juli 2022 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Adakah LBH/lawyer atau paguyuban yg bisa/mau mewadahi permasalahan yg ditimbulkan akibat proses jual-beli yg bermasalah dari E-commerce2 yg ada di Indonesia??? Karena sering sekali terjadi permasalahan seperti ini, baik yg dirugikan penjual maupun pembeli, meskipun nominalnya kebanyakan “receh” tapi sangat sangat menguras waktu tenaga dan fikiran.

  • 19 Juli 2022 - (10:01 WIB)
    Permalink

    Saya sudah pernah kejadian seperti ini di shope, dan shope kaga bisa diharapkan. Alhamdulillah pihak sicepat mau bantu kontek pembeli (krn saya sudah chat melalui aplikasi shope tidak dibalas, kayanya ini pembeli didatangi kurir) dan pembeli akhirnya tranfer pribadi ke akun bank saya.

    Beda dengan asus baru dengan tokopedia berjalan mulus, barang retur namun status sistem blm sampai disaya sampai akhir konfirmasi pihak kurir tidak ada jawaban uang malah diteruskan kepada saya dan pembeli (sepertinya nanti dia tagih kekurir). Namun krn sblm masa sistem komplain tokopedia berakhir retur sudah saya terima dr kurir saya tutup dengan dana tidak usah diteruskan kpd saya (penjual) krn barang sudah diterima.

    Tokopedia de best

  • 21 Juli 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Kekurangan dana sudah di kembalikan tgl 20/7/22, Terima kasih untuk media konsumen , JNE dan Shopee

  • 22 Juli 2022 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Untuk membuat pelajaran ke Buyer nakal bisa juga ajukan bukti tanda terima penyerahan paket ke ekspedisi berupa tanda tangan penerima, ini akan dibebankan $5. Pihak ekspedisi akan mendatangi penerima paket apabila mereka masih kekurangan bukti atau bahkan akan menarik kembali barangnya.

    Bukti tersebut bisa diajukan ke marketplace dan akun ditagihkan ke buyer kembali dana kompensasi yang telah diberikan, apabila dia menggunakan shopee pay akan dipotongkan atau saldo akan minus, atau shopee pay later akan ditagihkan dari sana. Bdw itu nanti urusan marketplace.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Barang Diterima Pembeli, tapi Dana yang Dicairkan Shopee Hanya Sebagia…

oleh Siska dibaca dalam: 2 menit
39