Produk yang Diterima Berbeda dari yang Dipesan, Pihak Toko dan Akulaku Menolak Refund

Saya sebagai pelanggan sangat kecewa dengan respons dan ketidakpedulian Akulaku, dalam mencermati keluhan pelanggannya. Pada satu waktu, saya sedang mencari hp dan melihat seller akun LEON STAR ini review-nya lumayan, jadi saya coba beli. Saya pilih produk NOKIA 6, dengan pilihan di gambar produk NOKIA warna hitam, dan kamera lonjong di tengah bagian belakang. Saya berharap barang yang saya terima ya akan sesuai dengan yang saya pilih.

Tanggal 17 Agustus 2022 09:25, saya menanyakan ke seller Leon Star kapan produk dikirim via chat. Tanggal 19 Agustus 2022 11:04 paket diterima di rumah.

Tanggal 19 Agustus 2022 16:58, saya chat seller menanyakan kenapa produk yang diterima berbeda dengan di gambar. Pada pilihan Nokia 6, di iklan produk warna hitam dan kamera belakang di tengah memanjang, itu saja. Namun di hp yang saya terima, di bagian kamera belakang ada tulisan LeTv dan di bawahnya tulisan Nokia.

Seharusnya, kalau produk asli Nokia ya tulisannya hanya Nokia, tidak ada tulisan LeTV atau apa pun itu. Saya tidak tahu apakah itu hp refurbish atau Nokia KW. Saya pikir seller gak mungkin aneh-aneh karena review-nya lumayan, atau mungkin dia salah kirim.

Tanggal 20 Agustus 2022 14:07, seller baru membalas chat, itu pun hanya bilang produk yang saya beli adalah Nokia 6, lalu seller tidak merespons chat saya setelahnya.

Tanggal 22 Agustus 2022 13:31, seller kembali hanya merespons chat dengan tulisan produk saya adalah Nokia 6. Logikanya, kalau memang itu Nokia ya tidak ada tulisan LeTV di belakang, jadi sudah pasti itu Nokia palsu.

Kenapa seller tetap bersikeras mengaku itu Nokia? Kenapa tidak bilang itu merek lain atau apalah? Karena dari bentuk kameranya saja saya langsung tahu berbeda dengan di gambar dan berbeda dengan Nokia 6 harusnya, itu lebih seperti ke XR20, tapi bukan.

Saya pun kemudian mengajukan refund via aplikasi Akulaku, karena setelah >5 kali chat dengan CS Live Akulaku tidak menghasilkan apa-apa. CS hanya meminta saya menunggu dan akan diceck, sementara waktu penerimaan otomatis semakin dekat dan tanggal 2 tagihan pertama saya.

Tanggal 22 Agustus 2022 21:18, melalui chat saya bilang produk tidak sesuai. Namun ketika saya mengajukan refund, pihak toko menolak refund saya. Saya pun mengajukan proses refund ke Akulaku dan memberikan bukti yang diminta pada tanggal 24 Agustus 2022.

Tanggal 23 Agustus 2022 17:33, seller membalas cuma bilang mana yang tidak cocok, dan setelah itu tidak merespons chat saya.

Setelah saya cek di Google, kamera model yang saya terima itu mirip dengan hp LETV LeEco produk Cina, hanya ada tambahan tulisan Nokia saja. Pada tanggal 25 Agustus 2022, terdapat balasan email no reply dari Akulaku yang menolak pengajuan refund saya. Singkatnya mereka bilang sebagai berikut:

Kami informasikan bahwa setelah kami melakukan pengecekkan di sistem kami, untuk transaksi pesanan tersebut yang sudah Ibu Nike Shabrina terima saat ini sudah sesuai dengan pilihan variasi yang Ibu Nike Shabrina pilih yaitu {“Color”:”Nokia 6″,”RAM”:”4GB+64GB”} Jika produk yang diterima tidak ada kerusakan pada sistem pemakaian, maka tidak bisa kami bantu untuk proses return dan laporan ini kami tutup. Jika ada kendala kembali silakan untuk menghubungi pihak seller Leon Star di nomor 081385069379.

Nomor telepon seller tidak ada WhatsApp dan tidak dapat dihubungi. Pihak Akulaku pun sudah tidak merespons komplain saya dan terus bilang produk sudah sesuai. Padahal kalau menurut review berikut:

Ini merek hp Leeco atau LeTVn (merek Cina), tapi memasang stiker logo Nokia dan bungkus Nokia. Sehingga ini bukan hp original, karena berbeda dengan pilihan saya dan jelas bukan Nokia. Dengan Akulaku menyatakan bahwa produk sudah sesuai, berarti Akulaku tidak melihat fakta bahwa produk tersebut bukan Nokia dan memilih proses cepat saja.

Saya di awal masih berasumsi ketika ada promo, beneran hanya promo, termasuk saya berasumsi kalau bisa menunjukkan bukti yang jelas, pasti bisa di-refund. Namun tidak demikian dengan Akulaku. Seller menuduh saya sudah menggunakan hp dan tidak akan bisa mengembalikan dengan cara apa pun.

Saya sudah berikan review bintang 1. Saya tetap meminta penjelasan dari Akulaku terkait penolakan pengajuan refund atas hp yang diakui original tapi ternyata palsu, bukan Nokia. Sampai sekarang tidak ada respons, tagihan tetap berjalan, sementara saya tidak pernah menghidupkan/memakai hp tersebut.

Terima kasih, semoga Akulaku dapat menanggapi dengan jelas dan benar-benar menjawab. Saya lampirkan bukti video unboxing serta perbedaan hp yang diterima. Saya tidak pernah menyalakan HP-nya, jadi saya tidak tahu, tapi dari bentuknya saja sudah berbeda dari produk yang diiklankan, sehingga saya segera mengajukan refund. Foto-foto pun terlampir, terima kasih.

Nike Shabrina
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:305    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

78 komentar untuk “Produk yang Diterima Berbeda dari yang Dipesan, Pihak Toko dan Akulaku Menolak Refund

  • 30 Agustus 2022 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Wahh parahh juga ya Bun, ywdh klo bgtu tagihan tidak perlu di bayar kan Bunda abaikan saja. Krn kan jelas2 produk palsu dan tidak original serta seller tidak mau di kembalikan produknya.. bila ada penagihan dc yg kasar atau datang ke rmh tolak saja bila perlu laporkan ke yg berwajib.

    34
    3
    • 30 Agustus 2022 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Saya khawatirnya kalau tidak dibayar nanti jadi jelek di OJK saja sih, cuma jadi ya serba salah hp palsu, no respon dari akulaku, no respon dari seller

      10
      • 31 Agustus 2022 - (07:44 WIB)
        Permalink

        Kalo barang tidak sesuai dan terindikasi korban penipuan mending tidak. Usah di bayar dulu.. Sayank juga dapat hp cina gitu hatus bayar cicilan hape original. Ya kasar nya.. Kita dapat ayam yg dicicil kok sapi..

        2
        1
        • 31 Agustus 2022 - (09:56 WIB)
          Permalink

          iya kemarin saya dtlp dr Akulakunya, saya jg bilang masa saya harus bayar, dia bilang bisa bayar dulu nanti bisa refund uang terus ditarik bla bla bla, cm saya bilang tolong penjelasan ini jga disampaikan tertulis dr akulaku biar ada pertanggung jawaban, sampai saat ini sudah lwt 1×24 jam tp belum ada follow up lagi, termasuk di email

          • 31 Agustus 2022 - (14:16 WIB)
            Permalink

            Janji busuk itu, klo udh dibayar/dicicil otomatis dianggap menerima, gk bakal ada refund..

      • 31 Agustus 2022 - (20:44 WIB)
        Permalink

        Makanya dr dlu sy PALING ANTI belanja onlen²an, KECUALI MAKANAN!! That’s it!!!
        Kl beli barang non makanan ibarat beli kucing dlm karung!
        Jd motto sy, kl mao beli barang kudu wajib harus dtg ke tokonya, liat lsg, pegang, raba, sukur² ada unit yg bs di cb kl itu barang elektronik!!

        5
        4
        • 2 September 2022 - (04:58 WIB)
          Permalink

          Mainset nya musti di rubah bun.. saya seller hp online/offline belanja hp sllu beli via online krn lbh murah dan bnyk cashback.. udah ada ratusan unit hp baru yg saya beli/jual dr belanja online.. dan selama ini blum ada masalah.. tips kl mw beli hp online, pastikan beli di official storenya atau minim star seller kl di shopee atau merchant kl toped.
          Sllu videoin pas unbox paket jadi bisa kompain ke cs dgn bukti video kl ada sesuatu yg tidak sesuai

      • 1 September 2022 - (09:37 WIB)
        Permalink

        Harusnya ibu lebih teliti dlm memilih aplikasi untuk kredit….
        AKULAKU itu terkenal dengan ****** *****….
        Banyak sekali pesanan yg tdk sesuai dan proses kredit yg berbelit belit bila ada kendala…..

        Dan….jangan memaksakan membeli hp baru bila tdk ada uang…..

        AKULAKU, Aplikasi ****** *****…..

      • 1 September 2022 - (18:45 WIB)
        Permalink

        Akulaku itu kadang salah, kadang bener,.. Sebenernya yg bermasalah itu tokonya atau penyedia kredit hp nya,.. Si akulaku cuma pihak penghubung antara si penyedia /penjual dengan si kreditur / pembeli

      • 1 September 2022 - (21:41 WIB)
        Permalink

        Harusnya sebelum transaksi cek dulu harga hp dipasaran..bs cek toko yg ijo,merah,google dan lain2…kalau harga gak masuk akal,,jauh dibwh pasaran ,jangan dibeli..mending beli infinix sdh teruji..tp harga 1.2jtan

      • 30 Agustus 2022 - (21:30 WIB)
        Permalink

        Dtg aja bika posisi dijakarta or lapor polisi dengan bawa bukti yg ada pemnelian brg palsu .dan biasakan cek ricek sebelum beli diakulaku.krn ada toko yg jual brg kw

        4
        1
      • 31 Agustus 2022 - (09:56 WIB)
        Permalink

        iya mas hehe, yang dipesan berbeda dengan yang diterima, saya juga berharapnya nokia biar nostalgia hehe

        1
        1
  • 30 Agustus 2022 - (09:16 WIB)
    Permalink

    Nike: “saya beli nokia X6 yang secara resmi di Indo namanya 6.1 plus dan memiliki harga paling tidak 3 jutaan di market place lain dengan harga 898rb dari akulaku”
    penjual: *menipu*
    Nike: *SHOCKED* 😱😱😱 “saya tidak menyangka produk yang saya beli dengan harga 20% dari harga normal adalah tipuan”

    21
    1
    • 30 Agustus 2022 - (10:23 WIB)
      Permalink

      kalau nokia yg saya pilih itu kyknya nokia 6 lama, tp apapun itu ya harusnya disampaikan jujur saja, bukan memberi hp yang berbeda merek apalagi palsu, setelah saya cek reviu beberapa pembeli dapat hp yang sama mungkin mereka berpikir itu nokia beneran jg jadi reviunya baik baik saja hehe

      7
      4
      • 30 Agustus 2022 - (13:45 WIB)
        Permalink

        Kalau begitu katanya patut di duga akulaku bekerjasama dengan PENIPU (Sudah jelas barang tidak sesuai dengan nama barang, foto, diskripsi tapi masih “membela” penjual) wajib blacklist
        Bisa lapor kasus penipuan nih !!!

        18
        1
      • 1 September 2022 - (20:44 WIB)
        Permalink

        Harusnya liat harganya pun kita sudah patut curiga.
        Saya pernah beli HP di marketplace. Memang di onlen harga lbh murah 200-300 rb. Alhamdulillah sesuai deskripsi dan original. Malah saya pakai ini sampai sekarang. Tp bukan lewat akulaku.

    • 30 Agustus 2022 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Akulaku untuk refund itu emang agak susah berbelit2 dn ujung2nya menolak refun seakan cuek marketek itu. Mnding di store nokianya jdi jelas ory

    • 30 Agustus 2022 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Saya sih ga mau pukul rata ya, I mean saya pernah beli furnitur dan baik2 aja, sellernya baik, cm baru kali ini aja dpt yg beda

      1
      4
    • 30 Agustus 2022 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Better mending beli langsung di counter saja Bun.
      Dan semoga setelah di up bisa dapat penyelesaian yang baik.

      3
      1
      • 30 Agustus 2022 - (23:36 WIB)
        Permalink

        Konter HP masih mahal bisa selisih 100-200k itu pun gak semua produk ada, saran sih mending ke marketplace yg udah lumayan bnyk kek Tokopedia atau Shopee dngn tetap memperhatikan review dan jumlah pembeli

    • 30 Agustus 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Kalau saya tidak pernah mau belanja barang fisik di Akulaku karena menurut sy barang2nya kurang berkualitas,paling belanja token listrik kalau di Akulaku 😂

      • 31 Agustus 2022 - (05:58 WIB)
        Permalink

        Klo mau beli elaktronik dengan harga lumayan cek dulu ada toko offlinenya gak? Klo gak ada lebih bai jangan takutnya penipuan

      • 31 Agustus 2022 - (09:00 WIB)
        Permalink

        Pernah saya alami juga, memang pihak akulaku ga bertanggung jawab kalau ada costumer ketipu, seakan² masa bodo dan membiarkan,yang penting transaksi berjalan, saya kecewa banget, dan karna masalah itu juga saya tidak pakai akulaku lagi.

    • 30 Agustus 2022 - (13:31 WIB)
      Permalink

      dari Akulaku cuma minta menunggu dicek terus, dari kemarin beberapa kali follow up selalu dijawab dengan produk telah sesuai dan lepas tangan dari Akulaku, sangat disayangkan baru direspon setelah ditulis dahulu di publik…

      13
      4
    • 30 Agustus 2022 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Tanggung jawab lu akulaku…jgn penipu yg dibela…dah dikirim bukti yg valid msh aja bilang produk sdh sesuai…situ liatnya pake biji mata apa biji yg lain?

    • 31 Agustus 2022 - (16:37 WIB)
      Permalink

      Akulaku, kamu(pembeli) ketipu. Ud byk kasus di MK. Seller di akulaku benyak penipu ny

  • 30 Agustus 2022 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Minta pengembalian uang
    Kalau belinya di akulaku minta akulaku bertanggung jawab karna membantu penipu berjualan barangnya
    Ini sih jelas penipuan berkedok jualan
    Dari foto sih kaya platform e commerce shopee (tapi yg lebih tau akulaku)

    • 30 Agustus 2022 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Iya ini di Akulaku, waktu itu saya sudah proses refund dari Akulaku karena dari toko menolak bahkan bilang tidak ada cara mengembalikan uang saya dengan alasan apapun. Namun pengajuan refund saya ke Akulaku dengan segambreng bukti dan detail pesanan malah ditolak oleh Akulaku dengan alasan produk telah sesuai, padahal jelas-jelas berbeda. Kalau dia minta penjelasan seller ya pasti seller tidak mau dirugikan jugalah, makanya sangat disayangkan kenapa Akulaku tutup mata kalau produk yang dijual di lapaknya itu palsu dan membiarkan saja

      7
      2
  • 30 Agustus 2022 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Info aja Kalau mau pengembalian barang jangan kasih penilaian & chat pedagang
    Tapi cari tulisan komplain atau pengembalian barang jadi duit belum bisa di teruskan ke pedagang
    Kalau udah kasih penilaian duit anda sudah di teruskan ke penjual jadi kalo ada masalah ya repot paling di blacklist yg dagang lalu buat akun baru lg

    2
    2
      • 30 Agustus 2022 - (22:54 WIB)
        Permalink

        Ok setelah ane cek n ricek kesalahan ada pada penjual krn deskripsinya nulis ori nokia x6 bla bala bala..di perparah dgn akulaku yg membiarkan penjual nakal..sdkt saran lain kali cek n ricek sblm beli brg,ada bagusnya cek kisaran harga normalnya di google dsb,klo jauh bgt dr hrg pasaran patut di curigai.

    • 31 Agustus 2022 - (09:59 WIB)
      Permalink

      saya sudah tidak konfirmasi jadi pas hari diterima langsung saya lapor, namun sampai wktu konfirmasi otomatis tidak ada jawaban yang benar dr seller dan akulaku, jadi mau ga mau ya saya beri penilaian bintang 1 dan saya jelaskan soal masalahnya, tetap tidak ada respon

  • 30 Agustus 2022 - (14:29 WIB)
    Permalink

    sudah sering akulaku lepas tangan terhadap mitra2 nakal nya yg merugikan konsumen tp masih banyak juga yg pake akulaku, kalau sy jadi nasabah nya sy akan laporkan ke polisi kasus penipuan karena itu barang tidak sesuai akad jelas2 tindak pidana. jangan sampai di biarkan da banyak memakan korban yg lain sekaligus pembelajaran buat akulaku agar lebih slektif dalam memilih mitra

  • 30 Agustus 2022 - (16:08 WIB)
    Permalink

    LeTv setau saya itu brand hp china yg sangat jarang ada di Indonesia, dan setau saya memang tidak dijual di Indonesia..saya punya LeTv le max pro 2 dan sama sekali bukan dari nokia, itupun dapat dari saudara yg tinggal di luar negri. Dan ternyata setelah beberapa bulan pemakaian sistemnya dilock dan tidak bisa menginstal aplikasi apapun yg dari Indonesia, hanya bisa memakai aplikasi bawaan atau download dari app store bawaannya, yg ternyata juga tidak bisa digunakan di Indonesia.

  • 30 Agustus 2022 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Punyaku redmi note 6 pro tp boot animationnya rog phone,terbacanya di google mi note 10 gila ga tuh!kayaknya aku laku cuma melht boot animationnya itu!protes yang jelas aja di dunia custom kyk gitu bisa dilakukan dengan mudah.

  • 30 Agustus 2022 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Hp KW gini bnyk dilzd ada berbagai merk branded termasuk somay juga ada kw liat ytub gadgetin biar + smart

    3
    1
  • 30 Agustus 2022 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Yg kaya gini bikin toko online yg jujur jd kena getahnya…sdh saatnya beralih ke toko offline biar lbh aman dan terjamin serta terhindar dr hp LeTV yg di ksh stiker nokia…

  • 30 Agustus 2022 - (21:45 WIB)
    Permalink

    Semoga menjadi pembelajaran buat kita semua,, lebih jeli dalam berbelanja online,, sebelum membeli online lebih baik kita periksa harga offline nya terlebih dahulu,, hingga perbandingan harga bila terpaut jauh harus kita waspadai keasliannya,, saya sering belanja online & saya pastikan juga harga offline nya,,

  • 30 Agustus 2022 - (21:59 WIB)
    Permalink

    dengan ini Akulaku ga ada tim yg beneran serius ngecek, hanya liat sekilas dan dijawab sesuai template. Sebagai penyedia platform, harusnya Akulaku patroli apakah ada barang palsu, apakah ada tipu-tipu. kecuali emang melegalkan aksi penipuan di platformnya. Dah itu aja, jd memang harus pilih2 aplikasi kalo mau beli sesuatu scr online, yg jelas2 terkenal, bukan deepweb semacam ini

  • 30 Agustus 2022 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Harga segitu???, gak masuk akal kalau sesuai gambar dilapak, seharusnya diabaikan saja…

  • 30 Agustus 2022 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Masih mau belanja di akulak* disitu sarang penipu. Masih mending tuh dikirim. Banyak yg barang gak sampe tp tagihan yg sampe

  • 30 Agustus 2022 - (23:10 WIB)
    Permalink

    Sejak 6 tahun lalu saya jadi pengguna akulaku. 2018 saya pernah order nokia 6 dan dikirim asli, sesuai gambar serta bergaransi resmi. Pedagang nakal ada dimana-mana. Kita sebagai konsumen juga harus selektif dalam membeli. Harga terlalu murah atau berbeda terlalu jauh dengan harga aslinya patut dicurigai apalagi sampai dibeli. Mudah-mudahan keluhan kita di media konsumen mendapatkan respon. Khusus media konsumen saya juga pernah ada keluhan tentang pulsa. Hanya 30 ribu tapi ditanggapi oleh provider. Terakhir, hati-hati dalam membeli terlebih belanja online.

    1
    1
    • 2 September 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Sudah sepantasnya seller busuk seprrti ini di beri pelajaran. Kalau ada toko fisiknya datengin aja bawa buldozer,..ratain dengan tanah

  • 30 Agustus 2022 - (23:46 WIB)
    Permalink

    Belanja melalui akulaku sangat tidak aman, sudah banyak korban akulaku. Akulaku hanya pinjol, mereka membuat marketplace sendiri agar para pengutang bisa beli barang di akulaku sehingga utangnya tidak lari ke tempat lain. Diduga, seller akulaku hanya orang -orang akulaku atau dari kelompok mereka sendiri. Faktanya, beberapa seller akulaku yang melakukan “penipuan” tidak ditindak sama sekali, justru terlihat dibiarkan.

    Barang-barang yang dijual di akulaku juga gak jamin sesuai deskripsi apalagi original. Contohnya seperti kasus penulis diatas. Sebaiknya, jangan pernah beli sesuatu di akulaku, gak jamin barang dikirim. Banyak kasus, barang gak dikirim tapi tagihan sudah harus dibayar. Itu jelas penipuan!

    Kalau mau pinjam uang di pinjol akulaku, ambil uangnya beli di tempat lain. jangan pernah beli di akulaku, kecuali mau kena tipu.

  • 31 Agustus 2022 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Lah parah itu. Jelas sekali barang palsu. Malah dimenangkan Adminnya. Sama seperti kejadian punya ane.

  • 31 Agustus 2022 - (01:14 WIB)
    Permalink

    Waduh pihak akulaku bagian pengembalian barang dan komplainan dari pembeli bekerja tidak profesional..
    Jadi banyak penjual penipu disana ditambah pihak CS nya tidak berkerja profesional ya susah growth untuk penjualan..

  • 31 Agustus 2022 - (01:53 WIB)
    Permalink

    Jadi pembelajaran buat semuanya…
    Kelihatan merchannt Akulaku gak profesional kalo gak mau dibilang culas…
    Tadinya sh pgn nyoba beli di AKULAKU, eh pas baca artikel si ibu di rubrik ini jadi ogah…

    4
    1
  • 31 Agustus 2022 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Saranku paling benar utk beli elektronik itu antara Tokopedia or Shopee. Itupunkalo di TP kalo bisa yg “Official Store” dan kalo di Shp cari toko yg “Mall”

    Pengalaman belanja di kedua aplikasi itu gapernah ketipu asal pintar milih toko.

  • 31 Agustus 2022 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Dear Mba Nike,

    Sangat Riskan mba ketika beli barang elektronik secara online.
    Banyak problem yang terjadi ketika beli elektronik di online tsb.

    beli Offline lebih baik, bisa liat barang langsung dan no tipu2

    Semoga cepat terselesaikan ya Masalah nya. Aamiin

  • 31 Agustus 2022 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Hehehe akulaku kagak jelas
    Saya juga pernah beli Xiaomi,kotak nya polos ,dan juga gak ada no seri hp nya
    Rupanya produk rumahan
    Parah .gak bisa d jual ke counter,

    • 2 September 2022 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Terima kasih informasinya. Membuat saya semakin yakin untuk membeli barang elektronik secara langsung. No tipu tipu seperti ini. Orang baik itu banyak tapi yang tidak baik itu mayoritas 😊

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 78 komentar sampai saat ini..

Produk yang Diterima Berbeda dari yang Dipesan, Pihak Toko dan Akulaku…

oleh Nike Shabrina dibaca dalam: 3 menit
78