Produk yang Diterima Berbeda dari yang Dipesan, Pihak Toko dan Akulaku Menolak Refund

Saya sebagai pelanggan sangat kecewa dengan respons dan ketidakpedulian Akulaku, dalam mencermati keluhan pelanggannya. Pada satu waktu, saya sedang mencari hp dan melihat seller akun LEON STAR ini review-nya lumayan, jadi saya coba beli. Saya pilih produk NOKIA 6, dengan pilihan di gambar produk NOKIA warna hitam, dan kamera lonjong di tengah bagian belakang. Saya berharap barang yang saya terima ya akan sesuai dengan yang saya pilih.

Tanggal 17 Agustus 2022 09:25, saya menanyakan ke seller Leon Star kapan produk dikirim via chat. Tanggal 19 Agustus 2022 11:04 paket diterima di rumah.

Tanggal 19 Agustus 2022 16:58, saya chat seller menanyakan kenapa produk yang diterima berbeda dengan di gambar. Pada pilihan Nokia 6, di iklan produk warna hitam dan kamera belakang di tengah memanjang, itu saja. Namun di hp yang saya terima, di bagian kamera belakang ada tulisan LeTv dan di bawahnya tulisan Nokia.

Seharusnya, kalau produk asli Nokia ya tulisannya hanya Nokia, tidak ada tulisan LeTV atau apa pun itu. Saya tidak tahu apakah itu hp refurbish atau Nokia KW. Saya pikir seller gak mungkin aneh-aneh karena review-nya lumayan, atau mungkin dia salah kirim.

Tanggal 20 Agustus 2022 14:07, seller baru membalas chat, itu pun hanya bilang produk yang saya beli adalah Nokia 6, lalu seller tidak merespons chat saya setelahnya.

Tanggal 22 Agustus 2022 13:31, seller kembali hanya merespons chat dengan tulisan produk saya adalah Nokia 6. Logikanya, kalau memang itu Nokia ya tidak ada tulisan LeTV di belakang, jadi sudah pasti itu Nokia palsu.

Kenapa seller tetap bersikeras mengaku itu Nokia? Kenapa tidak bilang itu merek lain atau apalah? Karena dari bentuk kameranya saja saya langsung tahu berbeda dengan di gambar dan berbeda dengan Nokia 6 harusnya, itu lebih seperti ke XR20, tapi bukan.

Saya pun kemudian mengajukan refund via aplikasi Akulaku, karena setelah >5 kali chat dengan CS Live Akulaku tidak menghasilkan apa-apa. CS hanya meminta saya menunggu dan akan diceck, sementara waktu penerimaan otomatis semakin dekat dan tanggal 2 tagihan pertama saya.

Tanggal 22 Agustus 2022 21:18, melalui chat saya bilang produk tidak sesuai. Namun ketika saya mengajukan refund, pihak toko menolak refund saya. Saya pun mengajukan proses refund ke Akulaku dan memberikan bukti yang diminta pada tanggal 24 Agustus 2022.

Tanggal 23 Agustus 2022 17:33, seller membalas cuma bilang mana yang tidak cocok, dan setelah itu tidak merespons chat saya.

Setelah saya cek di Google, kamera model yang saya terima itu mirip dengan hp LETV LeEco produk Cina, hanya ada tambahan tulisan Nokia saja. Pada tanggal 25 Agustus 2022, terdapat balasan email no reply dari Akulaku yang menolak pengajuan refund saya. Singkatnya mereka bilang sebagai berikut:

Kami informasikan bahwa setelah kami melakukan pengecekkan di sistem kami, untuk transaksi pesanan tersebut yang sudah Ibu Nike Shabrina terima saat ini sudah sesuai dengan pilihan variasi yang Ibu Nike Shabrina pilih yaitu {“Color”:”Nokia 6″,”RAM”:”4GB+64GB”} Jika produk yang diterima tidak ada kerusakan pada sistem pemakaian, maka tidak bisa kami bantu untuk proses return dan laporan ini kami tutup. Jika ada kendala kembali silakan untuk menghubungi pihak seller Leon Star di nomor 081385069379.

Nomor telepon seller tidak ada WhatsApp dan tidak dapat dihubungi. Pihak Akulaku pun sudah tidak merespons komplain saya dan terus bilang produk sudah sesuai. Padahal kalau menurut review berikut:

Ini merek hp Leeco atau LeTVn (merek Cina), tapi memasang stiker logo Nokia dan bungkus Nokia. Sehingga ini bukan hp original, karena berbeda dengan pilihan saya dan jelas bukan Nokia. Dengan Akulaku menyatakan bahwa produk sudah sesuai, berarti Akulaku tidak melihat fakta bahwa produk tersebut bukan Nokia dan memilih proses cepat saja.

Saya di awal masih berasumsi ketika ada promo, beneran hanya promo, termasuk saya berasumsi kalau bisa menunjukkan bukti yang jelas, pasti bisa di-refund. Namun tidak demikian dengan Akulaku. Seller menuduh saya sudah menggunakan hp dan tidak akan bisa mengembalikan dengan cara apa pun.

Saya sudah berikan review bintang 1. Saya tetap meminta penjelasan dari Akulaku terkait penolakan pengajuan refund atas hp yang diakui original tapi ternyata palsu, bukan Nokia. Sampai sekarang tidak ada respons, tagihan tetap berjalan, sementara saya tidak pernah menghidupkan/memakai hp tersebut.

Terima kasih, semoga Akulaku dapat menanggapi dengan jelas dan benar-benar menjawab. Saya lampirkan bukti video unboxing serta perbedaan hp yang diterima. Saya tidak pernah menyalakan HP-nya, jadi saya tidak tahu, tapi dari bentuknya saja sudah berbeda dari produk yang diiklankan, sehingga saya segera mengajukan refund. Foto-foto pun terlampir, terima kasih.

Nike Shabrina
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

78 komentar untuk “Produk yang Diterima Berbeda dari yang Dipesan, Pihak Toko dan Akulaku Menolak Refund

  • 31 Agustus 2022 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Sekedar info. Hp Nokia 6 itu harga nya sekitar 3-4 juta, kalo harga nya cuma 800 rb an harus curiga antara hp kw atau penipuan.

    Jadikan pelajaran aja kalo beli barang di lihat dulu harga umum nya di google dan jgn mudah tergiur dengan harga murah. Zaman sekarang penipuan banyak jadi harus pintar kalo beli online

    • 2 September 2022 - (14:53 WIB)
      Permalink

      iya makasih remindernya, sebagai info kasus sudah terselesaikan yaa, dari pihak Akulaku sudah melakukan pembatalan dan barang akhirnya bisa saya kirim kembali ke seller, terima kasih media konsumen 🙂

  • 31 Agustus 2022 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Akulaku itu jangan dipakai.. itu aplikasi isinya penipu semua.. ada pilihan tokoepdia dll yg lebih jelas.. akulaku mah kalo ada apa apa silahkan pasrah saja.

  • 1 September 2022 - (06:29 WIB)
    Permalink

    harga di bawah 1 jt pingin hp baru ori? ngimpiiii…. , intinya kalo ada barang yg harganya too good to be true, ya pasti replika/kw

  • 1 September 2022 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Ya klo udh dikasih review mah ga akan bisa balik. Itu gannya situ udh Nerima barang jadi akulaku lepas tangan.

    Klo ga cocok aturan komplain atau diemin, gausah kasih rate.

  • 1 September 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Jngn pernah belanja di Akulaku, sistem nya masih amburadul.. Sy beli hp poco f3 ngeri2 kemarin tapi untung barsng dikirim sesuai.. Kapok dah,, mending ke sopi/tokped

  • 1 September 2022 - (15:52 WIB)
    Permalink

    Ituloh beda harganya masa ada Nokia 6/x6 harganya 898ribu, gak ada! Sudah jelas barangnya KW! Kecuali lu belinya di harga 1,2/1,89 juta, baru itu real Nokia 6/x6. Jadilah smart buyer, sudah tau Akulaku itu marketplace dengan penuh trik tipuan.

    • 1 September 2022 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Di situ ada pilihan warna hitam, biru atau nokia 6. Dan ada pilih pilihan nokia 6, bukan warnanya, ya jelas KW.

  • 2 September 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Saran dari saya, belanjanya jangan di aplikasi Akulaku nya langsung. Karena banyak yg pengalaman buruk disana sesuai review dari konsumen akulaku
    Coba belanjanya di bukalapak, tapi dengan fasilitas cicilan akulaku.
    Setidaknya bukalapak lebih benar lah dalam menangani keluhan konsumen dan dalam hal ini akulaku hanya bertindak sebagai fasilitator kredit.
    Saya pernah soalnya. Terima paket tidak sesuai, terus lapor bukalapaknya dan gak lama selesai komplainan saya.

  • 2 September 2022 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Sy hakul yakin yg dijual si seler di akulaku itu Lee Eco s3 X626 , cuma disablon Nokia.
    Brand dah bangkrut, kebetulan sy jg punya. Walau MTK 10core tp lemotnya adubilehhh dan cpt panas. Akhirnya cuma buat nerima WA doang itupun remote desktop PC ?

    Walau harganya emang miring (2017 sy dp beli di BL 1.5jt) , tp itu tetap penipuan. Enggak boleh judulnya nokia tp yg dikirim Lee Eco.

    @Akulaku, eskalasi nih . Sdh masuk ke ranah penipuan.

    @Nike, untuk mbak nya .. jgn dibayar. Anda berhak mendapatkan apa yg anda pesan sesuai dengan judul yg diiklankan seler.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 78 komentar sampai saat ini..

Produk yang Diterima Berbeda dari yang Dipesan, Pihak Toko dan Akulaku…

oleh Nike Shabrina dibaca dalam: 3 menit
78