Akun Saya Diretas dan DANA Tidak Memberi Solusi

Pada tanggal 8 Oktober jam 18.01 saya melakukan transaksi melalui BCA transfer virtual account ke DANA tanpa melakukan pengecekan saldonya. Sekitar jam 20.00 saya akan melakukan transaksi ternyata saat itu saldonya terlihat belum masuk cuma tersedia kira-kira 62 ribu. Setelah saya cek m-banking BCA ternyata saya lihat status pending. Saya kira itu pending karena transaksi pada tanggal merah.

Dan setelah hari Senin 10 Oktober saya cek saldo DANA masih belum bertambah. Lalu pada jam 09.00 saya melakukan pelaporan ke HaloBCA dengan nomor tiket 2060523854. Info BCA seharusnya uang harusnya sudah masuk.

Sekiranya malam jam 19.30 saya cek saldo DANA masih belum ada dan saya pun coba lapor call center DANA 1500445. Dan diinfokan dana sudah masuk dan sudah dipakai. Info setelah saya cek histori ternyata benar ada transaksi Google senilai Rp387.390. a.n. Google Khurram Shahza. Saya tidak pernah melakukan transaksi apa pun dan saya sangat berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ataupun saat browsing.

Info dari call center DANA yang sudah digunakan tidak bisa kembali. Dan mereka hanya melaporkan ke tim solver “infonya” dan sampai saat ini masih belum ada tindak lanjut nasib uangnya bagaimana.

Saya gak menyangka kalau sekelas merchant DANA dapat dengan mudah diretas. Kapok benar saya pake DANA. Tolong uang yang diretas dikembalikan!! Keamanan DANA yang kurang kita yang dirugikan. Cari uang susah, jadi jangan bikin susah mengenai hak-hak pelanggan!!

Raden Firmansyah
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Raden Firmansyah

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Raden Firmansyah Herdian di Media Konsumen, “Akun Saya...
Baca Selengkapnya

32 komentar untuk “Akun Saya Diretas dan DANA Tidak Memberi Solusi

  • 11 Oktober 2022 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Cekk apliaksi terhubung di dananya, nautin dana ke google play butuh otp loh sama aplikasi dana keinstall dihp

    • 12 Oktober 2022 - (06:31 WIB)
      Permalink

      Nah ini aneh. Harusnya ada kode otp ataupun harus masuk dulu dong ke akun dana buat masukin password.. tapi ini ga ada

        • 12 Oktober 2022 - (21:01 WIB)
          Permalink

          Sampe sekarang masih gada solusi bang. Ngeri amat ya. Soalnya saya penggun aktif dana.

          Lagian dana kenapa ga check Akun itu orang yg bobol, minimal tau dari negara mana dan bagaimana DANA bisa jebol begitu keamanan nya.

      • 18 Oktober 2022 - (16:10 WIB)
        Permalink

        Itukan transaksi google , itu bisa d refund klo pembelian google play silahkan dicoba refund google play fund nya

  • 12 Oktober 2022 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Ya bisa saya website2 yg terhubung ke dana di bobol hacker data diambil, atau gak mas bro pernah pinjam kan hp ke tmn/family nya trs ada yg coba nautkan aku dana mas bro ke akun mrk secara alamat akun google kan bebas mau pakai nama apa dan siapa saja.
    PD saat hp ada diposisi tmn atau family anda mereka nautkan dana mas dan pengiriman kode otp kan ke hp mas nya yg dipinjam jd bisa deh untuk ditautkan saya aja mau sama adek / kakak sendiri gk blh pinjem hp kalau pinjem hp pun hrs saya liat mereka mau apa Krn semua akun saya link, ovo, dana, gopay, spaylatter disitu semua trauma pnya sodara tangan panjang tiba2 dana di salah satu akun e-money saya buat bayar tagihan topup diamond epep di coda shop dg id akun game dia pdhal bocil masih SMA dah kayak gitu kelakuan nya

  • 12 Oktober 2022 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Coba anda ingat2 lg apakah anda pernah menautkan akun google/gmail anda di perangkat lain punya sodara atau teman2 anda. Bisa jadi disalahgunakan untuk melakukan pembelian di akun google, karena metode pembayaran di google salah satunya adalah Dana yg mungkin secara otomatis terhubung ke akun dana anda dan orang tersebut mengetahui PIN Dana anda.

  • 12 Oktober 2022 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Supaya lebih ditanggapi oleh dana sebaiknya dibuktikan dl kalau transaksinya betul bukan penulis.. diretas itu gmn maksudnya.. karena biasanya jasa keungan begini pake sistem AES 256bit.. min 128 lah.. ini udah susah banget buat hacker wannabe untuk hack. Dari banyak kejadian biasanya setelah diselidiki pelakunya keluarga sendiri.. tau data kayak: nama,tgl lahir, pin ga sengaja lihat dll
    Note: kakak ane pernah lapor kartu kredit di hack! Setelah diselidiki dipake anaknya buat top up mobile legend, pas beli pake VPN biar kelihatan dari Russia transaksinya wkwkw anak skrg cerdas2 ya.. akhirnya ngaku sesegukan wkwk

    • 12 Oktober 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Nah makanya saya bingung.. itu tiba2 ada transaksi saat itu saya posisi sendiri dan pada jam transaksi saya sedang di jalan

      • 12 Oktober 2022 - (09:43 WIB)
        Permalink

        Kalau memang betul dan jujur tidak melakukan transaksi langkah pertama lapor polisi, ceritakan kejadiannya biar bisa di selidiki.. hasilnya nanti apa.. kalau betul di hack maka bs diteruskan ke pihak DANA..

        • 12 Oktober 2022 - (19:28 WIB)
          Permalink

          Klo mau buat laporan polisi jangan lupa sertakan tangkapan layar metode pembayaran akun google nya sekalian.

          Karena diaplikasi DANA pada tab “Akun terhubung” memang tidak menampilkan Google (jika sudah tertaut)

  • 12 Oktober 2022 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Thats why sy udah blacklist dana sbg pembayaran virtual. sy merasa aman saja kalo pake gopay/ovo. tapi sy juga ga bs percaya sepenuhnya jg. makanya sy hanya mau bayar sj sy top up. jangan pernah simpen saldo banyak2 di e-wallet

  • 12 Oktober 2022 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Jika dibaca kasus penipu online, rata -rata yang kena tipu hingga akunnya dibobol karena kesalahan pemilik akun sendiri, meskipun gak mau ngaku atau berusaha menutupi.

    Kebanyakan modus penipuan online karena tergiur iming-iming hadiah cashback atau uang, sering buka web terlarang yang sudah dipasang Malware untuk mencuri data pengguna atau melalui telepon yang mengaku dari pihak tertentu.

    Intinya, modus penipuan online yang banyak makan korban gak jauh -jauh dari phishing, social engineering, dan teknik penipuan online lainnya.

    Biasanya, kalau udah kena tipu, korban gak ngaku dan menutupi kesalahannya dengan harapan uangnya dikembalikan. Itu gak mungkin ya, Anda yang salah, pihak lain yang harus menanggung rugi.

    • 12 Oktober 2022 - (17:32 WIB)
      Permalink

      Anda ga usah sok pinter. Saya itu kerja di bagian it. Jadi saya tau apa yg saya laporkan. Dan juga klo misalkan itu penipuan ya jelas lah pihak dana ga akan ganti. Makannya saya lapor media konsumen supaya ga ada kejadian seperti ini lagi. Paham ? Sekelas dana tampa otp dan minta password masa saldo bisa terpotong..

      1
      2
      • 13 Oktober 2022 - (03:47 WIB)
        Permalink

        Tahh. Kitu mang raden..terus kelanjutana kumaha mang raden.jadi hangus wae meren eta duit mang 300rbu lebih nya..lamun bisa mah engges kejadiana kitu mah mang raden..engges tong naro duit di e.walet…sok aya kemdalana wae mang

      • 15 Oktober 2022 - (23:15 WIB)
        Permalink

        Kerja di bagian it kok masalah begini kaku ??klo menurut ane akun dana lu itu sudah dikaitkan pembayaran .Transaksi tanpa perlu pin apalagi otp .
        Sudah pernah menautkan Dana ke akun bukalapak ??? Pasti tau kinerjanya , transaksi dari bukalapak segala hal apapun tanpa adanya pin Dana apalagi Otp . Pokoknya cek history sudah ada transaksi aja laporan , entah itu pembayaran /pembelian.

  • 13 Oktober 2022 - (03:44 WIB)
    Permalink

    Lamun saya mah mang tbahela pernah nenden duit di akun dana basa harita ceritana rek narik duit sejuta dua ratus pas kitu teh nempo dihistorina di pending hampir 2 mggu mang.duit uing the balik balik terus uing nelpon wae ka costumer si dana..alhamdulillah balil dei duit uing.ti semenjak eta kapok uing sok tara nenden duit di akun dana sok aya kendalana wae.lewih alus mah mang raden nenden duitna dibrangkas besi tuyul ge moal bisa ngala duit ai jero berangkas mas..kitu mah saran ti uing mah

  • 14 Oktober 2022 - (04:36 WIB)
    Permalink

    Saya pernah baca di salah satu komunitas sosmed kebanyakan para korban peretasan akun DANA adalah karena jual beli akun dan atau jual beli OTP. Kebanjiran dari mereka ngejar promo makanya rela melakukan jual beli data. Tapi ada sebagian yang kena tipu atau istilah komunitasnya kena ripper. Sudah banyak contoh kasus seperti ini.

  • 15 Oktober 2022 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Coba anda cek dulu google play store apakah ada kuram khanza itu transaksi di playstore anda. Atau di google akun anda. Terhubung juga ga dengan aplikasi dana anda. Anda bisa menganulir pembayaran itu lewat google dan anda akan mendapatkan uang anda kembali. Anak IT pasti tau itu. Ini bukan kesalahan dari aplikasi Dana kalo google anda tersambung dengan pembayaran via dana. Kerja di IT masa ga tau itu

  • 16 Oktober 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Yang lebih aman lagi sebelum memakai ewallet.. pastikan ewallet tersebut punya kantor fisik di kota anda, agar jika terjadi sesuatu.. enak komplainnya lebih dekat dengan domisili anda.!!!?!?

    • 18 Oktober 2022 - (21:45 WIB)
      Permalink

      kpn hari akuu juga gitu , lupaa pernah subscribe apk untuk ikut Trial , aplikasi nya sudah ku uninstall , tp kepotong google play via dana ,
      komplain ke google play nya untuk minta refund , alhamdulillah , 2 hari udaa balik lagi saldonya. setelah itu saya unlink semua opsi pembayaran di google play ?

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Akun Saya Diretas dan DANA Tidak Memberi Solusi

oleh raden dibaca dalam: 1 menit
32