Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Endang Sulastri

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan surat Ibu Endang Sulastri dengan judul “Kerugian atas Barang Jualan di Shopee yang Rusak dalam Pengiriman” pada tanggal 2 November 2022, kami menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi.

Menanggapi keluhan Ibu Endang Sulastri terkait paket dengan nomor resi 004099795694 atas status paket yang tidak berhasil dikirimkan karena pada saat masuk ke gerai perwakilan sudah dalam kondisi rusak; kami sudah menghubungi Ibu Endang Sulastri pada tanggal 2 November 2022 di nomor yang tercantum pada data pengiriman untuk meminta maaf serta menjelaskan situasi atas kendala yang terjadi.

Kami menjelaskan alasan paket tersebut tidak dapat kami proses claim karena packing kurang baik (improper packaging); yaitu isi paket berupa cairan packing tidak proper karena tidak dikemas menggunakan bubble wrap per item dan ketebalan bubble wrap kurang dari 3 cm sebagai pengaman produknya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Jika masih ada kendala yang dialami terkait paket tersebut, kami dengan tulus akan sedia membantu dan menindaklanjutinya.

Selanjutnya, untuk menanyakan informasi atau menyampaikan kendala pada kiriman Sahabat SiCepat, silakan menghubungi kami ke Hotline 021-50200050 atau WhatsApp 0812-9966-6088 untuk kami tindak lanjuti.

Salam,

Syara
Head of Customer Service

www.sicepat.com

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan SiCepat Ekspres:
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]
Kerugian atas Barang Jualan di Shopee yang Rusak dalam Pengiriman

Saya adalah salah satu penjual di Shopee, yang menderita kerugian sebesar 337.700 rupiah. Nomor order: 221016HQ54GJRR dan nomor resi SiCepat...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Endang Sulastri

  • 5 November 2022 - (00:54 WIB)
    Permalink

    buat temen2 yang mau pake jasa pengiriman sicepat, tolong dipikir berkali kali, jadi paketan saya ini yang dirusakan oleh mereka, tidak mau mereka ganti. mereka berkilah bahwa paket tersebut harus di bubble wrap minimal 3 cm, padahal saya cek di Terms and conditions di website mereka tidak ada aturan seperti itu. berikut saya copas kan aturan Terms and conditions dari website mereka

    Terms & Conditions
    Syarat dan ketentuan umum pengiriman SiCepat

    Pengirim wajib mengemas barang kirimannya dengan baik untuk melindungi isi barang kirimannya selama pengiriman.

    Pengirim wajib memberitahukan dengan jelas dan benar isi dan nilai barang kiriman. Keterangan yang tidak benar mengenai hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim.

    Pengirim menjamin bahwa barang yang diserahkan kepada SICEPAT untuk dikirim adalah pemilik yang sah dan berhak atas kiriman tersebut.

    Pengirim wajib mencantumkan informasi data Pengirim dan data Penerima pada kemasan kiriman dengan lengkap dan benar serta bisa dibaca, meliputi: Data Pengirim (Nama Lengkap, No. Telepon yang bisa dihubungi, Alamat lengkap, Data Penerima (Nama Lengkap, No. Telepon yang bisa dihubungi, Alamat lengkap (nama jalan, nomor rumah, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Kode pos)

    SICEPAT tidak menerima kiriman yang termasuk dalam kategori barang berbahaya (Dangerous Goods), kecuali diatur terpisah dari syarat dan ketentuan ini.

    SICEPAT tidak menerima kiriman yang dilarang oleh ketentuan SICEPAT dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti, Jenazah atau bagian-bagiannya, binatang hidup maupun mati, narkotika, psikotropika, senjata api, amunisi, senjata tajam, emas, logam mulia, perangko, barang pecah belah, barang curian, makanan mudah busuk, cek dan uang tunai, perhiasan bernilai tinggi atau sejenisnya dan barang-barang yang dilarang oleh hukum yang ditetapkan oleh Negara.

    SICEPAT berhak untuk memeriksa barang kiriman demi memastikan bahwa barang yang dikirim tidak melanggar hukum yang berlaku. Apabila tanpa sepengetahuan pihak Sicepat, pengirim mengirimkan barang-barang yang dilarang dalam poin 6 diatas, maka dengan ini pengirim membebaskan SICEPAT dari seluruh biaya kerusakan atau lainnya dan atas tuntutan dari pihak manapun termasuk dari pihak yang berwenang.

    Pengirim bertanggungjawab untuk melindungi kiriman dengan asuransi yang memadai dan menanggung biaya premi yang berlaku, ganti rugi untuk barang yang di asuransikan adalah sesuai dengan ketentuan asuransi yang berlaku di SICEPAT. Apabila pengirim tidak menggunakan asuransi, maka pembayaran biaya penggantian atas barang kiriman barang yang hilang atau rusak maksimal adalah maksimal 10 kali biaya pengiriman atau harga barang diambil nilai paling rendah maksimal Rp. 500.000,-

    SICEPAT tidak bertanggungjawab dan tidak memberikan ganti rugi kepada pengirim terhadap kerugian konsekuensi yang timbul akibat dari kejadian tersebut diatas, yaitu yang termasuk dan tanpa dibatasi atas kerugian komersial, keuangan dan kerugian tidak langsung lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal yang diluar kemampuan pengawasan SICEPAT atau kerugian tidak langsung lainnya termasuk atas kerusakan akibat force majeure (keadaan memaksa) seperti gempa bumi, bencana alam, aksi huru-hara, banjir, epidemi, perang, kudeta, pemberontakan, kebijakan-kebijakan pemerintah dan sebab lainnya yang terjadi diluar kemampuan SICEPAT.

    Batas waktu pengaduan/klaim adalah sebagai berikut:
    a. Pengaduan kehilangan maksimal 14 (empat belas) hari kerja.
    b. Pengaduan kerusakan maksimal 2 (dua) hari kerja. (Hari Kerja adalah Senin s.d Sabtu)

    Saat menyerahkan barang kepada SICEPAT, pengirim dianggap telah membaca dan menyetujui semua syarat dan ketentuan pengiriman ini, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, serta membebaskan SICEPAT dari segala tuntutan atau bentuk ganti rugi.

    Metode pembayaran yang tersedia di aplikasi SiCepat Ekspres adalah menggunakan OVO, Gopay dan ShopeePay.
    a. Transaksi yang dibatalkan dan menggunakan metode pembayaran OVO, dana akan di-refund/dikembalikan ke saldo OVO Customer.
    b. Transaksi yang dibatalkan dan menggunakan metode pembayaran Gopay dan ShopeePay, dana akan di-refund/dikembalikan ke SiCepatKu.
    c. SiCepatKu hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi yang ada di aplikasi SiCepat Ekspres.
    d. SiCepatKu tidak dapat di-top-up dan dicairkan ke Bank atau E-Wallet lain.

    Syarat dan ketentuan umum SiCepat GO

    Packaging
    Berat maksimum per paket adalah 30kg
    Panjang maksimum per paket adalah 200cm
    Ukuran keseluruhan (kombinasi panjang + keliling) adalah 333cm
    Nilai barang maksimum adalah Rp 780.000.000,-
    Bukan barang perhiasan dengan nilai melebihi 7.800.000-
    Perhitungan berat dimensi adalah panjang x lebar x tinggi (dalam cm) / 5000, dengan unit kg.

    Contents of the package
    Bukan binatang hidup / di awetkan
    Bukan barang larangan dan batasan umum seperti

    ○ Makanan dan Minuman yang tidak memiliki izin Depkes Negara Indonesia dan bukan yang dilarang di Negara tujuan pengiriman
    ○ Kiriman dalam bentuk cair kecuali dikemas dengan baik dan benar (dengan melampirkan MSDS (material safety data sheet) dan Surat pernyataan barang berbahaya dari pelanggan).
    ○ Tanaman Hidup
    ○ Obat – obatan
    ○ Bukan barang yang di kategorikan Dangerous Goods atau Hazardous Materia.
    ○ Barang-barang yang dapat dikategorikan melanggar kesusilaan, berupa buku-buku, majalah, film porno dan barang lainnya
    ○ Barang yang di izinkan masuk oleh Negara tujuan pengiriman, dan butuh bantuan lanjut terkait ini bisa hubungi Tim support kami

    Additional limits and fees

    Batasan biaya masuk dan biaya tambahan akan berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari Negara tujuan.

    Batasan biaya masuk Negara tujuan sebagai contoh :

    ○ Singapore
    https://www.iras.gov.sg/irashome/GST/Consumers/Consumers-Importing-Goods-into-Singapore/
    ○ Malaysia
    http://www.customs.gov.my/ms/tp/Pages/tp_gtrs.aspx
    ○ Hongkong
    https://www.customs.gov.hk/en/passenger_clearance/duty_free/
    ○ Taiwan
    https://www.export.gov/article?id=TaiwanProhibited-Restricted-Imports

    Biaya tambahan juga akan dibebankan kepada pengirim yang menginginkan paket nya kembali kepada Negara (asal) setelah melewati proses :

    ○ 3 Kali gagal pengiriman karena alamat tidak benar atau penerima berhalangan

    ○ Perubahan alamat tujuan dikarenakan gagal pengiriman.

    Delivery time for package

    Waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman sangat tergantung kepada Negara yang menjadi tujuan akhir atau kondisi lain yang menyebabkan pengiriman tertunda dari estimasi dibawah berikut ini :

    Negara Tujuan Waktu Tempuh (Hari) Negara Tujuan Waktu Tempuh (Hari)
    Australia 3-4 Hong Kong 2-3
    Arab Saudi 4-5 Malaysia 2-3
    Brunei 2-3 Singapore 1-2
    China 3-4 Thailand 2-3
    Korea Selatan 3-4 Taiwan 2-3
    Filipina 2-3 Vietnam 2-3
    South Korea 3-4 Japan 3-4
    United Emirat Arab 4-5 Qatar 4-5

    kedua, MEREKA TAHU KALAU PAKET TERSEBUT ADALAH KOSMETIK DAN ADA BOTOL SERUM NYA , DI LABEL PENGIRIMAN TERTULIS SANGAT JELAS,kalo emang packing tidak sesuai standar, kenapa ketika melakukan pengiriman barang tidak ditolak ? intinya mereka ini tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan barang yang mereka kirim.

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan SiCepat Ekspres?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Endang Sulastri

oleh SiCepat Ekspres dibaca dalam: 1 menit
1