Kerugian atas Barang Jualan di Shopee yang Rusak dalam Pengiriman

Saya adalah salah satu penjual di Shopee, yang menderita kerugian sebesar 337.700 rupiah. Nomor order: 221016HQ54GJRR dan nomor resi SiCepat regular: 004099795694. Hal ini diakibatkan karena barang yang saya kirim ke customer rusak.

Menurut klaim dari ekspedisi SiCepat packingan saya tidak memenuhi standar. Padahal barang tersebut sudah saya kirimkan menggunakan bubble wrap yang cukup tebal (4x gulung). Akan tetapi pihak SiCepat meminta paket wajib menggunakan bubble wrap setebal 3 cm.

Saya sudah ratusan kali mengirimkan barang yang sama, dengan menggunakan packaging yang sama juga, tapi baru kali ini mendapati masalah seperti ini. Pihak Shopee pun terkesan lepas tangan, tidak mau tahu tentang masalah ini. Bisa dilihat di status pengiriman Shopee, pesanan otomatis dibatalkan.

Lucunya lagi, di Shopee statusnya barang tersebut sudah berhasil dikembalikan ke penjual, tapi kenyataannya barang tersebut sampai hari ini belum kembali sama sekali ke saya. Saya rasa Shopee dan SiCepat ini saling bekerja sama untuk merugikan para penjual.

Berikut saya lampirkan bukti screenshot chat dari SiCepat dan bukti pembatalan dari sistem Shopee, dan juga bukti packingan paket.

Berikut saya Lampiran video packing paket yang katanya rusak karena packingan yang tidak sesuai standar mereka:

Endang Sulastri
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Endang Sulastri

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Endang Sulastri dengan judul “Kerugian atas Barang Jualan di Shopee yang Rusak dalam Pengiriman”...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Kerugian atas Barang Jualan di Shopee yang Rusak dalam Pengiriman

  • 2 November 2022 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Sicepat memang rese sekali kak. Saya pun pernah order produk kejar diskon.Dari kedua pesanan, anehnya 1 paket diterima baik, 1 paket lagi ada yg bocor. Bukannya diganti produk yg bocor malah ngga dapat penggantian apa. Hanya uang dikembalikan melalui tokopedia???????????????????????????. Kalo boleh saran ganti saja expedisinya yang lebih mau tanggung jawab. Masa kirim paket aja ngga becus. Berdasarkan pengamatan yang saya lihat dimana paket pelanggan itu suka di lempar2. Masa paket orang di lempar2, ya papstinya rusak atau bocorlah. Sama aja di gudang mauoun wtk masuk ke agen. Ditambah ada juga agen yg komplain langsung bagian gudang buat paket pelanggannya tidak dilempar2

  • 2 November 2022 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Dari video, packing barangnya sudah oke untuk barang seperti itu. Mungkin kedepannya pertimbangkan masukkan saja ke dus karton tebal, bisa dibuat/dirangkai sendiri pakai dus bekas yang agak tebal seperti dus minuman Pocary.

    Coba konfrontir pihak ekspedisi untuk minta tunjukkan aturan tertulis mereka mengenai packing harus setebal 3 cm. Kalau aturannya ada, seharusnya petugas mereka saat pickup barang harus proaktif bertanya dan memberi rekomendasi pada packing yang beresiko.

    Saat dimuat untuk persiapan pengiriman, barang kecil seperti itu bisa bonyok kalau ditumpuk di bagian bawah, tertindih paket berat seperti uang koin milik koruptor. Kembali lagi itu kesalahan SOP ekspedisi. Jangan karena masalah 3 cm lantas kesalahan dilimpahkan seluruhnya kepada pengirim.

    Semoga pihak ekspedisi bersedia mengganti kerugian setelah surat ini dimuat di MK. Jika barang dikirim tanpa asuransi, semoga penggantian 10x ongkir bisa menutup kerugian TS sebesar 337.700 rupiah.

    • 2 November 2022 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Peraturan tertulis yang harus buble warp minimal 3cm itu memang ada di si cepatnya sendiri. Kalo ga percaya cek aj peraturannya di website resmi nya si cepat sendiri.

      Aku dulu juga pernah ngirim paket bentuk
      cairan dan udah di packing pake kertas karton doang, nah pas nyampe di gerai katanya besok lagi disuruh pake buble warp juga biar ga gampang pecah. Dan peraturan wajib pake bublewarp minimal 3cm itu emang ada.

      Terus untuk penanganan paket cairan atau rentan pecah si cepatnya bakal buat tempat sendiri untuk paketnya itu.

      Mungkin si pembuat artikel ini ga ngomong kalo paketnya mudah pecah

      • 3 November 2022 - (03:18 WIB)
        Permalink

        boleh tolong di share di bagian mana tertulis wajib bubble 3 cm ? saya cek di website sicepat ga ada

        Terms & Conditions
        Syarat dan ketentuan umum pengiriman SiCepat

        Pengirim wajib mengemas barang kirimannya dengan baik untuk melindungi isi barang kirimannya selama pengiriman.

        Pengirim wajib memberitahukan dengan jelas dan benar isi dan nilai barang kiriman. Keterangan yang tidak benar mengenai hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim.

        Pengirim menjamin bahwa barang yang diserahkan kepada SICEPAT untuk dikirim adalah pemilik yang sah dan berhak atas kiriman tersebut.

        Pengirim wajib mencantumkan informasi data Pengirim dan data Penerima pada kemasan kiriman dengan lengkap dan benar serta bisa dibaca, meliputi: Data Pengirim (Nama Lengkap, No. Telepon yang bisa dihubungi, Alamat lengkap, Data Penerima (Nama Lengkap, No. Telepon yang bisa dihubungi, Alamat lengkap (nama jalan, nomor rumah, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Kode pos)

        SICEPAT tidak menerima kiriman yang termasuk dalam kategori barang berbahaya (Dangerous Goods), kecuali diatur terpisah dari syarat dan ketentuan ini.

        SICEPAT tidak menerima kiriman yang dilarang oleh ketentuan SICEPAT dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti, Jenazah atau bagian-bagiannya, binatang hidup maupun mati, narkotika, psikotropika, senjata api, amunisi, senjata tajam, emas, logam mulia, perangko, barang pecah belah, barang curian, makanan mudah busuk, cek dan uang tunai, perhiasan bernilai tinggi atau sejenisnya dan barang-barang yang dilarang oleh hukum yang ditetapkan oleh Negara.

        SICEPAT berhak untuk memeriksa barang kiriman demi memastikan bahwa barang yang dikirim tidak melanggar hukum yang berlaku. Apabila tanpa sepengetahuan pihak Sicepat, pengirim mengirimkan barang-barang yang dilarang dalam poin 6 diatas, maka dengan ini pengirim membebaskan SICEPAT dari seluruh biaya kerusakan atau lainnya dan atas tuntutan dari pihak manapun termasuk dari pihak yang berwenang.

        Pengirim bertanggungjawab untuk melindungi kiriman dengan asuransi yang memadai dan menanggung biaya premi yang berlaku, ganti rugi untuk barang yang di asuransikan adalah sesuai dengan ketentuan asuransi yang berlaku di SICEPAT. Apabila pengirim tidak menggunakan asuransi, maka pembayaran biaya penggantian atas barang kiriman barang yang hilang atau rusak maksimal adalah maksimal 10 kali biaya pengiriman atau harga barang diambil nilai paling rendah maksimal Rp. 500.000,-

        SICEPAT tidak bertanggungjawab dan tidak memberikan ganti rugi kepada pengirim terhadap kerugian konsekuensi yang timbul akibat dari kejadian tersebut diatas, yaitu yang termasuk dan tanpa dibatasi atas kerugian komersial, keuangan dan kerugian tidak langsung lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam pengangkutan atau pengantaran yang disebabkan oleh hal-hal yang diluar kemampuan pengawasan SICEPAT atau kerugian tidak langsung lainnya termasuk atas kerusakan akibat force majeure (keadaan memaksa) seperti gempa bumi, bencana alam, aksi huru-hara, banjir, epidemi, perang, kudeta, pemberontakan, kebijakan-kebijakan pemerintah dan sebab lainnya yang terjadi diluar kemampuan SICEPAT.

        Batas waktu pengaduan/klaim adalah sebagai berikut:
        a. Pengaduan kehilangan maksimal 14 (empat belas) hari kerja.
        b. Pengaduan kerusakan maksimal 2 (dua) hari kerja. (Hari Kerja adalah Senin s.d Sabtu)

        Saat menyerahkan barang kepada SICEPAT, pengirim dianggap telah membaca dan menyetujui semua syarat dan ketentuan pengiriman ini, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, serta membebaskan SICEPAT dari segala tuntutan atau bentuk ganti rugi.

        Metode pembayaran yang tersedia di aplikasi SiCepat Ekspres adalah menggunakan OVO, Gopay dan ShopeePay.
        a. Transaksi yang dibatalkan dan menggunakan metode pembayaran OVO, dana akan di-refund/dikembalikan ke saldo OVO Customer.
        b. Transaksi yang dibatalkan dan menggunakan metode pembayaran Gopay dan ShopeePay, dana akan di-refund/dikembalikan ke SiCepatKu.
        c. SiCepatKu hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi yang ada di aplikasi SiCepat Ekspres.
        d. SiCepatKu tidak dapat di-top-up dan dicairkan ke Bank atau E-Wallet lain.

        Syarat dan ketentuan umum SiCepat GO

        Packaging
        Berat maksimum per paket adalah 30kg
        Panjang maksimum per paket adalah 200cm
        Ukuran keseluruhan (kombinasi panjang + keliling) adalah 333cm
        Nilai barang maksimum adalah Rp 780.000.000,-
        Bukan barang perhiasan dengan nilai melebihi 7.800.000-
        Perhitungan berat dimensi adalah panjang x lebar x tinggi (dalam cm) / 5000, dengan unit kg.

        Contents of the package
        Bukan binatang hidup / di awetkan
        Bukan barang larangan dan batasan umum seperti

        ○ Makanan dan Minuman yang tidak memiliki izin Depkes Negara Indonesia dan bukan yang dilarang di Negara tujuan pengiriman
        ○ Kiriman dalam bentuk cair kecuali dikemas dengan baik dan benar (dengan melampirkan MSDS (material safety data sheet) dan Surat pernyataan barang berbahaya dari pelanggan).
        ○ Tanaman Hidup
        ○ Obat – obatan
        ○ Bukan barang yang di kategorikan Dangerous Goods atau Hazardous Materia.
        ○ Barang-barang yang dapat dikategorikan melanggar kesusilaan, berupa buku-buku, majalah, film porno dan barang lainnya
        ○ Barang yang di izinkan masuk oleh Negara tujuan pengiriman, dan butuh bantuan lanjut terkait ini bisa hubungi Tim support kami

        Additional limits and fees

        Batasan biaya masuk dan biaya tambahan akan berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dari Negara tujuan.

        Batasan biaya masuk Negara tujuan sebagai contoh :

        ○ Singapore
        https://www.iras.gov.sg/irashome/GST/Consumers/Consumers-Importing-Goods-into-Singapore/
        ○ Malaysia
        http://www.customs.gov.my/ms/tp/Pages/tp_gtrs.aspx
        ○ Hongkong
        https://www.customs.gov.hk/en/passenger_clearance/duty_free/
        ○ Taiwan
        https://www.export.gov/article?id=TaiwanProhibited-Restricted-Imports

        Biaya tambahan juga akan dibebankan kepada pengirim yang menginginkan paket nya kembali kepada Negara (asal) setelah melewati proses :

        ○ 3 Kali gagal pengiriman karena alamat tidak benar atau penerima berhalangan

        ○ Perubahan alamat tujuan dikarenakan gagal pengiriman.

        Delivery time for package

        Waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman sangat tergantung kepada Negara yang menjadi tujuan akhir atau kondisi lain yang menyebabkan pengiriman tertunda dari estimasi dibawah berikut ini :

        Negara Tujuan Waktu Tempuh (Hari) Negara Tujuan Waktu Tempuh (Hari)
        Australia 3-4 Hong Kong 2-3
        Arab Saudi 4-5 Malaysia 2-3
        Brunei 2-3 Singapore 1-2
        China 3-4 Thailand 2-3
        Korea Selatan 3-4 Taiwan 2-3
        Filipina 2-3 Vietnam 2-3
        South Korea 3-4 Japan 3-4
        United Emirat Arab 4-5 Qatar 4-5

        ini saya copaskan dari web sicepat untuk terms and conditions nya.

  • 2 November 2022 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Utk barang nominal 300k hanya pake buble segitu sangat kurang aman, setidaknya pake dus bekas karna buble tdk melindungi barang saat tertindih ketika kita kirim barang semua dijadikan 1 jd mana tau barang kita ada paling bawah

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kerugian atas Barang Jualan di Shopee yang Rusak dalam Pengiriman

oleh endang sulastri dibaca dalam: 1 menit
8