Paket Belum Di-pickup Kurir, tapi Status Pesanan Shopee Sudah Diterima dan Selesai

Saya membeli barang pada tanggal 11 November 2022, di toko Scarlet Official melalui Shopee, dengan nomor pesanan: 221111SCJKT61B. Saya memilih ekspedisi Shopee Express yang instan, maksud saya supaya cepat sampai ke tujuan.

Besoknya saya lihat status pesanan saya barang sudah sampai, tapi saya cek kok barangnya belum sampai. Hingga keesokannya saya cek ke tetangga sekitar saya, memang tidak ada paket yang dititipkan. Saya komplain saya tanggal 13 November 2022, CS bilang akan dicek.

Besoknya saya follow up lagi, karena masih belum datang barangnya dan tidak ada kabar dari CS Shopee. Saya chat ke Scarlet Official buat minta bantuan mereka untuk cek. Ternyata barang tersebut belum di-pickup oleh kurir, tapi kurir bisa klik penyelesaian pesanan atau pesanan diterima.

Pihak Scarlet Official juga mau bantu, tapi saya dibebankan ongkir oleh mereka. Jelas saja saya tidak bersedia, karena itu bukan kesalahan saya. Yang mau saya tanyakan kenapa sistem Shopee bisa seperti itu? Kurir belum pickup barang tapi kok sudah bisa menyelesaikan pesanan?

Saya sudah bilang ke CS Shopee masalah hal itu, tapi dari mereka tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut. Saya sudah minta dihubungi dari Shopee Express, tapi sampai saat ini belum ada dari Shopee Express yang berani hubungi saya terkait hal ini.

CS Shopee selalu berdalih untuk pengembalian dana. Menurut saya pengembalian dana itu bentuk cuci tangan Shopee akan masalah itu. Tidak bertanggung jawabnya Shopeee Express untuk menyelesaikan masalah saya. Jadi saya mau minta itikad baik dari Shopee Express untuk menyelesaikan komplain saya, dengan pick up kembali dan antar barang ke alamat tersebut.

Saya tidak mau masalah ini berlarut-larut. Saya mau 1×24 jam pihak Shopee Express untuk menyelesaikan pesanan saya, karena masa garansi pesanan saya akan berakhir di tanggal 22 November 2022. Saya tunggu itikad baik dari Shopee! Terima kasih.

Jadiati Natalia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jawaban CS di chat muter-muter gitu ya, kayak ngeles nggak paham. Intinya sih pengiriman nggak sesuai janji, dari 2 jam menjadi 10 hari. Harusnya ongkir dipotong jadi yang termurah sisanya dikembalikan ke buyer, plus buyer dapat complementary voucher senilai 1 juta untuk kerugian waktu dan ketidak-nyamanannya. Bisa Sopi? Bisa dong.

    • mendingan minta refund aja, slx Syupi udah m bangkrut dan karyawannya jg udah m pada di phk jdx kerja pun ogah ogahan

    • Ini salah satu nya saya ga mau mengaktifkan jasa kirim mitra Shopee Xpress. Jasa kirim ga berkualitas dan profesional. Tapi lucu nya shopee dengan diktaktor nya mengaktifkan secara sepihak dan secara massal di semua seller jasa kirim ini. Di anggap suatu keharusan mengaktifkan jasa kirim ini

    • Dari kemarin spam ginian terus lu. Mana spamnya link kaskus lagi. Kalo salty ama XL jangan spam buset.

      Bikin keluhan di media konsumen, terus lu cek ada balasan gak dari CS XL.

      Lu kalo spam kek gini orang bukannya iba sama masalah lu, malah jadi ngeliat lu annoying banget.

      • masalah gw sudah selesai sama xl, tp gw masih kesal sama cs xl gara2 mereka gak kompeten. dulu pulsa saya pernah terpotong oleh internet dalam keadaan fitur kontrol pulsa untuk data aktif, tp cs malah bilang pemotongan pulsa sudah sesuai walaupun ujung2nya di ganti dan xl memperbaiki fitur kontrol pulsa. namun, xl mengulangi lg blunder pemotongan pulsa udah sesuai, nomor saya sudah di blacklist global, tp terpotong oleh pembelian di google play dan xl bilang pemotongan pulsa udah sesuai walaupun ujung2nya di ganti dan pembelian di google play di blokir lg, tp gara2 saya buat surat pembaca ini https://mediakonsumen.com/2022/09/06/surat-pembaca/fitur-kontrol-pulsa-xl-tidak-berfungsi-lagi, saya di salahkan oleh netizen yg gak tahu bahwa dulu jika xl memblokir sms konten, maka memblokir pembelian di google play jg. itu fitur kontrol pulsa untuk sms berlanggaan aktif dgn sendirinya, makannya saya dulu beranggapan fitur kontrol untuk sms berlangganan berlaku jg untuk pembelian di google play. apalagi xl dulu kalau memblokir sms konten, memblokir pembelian di google play jg.

        • Ya udah intinya jangan spam. Lu spam kek gini gak bakal bikin orang simpati, malah adanya bikin orang pengen maki. Got it? Good.

        • saya mau ralat tulisan "makannya saya dulu beranggapan fitur kontrol untuk sms berlangganan berlaku jg untuk pembelian di google play. " di ralat jadi "makannya saya dulu beranggapan fitur kontrol pulsa untuk sms berlangganan berlaku jg untuk pembelian di google play.

      • Di situkan ada tombol "Ajukan Pengembalian" pencet saja dan ikuti arahan prosedur pengembalian dana atas hilangnya paket.

  • Klo di tokopedia bisa ajukan komplain barang tdk di terima, nanti dri pihak penjual ada pilihan invetigasi atau cari driver ulang, lalu di cari driver ulang tanpa harus tambah biaya lagi... emang bisa? Bisa lah, tokopedia gitu loch, ada pilihan asuransi nya pula, jdi klo misalkan ada ilang paket ga kebanyakan drama, langsung di refund utuh walopun beberapa hari baru cairr, tapi masih wajar lah.... tapi kok sopii ga bisa? Ya ga bisa lah sopii gitu loh

    Btw gw user tokopedia banget, bukan admin atau org dalem

      • @Syahrul , Manusia2 KURANG WAWASAN kayak anda yang selalu saya blacklist. Udah gapaham, malas baca dan mencari tahu, masih bisa2nya asal bunyi dan fitnah. Inget, hal kayak gini meskipun tidak anda sengaja, tanpa sadar anda sudah berbuat dosa pak. Kalau tidak paham lebih baik diam, daripada asal bunyi jatohnya fitnah lagi, bahkan menghina mencaci padahal anda yang ganyambung.

        Jelas2 sudah dibilang pihak seller yg kebetulan official justru sudah membantu meskipun ini bukan kewajiban mereka, tetapi harusnya pihak Shopee, karena ini kesalahan dari kurir, yang sudah berbeda perusahaan dan tidak ada hubungannya dengan penjual.

        Masalah kayak gini itu diluar kendali dan wewenang penjual, karena masalahnya ada di kurir yang menyelesaikan pengantaran, padahal dia ga pickup paketnya, terkadang mereka mungkin gasengaja kepencet, namanya manusia pasti bisa khilaf, meskipun ga menutup kemungkinan bisa jadi juga ada oknum2 yang sengaja.

        Dan masalah seperti ini, pihak Shopee lah satu2 nya yang memang bisa dan seharusnya menelusuri dan menangani masalah ini. Penjual biasanya akan memandu pembeli yang tidak paham, cara mengajukan masalahnya ke pusat resolusi shopee agar pihak shopee dapat menelusuri, atau membantu pembeli komplain lagi secara manual ke pihak jasa kirim meskipun biasanya tetap lebih efektif dari Shopee dan Pembeli yang komplain, tapi inipun statusnya adalah penjual HANYA MEMBANTU pembeli, karena ini bukan kesalahan ataupun tanggung jawab penjual. Kalau ketemu pembeli kurang wawasan kayak anda, kami lebih pilih blacklist aja, anda gausah beli dari toko kami. Beli cuman recehan, untung ga seberapa, tapi bikin pusing, apalagi udah repot2 penjual bantu anda komplain lagi secara manual, dan monitor sampai masalah selesai, tapi justru gatau terima kasih, malah bisa2 disalahkan sama anda dan penjual justru diberi reputasi jelek oleh Anda, padahal wawasan anda yang kurang, karena ini sebenarnya adalah kelalaian dari Kurir dan sistem shopee.

  • Lihat screenshot status pengiriman, aneh juga ya... jarak waktu setiap statusnya hanya 1 menit. Total waktu sejak Seller request pickup sampai status diterima hanya 2 menit.... mungkin barangnya dikirim lewat email ya? hihihihi.... :)
    atau saya yang salah lihat (mata udah rabun) :)
    Pusing juga seller nya, pembelinya jadi mumet...
    Semoga masalah ini cepat selesai ya mbak.

  • Letak permasalahannya disini dari sisi driver yang gak jujur dalam bekerja.
    Lihat aja status trackingnya, cuma hitungan 2 menit langsung di klik selesai.
    Bodohnya sistem Shopee ga bisa deteksi aktivitas tidak wajar dari hal begitu.
    Semoga sih driver begini minimal akunnya kena suspen lah. Enak banget gak nganterin barang tapi dapet ongkos. Kerjaan lagi susah, malah berulah pula. Nanti putus mitra berasa paling dizolimi.

    • Ini jawaban yg benar untuk buyer itu kan ada no telpon kurir/drivernya langsung hubungi saja minta pertanggungjawabannya karena itu kesalahan yg buat kurirnya bukan dari penjualnya makanya penjual mau kirim paketnya tp ongkir di bebankan ke buyer

  • pantes kena dampak phk massal...org sdm & sistemnya busuk banget bgitu..cs mreka rata2 bego,klo dikomplain cm plonga plongo gada penyeleseian.

    • Emang benar CS + Tim timnya semua abal-abal, tak pernah di respon pengaduan, selalu muter-muter jawabannya, SPX dah bubarkan saja buruk itu SPX

  • Saran saya harusnya langsung masuk menu komplain, barang tidak di terima pengajuan pengembalian dana full tanpa pengembalian barang karena paket tidak diterima biasanya bisa kok. Koordinasi sama sellernya biar langsung di setujui. Kalau sudah di setujui dana langsung refund. Kalau dana sudah refund order ulang lagi pilihan kurirnya ganti Go-Jek/grab. Jadi di tgl 12 barang sudah sampai kalau pakai cara itu.

  • cs syupi mah ampas sampah, ogut seller juga sama bbrp kasus buyer pake instan (shopee, grab gojek) kl drivernya blm dtg tp udh pickup , minta konfirmasi sm cs jawabannya tgg 1x24 jam ampas emang. pernah instan ga nongol2 1x24 jam, bsk suruh tgg lusa, akhirnya ogut suruh customer batal, bayar tunai ,kurir dr gw sendiri. cs sopi = sampah. ga kaya tokopedia rata2 cepat kl instan

    • Betul sekali SPX,+CS+TIM TIM kocar kacir, boneka hidup, itu semua sampah ! Gw aja dah gak belanja lagi di sopi