Kecewa dengan Sistem Tokopedia yang Membatalkan Pesanan dan Membatasi Akun Saya Secara Sepihak

Pada tanggal 28 Maret 2023, saya sebagai pemilik akun Tokopedia dengan status member Diamond, melakukan pembelian 2 buah lakban double tape dengan total transaksi Rp38 ribuan di salah satu toko official store. Item tersebut tidak dalam keadaan promo/flash sale. Setelah melakukan pembayaran dengan GoPay Coins (tidak memakai promo cashback, hanya menggunakan promo bebas ongkir). Saya mendapatkan email bahwa status pesanan saya dibatalkan Tokopedia dengan alasan adanya dugaan manipulasi transaksi.

Saya terkejut dong, masa belanja begituan bisa dibatalkan, wong gak status flash sale, gak pakai promo cashback. Saya pikir ini error di sistem Tokopedianya, lalu saya coba melakukan pembelian barang yang sama di toko lain. Hasilnya akun saya dibatasi tidak bisa menggunakan promo bebas ongkir dan promo-promo lainnya.

Kemudian saya coba menanyakan ke Tokopedia Care, dan mendapatkan jawaban yang ngawur banget. Saya dituduh menggunakan robot. Masa harus pake robot segala hanya untuk pembelian lakban? ?

Ini daftar belanjaan saya beberapa waktu yang lalu:

Melalui surat ini, saya mohon kebijaksanaannya supaya akun saya bisa pulih kembali. Terima kasih.

Hendrik
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Kecewa dengan Sistem Tokopedia yang Membatalkan Pesanan dan Membatasi Akun Saya Secara Sepihak

  • 2 April 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Di HP nya ada ga aplikasi yang dituduhkan ? Mungkin ke detect walau bukan untuk belanja di Tokpednya.

    • 2 April 2023 - (17:47 WIB)
      Permalink

      Ga ada gan..ga ngerti robot2an…ini saya coba belanja cok bardi buat habisin gopay coins …juga di begal…padahal sudah ga menggunakan promo apapun,bebas ongkir jg ga bisa digunakan…

      1
      1
      • 3 April 2023 - (23:39 WIB)
        Permalink

        Sama mas saya juga diblokir sepihak dan DITUDUH manipulasi, padahal saya belanja udah ratusan juta di TOKOPEDIA. Langganan supplier buat packing, electronic, dll tiap hari pasti beli dan kalau free ongkir habis ya sudah manual bayar, tapi bisa2 nya DITUDUH manipulasi, GILIRAN MINTA BUKTI atas tuduhan tersebut, bicara nya hanya pasal2 ga jelas.
        Jadi saran buat semua mengalami hal serupa, saya sendiri pindah e-commerce,
        Sudah berbulan2 ini aman, dan free ongkir nya benar2 free, bukan potongan, ini pengalaman pribadi saya, lebih nyaman di e-commerce lain, tidak ada TUDUHAN tidak berdasar dan CS yang tidak Jelas.

  • 2 April 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Ga ada gan..ga ngerti robot2an…ini saya coba belanja cok bardi buat habisin gopay coins …juga di begal…padahal sudah ga menggunakan promo apapun,bebas ongkir jg ga bisa digunakan…

    • 2 April 2023 - (23:00 WIB)
      Permalink

      Dana yg di batalkan balik lagi apa hilang?kalau balik lagi dananya lebih baik beli yg lain karena sistem tokped kalau akun terindikasi kecurangan tetap akan terbaca di sistem

      1
      1
  • 2 April 2023 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk, aneh bener tokped, beli lakban pelanggaran, atau mungkin agan pernah beli tali Pramuka, trus agan beli lakban, nah tokped takut agan beli buat nyulik orang, jadi di sini memang niatan tokped sangat mulia gan

    1
    1
    • 2 April 2023 - (21:38 WIB)
      Permalink

      Klo orang beli pisau dapur trus besok ya order tali tambang. Mungkin akun ya langsung di blokir permanen x ya.

      Terindikasi penculikan Dengan kekerasan..???

      1
      1
  • 3 April 2023 - (04:07 WIB)
    Permalink

    Mungkin TS menggunakan hape yang di-root atau menggunakan custom ROM. Dugaan lain, ada aplikasi dumping yang terinstal di hape, biasanya aplikasi untuk main curang di game dengan cara memory patching.

  • 3 April 2023 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Mungkin saja bukan tanpa alasan,karena belanja dan transaksi online kita ga pernah menyadari bahwa kadang mendeteksi malware atau hacker.teknology makin canggih di barengi kejahatan yg makin canggih.karena kebijakan marketplace selalu berubah bersamaan dgn banyak nya modus2 penipuan.memang terkesan tambah ribet,rugi waktu.terlebih kalau kita mau baca diclaimer nya marketplace.pengalaman pernah alami tapi kasus beda 1 alamat 2-3 akun.pesanan langsung di batalkan karena melanggar ketentuan. Demi antisipasi ada baik nya di tanyakan alasan nya.

  • 3 April 2023 - (13:38 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk.. Sudah sangat banyak jadi Korban Goto dari system gak jelas ,,, Sejak ganti Goto dan Singkron Gopay nih MP banyak Sandiwaranya.
    Hati2 Si IJO sekarang Banyak berulah

  • 3 April 2023 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Mungkin karena banyak oknum yg memanfaatkan program gratis ongkir dari toped kak.. Jadi akun kakak ikut dicurigai jg.

    • 3 April 2023 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Tp lucunya ini akun ga bisa pake promo apa2 lg termasuk gratis ongkir, saya baru belanja brg buat habisin gopay coin saya,tanpa gratis ongkir dan promo apapun,hasilnya kena batal jg…aneh kan..tp ya sudah la..memang sengaja ngusir ke shopee sepertinya..

      • 4 April 2023 - (05:30 WIB)
        Permalink

        Bantu jawab abang. Kasus yg mirip terjadi pada adik ipar saya. Dngan kronologis . Pada tahun lalu. Saya mengeluarkan produk baru pisang goteng madu.. dan kmudian saya pasarkan mulut ke mulut.. akhirnya adik ipar saya mau beli.. pada saat pembelian. Adik saya akunnya dikasih warning atau ancaman moderasi akun oleh admin tokoped. Demikian. Saya simpulkan penyebab nya adalah pembelian pada produk yg baru launching tidak pakai iklan toped ttpi sudah dapat pembeli.. diduga
        pembelian manipulasinoleh toped .. pdhl proses marketing bukan hanya via iklan toped aja . Sumber datang nya pembeli bisa via sosmed ataupun marketing mulut ke mulut . Nyebelin banget

  • 4 April 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Sistem Tokopedia yang Membatalkan Pesanan dan Membatasi …

oleh Hendrik dibaca dalam: 1 menit
18