Pengembalian Dana dari Lazada ke Kartu Kredit Mandiri Belum Juga Diterima

Saya menulis surat ini untuk menginformasikan bahwa saya belum menerima pengembalian dana saya, terkait dengan nomor pesanan: 998060597869276 di Lazada. Pemesanan menggunakan akun Lazada saya dan pembayaran menggunakan kartu kredit suami saya (atas nama Sefta Mena).

Saya meminta pengembalian dana pada tanggal 23 November 2022, karena pesanan mesin pemotong rumput yang saya terima tidak sesuai dengan pesanan saya. Saya memesan mesin dengan baterai 48V, tetapi yang saya terima adalah mesin dengan baterai 24V. Dari pihak Lazada dan penjual telah menyetujui, bahwa barang dikirim balik dan dana dikembalikan.

Saya menerima email pemberitahuan, bahwa dana saya berhasil dikembalikan pada tanggal 30 Desember 2022. Namun  kenyataannya saya belum menerima uang tersebut sampai saat ini, yaitu pada saat saya menulis surat ini pada tanggal 9 Mei 2023.

Saya telah menghubungi Lazada dan mengirimkan bukti tagihan kartu kredit suami saya, dari tanggal 10 Oktober 2022 sampai dengan 2 Maret 2023. Saya juga telah mengirimkan bukti konfirmasi dari Bank Mandiri, bahwa tidak ada uang yang masuk ke kartu kredit suami saya. Karena tidak ada pembatalan pembelian dari pihak Lazada, kami harus membayar cicilan selama 3 bulan.

Tanggal 6 April 2023, setelah saya melakukan komplain melalui chat, pihak Lazada menghubungi saya kembali dan menginformasikan bahwa pengembalian dana akan dikirim ulang. Namun, sampai saat ini saya belum menerima pengembalian dana tersebut.

Tanggal 8 Mei 2023, saya menghubungi Lazada lagi, tetapi jawaban yang saya terima tidak menyelesaikan masalah saya. Pihak Lazada hanya mengatakan bahwa pengembalian dana sudah dikirim pada tanggal 2 Desember 2022 dan meminta saya untuk menghubungi pihak bank. Namun menurut bukti mutasi suami saya dan konfirmasi dari Bank Mandiri, tidak ada uang yang masuk ke kartu kredit suami saya.

Saya berharap manajemen Lazada dapat segera menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan dana saya. Saya telah menunggu sesuai dengan aturan Lazada dan bahkan melebihi batas waktu yang Lazada tetapkan sendiri. Jika sistem Lazada memiliki masalah, tolong segera diperbaiki. Saya berharap dana saya dapat segera dikembalikan.

Terima kasih.

Vida Lestianingsih
Jepara, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal “Pengembalian Dana dari Lazada ke Kartu Kredit Mandiri Belum Juga Diterima”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 13 Mei 2023 berjudul “Pengembalian Dana dari Lazada ke...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Pengembalian Dana dari Lazada ke Kartu Kredit Mandiri Belum Juga Diterima

  • 14 Mei 2023 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Benar kata lazada anda harus hubungi bank mandiri dan sampaikankeluhan ini, apakah anda sudah hubungi pihak bank dan sampaikan masalah ini? Dulu saya pernah kasusnya seperti ini dgn lazada ternyata setelah saya hubungi bank ada semacam form yg harus diisi agar uang anda masuk ke kartu kredit, mungkin karna anda bayarnya pakai KK jaringan visa/mastercard, sehingga kayak dana refundnya tertahan dari pihak visa/mastercard.

    1
    1
  • 15 Mei 2023 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Langsung minta formulir pengembalian dana, link formulirnya buka menggunakan google chrome jika link formulir tidak dapat dibuka melalui aplikasi lazada. Jangan salah formulir, karena saya beberapa kali diberikan link formulir lain yang bukan merupakan link pengembalian dana.
    Jika belum mengisi formulir pengembalian dana, maka saldo tidak akan pernah kembali meskipun cs mengatakan sudah proses pengembalian.
    JANGAN PERNAH PERCAYA DENGAN KATA-KATA CS LAZADA jika hanya melalui fitur chat di aplikasi lazada.
    CS lazada hanya membalas dengan asal-asalan bahkan ngawur, karena saya sendiri sudah sangat sering mengalami ini.
    Bahkan baru menghubungi CS saja sudah dibalas bahwa proses pengajuan pengembalian dana telah disetujui, padahal formulir saja belum diisi. Jika percaya begitu saja dengan cs lazada, maka bersiaplah untuk menunggu selamanya hingga anda mengisi formulir pengembalian dana baru saldo dikembalikan.

    Dibawah ini contoh kata-kata sampah dari cs lazada yg tidak bisa dipercaya:
    Kami informasikan bahwa Permintaan pengembalian dana dari Voucher Refund ke rekening Bank telah disetujui dan kami proses. Dana dapat Anda terima dengan estimasi 2-5 hari kerja setelah kami selesai memproses ke pihak Bank. Mohon cek secara berkala mutasi rekening Anda melalui fitur M-Banking atau E-Banking.

    • 15 Mei 2023 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Ini refund dana Lazada dari pembelian dgn menggunakan kartu debit kah? Apabila iya, memang biasanya ada formulir yang harus di isi, seperti rekening tujuan, nama bank, nama pemilik dll. Tapi setahu aku belanja di bbrp e-commerce seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee dan Zalora, ketika transaksi batal dan pembayaran menggunakan kartu kredit, tidak ada isian formuliar apa-apa tuh. Hanya disuruh menunggu dan tidak sampai 7 hari kerja sudah terkredit sendiri. Dan apabila ada cicilan, ya semua cicilan yang terlanjur tercetak, semuanya void. Tapi tidak tahu jg dgn bank Mandiri ya, karena dari semua kartu yang dimiliki, tidak satupun kartu yang aku pegang dari bank BUMN, semuanya bank swasta, dan sampai sekarang tidak pernah ada masalah.

  • 17 Mei 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Kepada Redaksi,

    Terima kasih atas bantuannya memuat masalah ini sehingga permasalahan dapat terselesaikan. Terimakasih juga kepada teman-teman yang telah meluangkan waktu untuk memberikan komentar serta sarannya terkait permasalahan ini.

    Kepada Ladaza & Mandiri,
    Terimakasih atas respon dan tindak lanjutnya akhirnya dana refund saya sudah kembali per hari tanggal 17 may 2023, setelah 5bulan lebih penantian.

    harapan kami sebagai konsumen, tolong sistem dari masing-masing pihak bisa diperbaiki lagi, sehingga kejadian ini tidak terulang dikemudian hari.

    Salam hangat,
    Vida

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana dari Lazada ke Kartu Kredit Mandiri Belum Juga Diter…

oleh vida dibaca dalam: 1 menit
6