Kurir Malah Menyuruh Pembeli untuk Membatalkan Pesanan dan Membuat Status Pengiriman Seolah Pembeli Menolak COD

Sebelumnya, saya sangat kecewa sekali dengan Ninja Xpress, karena kurir yang melakukan pengiriman paket dengan nomor resi: NLIDAP1655042638, telah membuat status pengiriman yang tidak sesuai. Status pengiriman dibuat seolah-olah pembeli saya menolak paket COD. Padahal semua itu hanyalah akal-akalan kurirnya saja, entah karena dia malas nganter paket atau bagaimana.

Yang jelas, setelah saya hubungi pembeli melalui chat di WhatsApp, kenyataannya pembeli saya tidak pernah menolak paket COD ataupun membatalkan pesanan ketika paket diantar. Justru kurirnya yang tidak beres dan bahkan kurirnya malah menyuruh pembeli saya buat cancel, seperti bukti chat di WhatsApp yang saya lampirkan.

Karena saya sangat kecewa, akhirnya saya komplain ke customer service Ninja melalui messenger dan saya minta supaya paket dikirim ulang ke pembeli saya.

Singkat cerita pada tanggal 18 Juni 2023, saya konfirmasi lagi ke CS melalui messenger. Menurut pihak CS, paket itu sudah dikirim ulang lagi, dengan kurir yang berbeda dari pengiriman sebelumnya dan sedang dalam pengantaran ke alamat penerima, jadi saya disuruh menunggu hingga pukul 22.00. Namun hingga pukul 22.00 dan bahkan hingga esok harinya, nyatanya paketnya tetap tidak sampai ke pembeli saya. Entah itu sebenarnya jadi dikirim ulang atau tidak, tapi yang jelas paket dengan no resi yang saya cantumkan di atas tadi malah mau dikembalikan ke penjual.

Dan pada tanggal 19 Juni 2013 saya juga menghubungi pembeli saya menanyakan apakah kurirnya sudah menghubungi atau belum, karena pada tanggal 18 Juni 2013, kata CS Ninja paketnya telah dikirim ulang pada hari itu.

Namun kata pembeli saya, pada tanggal 18 Juni 2023 itu, kurirnya sama sekali tidak menghubungi penerima. Itu artinya, pengiriman yang kedua kurirnya juga tidak menghubungi penerima dan tau-tau di esok harinya pada tanggal 19 Juni 2023 malah paketnya dikembalikan ke saya sebagai penjual.

Saya di sini sangat kecewa, karena bukan hanya kurirnya saja yang tidak profesional, tapi juga para staf Ninja termasuk CS-nya. Karena saya minta paketnya untuk dikirim ulang, tapi katanya sudah tidak bisa dan mau tidak mau harus diretur. Padahal yang salah kurirnya sendiri, gara-gara kurirnya malas mengantarkan paket ke pembeli, terus buat status pengiriman yang tidak sesuai dan akhirnya penjual yang dirugikan.

Ini bukan yang pertama kalinya kurir Ninja seperti itu. Ini sudah beberapa kali saya sebagai penjual sering mendapat returan paket COD dari Ninja, dengan keterangan dari kurirnya katanya pembeli membatalkan pesanan. Namun nyatanya setelah saya konfirmasi ke pembelinya sendiri sebenarnya mereka tidak menolak COD, tapi justru menunggu paketnya datang. Lain cerita kalau memang pembeli sendiri yang menolak COD, saya tidak akan komplain.

Melalui surat ini, saya minta pihak Ninja menindaklanjuti dengan tegas. Tolong kurir itu diberikan sanksi atau hukuman setimpal, biar tidak seenaknya menyuruh pembeli buat cancel, hanya karena dirinya malas mengantarkan paket. Kalau memang malas, harusnya tidak usah jadi kurir.

Wiji Lestari
Bantul, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Ninja Xpress atas Surat Pembaca Ibu Wiji Lestari

Jakarta, 22 Juni 2023 Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com di Tempat Perihal: Tanggapan atas surat pembaca di mediakonsumen.com mengenai pengiriman paket...
Baca Selengkapnya

29 komentar untuk “Kurir Malah Menyuruh Pembeli untuk Membatalkan Pesanan dan Membuat Status Pengiriman Seolah Pembeli Menolak COD

  • 20 Juni 2023 - (09:21 WIB)
    Permalink

    untung ibunya sigap, langusng konfirmasi melalui WA ke pembeli, kadang kalo lewat aplikasi lama dibacanya atau malah tidak tau

    10
    2
    • 20 Juni 2023 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Ah ninja ekspres namanya doang …paling lelet dah gitu suka lempar barang…..makanya klo beli OL….kurir ada ninja walau murah …tidak saya pilih ….

    • 26 Juni 2023 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Dulu juga sempet belanja di Lazada karena cuma ada pilihan kurirnya ninja mau gak mau dah ya di pake waktu itu belanja sparepart motor dengan total 900rban rasio gigi sama noken as lah pas di buka noken as doang isinya rasio giginya gak ada saya konfirm ke seller dia kirim lengkap sampai ada foto packing nya pas saya konfirm ke kurir dia Dateng sama temennya minta maaf gak dengan alasan akan mengganti kerugian saya ehh beberapa hari kemudian nomor wa saya di blokir sama tuh kurir ninja express staf customer service nya jga terlalu bertele tele gak menghasilkan solusi..

      • 27 Juni 2023 - (22:48 WIB)
        Permalink

        Walau agak telat, ijinkan saya komentar kak. Konfirmasi dulu, saya bukan kurir ekspedisi manapun dan tanggapan ini hanya karena saya merasa sedikit janggal aja. Yang screenshoot no 2 itu yang ada foto tempatnya dari si kurir pertama kan yah? Itu jarak waktu antara chat pertama(yang ada foto dan pertanyaan minta cancel) dengan chat konfirmasi kalau barangnya udah di cancel ada sekitar 26 menitan kan(13:02 ke 13:28)? Kalau iya dan andaikan foto lokasi di ssan chat tsb sesuai dengan alamat buyer, berarti kurirnya udah nunggu hampir setengah jam dong buat antar barang + ambil uang cash dari buyernya? Untuk bagian CS dan kurir ke 2 saya tidak tahu, tapi rasanya agak kasian kalau kurir ke 1 kena imbas masalah ini. Karna paket COD biasanya buyer harus stand by di tempat jika kurir sudah dalam perjalanan, dan sudah harus menyiapkan uangnya. Jadi menurut saya pada pengantaran pertama tsb sepertinya buyernya yang bermasalah deh. Saran saya untuk Kakak seller sebaiknya jangan panik dan lebih teliti dalam kondisi tersebut, selain agar tidak merugikan pihak yang tidak bersalah juga untuk menghindari kasus2 penipuan dari oknum buyer yang tidak bertanggung jawab. Sekali lagi ini hanya opini saya pribadi setelah membaca seluruh kejadian(termasuk isi screenshoot chat yang terlampir), mohon maaf jika ada salah dalam kata2 maupun jika saya memang salah dalam menafsirkan kasus tsb. Terimakasih.

      • 20 Juni 2023 - (23:19 WIB)
        Permalink

        Saya juga ngalamin hal yang sama gan,, saya beli barang dgn pengiriman Ninja Van id dgn nomor Resi NLIDAP1654627834, Kurir gak ada menghubungi saya,, tiba2 paket di kembalikan ke Penjual.

      • 21 Juni 2023 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya justru sebaliknya di daerah Suoh Lampung Barat, Ninja paling disiplin dan tepat waktu antar paket pesanan dan kebetulan kurirnya warga setempat. Justru kurir dari perusahaan lain ya seperti kisah-kisah di atas, kurir menghubungi untuk pertemuan jauh dari lokasi COD, pembeli disuruh membatalkan pesanan, kurir marah-marah karena pesanan hanya barang murah, kurir membatalkan pesanan karena seolah-olah pembeli tidak bisa dihubungi, seolah pembeli tidak bisa dihubungi dsb. Begitu juga ketika menghubungi CS market place juga tidak menyelesaikan masalah, tidak ditanggapi, bahkan kalau terpaksa dikirim ulang biasanya barang rusak di dalam kemasan.

      • 21 Juni 2023 - (20:57 WIB)
        Permalink

        saya selalu belanja di aplikasi sebelah si Oren. Walau paketnya 2000 rupiah tetap diantar sama jasa kirim aplikasi sebelah shopeexpress. Kurirnya jga ramah walaupun sya pesen paket harga 2000 rupiah dan nyampe cepet kerumah. ya gimana lagi emang mager jadi beli cuman 2000 rupiah aja online tapi sejauh ini puas sama pelayanan aplikasi sebelah sama jasa kirim nya.

        • 24 Juni 2023 - (21:52 WIB)
          Permalink

          Inilah ciri2 warga konoha,,,harga pengen 2000perak pengen murah barang pengen bagus,pengen diantar tepat waktu hahaha giliran barang mahal COD-an pura2 lagi diluar,bisa balik lagi gak?????batookkk…
          Dasar konsumen murahan,,,jangan sok2an belanja kalo kaga ada duit ,,,,sono kelaut aja,,,,online shop dibuat bukan murahan tp ke efektifan dr berbelanja,,,maka dr itu hargai setjap pekerjaan kurir karena mrk bawa amanah ,,,,sok2 an pengen dihubungi lebih dulu,,,emang kiriman paket cuma satu doang?????kagak bambang,,,,sekali ngirim itu ratusan paket per kurir nya,,,dasar aneh warga konoha,,,ngapain harus dihubungi kan sdh jelas ada pemberitahuan di aplikasi”””KURIR AKAN MENGANTARKAN PAKET ANDA DALAM SATU JAM”””SIAPKAN UANG COD ANDA.

          Waraslah sdikit,,makanya sebelum belanja online pahami dulu segmentasi dan aturannya,,,,budayakan lah membaca nyong,,,
          Kebanyakan dari pembeli tidak membaca rules berbelanja online.

          Sekian,,harap jadi himbauan bagi pembeli semua yg ingin belanja online

      • 22 Juni 2023 - (10:52 WIB)
        Permalink

        Eh, ada anda lagi nih.
        Mslh trs ya sama pihak ekspedisi dan marketplace. Lazada, tiktok, ninja, sicepat.
        Msh ada jnt, jne, shopee xpress, dll. Di tunggu ya tulisannya

  • 20 Juni 2023 - (14:12 WIB)
    Permalink

    inimah uda permainan ekspedisi, paket COD gagal kirim dan menjadi diretur oleh pihak ekspedisi. seller yg menanggung biaya ekspedisi. Harus dilaporkan aja pihak ekspedisinya kepolisi ini sma aj dugaan penipuan yg merugikan seller.

    8
    3
  • 20 Juni 2023 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Kalau barang COD dikembalikan ke seller, apakah seller tetap kehilangan ongkir? Kalau gitu enak dong, ekspedisi tidak modal tapi dapat untung!!!
    Eh, modal deh, modal nipu!

    12
    3
  • 20 Juni 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Klo udh pernah punya pengalaman buruk sm ninja knp pake ninja lg buat kirim barang, hrsnya langsung black list ninja dr hidup anda, kan msh ada ekspedisi yg lain

    • 20 Juni 2023 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Krn yg jdi masalah, di lazada tdk bisa dgn mudahnya ganti ekspedisi harus mengajukan perubahan dulu dan blm tentu di acc

      • 22 Juni 2023 - (10:22 WIB)
        Permalink

        Kasih dia paham bang, itu bocah, katanya gmpang kali maen ganti kurir di lazada, emang dikira Shopee ama tokopedia, kita bebas pilih expedisi mna yg mau ditutup.

  • 20 Juni 2023 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama seperti saya (buyer) entah karena kurirnya males anterpaket. Paket sy tidak dikirim sama kurir Ninja alasannya di lazada tertera alamat tidak ditemukan berulang² selama 3 hari dan akhirnya paket di retur. Ya kali alamat saya ada di hutan pedalaman, ini lho tiap hari ada kurir J&T, SiCepat lewat. Tapi cuma Ninja aja yg aneh, apalagi di Lazada nggk bisa ganti kurir ekpedisi.

  • 21 Juni 2023 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Nina ya??? Ga heran si,,,apalgi nina lazada pengiriman luar pulau selalu ga karuan ongkirnya nya ,,,bayangkan barang 1/2kg bisa jadi 2kg

      • 21 Juni 2023 - (16:39 WIB)
        Permalink

        Di lazada tdk bisa menonaktifkan kurir atau memilih kurir ekspedisi seperti di Shopee atau tokopedia, krn ekspedisinya udh dipilihin secara otomatis sama lazada. Klo misalnya bisa memilih sendiri, udh dari kemarin2 sy nonaktifkan dan memilih kurir semau sy sendiri krn ini jg bkn yg pertama kalinya ada masalah sperti ini

  • 21 Juni 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Tapi pengalaman saya dpt kurir ninja yg baik hati, di lazada beli jas hujan dan sudah dibatalkan, namun tiba² kurir dtng paket jas hujan itu, tp karna paket terlalu tipis kurir menyarankan ditolak saja kyk semacam penipuan dari seller, jas hujan dengan harga 80k tp paketnya setipis jas hujan yg sekali pakai, misal kurir tidak menyarankan ditolak, saya pasti sudah kehilangan uang saya . . . Terima kasih kurir yg baik hati

  • 22 Juni 2023 - (05:03 WIB)
    Permalink

    Pengalaman 1x pake kurir ninja, wktu itu beli barang alat buat ngepel, boxny emg agak gede sih, kurir antar pake mtor pas serahin paket mukany ud gak enak n g ramah sm sekali, trs sy ksh uang krn COD, shrsny msh ad kembalian 10ribuan kah brp tp dia g mau ksh kembalian dgn alasan paketny besar
    Ya udahlah ak malas ribet n pkr kshn jg dia bw paket agk besar, cmn yg sy g suka ekspresi muka n maksa dia g mau ksh kmbalian it
    Klo msl ramah atau smbl brcanda mnta tips, sy psti jg kasih lah krn kasihan jg
    Yach hbs it jd malas mau pake ninja lg

  • 23 Juni 2023 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Sy prnh 3x cod di lazada paket ga sampe sejak itu ga prnh lg belanja di lazadut , klo di sopi ato tokped cod lancar jaya

  • 25 Juni 2023 - (01:35 WIB)
    Permalink

    Dari yang saya baca biasanya si ada kerenggangan antara kurir dan si pembeli, setau syaa biasanyaa kurir itu selalu nganter ke rumah, tapi mungkin si pembeli jarang ada di rumah atau sedang keluar,
    Jadi itulah sebabnya kurir jadi enggan ke rumahnya lagi, pasti ada maslah deh
    Kalw saya si lihat dari hasil chatan kk smaa CS
    Ya kita juga ga bisa nyalahin sepihak,

 Apa Komentar Anda mengenai Ninja Xpress?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kurir Malah Menyuruh Pembeli untuk Membatalkan Pesanan dan Membuat Sta…

oleh Wiji dibaca dalam: 2 menit
29