Paket Retur Gagal COD Tokopedia Kembali dalam Keadaan Hancur!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dear Tokopedia dan SiCepat. Saya pemilik akun Tokopedia seller: Wisnu Shop Murah. Pada tanggal 29 April 2023, saya sebagai seller mendapatkan orderan COD, produk berupa keyboard dengan nomor order: INV/20230429/MPL/3201284187 dan nomor resi SiCepat Gokil: 005204698454.

Pada tanggal 29 April 2023 sore hari, saya kirim dengan packing kayu super kuat, pakai kayu kuat meranti dan dipaku tebal. Tidak lupa saya tambah packing kardus tebal sekali dan masih saya buntel gulungan kain. Saya kirim barang tersebut melalui SiCepat Blitar.

Saya juga klik aktifkan asuransi kerusakan Tokopedia. Saya juga punya bukti foto saat barang sebelum dikirim dalam kondisi mulus bagus dan packing yang kuat. Foto packing barang sebelum kirim dengan pack kayu juga ada. Isi barang juga ada fotonya.

Lalu saya terus pantau status di Tokopedia. Hampir 1 bulan lamanya barang tidak kunjung sampai ke penerima. Lalu setelah itu barang diretur tanpa keterangan apa pun pada tanggal 29 April 2023, jadi hampir 1,5 bulan.
Ya sudah, belum rezeki pikir saya. Saya sabar menunggu barang saya diretur.

Setelah itu tanggal 8 Juni 2023, barang datang ke SiCepat Blitar dan saya ambil. Namun saya kaget, karena barang datang tapi packing kayunya sudah gak ada dan acak-acakan. Saya curiga kalau isi paket saya hancur. Saya foto barang itu, bahwa packing kayu sudah gak ada. Lalu saya buka barang sambil saya video dan foto, ternyata benar barang hancur parah gak bisa diperbaiki. Hancur lebur tidak karuan.

Saya bingung dan cari info di Google. Saya diarahkan minta bantuan di Tokopedia Care via chat. Lalu saya minta bantuan Tokopedia Care. Dari situ saya disuruh menunggu investigasi. Setiap hari saya chat Tokopedia Care, tapi tetap hanya disuruh menunggu investigasi kurir.

Balasan chat selalu itu terus

Hampir 2 minggu saya tiap hari chat, tapi tetap tidak ada jawaban pasti hanya suruh menunggu. Lalu pada tanggal 20 Juni 2023, tiba-tiba saya di-chat pribadi oleh SiCepat, bahwa barang tidak bisa diganti dengan alasan packing kurang.

Kok bisa saya di-chat pribadi via WA? Saya balas dan telepon, tapi tidak direspons. Padahal jelas barang saya packing kayu kuat dan kardus tebal. Lalu kurangnya dari mana? Barang balik dengan packing kayu sudah tidak ada dan acak-acakan saja saya sudah yakin bahwa barang dibanting, apalagi hancur lebur.

Saya laporkan ke Tokopedia Care mengenai chat pribadi dari SiCepat, tapi tetap hanya disuruh menunggu lagi investigasi tanpa ada jawaban pasti. Saya lama-lama tidak kuat dan tidak sabar. Saya tulis di Media Konsumen ini supaya benar-benar ada tanggapan dari Tokopedia dan SiCepat.

Bagaimana asuransi barang saya? Bukankah di Tokopedia barang akan diganti jika gagal COD barang rusak dengan ketentuan asuransi dan itu lama waktunya 8×24 jam? Sedangkan ini sudah lebih. Saya rugi dan minta ganti rugi barang saya. Tolong respons dari Tokopedia atau SiCepat jika membaca surat saya. Saya sudah tidak bisa menunggu lagi. Atau mungkin dari pihak yang punya kejadian sama kayak saya bisa bantuin saya??

Wassalammualaikum.

Anis Kartika Sari
Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

78 komentar untuk “Paket Retur Gagal COD Tokopedia Kembali dalam Keadaan Hancur!

  • 23 Juni 2023 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Terimakasih kak sudah mampir di surat saya. Iya betul. Cuma setidaknya harus ada itikad baik dari pihak terkait. Entah itu tokopedia dan sicepat. Apalagi sy sudah pakai asuransi. Lalu apa guna nya asuransi?

  • 23 Juni 2023 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Kalau misale kita pas kirim bilang sama agen pengirim mas ini elektro jangan dibanting . Biasanya apa ga dikasih stiker sama pihak kurirnya ya

  • 28 Juni 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum wr wb.
    terimakasih Tokopedia care, setelah tulisan ini dimuat lalu dua hari setelahnya saya di telpon pihak Tokopedia care mengenai permasalahan tersebut. Saya ceritakan ulang lagi seruntut runtutnya tanpa saya tambah tambahi Lalu dilakukan investigasi ulang tapi tidak lupa tetep saya kejar tiap hari via chat Tokopedia care.
    Akhirnya setelah beberapa hari saya dikabari kalau akan diganti melalui asuransi Tokopedia maksimal tanggal 27 Jun 2023. Saya tunggu sampe jam 23.59 blm ada penggantian . Saya tetep disuruh nunggu, namun tetap saya kejar. Setelah itu tepat pukul 14.30an tanggal 28 Jun 2023 asuransi cair seharga barang.

    Dari surat ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Tokopedia yang sudah mengganti barang saya yang rusak karena gagal cod. Terimakasih juga saya ucapkan kepada pihak terkait ,kepada sicepat, kepada mediakonsumen.com, kepada teman teman yang menanggapi kasus saya di mediakonsumen.com, walaupun tidak pernah bertemu tapi bisa saling bertukar pikiran di situs ini. kalian sungguh luar biasa.
    Semoga kasus ini bisa jadi pembelajaran buat saya, dan para seller seller yang pernah punya kasus seperti saya.
    Setelah tulisan ini dibuat saya anggap selesai dengan pihak Tokopedia dan sicepat.
    Semoga Tokopedia dan sicepat serta pihak terkait bisa lebih meningkatkan pelayanan lebih baik.

    Terimakasih semua.
    Walaikumsalam wr wb

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Ada 78 komentar sampai saat ini..

Paket Retur Gagal COD Tokopedia Kembali dalam Keadaan Hancur!

oleh Anis dibaca dalam: 2 menit
78