Pembatalan Pengiriman Pesanan Berdalih Kesalahan Harga

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen karena telah bersedia menerbitkan keluhan saya. Di sini saya selaku customer marketplace Blibli, ingin menyampaikan keluhan terkait pesanan saya yang dibatalkan secara sepihak oleh pihak Blibli. Padahal pesanan tersebut sudah diserahkan ke kurir dan sedang dalam pengiriman menuju ke alamat saya.

Kronologinya, pada tanggal 12 Juni 2023 saya melakukan pemesanan 2 buah Xiaomi Android Smart Tv A2 43″ saat Flash Sale berlangsung dengan 2 transaksi berbeda. Masing-masing seharga Rp469.000,- belum termasuk ongkir.

Pagi harinya status pesanan saya berubah dari “In process” ke “Ready to ship“. Lalu sekitar satu jam kemudian statusnya berubah lagi menjadi “On delivery“, yang artinya pesanan saya sudah dalam pengiriman. Semenjak itu saya tidak cek pesanan lagi sampai hari berikutnya, karena sudah yakin kalau pesanannya sudah dikirim dan tinggal menunggu tiba di rumah.

Keesokan harinya setelah lewat tengah hari, pesanan saya belum sampai juga. Di sini saya mulai agak khawatir ada yang bermasalah dengan pengirimannya, karena biasanya produk yang berlabel “Disediakan Blibli” akan cepat sampai. Apalagi dikirim dari area Jabodetabek ke alamat saya di Bogor.

Alangkah terkejutnya saya ketika cek pesanan namun pesanan saya yang aktif di tab “Current” sudah tidak ada. Setelah saya cek ternyata sudah berpindah ke tab “Completed“, tapi statusnya malah berubah menjadi “Not delivered” yang artinya pesanan saya tidak terkirimkan.

Sejak saat itu saya coba menghubungi CS Blibli melalui Live Chat. Hasilnya CS memberi pilihan “Kirim ulang” atau “Refund“? Tentu saja saya pilih kirim ulang. Lalu CS bantu membuat laporan atas keluhan saya ke pihak terkait dengan Nomor Tiket Kendala: 1471254445.

Malam harinya saya dapat konfirmasi e-mail dari Blibli yang menginformasikan mengenai laporan untuk 2 nomor pesanan yang bermasalah. Di sana dijelaskan bahwa pesanan saya gagal kirim dikarenakan ada kesalahan setting harga, dan dana pembayaran yang sudah masuk akan di-refund ke limit kartu kredit 5-10 hari kerja.

Sebenarnya bukan kali ini saja saya mengalami pembatalan pesanan karena “Salah harga”, bukan hanya dari Blibli tapi juga dari marketplace lain. Saya sudah terbiasa dengan situasi dan kondisi seperti itu. Kecewa? Tentu saja, karena produk incaran yang didapat dengan susah payah dibatalkan begitu saja. Namun kekecewaan itu tidak berlangsung lama, karena memang dari pihak seller menyadari kesalahan mereka dan meminta maaf karena tidak dapat mengirimkan pesanannya.

Lain halnya dengan kasus terbaru saya di Blibli. Itu pesanan saya sudah masuk ke jasa ekspedisi dan sedang dalam pengiriman menuju alamat saya, tiba-tiba saja dibatalkan secara sepihak. Sungguh sangat tidak professional. Logikanya saja, jika memang salah harga, kenapa dari awal pesanan saya masih diproses, siap dikirim, lalu dikirimkan? Kenapa tidak dari awal dibatalkan agar tidak ada drama di antara kita.

Sebenarnya saya sudah mengikhlaskannya, mungkin memang bukan rezeki saya. Namun saya tetap meminta penjelasan yang masuk akal dari pihak Blibli melalui e-mail, tapi sampai saat ini masih belum ada jawaban. Jadi mau tidak mau saya tulis saja keluhan saya di Media Konsumen.

Husen Munazar
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Blibli Atas Surat Pembaca “Pembatalan Pengiriman Pesanan Berdalih Karena Kesalahan Harga”

Menanggapi surat keluhan pembelian smart tv yang dikirimkan Bapak Husen Munazar, yang diunggah di halaman Media Konsumen 25 Juni 2023...
Baca Selengkapnya

77 komentar untuk “Pembatalan Pengiriman Pesanan Berdalih Kesalahan Harga

    • 25 Juni 2023 - (13:20 WIB)
      Permalink

      Tamaknya dimana ?, TS tidak salah loh dia lihat ada promo dan langsung beli.
      Namanya juga promo orang pasti nyari murah

      14
      1
    • 25 Juni 2023 - (13:37 WIB)
      Permalink

      Duh, kenal juga kagak, sok2an bilang tamak, iya deh sipaling dermawan, baca dengan teliti dong sampai akhir, jangan cuma baca awalnya saja, sudah saya bilang saya sudah terbiasa dengan alasan salah harga, cuma dikasus ini masalahnya beda, klo memang salah harga kenapa diproses dan dikirim? Kenapa g dibatalkan dari awal? Itu yg jadi pertanyaaan saya, dan jelas saya berhak mendapatkan alasan yg masuk akal, FYI, sebelumnya saya sudah sering belanja di Blibli dan udah sering dapet harga miring, pernah juga waktu itu dapet Tv LED 24″, harga normal sekitar 1,2jt tapi hanya bayar 250rb saja.

      5
      2
      • 26 Juni 2023 - (09:34 WIB)
        Permalink

        Huueeluuk tv android 43″ Flazz zale harga 400k 🙃 guling guling penjualnya 🤣 harga normal 3juta lebih🙏 klo saya beli 5/lembar klo harga segitu satu tak taruh di pos kampling 😊💪

      • 27 Juni 2023 - (00:20 WIB)
        Permalink

        Kalau boleh saya komen ka,, sepertinya memang ada kesalahan harga dari sang penjual karena terlalu jauh harga normal dengan harga yg di panjang, case sudah di kirim ada 2 kemungkinan 1.penjual memang udah kirim lalu mungkin baru sadar kalau harga slah dan pasti merugi sehingga mungkin seller ya mengambil barang nya kembali harus croscek ke tempat dia kirim barang bisa di cek di resi nya biar jelas kronologis nya
        Saya juga sebagai seller sering salah pasang harga. Kalau merugi ya lebih baik saya cancel gpp dpt finalty yg penting kan ga rugi. Namanya juga dagang. Mudah2 an aja yg penting uang nya balik lagi ke kk dan ikhlasin aja blm rejeki dpt tv anggap aja emang seller nya salah kasih harga nya ka.. Kasihan juga kan kalau kk jadi selera nya pegawai salah kasih harga gitu bisa bikin stres.. Saling ikhlasin aja biar nyaman.

    • 25 Juni 2023 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Lah kok tamak *****? Dia dapet itu krna emang terpampang jelas harganya segitu, kok tamak lu orang blibli kali

      • 25 Juni 2023 - (21:06 WIB)
        Permalink

        Udah kebiasaan Blibli dari dulu kayak gitu. Intinya salah pasang harga. Merchant nggak mau rugi. Dan nggak akan dikirim. Kompensasi selain refund ya voucher permintaan maaf 10rb untuk belanja berikutnya.
        Sudah tradisi Blibli sejak dulu ☺️

        • 25 Juni 2023 - (21:10 WIB)
          Permalink

          Masalahnya ini udah masuk pengiriman kak, lalu ditengah2 pengiriman malah dibatalkan, klo g percaya bisa tracking resinya.

    • 25 Juni 2023 - (19:54 WIB)
      Permalink

      Namanya berat jadi segala tidak tanduk dan perkataan dipertimbangkan kembali.nggak asal ngasih penilaian org lain sepihak

  • 25 Juni 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Harga 4juta itu, nol nya kurang. Kalau dikirim penjualnya rugi. Sedang anda beli 2x, mau dijual lagi pasti. Bersenang-senang di atas kerugian orang lain

    5
    21
    • 25 Juni 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Duh, gini nih masyarakat Indonesia, masih banyak yg krisis membaca, gimana mau maju klo kaya gini terus? Coba dibaca dong baik2 semua keluhan saya dari awal sampai akhir biar g salah paham, bukan masalah bersenang2 diatas penderitaan orang lain, dan untuk masalah dijual lagi atau tidaak tentu saja itu terserah saya, yg dapet kan saya kenapa anda yg ribet?
      Yg saya tekankan disini, klo memang salah harga kenapa g dari awal dibatalkan? Kenapa malah diproses dan dikirim? Klo udah diproses & dikirim berarti udah setuju dong dengan harga dan segala macamnya? Lalu kenapa tiba2 dibatalkan ketika pesanan dalam pengiriman, kan aneh.

      7
      4
    • 25 Juni 2023 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Lah itu kan yg Adain fles sale pihak Market place. Ngapain nyalain konsumen
      Seperti kata TS di atas. Klo emng salah harga knpa tidak dari awal di batalkan.?
      Ini produk udh di proses dan akan di kirimkan. Jelas merugikan konsumen & pihak Market place sudah menipu pihak konsumen

      7
      2
    • 25 Juni 2023 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Lah rugi ato gk nya itu gk ada hubungannya Ama pembeli. Emang dasar penjualnya aja yg Oneng gk jelas maunya gmn..dia yg jual dua yg salah hrg malah pembeli yg dibikin ribet …klo blm paham mending baca dlu deh sampe bener2 paham dan ngerti isi surat si pembeli.mjadibhgn main komentar yg gk enak

      6
      1
    • 25 Juni 2023 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Saya setuju dan sependapat saya pun juga akan melakukan hal sama jika ruginya sangat banyak seperti itu itu yang di atas malah dikatain tamak itu kenapa nggak terima ya hahaha 😁😁😁

      1
      1
  • 25 Juni 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Sepertinya flash sale di market place manapun uda gak bisa dipercaya. Uda sering baca media konsumen seringkali batal sepihak alesan salah harga dan dikasih kompensasi voucher gak sebanding. Mau pembeli beli 1 , 2, atau bnyak sekalipun dan mau dipakai sendiri atau dijual lagi yah itu hak dia.kalau memang dr awal gak niat flash sale mending gak usah ada.

  • 25 Juni 2023 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Anda meminta penjelasan yg masuk akal ya kan sudah disebut salah harga. Anda menuntut pelayanan yg profesional tp anda mau saja mengmbil keuntungan dr kesalahan pihak lain.

    5
    16
    • 25 Juni 2023 - (16:10 WIB)
      Permalink

      Baca lagi yg teliti dong, baca semuanya, biar ngerti akar permasalahannya seperti apa?
      Sudah saya jelaskan saya sudah terbiasa dengan flash sale salah harga dan saya fine2 aja koq, yg saya permasalahkan kenapa klo udah tau salah harga masih tetap diproses dan dikirim, itu sudah dalam pengiriman lho, kenapa g dari awal dibatalkan saja? Kan g masuk akal, klo ada yg terima orderan tapi g dicek dulu barang dan harganya berapa?

      1
      3
      • 25 Juni 2023 - (18:39 WIB)
        Permalink

        Jawabannya ya krn yg berwenang kasih harga, yg input harga, dan yg packing barang itu bukan 1 orang. Makanya orderan sempat dipacking & dikirim.

        5
        1
      • 25 Juni 2023 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Percaya lah status on process, on delivery, dll itu cuma status dari sistem, aslinya tidak ada proses sama sekali, tidak ada proses packing, tidak ada proses pengiriman,
        Anda di prank oleh bli bli,
        Wajar sih kalo dongkol,
        Semoga cepat selesai masalah nya

        • 25 Juni 2023 - (20:52 WIB)
          Permalink

          Aslinya itu beneran udah dikirim lho, bahkan udah ada kurir yg konfirmasi juga

          • 25 Juni 2023 - (21:05 WIB)
            Permalink

            Ga mgkn jg kali bos, paket di kirim ke alamat anda di hari yg sama di kirim dari bekasinya, apalagi bkn kurir instan. Kecuali kalo status sdh masuk jnt bogor dan di bawa kurir. Sy jg sering menemui kasus seller minta di kirim balik barangnya karena kesalahan mereka, pdhl sdh di kirim ke kota tujuan.

            1
            1
          • 25 Juni 2023 - (21:46 WIB)
            Permalink

            Didunia ini apa sih yg g mungkin bos?
            Mungkin memang banyak yg ditarik lagi dari pengiriman, tapi kan masalahnya belum tentu sama, yg saya permasalahkan disini kenapa sejak awal ada orderan yg salah harga tidak langsung dibatalkan saja, g perlu diproses apalagi sampai dikirim, udah sampai situ kelar deh masalahnya.

          • 26 Juni 2023 - (00:13 WIB)
            Permalink

            Ini seperti sy sebagai penjual dulu di lazada,.ceritanya kami mau kasih promo dg potongan harga,.tp salah nominal yaitu kurang nol nya,.yaitu seharusnya 150000 jadi 15000,.maka tiba² ad yg beli 1 konsumen dgn pembelian banyak kira² pembelian pertama sktr 24 transaksi,maka sy kirim dan bsknya lg org tersebut order kembali dg 10 transaksi dan kami kirim jg,akhirnya sy curiga dan cek ternyata sy salah memasukan hrg,.sy lgsng menghubungi lazada,tp tidak bisa membntu,karena barang telah di kirim,.dan kami menghubungi expedisinya bisa membantu dg di cancel retur hy yg 10 transaksi tersebut,yg awal 24 transaksi tidak bisa karena barang udah di terima pembeli.
            Jadi total kerugian kami 30 jutaan lebih karena salah memasukan nominal hrg promo.
            Kami berusaha menghubungi pembeli untuk retur barang tersebut,karena salah hrg,tp pembeli tidak mau,.pdhl kami udah minta tolong dan nanti biaya retur sy yg menanggung dan sy kasih barang tersebut separuhnya ,tp jg tidak mau,.terpaksa hrs ikhlas dan terpaksa tutup toko.

            5
            2
          • 26 Juni 2023 - (04:28 WIB)
            Permalink

            Bang krisno sanjoyo masa 150rb x 24 cuma 3,6 jt ga sampe puluhan juta gimana dong ngitung nyaa

            1
            1
          • 26 Juni 2023 - (11:21 WIB)
            Permalink

            Ada bukti fisik udah dikirim ? Misal foto atau apa, saya seller di market place, mereka bisa bilang in delivery atau transit dan lainnya, padahal barang masih di tangan, udah bukan rahasia umum, cuma permainan sistem

          • 26 Juni 2023 - (16:20 WIB)
            Permalink

            Kan yg pegang bukti pengirimannya jasa ekspedisi yg bersangkutan, pembeli ya g punya lah bukti fisik, adanya resi yg bisa ditracking, klo sudah diterima baru nanti suka dikasih bukti pengirimannya, sudah saya bilang, beberapa hari setelah pembatalan pesanan, ada 2 kurir yg telponin terus, g saya angkat, karena berisik terus2an telpon mau g mau akhirnya saya angkat jg, mereka nanya kemarin pernah kirim tv ke alamat saya, apakah sudah diterima? Saya bilang belum karena kan sudah dibatalkan sama Blibli, pokoknya mereka minta keterangan kenapa bisa batal sampai minta screenshot pesanan di Blibli buat laporan ke atasannya gitu.

          • 26 Juni 2023 - (17:37 WIB)
            Permalink

            Lah kurir nanya apakah sudah diterima ? Agak aneh, kenapa mereka nanya, kan mereka yang kirim, g usah nanya juga harus nya mereka lebih tahu kalo batal, sebagai pihak pengantar,
            Ya udah sih intinya di prank bli bli aja, mau ternyata itu status abal abal, karena sebetulnya barang belum masuk proses kirim, atau itu beneran sudah terkirim tapi ditarik lagi, tapi emang harga nya ga ngotak sih kalo cuma segitu,
            Semoga masalah nya cepat selesai

          • 26 Juni 2023 - (19:39 WIB)
            Permalink

            Ya jelas nanya lah, kan kurir itu kirim barang g hanya ke satu konsumen aja, g hanya ke satu alamat saja, tiap harinya tu banyak, wajar aja mereka lupa, apalagi ini udah beberapa hari setelah dibatalkan, mereka nanya karena dapat teguran dari atasannya kenapa ada pengiriman yg dibatalkan? Mungkin mereka juga lupa pesanan yg mana, makanya mereka nanya ke konsumen, apakah pesanannya sudah diterima? Anehnya dimana coba?

          • 26 Juni 2023 - (19:44 WIB)
            Permalink

            Dahlah g usah dipermasalahkan, lagian saya juga sudah mengikhlaskannya, karena saya sadar saya g akan menang lawan marketplace jadi lebih baik saya ikhlas, mungkin kasus seperti yg anda sebutkan memang ada dan banyak terjadi, tapi untuk kasus saya ini, saya yakin 100% klo memang pesanan saya sudah dikirimkan namun ditengah jalan dibatalkan secara sepihak karena permintaan marketplace yg bersangkutan.

  • 25 Juni 2023 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Menurut aku karyawan xiomi salah input harga namanya juga flash sale jadi barang bukan 1 yg dia input saat mencek pesan anda mungkin karyawan itu menyadari . itulah kelemahan manusia tidak pernah luput dari kesalahan bukan seperti robot AI yg bisa sempurna! Anda bilang karena penjelasan blibli kurang jelas tapi menurut saya penjelasan ya sudah sangat jelas tertera di email anda lampirkan apa lagi anda sudah di tlp blibli namun tidak diangkat, Jadi seperti saudara katakan mungkin belum rejeki aja

    5
    1
    • 25 Juni 2023 - (15:36 WIB)
      Permalink

      Maksud saya bukan penjelasan salah harganya, tapi penjelasan kenapa sudah dikirimkan terus tiba2 ditengah jalan dibatalkan secara sepihak? Coba baca dulu sampai selesai, jangan setengah2, yg saya permasalahkan disini klo memang salah harga kenapa tidak dibatalkan dari awal? Kenapa malah diproses dan lanjut dikirim? Itu sudah dalam pengiriman lho, sudah diserahkan ke kurir.

      • 25 Juni 2023 - (21:16 WIB)
        Permalink

        Anda blg sdh ada kurir yg menghubungi anda? Wuiiih, hebat ya blibli dan indah trucking, pesanan di buat jam 12 malam, jam 8 pagi paket siap di kirim dan jam 9 pagi paket dalam pengiriman (entah di ambil kurir tuk di proses di ekspedisinya) dan tanpa proses pengiriman dari bekasi ke bogor tp sdh ada kurir yg menghubungi TS. Itu trucking loh, bkn instan. Dsni sy ga percaya sama anda yg blg sdh ada kurir yg menghubungi anda

        2
        1
        • 25 Juni 2023 - (21:24 WIB)
          Permalink

          Memang iya, tapi bukan pas hari h saat dikirim, beberapa hari setelah pesanan saya dibatalkan, ada kurir yg konfirmasi apakah paketnya sudah diterima?
          Dan klo g percaya klo itu sudah dikirim, bisa ditrack langsung resi yg ada discreenshot.

          • 25 Juni 2023 - (21:29 WIB)
            Permalink

            SS anda tgl 13 paket tdk terkirim. Mksdnya di batalkan tgl 13?

          • 25 Juni 2023 - (21:36 WIB)
            Permalink

            Iya, tgl 12 dikirim, jam 10:23 statusnya “paketmu sudah sampai di hub logistik, terus tgl 13 Juni 10:22 statusnya berubah jadi “Not delivered”.

        • 26 Juni 2023 - (11:23 WIB)
          Permalink

          Dia kena prank blibli, mungkin ga tahu, kalo status macam , in delivery, in transit, sedang perjalanan, itu cuma permainan sistem, barang yang masih di jakarta aja bisa dibilang in delivery surabaya , wkwkwkw

        • 26 Juni 2023 - (13:08 WIB)
          Permalink

          tapi emang kalo barangnya dari gudang blibli langsung emang cepet banget sih. saya pernah pesan barang jam 10an malam, besok pagi barangnya udah sampe. enaknya belanja sama blibli langsung gitu. minusnya barangnya lebih mahal dibanding seller lain di blilbi ataupun ecom lain

  • 25 Juni 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kesalahan penjual ya bukan urusan pembeli. Kasarnya seperti di mini market jika harga tertera lebih murah daripada harga saat bayar maka konsumen berhak dapat harga termurah. Kebanyakan Penjual sebenarnya berusaha menghindari kena pinalti makanya suka minta dibatalkan atau diproses gtu saja baru dibatalkan. Jika pembeli menolak permintaan untuk batal ya batalkan sendiri saja dan kena resiko pinalti. Jangan pembeli ga mau turutin permintaan terus dibilang jahat atau sombong karena pembeli tidak dalam posisi salah.

  • 25 Juni 2023 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Ini menurut saya mungkin saat mau dikirim jam 08.54 pekerja xiomi menyadari kesalahan harga barang dan nunggu konfirmasi boss ya jadi kirim atau gak melihat harga ya mungkin boss gak mau rugi dan pilih cancel. untuk detailnya Coba tlp aja blibli ya lagi, biar anda tau detail lengkap ya, lagian anda sudah di tlp untuk masalah barang tapi anda tak angkat tapi saya rasa dah gak ada guna ya lagi diungkit karena status barang sudah selesai seperti anda lampirkan kalau on proses mungkin masih bisa dipanasi biar blibli mengusahakan barang anda ini!

    • 25 Juni 2023 - (16:32 WIB)
      Permalink

      FYI, sebenarnya yg jual buxan Xiaomi Official Store, tapi dijual langsung sama Blibli.

    • 25 Juni 2023 - (20:29 WIB)
      Permalink

      Malahan saya yakin itu cuma status by sistem, sebetulnya barang enggak dikirim sama sekali, enggak ada proses packing, enggak ada proses pengiriman,
      Di prank sama blibli

      • 25 Juni 2023 - (20:55 WIB)
        Permalink

        Aslinya sih memang sudah dikirim, bisa ditrack juga nomor resinya klo g percaya, bahkan setelah beberapa hari ada konfirmasi dari pihak kurir, menanyakan apakah paketnya sudah diterima?

  • 25 Juni 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Saya g angkat karena males biasanya nomor tidak dikenal suka nawarin asuransi2 g jelas, mau nolak g enak, tapi klo didengerin malah ngabisin waktu bisa sampai 30 menit lebih, walaupun pada akhirnya ditolak juga.

  • 25 Juni 2023 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Ya mungkin sj bagian pengecekan akhir baru ngeh ada salah harga. On delivery masih bisa dibatalkan kok kalau blm sampai ke konsumen. Dulu sy pernah dibobol akun saya dan ada orderan oleh pembobol dan banyak barang yg sdh di tangan kurir. Tp semua berhasil dibatalkan dan tidak ada yg terkirim. Jd penjual masih bisa membatalkan pengiriman walau sdh di tengah pengiriman. Anda sdh ikhlas ya sdh, jd tidak ada yg dirugikan. Mungkin sj murni kesalahan. Flash sale jaman skrg mah sdh jarang yg harganya di luar nalar. Era bakar duit sdh selesai

    4
    1
    • 26 Juni 2023 - (00:26 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan salah hrg,.dan udah di kirim baru menyadari salah harga dan expedisi bisa cancel atas permintaan penjual,setiap expedisi ada yg gampang ada yg susah untuk cancel barang yg udah di kirim dan nantinya pihak expedisi membuat laporan ke pihak market tersebut,.itu yg kami pernah alami sebagai penjual.

  • 25 Juni 2023 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Gini yaa tak kasih tau kebetulan saya jg penjual di merah oren ijo biru
    Salah harga engk, itu bnr harganya toko yg mengikuti flas sale sadar akan harganya dan semua di input manual tidak otomatis pihak ecomer biasanya cmn membrikan rekomendsi besaran diskonnya brp %, tetpi akan tetap di ikutkan flassle walau degan harga diskon bisa smape 90% masalah ntr ada yg beli ya di bilng aja salah harga, yg penting data kunjungan rame dan akan berpengaruh ketoko..
    Sekrng flassale cmn gimik/menipu,

    • 26 Juni 2023 - (19:27 WIB)
      Permalink

      Sependapat…. Bukan bakar uang… Bukan flashsale.. Tpi gimmick…

      Pernahkan bener² dapat iphone rp. 1 ??? Boleh testimoni di sini dengan bukti² nya..
      Bisa produk lain yang harga normalnya jutaan tpi flashsale Rp. 1 atau maks Rp. Seribu

      Soal tracking,, kaya’a emang system x ya.. Masak saya dibarat, tpi tracking nya ke timur?? Trus balik lagi ke barat… Itu salah kirim atau system ya,,, beberapa x mengalami yg begitu,,, sampai sih,, tpi kan kesel juga knp kesannya jln² dulu..

      Kembali ke problem TS, saya pribadi meyakini itu hanya trick marketing yg kelolosan kekirim dan kemudian di cancel…

      • 27 Juni 2023 - (06:50 WIB)
        Permalink

        Klo masalah tracking setahu saya memang sistemnya seperti itu, saya aja klo order dari sesama Bogor g langsung dianterin malah jalan2 dulu, muter dulu, padahal klo logikanya tinggal dianterin aja, udah deket, tapi karena dari sistem alurnya seperti itu, jadi mau g mau harus mengikuti alur.

  • 25 Juni 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sudah ngga ada alasan kalo yang namanya “FLASH SALE” itu SALAH HARGA.
    Itu menunjukkan ketidakmampuan dan ketidakprofesionalan penyelenggaraan acara. Semua RESIKO atas apapun yang dijual disitu termasuk SALAH HARGA adalah tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh penyelenggara apakah itu platform atau toko official nya. Jangan seolah olah berlindung dengan kalimat SALAH HARGA.. itu hanya menunjukkan kalo anda itu LOOSER atau PECUNDANG.
    Beda halnya kalo bukan flash sale ya, masih manusiawi salah input harga. Konsumen juga faham harga nya ngga normal. Kalo lagi flash sale harga nya ngga normal kan memang seharusnya, namanya juga lagi promosi jadi konsumen ngga heran dengan harga yang terjun tersebut. Harga 3 juta jadi 300rb sangat wajar. Karena biasanya barang itu sangat terbatas dan harus berebut untuk mendapatkan nya. Brand dapat untung dengan promosi barang nya di lihat oleh konsumen walopun ngga di beli. Jadi tolong jangan beralasan SALAH HARGA saat Flash sale.. jadilah penjual dan platform yang bertanggung jawab. Kalo semua flash sale alasan nya salah harga enak betul… Kebayang kan penipuan model baru ini namanya.. sudah untung dapat PROMOSI barang, untung pula barang nya ngga jadi di beli dengan murah.

  • 25 Juni 2023 - (20:33 WIB)
    Permalink

    Disini saya tegaskan lagi, yg saya permasalahkan disini bukan karena “Salah Harga” nya, melainkan mengenai pengirimannya yg tiba2 dibatalkan secara sepihak, klo memang salah harga harusnya dari awal tidak perlu diproses dan lanjut dikirim, tinggal dibatalkan saja dan selesai sampai disini.

    Saya jg mau konfirmasi, tadi sore CS Blibli sudah menghubungi saya via telpon, disitu dijelaskan kenapa produk yg salah harga bisa lolos sampai ke pengiriman, singkatnya pesanan yg masuk & dikirim langsung oleh Blibli katanya otomatis langsung diproses & dikemas oleh bagian logistik, kebetulan waktu itu sebelum dikirim tidak sempat dilakukan pengecekan oleh pihak terkait, baru dilakukan pengecekan setelah pesanan masuk dalam pengiriman.

    Jadi sudah jelas, disini yg salah pihak Blibli, malahan kesalahannya ganda, yg pertama salah harga, yg kedua kesalahan dibagian logistik karena tidak dilakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum dikirim.

    Dari awal klo pesanan saya langsung dibatalkan saya juga bakalan woles koq, g akan koar2 g jelas, karena saya juga sudah sering mengalami hal seperti ini, kebanyakan langsung dibatalkan tanpa diproses namun ada juga yg sempat diproses tapi tidak jadi dikirimkan, udah sampai situ aja.

    Terus diakhir percakapan, CS Blibli memberikan voucher kompensasi senilai 150k yg akan masuk ke akun Blibli saya, saya terima dengan senang hati, mungkin memang itulah rezeki saya, lain kali tolong dibenahi lagi sistemnya, jangan sampai kedepannya tejadi lagi hal serupa, gpp juga sekali2 kasih harga diskon yg besar, asal jangan salah harga lagi ya, Blibli kan marketplace besar jadi harus lebih professional.

    1
    3
    • 25 Juni 2023 - (21:00 WIB)
      Permalink

      Walopun itu hak pembeli memaafkan BLIbli… Menurut saya pihak Blibli sangat tidak profesional dalam penyelesaian masalah ini. Setiap masalah salah harga flash sale diberikan “voucher” dan itu terus terulang. Blibli sangat beruntung pembeli memaafkan. Ada beberapa tipe pembeli yang tidak mau tahu, pokok nya harus tetap di proses. Sebagai toko online besar nasional ini sangat memalukan. Tingkat kepercayaan saya pribadi terhadap Blibli sangat TURUN.

      • 26 Juni 2023 - (19:30 WIB)
        Permalink

        memangnya penyelesaian profesional itu kayak gimana ? harus kirim barang yang salah harga ?

        Kan sudah di refund plus dapet voucher.

        Masalahnya apaan lagi ?

        ini sih bukan nyari pelayanan profesional, tapi ngarep barang tetap dikirim dengan harga murah

        1
        2
        • 27 Juni 2023 - (22:13 WIB)
          Permalink

          Salah harga mana ada salah harga kalo flash sale?? BODOH kalo percaya. Yang namanya profesional itu TANGGUNG JAWAB demi nama baik ya tetap dikirim dong. Harga ngga seberapa aja bikin nama rusak. Lu kalo percaya salah harga namanya naif.. memang ini kejadian baru sekali? Cukup pake voucher dianggap udah selesai? Bukan masalah serakah ya. Ini nama TANGGUNG JAWAB. Itu yang disebut PROFESIONAL.. konsumen ikut ngebid barang yang murah yang memang diadakan oleh platform untuk menarik para pembeli, setelah dapat ternyata dibilang salah harga…. Kan aneh. Dan ini bukan baru sekali loh kejadian nya.

        • 27 Juni 2023 - (22:24 WIB)
          Permalink

          Sekarang saya tanya…. Menurut anda itu salah harga.. kurang nol gitu? Harga tv nya juga cuma 3 jutaan.. bukan kurang nol kan.. kalo kurang nol berarti 4 jutaan lebih. Masa harga flash sale lebih mahal dari pasaran??

          Saya tetap yakin ini cuma ALIBI aja.. cuma GIMMICK. Ngga yakin flash sale bisa salah harga… LUCU

          • 27 Juni 2023 - (23:23 WIB)
            Permalink

            Yg namanya salah harga itu bkn cm krg angkanya sj, bisa jadi itu harga tuk produk yg lain.

          • 28 Juni 2023 - (17:28 WIB)
            Permalink

            Bro kalau bodoh gk usah komen

      • 26 Juni 2023 - (05:39 WIB)
        Permalink

        Ketahuan, pasti g baca tulisan saya sampai selesai ya, klo baca pasti paham dan g bakal nanya seperti itu.

        • 26 Juni 2023 - (08:43 WIB)
          Permalink

          syukur aj kan sudah di kasi voucehr permintaan maaf, kasusmu seperti ini sudah sering saya alami juga status barang bahkan sudah berpindah dari gudang asal kota 1 ke gudang tujuan kota 2 dan bahkan kurir yang sering antar paket saya sudah melakukan pickup barangnya di gudang tujuan dan menuju alamat rumah saya disurh balik lagi kurirnya untuk mengembalikan ke gudang, bahkan gojek instan pun jg pernah. jadi anggap aj bukan rejekimu

          2
          1
        • 26 Juni 2023 - (19:26 WIB)
          Permalink

          niatnya cuma pengen dapet TV seharga 400rebu kan.

          Udahlah, kalau seller gak ridho dengan harga segitu, masa mau dipaksa ?

          Beli dengan harga wajar aja bro. Nabung biar dapet TV inceran ente.

          1
          1
          • 27 Juni 2023 - (06:56 WIB)
            Permalink

            Kan saya memang sudah ikhlaskan, apa anda tidak baca statement saya diatas?

        • 28 Juni 2023 - (17:34 WIB)
          Permalink

          Jangan serakah berharap barang agar di kirim. Anda berharap benar tv dengan harga murah. Kalau saya jadi anda saya tidak akan memposting masalah ini. Sudah sadarlah berpikirlah. Penjual juga manusia yang memasukan harga juga manusia yang bisa salah memasukan harga produk. Apakah anda pernah jadi penjual ? Jika anda pernah berjualan pasti juga akan mengalami hal yang sama, karena saya pun pernah sekali salah input harga produk. Kalau setelah barang di kirim lalu penjual klik batalkan itu adalah hak penjual bukan pembeli yang menentukan barang di kirim atau tidak di kirim. Jangan egois ok

          • 28 Juni 2023 - (19:47 WIB)
            Permalink

            Memang ada gitu saya maksa biar barang dikirim? Coba dibagian yg mana? Bisa tunjukkan? Jangan asal jeplak aja klo g tau masalahnya seperti apa? Makanya baca keseluruhan tulisan saya, jangan baca setengah2.
            Anda bilang hak penjual membatalkan pesanan, begitu pula hak pembeli untuk mendapatkan barang yg sudah dibeli, apalagi sudah dikirim, dan saya pun berhak menulis keluhan disini karena saya juga ingin didengar.
            Jadi curiga, jangan2 anda salah satu dari tim logistik yg meloloskan produk salah harga sampai ke pengiriman, makanya anda g terima saya tulis keluhan disini.

  • 26 Juni 2023 - (00:41 WIB)
    Permalink

    Sy udah ga percaya dgn flashsale, prnh pengalaman di sopi 2x dan blibli 1x transaksi power tool dibatalkan dg alasan salah harga. Trs istri sy juga ngalami hal yg sama 2x dg alsan ada kesalahan sistem, mnrt sy saat ini flasale itu cuma gimick beda dg bbrp tahun lalu itu beneran

    • 28 Juni 2023 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Lho memangnya anda gk maksa mau di kirim ya ? Lalu kenapa menulis di MK kalau anda gk maksa untuk di kirim ? Orang seperti anda ini selalu saja gk mau mengakui selalu ingin memaksakan diri melakukan pembenaran. Kalau memang gk maksa ya sudah gk usah di ributkan lagi dan terima saja kalau itu kesalahan input harga. Gk usah balas komen orang orang lagi. Tutup saja kasus ini. Ok gk bakalan orang kirim tv ke anda. Sampai lebaran monyet sekalipun ok. Jadi jangan di permasalahkan lagi. Itu hak penjual bukan hak kamu untuk mengirim barang. Tapi hak penjual ok. Ngerti gk apa anda ini terlalu body g terlalu egois ?

  • 27 Juni 2023 - (01:06 WIB)
    Permalink

    Penjelasannya sudah jelas karena SALAH PASANG HARGA/Typo di angka nominal itu sudah jelas keterangannya🤔.
    Klu kurang jelas biar saya saja beli ma situ dgn harga dan spek yang sama saja 😂.
    Hal komplain receh gini di tanggepin Blibli gak dhe 😂

    1
    2
    • 27 Juni 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Yg saya tekankan disini bukan masalah “Salah Harga” nya, coba dong baca lagi semua tulisan saya, yg teliti ya bacanya, ketahuan pasti bacanya cuma setengah2, kalau memang salah harga ok saya terima karena saya sudah sering juga mengalaminya, yg jadi masalah kenapa udah tau salah harga koq masih diproses? terus lanjut dikirim pula, giliran udah dalam perjalanan malah dibatalkan, jadi seperti PHP gitu, ngerti g sih, klo memang salah harga ya udah dari awal batalkan aja, kan beres g bakalan ada drama.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 77 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Pengiriman Pesanan Berdalih Kesalahan Harga

oleh Husen dibaca dalam: 2 menit
77