Penanganan Paket oleh JNE Tidak Aman

Saya penjual di Shopee, yang sudah berjalan jualan online sekitar 7 bulan. Saya menggunakan beberapa ekspedisi, seperti J&T Express, Shopee Xpress, JNE, SiCepat, dll. Namun menurut kami, hanya JNE yang menangani paket kami dengan jorok.

Kami selalu membungkus paket dobel dus dan plastik wrap, juga disertakan tanda fragile. Artinya barang di dalam paket mudah pecah. Kejadian ini tidak hanya sekali dua kali, dan sekarang terjadi lagi paket yang kami kirim hancur di perjalanan.

Nomor resi pengiriman JNE: JT72265717655, paket berisi oleh-oleh haji, seperti kurma, kacang arab, kismis, air zamzam, dll. Isi paket rusak semuanya, termasuk kemasan dan isinya. Dari total nominal Rp1.297.000 yang dibayar oleh pembeli, Rp350 ribu untuk ongkos kirim JNE dan Rp869.400 yang seharusnya saya terima  sebagai dana hasil penjualan.

Pembeli komplain ke kami sebagai penjual karena merasa dirugikan. Jelas di sini juga kami sebagai penjual rugi. Namun dengan enteng, pihak JNE bilang ke pembeli kami bahwa packing-nya tidak aman. Jika packing kami tidak aman, harusnya semua paket yang kami kirim hancur semua dong, tapi yang lain tidak, selalu JNE yang bermasalah.

Kami pernah lihat sendiri, ketika drop paket di agen JNE, begitu selesai di-scan barcode, paket kami langsung dilempar ke belakang, itu masih ada kita loh sebagai pengirim di situ. Parah! Tolong pihak JNE pertanggungjawabannya seperti apa? Jangan asal kejar target pengiriman, tapi barang konsumen jadi korban. Kami sebagai penjual juga jadi jelek di mata pembeli.

Oce Faizal
Kab. Bandung Barat, Jawa Barat


Update (25 Juli 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee dan JNE sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Penanganan Paket oleh JNE Tidak Aman

  • 21 Juli 2023 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Makin jauh kirimnya makin banyak dilempar makanya hancur gitu mungkin bisa pake streofoam padat kalo kayu terlalu mahal. melihat ongkir 350 seharusnya bisa diganti full bila 10x ongkir

  • 22 Juli 2023 - (04:45 WIB)
    Permalink

    Lu packing aja kyk ga niat cuma plastik tipis gtu, isinya besi , ya jelas robek ketimpah paket laen nya, dah gtu nyalahin ekspedisi nya, padahal penjual ny ga cerdas,
    Trus maksud lu itu d ambil, d robek plastik ny, terlalu murah amat barang yg lu kirim dan kegunaan ny juga ga penting2 amat,
    Lu bandingin dengan paket yg laen kenapa ga sobek berarti semua packing lu begitu, parah
    Saya itu juga seller tp ga kyk lu tehnik packing ny ngeruggiin diri sendiri,

    4
    15
          • 22 Juli 2023 - (09:23 WIB)
            Permalink

            Ini penjualan dari shopee dimana ongkir sudah diatur dari sistem shopee. Jika packing kayu kena tambahan biaya lagi yg tdk dicover shopee.

        • 22 Juli 2023 - (08:33 WIB)
          Permalink

          Klw baca sampai habis dek kan dah di jelaskan itu barang makanan seperti kurma trus dalam botol itu air zamzam jangan asal koment baca dulu dengan benar baru koment….untuk Abang penjualnya ia bang pakai streofom padat aja bang

          5
          1
          • 22 Juli 2023 - (13:18 WIB)
            Permalink

            Lah, sy cm lihat bukti gbr, bkn tulisan. Itu yg sy liat cm botol2 doang.

        • 22 Juli 2023 - (09:26 WIB)
          Permalink

          Kenapa jadi mempermasalahkan isinya, itu paket oleh oleh haji. Ada kurma, kismis,kacang arab, coklat, air zamzam dan lain lain. Inti masalah nya bukan isi paket nya apa. Tidak selayak nya kurir banting paket konsumen apalagi ada sign fragle, saya berani tulis ini karna saya pernah menyaksikan langsung ketika masih di gerai jne. Selesai input resi petugas jne langsung lempar paket ke belakang.! Disitu masih ada saya loh pengirim nya, dan langsung saya tegur. Apalagi di lapangan sudah kebayang kan penanganan paket nya kaya gimana

          • 22 Juli 2023 - (13:19 WIB)
            Permalink

            Anda tdk bisa bgtu sj pukul rata semua org spti yg anda liat. Itu cm oknum, buktinya banyak kok ribuan paket yg aman2 sj yg terkirim.

    • 22 Juli 2023 - (10:53 WIB)
      Permalink

      Betul saya juga resseler shopee . Saya jualan sudah 4 tahun dan selalu menggunakan layanan jne . Yg saya jual bahkan elektronik seperti tv dan mesin cuci . Tapi selama ini aman aman saja . Dan saya menggunakan layanan jtr juga . Sebenernya dari resseler nya aja yg harus cerdas apabila dia mau kirim paket nya di expedisi mana pun .harus safty apalagi yg dikirim air . Hadeh .. dia pikir paket yg dikirim paket dia aja . Wkwkw . ANEH kadang ya .

      3
      6
    • 22 Juli 2023 - (16:03 WIB)
      Permalink

      Pasti ini pegawai JNE, hahahah lawack, JNE rating nya memang buruk, di sininjuga JNE paling ngessellin, lama juga iya nyampe nya.

      5
      1
  • 22 Juli 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    saat pengiriman, apakah disebutkan ada cairan didalam? krn biasa cairan agak susah lolos. kalo tidak disebutkan, ini bisa jadi alasan jne tidak ganti rugi.

    • 22 Juli 2023 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Pasti tidak di sebutkan isi nya air . Di karenakan customer shopee sudah resi otomatis . Ketika ada masalah padahal packing nya tidak safty. Ya mau gk mau nyalahin expedisi nya . Padahal yg di antar paket nya bukan punya dia aja .

  • 22 Juli 2023 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Dear Resseler shopee . Apabila customer kalian melakukan pembelian dengan menggunakan service JTR cargo. Mohon di lakukan packing yg lebih sefty dan packing kayu sendiri . Kalo layanan kargo itu via darat . Dan paket yang dikirim itu bukan paket anda aja . Tapi banyak banyak paket . Wajar saja packing anda hanya cuma dus dan buble aja . Kalo buble itu sampe di tujuan sudah pasti kempes dan angin nya berkurang . Apalagi yg anda kirim air . Dan sudah terguncAng guncang selama perjalanan . Laen hal nya anda membawa nya sendiri. Ini hanya masukan untuk anda . Berfikir cerdas saja . Kalo bisa pake sterofom yg buat naro ikan . Itu sudah pasti safty .

    1
    5
  • 22 Juli 2023 - (12:23 WIB)
    Permalink

    dahlah bakar aja JNE nya, dah ga bisa jadi jasa antar paket itu. ubah haluan aja jadi jasa buat orang emosi.

  • 22 Juli 2023 - (19:30 WIB)
    Permalink

    Kata pembeli aja anda pelit bubble warp kok bisa”nya nyalahin ekspedisi?
    Ekspedisi bukan hanya ngirim punya anda doang Wajar kalo ketumpuk barang lain.
    Kalo packingnya gx Aman ketindihan barang lain gx bkl kuat apalagi isinya Air ya Pasti bocor Kardus kena Air jadi Lepek lah
    Belajar Packing Lagi yaa.
    Kalo masih Kekeh Buka Ekspedisi Sendiri Aja

    2
    2
  • 22 Juli 2023 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Kadang aneh aja liat komentar2 orang disini, jika ada permasalahan pada ekspedisi, ada aja yg belain ekspedisi seolah2 kerja mereka seperti melempar paket, dan lain sebagainya, dimaklumi sebagai sesuatu yg wajar, begitulah jika tinggal di negeri wakanda, kekerasan dan ketidakprofesionalan krja adalah sebagai sesuatu yg lumrah dan gak boleh komplen atas kelakuan mereka, pantasan negeri wakanda susah maju terbelakang terus dr negeri lain, yg komplen harus siap2 dibully

    4
    2
    • 24 Juli 2023 - (04:33 WIB)
      Permalink

      Mohon maap nih mas,bukain mau belain ekspedisinya ato gimana.disini iya betul ekspedisi ada salah karena teledor sama kerjaan,tapi liat dri sisi seller juga.itu dia packing udahan aman blm dengan kondisi isi barang yang kaya disebutin tadi
      Seengganya kan dia tau kalo barangnya tuh ga pasti aman banget sampe tujuan trus kenapa engga di antisipasi

      Simplenya gini deh,motor kita ilang padahal kita udahan kunci stang trus masa iya kita nyalahin pabrik motornya ya kan engga mungkin,tetep harus kita antisipasi dengan pake gembok ato pengaman lain

      Kecuali barang di jebol dan ada yang hilang,baru boleh teken ekspedisinya.toh kan ini barang lengkap cuma kurang safety jadi amburadul isinya.jadi ya tetep kita kudu liat dri dua sisinya jangan langsung ngejudge satu sisi aja

  • 22 Juli 2023 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Saya lihat itu ada packing kardus basah cairan, kemungkinan dari isi botol air, entah rembes atau tertekan saat packing di tumpuk atau lain hal.

    Masukan untuk seller jika sudah sering begitu.
    Ada baiknya belajar sendiri packing kayu minimalis.
    Belinya di madura dapat murah

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Penanganan Paket oleh JNE Tidak Aman

oleh Oce Faizal dibaca dalam: 1 menit
27