Tagihan Malah Naik Setelah IndiHome Bergabung dengan Telkomsel

Terima kasih buat Media Konsumen yang telah memuat keluhan saya. Saya pelanggan IndiHome dengan nomor pelanggan: 161201311953. Pada bulan Januari 2021, saya mendapat penawaran dari Telkom untuk peningkatan kecepatan langganan internet, dari 10 Mbps menjadi 20 Mbps.

Setelah saya pastikan semuanya (harga dll), akhirnya saya menyetujuinya. Saat awal penagihan, saya mendapati ada perbedaan. Ketika saya kembalikan ke pihak Telkom, diinfokan bahwa sudah sesuai dengan kontrak yang ditawarkan. Hal ini berlangsung lancar, tagihan seperti yang ditawarkan.

Pada tahun 2022, ketika PPN naik ke 11%, kembali IndiHome berulah dengan menaikkan tagihan melebihi yang di perjanjian. Kemudian saya komplain kembali dan tagihan dikembalikan seperti yang dijanjikan. Namun ketika bulan ini saya mau melakukan pembayaran, kembali ada perbedaan tagihan (menjadi seperti yang tahun 2022).

Ketika saya komplain, pihak IndiHome (Telkomsel) tidak mau melakukan penyesuaian sesuai kontrak, dengan alasan paket sudah tidak ada. Melalui surat pembaca ini mohon kiranya pihak yang berwenang di IndiHome (Telkomsel) dapat kiranya mematuhi perjanjian yang dari tahun 2021 sampai bulan Juli 2023, mengenai harga layanan internetnya. Bukannya malah bersikeras memaksa pelanggan untuk mengubah paket ataupun membayar di luar kesepakatan yang dijanjikan sebelumnya.

Besar harapan saya, dengan masuknya Telkomsel, membuat manajemen IndiHome semakin baik. Bukan malah sebaliknya, memaksa pelanggan untuk mengikuti hal yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Hormat saya,

Albert Surya Tengestu
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tagihan Malah Naik Setelah IndiHome Bergabung dengan Telkomsel”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 4 Agustus 2023 oleh Bapak Albert Surya Tengestu mengenai tagihan malah naik...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Tagihan Malah Naik Setelah IndiHome Bergabung dengan Telkomsel

  • 4 Agustus 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    biasanya kalau pelanggan lama memang ditawari up speed gratis, dengan biaya tagihan yg tidak naik.. punya saya indihome per agustus tidak naik dari downgrade 2P ke 1P 30mb sejak bulan maret 2023.. kenapa TS malah naik ya?

    • 4 Agustus 2023 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Nah itu dia masalahnya, saya bukan cuma ini aja yg berlangganan indihome sih, total ada 3-5 tempat yg sy handle semuanya pake indihome, dan dari pengalaman sih jarang sekali mereka mau menawarkan upgrade speed kecuali kita aktif bertanya baik di sosmed maupun ke gapari.. itu baru bisa, nah kembali ke kasus saya dari pihak (telkomsel) masih belum memberikan jawaban, dari pihak indihome infonya kalo paket itu sdh gak ada lagi disarankan turun ke 1p 10mbps (kalo gak salah 170rb+ppn) atau 2p 20mbps (220rb + ppn) selain itu mereka info krn selama ini agen yg menomboki (hal ini sangat aneh sih) saya sdh ingatkan kalo ini merupakan pelanggaran kontrak lho dan dg angkuhnya mereka bilang ini sdh keputusan manajemen untuk memaksa saya mengikuti tarif yg mereka mau atau menurunkan paket saya.(saat ini saya pake paket 2p inet + telp dg free lokal cuma 50menit, krn ini menyesuaikan dg penawaran thn 2021 dr seharusnya biasanya free 300 menit ) makanya mohon kebijakan manajemen telkomsel, dimana saya tdk pernah terlambat bayar selalu awal bulan, baik unt nomor langganan saya yg tiba tiba naik ini, maupun nomer langganan yg saya handle lainnya.
      Intinya saya kecewa dg pelanggaran kontrak yg di paksakan oleh indihome, walaupun seharusnya malah saya dapat kenaikan speed krn biasanya setelah berapa lama biaya internet itu semakin murah.

    • 5 Agustus 2023 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Tips indihome member. Kalo dah nyaman dg paket jangan tergiur dg tawaran2 yg ada. Nggak mungkin petugas telp tiap pelanggan hanya nawaran sesuatunl yg lebih baik dg harga sama apalagi lebih murah. Ngimpiiiii. Bilang aja tidak tertarik utk setiap tawaran. Mending tutup yg lama trus buka baru lagi dg program baru.

  • 4 Agustus 2023 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Indihome saya 3P bulan ini naik speed gratis, 60mbps 423K nett. Tiap tahun gratis up speed kalau pelanggan lama, ini pengalaman saya sih. Dulu 2016 gabung cuma 20mbps dgn harga yang sama.

    • 4 Agustus 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Betul memang harga paket itu semakin murah, tapi di sini biasanya kalo kita yg gak aktif maka tidak mungkin dapet kenaikan speed, yg ada mereka menawarkan dg kenaikan harga, selain di langganan yg bbermasalah itu, di tempat sy yg lain itu sekitar 350k masih 20mbps doang, di tempat sy yg lain pernah saya naik kan sampe 50mbps dari awal cuma 10mbps dg tarif yg sama (krn emang wkt itu paket awal lg mahal mahalnya, dan akhirnya saya turunkan kembali ke 30mbps dg pengurangan harga, di tempat kami ya seperti itu lah.. bahkan ada paket telp yg terus menerus di tagih selama kita gak minta pemutusan..

  • 4 Agustus 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Ga adil, pelanggan lama ga di diberi fasilitas…. Naikan kecepatan atau turunkan harga

    • 4 Agustus 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Soal telkomsel ini pengalaman saya pengguna kartu halo. Dalam kontrak paket halo saya sesuai kebutuhan saya yaitu hanya penguna untuk telpon dan sms dengan maksimum tarip 150 rb….Dengan seiring waktu kurang lebih satu tahun di bulan mei 2023 lalu ada tagihan 175rb katanya ada pemakaian internet, belum lagi saya mengerti dibulan berikutnya buln juni ada tagihan internet 225rb, saya datang ke grafari telkomsel katanya betul itu tagihan internet dan harus dibayar….saya katakan ini diluar kontrak, di paket kontrak halo saya hanya telpon dn sms…ini telkomsel memponis sepihak dn tetap harus dibayr, ahir kata ok sy putuskan utk tidak akan memakai pruduk apapun dari telkom/telkomsel

      19
      • 5 Agustus 2023 - (07:08 WIB)
        Permalink

        Saya jg mau tanya, yg membedakan harga paket apa ya? Krn saya paket 30 mbps, total tagihan + pajak sebesar 377rb.

        • 5 Agustus 2023 - (11:47 WIB)
          Permalink

          setahu saya upgrade penyesuaian kecepatan itu langsung dari pusat dah. dulu pernah dapat WA yg memberi tahu karena sudah pelanggan lama, jadi kecepatan dinaikan secara otomatis tanpa ada perubahan pembayaran.

    • 6 Agustus 2023 - (06:06 WIB)
      Permalink

      kalo di pulau jawa sih banyak penyedia internet yg lain, jadi kalo bermasalh, seperti tetangga saya pake indihome itu ribet pake tv bayar lagi, langsung copot ganti dengan yg lain. Saya sendiri gak pake indihome karena mahal.

  • 4 Agustus 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Update…
    Terimakasih media konsumen unt magicnya, after naik tayang, saya langsung di telp org telkomsel yg mengatakan mereka akan perbaiki system mereka, dan saya diminta unt bayar terlebih dahulu namun saya tolak, setelah itu 10 menitan kemudian saya di telp lagi di infokan kalo tagihan sdh di perbaiki, saya check ke myindihome dan memang total tagihan benar di 243.090 dan saya langsung lakukan pembayaran via online shop dan benar tagihan sebesar 243.090 setelah selesai bayar.. sy check kembali myindihome dan tagihan sdh paid tapi…. Total tagihannya 260.850.. weleh aneh tapi nyata.. semoga telkomsel beneran memperbaiki sistem manajemen di indihome, dan semoga dg masuknya telkomsel harga layanan internet semakin kompetitif dan semakin murah serta pelayanan semakin di tingkatkan.. tinggal tunggu bulan depan apakah tagihan sy kembali normal ??

  • 4 Agustus 2023 - (19:28 WIB)
    Permalink

    Wah…. Gawat ini harus berhenti langganan ah kalo bln depan harga paket gak sesuai dengan sebelum nya. Gila

    • 4 Agustus 2023 - (20:29 WIB)
      Permalink

      Kalo gak sama, komplain aja kalo masih gak di tanggapi coba bawa ke media seperti MK ini, mereka lebih attensi kok jadinya.. sepertinya hal kek gini mungkin pembaharuan sistem atau apa gitu yah…semoga aja dg manajemen telkomsel bisa memperbaiki kekurangan indihome.. seperti paket yg hrgnya paling tinggi diantara isp lainnya, seringnya odp penuh dll…(semoga sih)

  • 5 Agustus 2023 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga pelanggan indihome, tiap bulan 420rb, internet 30 mbps + tv, itupun mereka yg nawarin, krn saya mulai merasa berat bayar, saya hanya ingin internetnya saja tanpa tv (kebetulan dirumah tv smart)…..ee tanya2 biayanya tetep gede 300ribuan turunnya sedikit banget, saya kira bisa 250rb klw internetnya aja……………ada kepikiran pindah langganan ke tetangga……..

    • 5 Agustus 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Kalo turun paket coba ke gapari atau kontak mereka si coba tanya promo paket apa aja sesuaikan dg yg di inginkan (kalo ada cocok) atau minta update speed dg hrg sama, sy sering seperti itu, kalo kita gak aktif ya gak bakalan bisa up speed atau bahkan turun paket.

    • 8 Agustus 2023 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Indihome sejak gabung ke Telkomsel jaringannya jd lemot gak jlelas . Padahal dulu saat di kelola Telkom lancar bgt lhoo..

  • 5 Agustus 2023 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Kiraain cuma gw yg bermasalah sama indihome …
    Ini gw pernah juga di telp di tawarin. Add on yg gak jelas . Bilang internet bisa di pakai di seluruh indo cuma tambah 10rb
    Eh ternyata cuma di spot tertentu aja. Alias wifiid. Setelah tau gw telp minta di copot . Gak di copot copot. , ” ******** *****” akhirnya gw minta berhenti ajaaaa
    Eh di tawarin paket 170rb (10mbps )dan add on di copot .

    2
    1
  • 5 Agustus 2023 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Baru nyadar stelah baca ini biasanya tagihan 321 ribuan perbulan kok terakhir jadi naik jadi 360 ribuan ya, lihat tagihan bulan depan kalo masih blum kondusif, kyk nya jaringan tetangga boleh jg mumpung masih banyak promo.

    • 5 Agustus 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Nah pertama lihat detail di myindihome ada perubahan apa atau ada tambahan add on apa.. kalo gak ada coba hubungi mereka baik itu melalui medsos atau via jalur gapari / pelayanan.. kalo masih blm selesai jg ya mau gak mau blow up dulu deh biar mereka jd lebih attensi ke pelanggan.. inget kita ini yg bayar mereka kok.. bukan gratisan.. apalagi banyak kompetitor harusnya mereka makin bersaing beri pelayanan ke kita dong

  • 5 Agustus 2023 - (12:06 WIB)
    Permalink

    Kalau saya pelanggan IndiHome dari yang masih dipegang Telkom (mulai begabung 2021) saya pakai yg 2P (Internet + telpon) harganya 333.000 (udah sama PPN) kecepatan 20 mbps. Nah ternyata saya selidiki ketika membandingkan sama tempat yg lain yg sama jg 2P, ternyata IndiHome memasukkan tambahan-tambahan fasilitas lain tanpa sepengetahuan dan seijin saya.

    Terus tahun 2023 bulan Juni kmrn, akhirnya saya minta jadi 1P dan semua tambahan fasilitas untuk dinonaktifkan. Nah waktu akan gabung sama Telkomsel, saya ditawarin mendapatkan Disney+Hot stars, nah gak beberapa waktu mau pakai, saya cek di My IndiHome, eh nomor yg didaftarkan untuk Disney + Hot Stars bukan nomor saya tapi nomor orang lain. Gedeg bgt saya. Ooo ini cara curang mereka atau gmna? Akhirnya saya minta semua fasilitas tambahan untuk dihapus, itupun baru dikerjakan melalui teleponan 147, klo cuma dari medsos atau dari aplikasi My IndiHome, gak akan dibalas.

    • 5 Agustus 2023 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Kalo paket setau saya waktu masih telkom ada yg sifatnya nasional ada yg regional, yg sering itu regional yg beda dg nasional…kalo ada yg gak sesuai coba telp 147 atau datangi gapari / plaza telkom atau via medsos nya mereka.. yg bagus sih langsung ke gapari / plaza telkom.. jaman covid wkt itu lbh enak krn ada pelayanan via online.. sy suka pelayanan online jd gak perlu cape ke plaza telkom unt ketemu cs nya.. unt tanya tanya jg jd lebih enak. Gak tau skrg ya

  • 5 Agustus 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    saya bulan kemaren kecepatan di naikin tanpa konfirmasi dari 50mbps ke 100mbps. tagihan nya sih tidak ada kenaikan tetap 497k pket 2p inet+telfon

  • 5 Agustus 2023 - (12:25 WIB)
    Permalink

    Update 2,
    Hari ini saya kembali di telp temem temen indihome minta waktu ketemu, dan akhirnya ketemuan dikantor sy, mereka masih membicarakan perubahan paket, yg sy bilang sy blm menyetujui perubahan apapun dan masih bertahan dg kontrak awal, dg persuasif dan manis mereka mengusulkan penurunan tarif buat pelanggan lama mereka memberi paket 2p yg kata mereka spesial buat pelanggan lama (kenyataanya itu naik 1000 rupiah) tapi sy setujui dg alasan (menghargai effort mereka unt menyelesaikan permasalahan system billing mereka, dan toh cuma naik 1000 rupiah saja / hampir sama dg nominal sebelumnya yg termasuk pajak cuma naik 1110 rupiah)
    Saya masih menunggu perbaikan kontrak dr mereka krn perubahan kontrak awal masih memaksakan sy di nominal yg mereka tetapkan sebelumnya di 260.850.
    Akan sy update kembali jika sdh penyelesaian.

  • 6 Agustus 2023 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Seharus nya TS komunikasikan terlebih dahulu , atau mungkin cari tau promo2 yang menguntungkan TS , saya pribadi terakhir pake paket 40mbps yang jatohnya mahal biaya bulanannya dan saya ganti dengan paket 50mbps yang paket promo bulanannya malah turun dan dpt telp lokal dan SLJJ gratis , ada baiknya TS kalo coba komunikasikan kembali , kecuali kalo ada layanan selain indihome di sekitar daerah TS , silakan mungkin bisa ganti provider , kalo masih hanya indiohome , ya terpaksa ikuti apa yan gmenjadi promo mereka aja , semoga lekas selesai masalahnya , salam

    • 6 Agustus 2023 - (08:38 WIB)
      Permalink

      Iya kalo indihome kita harus seting aktif tanya promo paket, kalo seringkali yg di kirim via wa itu kebanyakan bukan promo si malah seringnya paket naik dg harga langganan yg naik . Kalo case saya itu bukan masalah krn saya upgrade paket di tahun 2021 dan itu atas persetujuan saya.. yg jadi masalah beberapa kali mereka menaikan tagihan (gak sesuai lesepakatan) dan biasanya setelah komplain mereka benerin, nah yg kali ini pihak mereka ngotot unt saya memilih membayar sesuai tagihan (yg tdk sesuai dg harga biasanya) atau menurunkan paket ke 1p 1bps dg harga 170rb+ ppn atau 1p 20mbps dg harga 220rb+ppn
      Tapi saya hargai effort mereka (apa krn sdh masuk ke telkomsel ya) yg walaupun setelah masuk MK baru aktif buat mencari solusi buat permasalahan ini, secara pembicaraan sdh tercapai kesepakatan, cuma masalahnya ketika kontrak di sodorkan ke saya via email masih muncul perincian seperti yg mereka mau dan ini masih saya eskalasikan ke mereka, ntar kalo ada update saya akan informasikan kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel IndiHome?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Tagihan Malah Naik Setelah IndiHome Bergabung dengan Telkomsel

oleh Albert Surya Tengestu dibaca dalam: 1 menit
28