Apakah DANA Sudah Tidak Butuh Konsumen? Keluhan Diabaikan Semua

Sejak bulan Juli 2023, akun DANA Premium saya mulai bermasalah. Saya membeli kupon DANA Deals, tapi tidak bisa digunakan, sehingga kupon hangus karena masa berlakunya habis. Saya coba komplain melalui live chat di aplikasi, tidak ada solusi sama sekali. Bahkan nomor laporannya saja tidak pernah saya terima.

Awal Agustus ini saya hendak beli kupon DANA Deals lagi, tapi tidak berhasil. Dengan notifikasi yang aneh, “Sorry, this merchant is suspended”. Tidak masuk akal, merchant diblokir tapi kuponnya masih dipajang dan dijual. Saya komplain melalui live chat dari aplikasi. Hasilnya nol besar, lagi-lagi tidak ada respons sama sekali dan nomor laporan pun tidak pernah ada.

Dengan banyaknya keluhan di surat pembaca dan gelagat buruk yang ditunjukkan DANA, minggu ini saya hendak menarik saldo saya kembali rekening bank saya, tapi tidak berhasil juga, transaksi diblokir.

Tanggal 4 Agustus 2023 saya komplain lagi melalui live chat di aplikasi dan diterima oleh asisten Yoza. Saya disuruh menyerahkan foto KTP dan video selfie dengan memegang KTP. Sudah saya berikan. Hasilnya keluhan saya tidak tercatat alias diabaikan! Padahal sejak awal saya minta nomor laporan atas keluhan saya, tapi tidak diberikan, dengan alasan nomor laporan muncul setelah chat ditutup.

Sampai hari ini tanggal 5 Agustus 2023 tidak ada nomor laporan yang saya terima atas pengaduan saya kemarin, baik di aplikasi maupun di email akun DANA saya. Saya menghubungi live chat DANA lagi. Hasilnya asisten Jingga yang bertugas tidak bisa memberikan nomor laporan saya kemarin. Malah saya disuruh mengisi form pengaduan lagi dan menyerahkan foto KTP dan video selfie lagi, dengan nomor pengaduan baru: 4119846.

Padahal menurut asisten Yoza, nomor pengaduan baru muncul setelah chat ditutup, sedangkan asisten Jingga bisa langsung mengeluarkan nomor pengaduan. Jadi jelas sekali modus Customer Care DANA yang secara sengaja menipu dan mengabaikan keluhan konsumen!

Semoga pengalaman saya jadi pembelajaran bagi teman-teman konsumen, supaya bisa memperhitungkan potensi kerugian jika ingin menggunakan DANA, aplikasi e-wallet yang tidak punya etika dan tanggung jawab.

Djuwanda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Apakah DANA Sudah Tidak Butuh Konsumen? Keluhan Diabaikan Semua”

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Djuwanda di Media Konsumen, “Apakah DANA Sudah Tidak...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Apakah DANA Sudah Tidak Butuh Konsumen? Keluhan Diabaikan Semua

  • 7 Agustus 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Halo kak TS @Djuwanda, kami turut prihatin atas masalahnya. Izinkan kami menanggapi masalah kakak dengan solusi dan analisis.

    – Analisis : terdapat peraturan tdk tertulis pada dana mengenai pembatasan promo yg digunakan. Apabila suatu akun menggunakan promo yg sama dgn akun yg berhubungan (akun yg ada di daftar transfer dana kita), juga akan menyebabkan pembatasan promo. Apabila suatu akun menggunakan promo hingga pada akumulasi nominal tertentu, itu juga akan dibatasi. Pembatasan promo berarti akun akan di’mandul’kan dr promo Dana selama beberapa bulan.
    – Solusi : kendala atas gagal tarik dana ke rekening bank karena akun dana kak TS bermasalah berdasarkan investigasi AI sistem Dana. Solusi praktisnya ialah melalui Bukalapak. Kak TS Bisa melakukan trx pembelian reksadana instant (bisa dicairkan di hari yg sama) dari fitur bukareksa bukalapak. Solusi alternatif lain : QRIS withdrawal, Mutual Fund Payment in Fundtastic, Moduit, Danareksa, dsb)

    Praktik! Kami harap dengan praktik solusi di atas, kendala TS bisa terselesaikan. Cmiw 🙂

    2
    2
    • 7 Agustus 2023 - (13:00 WIB)
      Permalink

      maaf, analisis anda kurang tepat:
      promo deals yg saya beli batasannya sdh jelas,”1 akun berhak untuk beli 1x per minggu”.. yg mana sejak bulan juli kupon deals tsb kadang bisa saya beli/pakai, kadang tdk bisa, tidak konsisten. (yg sempat saya komplain tapi tidak diproses oleh DANA)

      yg jadi masalah, jika akun saya terindikasi bermasalah dari investigasi AI, seharusnya pihak DANA bisa mengungkapkan apa pelanggaran saya? jangan gara2 kesalahan sistem/AI yg bodoh, akun konsumen yg dihukum.
      jika sistem DANA yg error, seharusnya segera diperbaiki, bukan malah keluhan konsumen ditelantarkan (seperti yg dialami korban2 lain)

      anyway terima kasih untuk solusi praktisnya.

      1
      2
      • 7 Agustus 2023 - (13:35 WIB)
        Permalink

        Terimakasih atas tanggapannya.

        Mengenai analisis kami ttg batasan penggunaan promo, yg kami maksud adalah apakah pada salah satu akun Dana di daftar penerima transfer apk Dana TS Djuwanda jg menggunakan promo yg sama? Jika ada, itu jg menyebabkan inkonsistensi hak promo TS. Sistem AI pada Layanan yg memiliki promo dr pihak ketiga (bank, perusahaan lain, dkk) diprogram agar sensitif thd potensi fraud.

        Bahkan pada NDA (Non Disclosure Agreement) Dana pada user, Dana Tidak Berkewajiban mengungkapkan/disclose detil pelanggaran pada user kecuali oleh pihak tertentu yg berkaitan dgn hukum. Berkalipun TS meminta kejelasan, kami yakin CS Diana akan menjawab dgn jawaban “sampah”.

        Jika TS meminta perbaikan krn sistem Dana eror yg dialami oleh akun TS, Dana pun jg tidak Bisa serta merta merta lgsg mengerjakan perbaikan tsb. Karena ada prioritas proyek perbaikan yg saat ini perlu dikerjakan.

        TS memiliki banyak CC, terlihat ada CC Stanchart dan CC Digibank, yg beberapa berannual fee besar. Dalam pandangan kami, TS adalah org yg mampu dlm Finansial. Sangat disayangkan jika TS terkuras kesabaran hanya untuk keserakahan sesaat (temporary greed), alih2 beralibi hemat.

        Renungkanlah dgn baik, wahai TS. Tetap sabar dan hati2 menggunakan Dana.

        2
        1
        • 7 Agustus 2023 - (15:07 WIB)
          Permalink

          bentar… jadi jika saya pernah transfer ke teman B tahun lalu, kemudian bulan juli kmarin muncul promo bank X, saya pakai, dan kebetulan teman B juga pakai promo yg sama, saya dianggap fraud????? itu yg anda sebut AI?? artificial idiot kali ya =D

          “Karena ada prioritas proyek perbaikan yg saat ini perlu dikerjakan.”
          terima kasih anda sdh menvalidasi banyaknya kesalahan sistem DANA yg harus diperbaiki.

          kekanak2an sekali anda, kebobrokan sistem/AI & layanan CS DANA yg mengabaikan keluhan konsumen, anda pelintir dgn issue kondisi finansial konsumen hahaha…

          • 7 Agustus 2023 - (15:44 WIB)
            Permalink

            Terimakasih atas responnya kak TS.

            Betul kak TS, kami pernah melakukan audit back end pada beberapa ewallet dan ecommerce, salah satunya Dana. Kami menemukan bahwa Algoritma Sistem akan mengenali fraud bila dua atau lbh akun yg “related” (saling atau pernah transfer saldo) menggunakan promo yg sama. Related maksudnya beda ID terdaftar dlm 1 KK atau beda ID menggunakan IP yg sama atau beda ID sering saling transfer saldo atau kemungkinan related lain.

            Betul kak TS, kami membenarkan eror dan kesalahan sistem Dana valid merugikan konsumen dan menurut kami memang perlu diperbaiki. Meski demikian, Dana tidak juga lgsg memperbaiki kesalahan yg tervalidasi tsb.

            Maka dari itu, kami mengingatkan TS untuk sabar dan hati2 menggunakan Dana. Kami bukan childish. Kami jg bukan bermaksud pelintir Isu sensitif khususnya kondisi finansial TS.

            Kami menemukan banyak komplain TS @Djuwanda di medkom, pada komplain jg tertulis banyaknya CC yg terdaftar atas TS. Fakta tsb menjadi dasar kami utk mengingatkan TS sabar dan hati2 menggunakan aplikasi Dana. Tidak perlu mengedepankan temporary greed (keserakahan sementara) dalam mengejar promo apabila kita tdk sabar dan belum siap akan risiko pembatasan promo dan pemandulan akun kita. Ditambah saat ini, isu keamanan dan operasional aplikasi Dana sedang marak terjadi.

            Pada tulisan sblmnya, kami berharap TS bisa merenungkan kembali akar masalah TS dari segi aktivitas trx TS. Tentunya dgn tetap sabar dan hati2 bila tetap memutuskan menggunakan Dana.

            2
            2

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Apakah DANA Sudah Tidak Butuh Konsumen? Keluhan Diabaikan Semua

oleh Djuwanda dibaca dalam: 1 menit
6