Shopee Melindungi Pembeli Nakal?

Saya sebagai penjual di Shopee berstatus Star+. Pada tanggal 5 September 2023 pukul 09.41, saya menerima order berupa jam meja digital seharga Rp324.000, menggunakan kurir SPX Instant, dengan nomor pesanan: 230905GVYDTJ7R.

Pembeli ini di chat awal sebelum membeli terlihat jelas sudah mengetahui persis fitur dan cara kerja jam itu dan saya berpikir mungkin dia sudah punya atau pernah pakai produk itu. Produk itu tersedia dalam 2 warna hitam dan putih. Pembeli ini tanya apakah warna putih ready dan saya respons ready. Setelah dijawab begitu, dia tetap menekankan “Saya dia tidak mau warna hitam, jangan salah kirim”. Saya sempat berpikir aneh sekali sudah dijawab ready, tapi masih seperti itu reaksinya.

Menurut pelacakan pesanan, pada pukul 10.56 pesanan diterima oleh pembeli. Kemudian pukul 12.30, pembeli chat kembali info jamnya sudah sampai dan mau beli lagi untuk ukuran yang lebih besar. Saya merekomendasikan beberapa model, tapi dia tidak mau. Lalu pukul 21.58 malam, dia chat lagi bilang lampu jam hanya menyala sebentar. Sebagai info, jam digital ini mempunyai fitur sensor cahaya, yang mana bila keadaan gelap akan otomatis aktif dim light.

Keesokan paginya pukul 09.01, pada saat toko buka, baru saya membalas chat-nya. Saya mempunyai video bukti barang sebelum dikirim saya tes dalam kondisi gelap lampu tersebut nyala tanpa masalah. Herannya pukul 20.20 dia baru merespons chat saya itu. Menurut saya, orang ini kalau benar barangnya rusak kenapa tidak panik? Malah sangat santai tidak membalas chat. Pembeli terus menerus ngotot bilang tidak nyala dan dia videonya memang tidak nyala dalam keadaan gelap. Padahal di chat awal dia bilang nyala sebentar. Saya sarankan mengganti baterai terlebih dahulu. Dia menjawab sudah, tapi tetap tidak bisa.

Walaupun saya memiliki bukti video barang berfungsi dengan baik sebelum dikirim, saya menawarkan agar ditukar saja (ini berdasarkan niat baik saya, bila berdasarkan bukti saya tidak salah). Dia bilang dia coba ganti baterai nih, lalu tetap tidak bisa dia bilang. Karena sudah malam dan sudah di luar jam operasional, pastinya saya tidak stand by terus di chat.

Tiba-tiba pukul 21.44 dia masuk ke komplain Shopee. Saya bilang kenapa masuk komplain Shopee tanpa kesepakatan terlebih dahulu, padahal saya terus menanggapi dia sejak kemarin. Saya bilang seharusnya didiskusikan terlebih dahulu, saya bisa suruh karyawan toko untuk menukarkan barangnya ke tempat dia (sekali lagi walaupun ini bukan kesalahan saya karena saya punya bukti video barang berfungsi normal, saya hanya tidak mau mempersulit orang lain). Dia bilang kalau uangnya masuk ke penjual dia juga repot, saya bilang masa garansi Shopee bisa diperpanjang.

Saya sudah mengirimkan bukti video produk ke Shopee saat itu juga sekitar pukul 22.30 malam. Namun pada saat saya minta pembeli mengirimkan video unboxing dia minta saya WA dia karena file-nya besar. Dia hanya memberikan foto produk mati tanpa dipasang baterai.

Sebagai penjual di Shopee, sistem Shopee menyensor nama dan nomor telepon pembeli. Saya juga merasa sebenarnya video unboxing itu tidak terlalu berpengaruh. Karena bisa saja memang yang di video unboxing itu produk dari saya, tapi mengingat jeda waktu yang sangat lama sejak barang diterima pembeli sampai dia chat malam-malam bilang lampunya tidak berfungsi, bisa saja itu bukan produk dari saya. Segala kemungkinan bisa terjadi, karena penjual dan pembeli tidak saling mengenal. Apalagi dari awal chat sebelum membeli kelihatannya pembeli sudah sangat menguasai fitur produk ini.

Akhirnya pada tanggal 7 September 2023 pukul 10.59, tim Shopee memberikan jawaban kalau bukti pembeli sudah memenuhi syarat dan diminta untuk mengembalikan barang ke saya. Saya kaget, kenapa Tim Shopee bisa memenangkan pembeli yang tidak mengirimkan video unboxing? Apalagi sangat mencurigakan, dengan jeda waktu yang panjang pembeli baru komplain produknya. Apakah Tim Shopee tidak mempertimbangkan, kasus model ini bisa saja dimanfaatkan oleh orang nakal untuk menukarkan barangnya yang sebenarnya milik dia sebelumnya?

Saya memprotes hal ini ke Shopee. Namun pembeli malah memaki-maki saya dengan kata kasar. Saya sudah melaporkan pembeli ini ke Shopee, karena menggunakan kata-kata kasar, tetapi Shopee tidak menanggapinya. Ternyata memang benar, selama ini saya baca di Media Konsumen kalau Shopee lebih menekan ke penjual. Padahal selama ini Shopee mengambil untung dari penjual dengan fee 4,7% plus asuransi 0,5%. Apakah penjual di Shopee tidak punya hak untuk membela diri?

Pembeli ini terus menerus membombardir chat saya secara agresif di fitur chat dan diskusi komplainnya. Namun saya tidak mau menanggapi lagi, karena percuma hanya menjadi debat kusir. Karena merasa sangat terganggu, saya blokir pembeli ini. Tapi dia terus membombardir chat di diskusi komplain. Kemudian dia baru mengirimkan video unboxing di diskusi itu, dan dia merasa menang karena saya tidak menanggapi lagi. Dia hanya video unboxing tanpa tes produk itu, bagaimana saya bisa tahu kalau yang dia komplain malam-malam itu memang produk dari saya?

Tolong ya, Tim Shopee jangan seenaknya memutus suatu kasus tanpa pertimbangan yang matang. Keputusanmu itu terlihat mudah dan ringan, tetapi sangat berdampak besar secara materiil maupun moril bagi pedagang-pedagang kecil seperti saya.

Yuliana Husin
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Shopee Melindungi Pembeli Nakal?

  • 10 September 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Dari dulu juga begitu shope, semua cs shope gak ada otak dan tidak mau baca pembeli dan penjual yg di tulis pengaduan. Sy jg begitu pernah pembeli suruh sy kirim video unboxing sblm mbuka paket. Eh yg dikirim video paket sdh dibuka terbuka terlebih dahulu kmd baru memvideo unboxing. Dan di banding pembeli sudah mengakui kl belum ada video unboxing sblm membuka paket itu bukti sdh sy lampirkan di banding msh aja dimenangkan pembeli. Mknya CS shope tdk pny otak dan tidak pernah mau baca di kasus banding asal asalan

    10
    • 10 September 2023 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Mau Pembeli / Penjual yang nakal, seperti nya CS Shopee lebih membela ke berkata-kata agresif & kotor.. sprti yg saya alami kejadian yg sama 2 hr lalu, beli tinta printer hitam yg di kirim malah warna, bekas suntikan, bocor, dan bekas lem an di packing nya.. tapi karna penjual agresif & berkata kasar kepada saya & team shopee akhir nya di menangin oleh penjual.. padahal di forum diskusi penjual disuru krim bukti sampai 3x sama team cs tp si penjual tidak di membrikan, malah team cs di katain F***k, tp akhirnya kasus di menangkan penjual.. mungkin utk kedepan nya qta harus berkata kasar & agresif kepada cs shopee supaya bisa di menangkan proses klaim qta kli yaa..

    • 11 September 2023 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Sedikit saya kasih tau cara ngirim video unboxing dikomplain shopee/ngirim video unboxing di chat shopee,Sebetulnya kalo ngirim video unboxing , dekatkan stiker paket ke kamera hp kemudian paket dibuka kemudian paketnya cepat dibuka durasi minimal 180 detk. Setelah semua paket terekam, kemudian video dikompres lagi diaplikasi lain diplaystore ,menjadi maximal 60MB untuk lampiran video unboxing dikomplain shopee, kwalitas video jangan lewat 60MB/usahakan dibawah 60MB. Itu video unboxing bisa diupload dikomplain shopee.
      Saya pastikan video unboxing pasti terkirim di komplain shopee.

  • 10 September 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    masa pda gk ngerti ya apa maksudnya unboxing
    kan udh jelas video unboxing diperlukan untuk bukti paket apalah sama identik luar dan dlm dgn yg dikirim pengirim

    klo video barang udh kluar dri boxnya udh gk sah, anggap itu bukan video unboxing lg

    karena emang ya itu td, menghindari oknum yg memanfaatkan sistem, terutama punya shopee yg gk jelas ya dengan pengalaman yg saya lihat

    saya cuma pke si burung ijo klo jualan, pernah komplen sebagai pembeli, saya melakukan return barang karena gk cocok, tp barang yg sampai di seller rusak

    dengan bukti yg cukup, akhirnya asuransi yg cover, jd dua pihak gk ada yg rugi

    itu dlu CS nya masih bagus, katanya sih skrng udh menurun lg kualitasnya

  • 10 September 2023 - (14:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru kejadian blum lama ini.
    Nemu pembeli macam kagak ada otak seperti itu, udah gitu di dukung sama cs shopee yg menangin komplainnya. Padahal semua bukti yg diminta udah dikasih sedetail-detailnya.

  • 10 September 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Saran saja kak. Kalo kk jual elektronik wtk tes produk buat videonya dan kirim ke chat buyer yg menandakan produk kk kirim bagus. Kl memang kk sdh lakukan itu, seharusnya jangan mengalah untuk tukar produk. Hal itu dimanfaatkan buyer nakal

    • 10 September 2023 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Sudah dilakukan, sudah menjadi SOP toko saya kok. Pembeli ini sangat agresif dan galak sampai saya dichat terus2an malam2. Saya pikir daripada pusing ya ngalah saja, ga usah ribut maksudnya, eh malah tambah menjadi-jadi. Ini jadi pelajaran buat ke depannya.

  • 10 September 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Betul sekali , skrng shoppe lebih memihak ke pembeli , meskipun kdg penjual yg menang tp masih ada kesempatan lg pembeli utk ajukan refund

  • 10 September 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Pihak Shopee diwakili Bapak Randi sudah menghubungi saya hari ini pukul 14.42 untuk menyelesaikan masalah ini dengan mengembalikan dana ke Saldo Penjual 3-5 hari kerja terhitung mulai hari ini. Jadi saya menunggu dana tersebut masuk sesuai janji Shopee. Namun soal pembeli menggunakan kata-kata kasar memaki penjual di platform Shopee, sama sekali tidak ditanggapi oleh pihak Shopee.

  • 10 September 2023 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Udah ga heran kan… Emang selalu bela pembeli manang … Kalo bela toko yg pembeli di sp pasti sepi hahhah… Anggap aja buang sial ka.. Orang beli di saya 3 item.. Terus di video pembeli cuma pegang 1 item… 2 lagi ga keliatan video dan dusnya ga keliatan… Di komplen tetap aja menang pembeli.. Secara dah ga heran… Banyak yg orang bilang kalo sp bela pembeli… Kita penjual selalu ga ada pembelaan… Beda sama yg sebelah.. Netral pembeli dan penjual di bilang 50 50 % bocor dan rusak bisa di klam pembeli lansung… Jadi ga ada yg di rugikan.. Pnjual tetap dapet.. Pembeli jga dapet… Ga ada yg di rugikan… Mau pun di tempelin amboxsing di dus.. Tetap aja pembeli nakal ngga mengerti…kalo kaya gtu yg pembeli nakal di blokir aja… Kalo saya gtu sih.. Dan alamat pembeli nakal tetap ku simpen.. Jadi kalo dia ganti akun dan alamatnya sama .. Akan aku ga layanin… Kalo ga kaya gtu kita mah…

    • 10 September 2023 - (18:14 WIB)
      Permalink

      Saya juga penjual shopee, star+, jujur kualitas CS ga banget, bahkan beda jauh sama tiktok yg baru aja booming marketplace nya, CS cenderung baca komplain kurang teliti, sangat merugikan pihak yang benar, saya ada kasus seperti bapak (namun di tiktok), sudah sy kirim lengkap 4pcs dianya ngaco bilang cuma 2, sy bilang lah sy ada video packing, pembeli kirim video unboxing abal” saat kardus terbuka sebagian besar kardus tidak tersorot kamera, dia hanya menunjukkan 2 produk yg dia pegang, sengketa sy menangkan walau tanpa upload video krn terlalu besar, saya screenshot bagian” penting dari video packing sy dr awal sampai akhir, CS tiktok sangat kooperatif menanggapi tiap kita upload bukti baru, tidak ada batas untuk upload bukti

    • 10 September 2023 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Ya tdk to ya

      Kan sdh ditolal penjual klo pengembaliannya tdk dia terima ..ada buktinya itu

  • 10 September 2023 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Saya pernah beli kabel charger super vooc yang ada tulisan garansi 100% ori tapi setelah saya test barangnya malah tidak ori. Di komplain dengan banyak bukti2 bahwa barangnya tidak ori, malah penjualnya yang dimenangkan.

  • 10 September 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Viralkan aja nama pembeli tsb … Supaya yg lain terhindar…
    Shopee dr dulu emg gitu… Pembeli adalah raja… Klo udah viral baru nanti ada hasilnya

  • 11 September 2023 - (00:10 WIB)
    Permalink

    Shopee MANA MAU TAU
    MAU PEMBELI NAKAL, MAU PEMBELI NYA PENIPU, YANG PENTING TERJADI “TRANSAKSI”
    Karena dengan adanya transaksi yang terjadi barulah shopee bisa CUAN

    Shopee setiap ada acara slogan nya “INGIN MEMAJUKAN UMKM”
    TAPI KENYATAANNYA TIDAK
    Pak Jokowi dan Mentri Perdagangan juga tiap hari CUAP2 mendorong UMKM untuk jualan online, tapi tidak pernah memberikan perhatian langsung ke para pelaku UMKM ( KECUALI ADA ACARA MASUK TIVI BARU ADA )
    Jika Pak Jokowi atau ada Menteri yg memberikan perhatian khusus kepada kasus2 yg terjadi di shopee, saya yakin shopee tidak akan berani berbuat semena2 sperti sekarang ini

    Ini hanya salah satu contoh kasus yg muncul di MK maka di tangani oleh shopee
    Coba bayangin sehari itu ada berapa ratus atau ribu kasus yg tidak muncul di MK?

  • 23 Februari 2024 - (17:41 WIB)
    Permalink

    saya juga baru aja dapat pembeli yg toxic udh gitu bikin IG bisnis saya kena suspend lagi. oknum pembeli kyk gitu dilindungi oleh shopee. sepertinya waktunya pindah ke tokopedia lagi deh

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Shopee Melindungi Pembeli Nakal?

oleh Yuliana Husin dibaca dalam: 3 menit
17