Lelah Menuntut Tanggung Jawab dari Pihak J&T Selama 40 Hari

Saya mengirimkan paket lewat J&T Super (termasuk asuransi) pada tanggal 7 Agustus 2023, dengan nomor resi: JO0190367585, melalui gerai cabang J&T Jampang Bogor. Paket tersebut merupakan barang kreasi sendiri (custom) sesuai pesanan pelanggan, yang juga berarti barang tersebut merupakan barang khusus yang tidak bisa begitu saja tergantikan. paket tersebut seharusnya diterima pada H+1. Namun hingga hari ini, terhitung 40 hari dari pengiriman, belum juga sampai.

Barang tersebut adalah barang koleksi kreasi “robot gundam”. Walaupun saya jual seharga Rp400 ribu, tapi jika harus mengganti produk yang sama, akan butuh sekitar dana Rp800 ribuan untuk membuat ulang/baru. Sayangnya packaging tidak saya foto, karena toh tidak ada SOP dan tidak diminta saat melakukan order kurir pada aplikasi J&T. Kebetulan hanya ada foto CCTV saat saya drop paket tersebut di konter J&T cabang Jampang Bogor.

Saya sudah mengirimkan pertanyaan kepada CS J&T lewat WhatsApp, email, telepon dan ke petugas konter pada tanggal 14, 18 dan 22 Agustus 2023, kemudian pada tanggal 1, 5, dan 17 September 2023. Namun jawaban yang diterima selalu sama, yaitu tunggu akan dikabari. Sayangnya, tidak pernah sekali pun dari pihak J&T yang menunjukkan itikad baik untuk menghubungi saya, terkait kejelasan paket yang saya kirimkan lewat J&T.

Berulang kali saya menanyakan kepada pihak J&T, baik lewat telepon, WhatsApp maupun email, bagaimana sebenarnya prosedur yang berjalan di sana. Apakah kemudian barang saya dinyatakan hilang dan/atau jika hilang bagaimana ganti rugi dan proses selanjutnya? Lagi-lagi pihak J&T hanya menjawab dengan “Tunggu dan akan kami hubungi”. Namun belum pernah satu kali pun saya menemukan inisiatif dan itikad baik dari J&T untuk menghubungi. Saya terus berkali-kali menghubungi J&T (dan selalu saya rekam sebagai bukti bahwa jawaban selalu sama, yaitu tunggu tapi hanya sekedar janji belaka) dan ini jelas sudah merugikan secara waktu, pulsa dan lainnya.

Saya diinformasikan oleh petugas konter, katanya tidak dapat klaim barang hilang, karena saya tidak punya bukti foto paket tersebut. Sangat lucu, mereka cari-cari kesalahan (yang mengada-ada) untuk menutupi kesalahan mereka agar terlepas dari tanggung jawab klaim barang hilang. Ditambah lagi, saya harus punya invoice lah, kan saya bukan pemilik toko/usaha, hanya personal. Apakah yang berhak klaim hanya pelaku usaha yang memiliki invoice pada setiap transaksinya?

Ini jujur menimbulkan tanda tanya besar bagi saya, apakah J&T sebenarnya memiliki integritas, atau bahkan prosedur yang jelas? Sebagai pengguna layanan, jelas saya sudah sangat dirugikan. Selain karena pengiriman yang tidak sampai-sampai yang menyebabkan kerugian materiil (pembayaran yang tertunda) dan kerugian imaterial (reputasi saya karena tidak dapat mengirimkan barang sesuai pesanan terhambat oleh J&T).

Saya sangat berharap agar J&T dapat bersikap profesional, untuk menghubungi saya, memberikan kejelasan tentang barang yang saya kirimkan lewat mereka dan memberikan solusi. Saya masih yakin J&T masih memiliki profesionalisme dan integritas. Semoga saya tidak salah, karena jika ya, saya pikir tidak layak bagi J&T untuk terus menjalankan bisnisnya dengan sikap, cara dan pola seperti ini.

6x telepon ke CS, tapi tidak ada itikad baik

Saya sudah lelah, 40 hari 6x telepon CS J&T, tapi masih saja digantung. Saya tunggu itikad baik dari pihak J&T, semoga masih ada. Terima kasih.

Muchamad Ramdan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Lelah Menuntut Tanggung Jawab dari Pihak J&T Selama 40 Hari

  • 20 September 2023 - (12:58 WIB)
    Permalink

    gas keun… apalagi katanya 1 grup dengan CT Corp… wuihh mantap kaka… nanggung di MK. minta dibuatkan headline CNN, detik.com, kalau perlu up ke tv nasional. biar J&T tahu siapa Muchamad Ramdan sebenarnya

    7
    3
  • 20 September 2023 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Hahahaha ts ts lucu liatnya iq jongkok tapi keras kepala coba ada bukti foto packing paket sama ada invoice kan beres masalahnya udah tau jualan ya itu common sense jualan. Malah tengil bgt up di detik hahahaha kok malah up di mk ?

    3
    43
    • 20 September 2023 - (16:22 WIB)
      Permalink

      Maaf sy hanya user,bukan fokus jualan /pedagang. Saat customer sudah kirim bukti trf, ya sudah ckup, produk sy kirimkan. Terimakasih masukannya. Yang lucu itu J&T, jelas2 ada bukti cctv bentuk paket , bukti sy drop paket ,bukti sy bayar, bukti sy pke asuransi, bukti mereka yg salah krn system tracking ga update. Lalu mau kickback kesalahan ke pelanggan?

      18
      3
    • 20 September 2023 - (16:29 WIB)
      Permalink

      Maaf juga kalau IQ saya jongkok, kalau saya miskin dan harus jual barang2 saya. Pernah ga mas saat BU, jual brg2 ke temen yg hanya ratusan ribu, pakai Invoice ? Rakyat bodoh & jelata kaya saya mana punya/kpikiran Invoice saat jual brg ke teman

      16
      1
    • 20 September 2023 - (23:06 WIB)
      Permalink

      Badoet sok iq tinggi tapi iq tiarap. Kalau pihak j&t ada itikad baik mengganti pasti sudah clear masalahnya. Mereka kan ada team investigasi. Seharus nya bukti TF dan percakapan transaksi sudah dapat di jadikan barang bukti. Karena TS memang bukan pedagang yg rutin melakukan transaksi. Kalau niat pihak j&t bisa investigasi. Kan alamat penerima dan non contact sudah jelas juga ada di database mereka. Tinggal konfirmasi apakah ada betul sesuai dengan transaksi nya. Orang2 seperti badoet ini berfikiran sempit bisa nya buat gaduh..

      10
      1
    • 21 September 2023 - (09:02 WIB)
      Permalink

      Songong amat ya.. Janganjangan ini oknum oknum yg suka …… Paketan j&t… Tidak mustahil jika ***** seperti ini boleh kerja di manapun… Mentalnya kaya rusak kuar dalam. Seumur saya kirim paket ke kostumer ya cukuo drop ke agen . Timbang dan bayar ongkir… Artinya itu sdh tanggung jawab penyedia jasa agar itu paket sampai tujuan dg selamat… Tapi kalo ga paham ya sekolah dulu aja

  • 20 September 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Senasib sama saya. Paket statusnya tertunda hilang/tidak ditemukan. CS via wa, e-mail maupun telp, jawabannya sama dan tidak solutif. Akhirnya paket ditemukan setelah sy lgsg telp/wa ke CP terakhir paket saya berada. Apa dari CS ada informasi lokasi terakhir paket ada dimana? Saran saya minta nomer telp collecting point/drop point ke CS, lalu langsung hubungi. Semoga bisa membantu

  • 20 September 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Kan udah sering dikasi tau kalo j&t itu bnyak malingnya..pokoknya usahakan jangan kirim barang lewat j&t…dulu juga tiki sangat terkenal tapi Krn bnyak malingnya akhirnya skrg gimana tuh nasib tiki?? J&t juga sama sbnarnya udah mau bangkrut , cuma mreka licik , buru buru gandeng shopee tuk wajibkan seller shopee pake j&t..padahal ya gitu, pengiriman lemot dan paket sering hilang di konter / drop off

    7
    0
  • 20 September 2023 - (18:53 WIB)
    Permalink

    kalau SOP claimnya harus pakai invoice ya mau gimana lagi
    bikin aja, cari di google banyak kok template invoice tinggal ganti nama saja

    2
    3
  • 20 September 2023 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Soal barang hilang saya sih kejadian juga bbrp x dgn berbagai ekpedisi…. untungny bisa ketemu karena kenal kurirnya. dibantu kayak pakai jalur belakang, jadi mereka pny jaringan grup wa atau semacamnya gtu antar agen/kurir. Lebih gampang urusnya daripada lapor secara resmi.

    Klo ga kenal kurir/agen sulit sekarang klo ada masalah.

  • 20 September 2023 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Sekali kali agen kurir itu dititipi barang yang bisa berubah jadi bom apabila dicuri atau digelapkan dengan alasan barang hilang, biar kapok.

  • 20 September 2023 - (21:49 WIB)
    Permalink

    Luar biasa perusahaan ini, bukannya koreksi diri dan berbenah malah munculin mahluk buat balas dan menghina…
    kayanya emang harus viral dulu kali ya biar masyarakat makin paham kualitas ini perusahaan……

    1
    1
  • 21 September 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Expedisi satu ini memang pencuri,ga expres ga cargo sama saja kelakuannya.
    Gw pernah barang hilang dstu juga dan saat konfirmasi ke cs pusat,dia balas chat gw pake emot ketawa..gw ss tuh buat bukti,.untung j&t tempat gw kirim tuh mau tanggung jawab sepihak tanpa libatin pusat,karna ga enak kantornya sebelahan sama kantor gw.wkwwkkwkw

  • 21 September 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    “Sayangnya packaging tidak saya foto, karena toh tidak ada SOP dan tidak diminta saat melakukan order kurir pada aplikasi J&T.”

    saya kalo kirim selalu tak foto biar kalo ada apa apa enak, dan kalo untuk invoice bikin aja sendiri pake nota beres.

  • 21 September 2023 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Solusinya ada bang biar cepet.

    Bikin Aja laporan kepolisian, jangan bikin laporan kehilangan. Tapi bikin laporan kepolisian, terlapornya agen yang nerima barang, terus laporan ya Fotocopy kemudian kasih copynya ke agennya. Emang butuh waktu Sama effort. Tapi kalo enggak gitu mungkin prosesnya enggak akan tau sampe kapan.

    1
    1
  • 21 September 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Ekspedisi ini menurut pengalaman saya memang bermasalah
    Saya sebagai penjual di ol Shop, sudah lama hapus ekspedisi ini di layanan kiriman

  • 22 September 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Haduuh j&t emg top memelihara maling, baru2 ini istri saya kirim paket pakaian gamis 2 pcs seharga 500 ribu ke pelanggan d tangerang. Setelah paket datang ke pelanggan, yg datang malah kaos oblong. Sdh 14 hari blm ada tanggapan dari pihak j&t. Istri jga sdh sy bilang, nnti jgn pke j&t lagi. Krn byk maling d j&t.

  • 22 September 2023 - (11:39 WIB)
    Permalink

    Ga ada aturan perasaan mem foto paket atau invoice, yg jelas paket tersebut dinyatakan hilang dan kita memakai asuransi pengiriman udah kewajiban mereka harus ganti rugi, kan itu gunanya asuransi.

  • 22 September 2023 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Pengalam saya pakai j&t memang buruk, sayangnya saya tdk bisa menghapus jasa pengiriman satu ini di shopee, klo ada barang retur gk langsung saya terima, status sudah di terima agen tapi sy tanyakan agen infonya blm ada dan emang butuh kesabaran buat sy dpt in paket returan, complain cs j&t ny, complain pihak agen dan compalin cs shopee nya dan selalu terulang² walapun memang returan itu sy terima setelah complain sana sini dan butuh bbrp hari, dan yg terakhir sy blm terima returan udh mw 1 bln dari status sudah di terima agen ampe bosen ngabisin waktu, tenaga, duit juga tlp cs kan, kadang suka bingung kok di pungut di shopee jasa pengiriman bermasalah gak agen gk kurir maling smw 😪

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Lelah Menuntut Tanggung Jawab dari Pihak J&T Selama 40 Hari

oleh Muchamad Ramdan dibaca dalam: 2 menit
22