Paket Pengganti Sudah Diterima Pembeli, tapi Dana Tidak Diteruskan ke Penjual

Saya salah satu seller di Tokopedia, mendapatkan komplain dengan nomor invoice pemesanan: INV/20230803/MPL/3381728368. Isi paket adalah cat semprot, dengan nomor resi JNE: 4718802300044967, yang terkendala keterlambatan pengiriman karena gagal X-ray. Kemudian pembeli chat saya, menanyakan apakah paket di-cancel dan saya jawab paket akan diteruskan pengirimannya.

Akhirnya secara sistem JNE, pada tanggal 2 September 2023, paket telah berhasil diterima oleh pembeli atas nama Mic****. Lalu saya sampaikan di pusat diskusi bahwa paket sudah diterima oleh pembeli pada tanggal 2 September 2023. Alangkah terkejutnya saya, ketika pembeli menginfokan barang belum diterima dan Tokopedia percaya begitu saja dengan omongan pembeli dan akan menginvestigasi ke pihak kurir tanpa cek di web kurir.

Karena saya mengacu pada data kurir bahwa paket sudah diterima tanggal 2 September 2023, saya hanya menunggu penerusan saldo ke saldo penghasilan penjual dalam waktu 2×24 jam sesuai SOP Tokopedia. Alangkah terkejutnya saya, paket yang tadinya sudah diterima pembeli, tiba-tiba pada tanggal 7 September 2023 berubah status menjadi diretur atas permintaan penjual. Padahal tidak ada konfirmasi ke penjual.

Kemudian karena saya tidak merasa meminta untuk meretur, akhirnya saya menghubungi pihak kurir untuk mengantar ulang paket tersebut. Namun usaha saya sia-sia, karena paket sudah diproses retur. Anehnya lagi, paket tersebut diretur dengan nomor resi yang berbeda dengan resi pertama, yaitu RTCGK23042148721, dengan alasan paket retur harus dikirim via darat.

Karena saya gak terima setelah paket retur itu dikembalikan, saya mengirim ulang paket ulang dengan nomor resi baru: 0242792300098266. Status paket sudah diterima pembeli, setelah dana dikembalikan ke saldo penghasilan pembeli.

Yang jadi pertanyaan saya:

  • Ke mana saja Tokopedia ketika status barang sudah diterima pembeli tanggal 2 September 2023?
  • Kenapa Tokopedia tidak menjalankan SOP, yang mana dana akan diteruskan ke saldo penjual dalam waktu maksimal 2×24 jam setelah barang diterima?
  • Apa yang dilakukan Tokopedia sehingga paket yang awalnya sudah diterima tanggal 2 September, diubah menjadi diretur tanggal 7 September 2023, tanpa konfirmasi penjual?
  • Bagaimana kredibilitas Tokopedia dasar paket diterima atau enggak hanya berdasarkan omongan pembeli?

Sampai detik ini Tokopedia tidak mengganti rugi sejumlah yang dibayar pembeli. Padahal paket pengganti sudah diterima pembeli. Jika paket sudah diterima, artinya paket merupakan milik pembeli dan wajib Tokopedia meneruskan ke saldo penghasilan penjual. Namun tidak dilakukan penerusan dana, hanya karena kepercayaan Tokopedia dari omongan pembeli bukan berdasarkan data.

Saya jadi bertanya terkait profesionalitas dan kredibilitas kinerja Tokopedia, jika hanya berdasarkan omongan semua bisa dimenangkan. Saya siap menempuh jalur hukum jika tidak ada itikad baik dari Tokopedia mengganti dana sesuai yang dibayar pembeli, karena paket pengganti sudah diterima pembeli.

Tri Darmawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Paket Pengganti Sudah Diterima Pembeli, tapi Dana Tidak Diteruskan ke Penjual

  • 23 September 2023 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Koq, “Lalu saya sampaikan di pusat diskusi bahwa paket sudah diterima oleh pembeli pada tanggal 2 September 2023 dst” setau saya semua akan mengacu dari sistem tokped kalau statusnya belum diterima atau tidak sinkron ya akan ikut tokped, dan biaa jadi si pembeli belum klik penerimaan barang makanya dana belum di lepas 2×24, dan tidak mengacu ke sistem expedisi.

  • 23 September 2023 - (14:39 WIB)
    Permalink

    Jelas sudah disampaikan di pusat diskusi bahwa paket sudah diterima disertai data tracking ekpedisi .Masak tokopedia tau barang atau enggaknya dari mana? Dari dasar omongan pembeli saja .Tentu semua pake data..

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Paket Pengganti Sudah Diterima Pembeli, tapi Dana Tidak Diteruskan ke …

oleh Tri dibaca dalam: 2 menit
5