Pembajakan NIK eKTP dan Nomor Kartu Keluarga oleh Pelanggan Telkomsel Corporate

Salam sejahtera. Melalui media ini, saya ingin melakukan komplain terhadap Telkomsel yang telah menggunakan NIK eKTP dan nomor Kartu Keluarga saya, untuk pelanggan Halo Telkomsel orang lain.

Berawal dari pengecekan NIK melalui website Telkomsel pada tanggal 13 September 2023 (https://my.telkomsel.com/prepaid-registration/check-status), pada tampilan web (pada kotak merah) tersebut terdapat 1 nomor Telkomsel yang bukan milik saya, melainkan milik pelanggan corporate. Hal ini didapat setelah dilakukan pengecekan di Grapari Karawang, pada tanggal 17 September 2023.

Awalnya CS a.n. F**** terlihat cuek menanggapi komplain saya, dengan alasan “salah input NIK”. Namun saya tetap bersikeras, bahwa hal itu tidak mungkin karena untuk melakukan pengecekan di website itu harus input NIK eKTP dan nomor KK, jadi tidak mungkin ada salah input. Perlu diketahui penyalahgunaan NIK dan nomor KK adalah tindakan pidana yang dapat merugikan pemilik NIK tersebut.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pelanggan corporate wajib menggunakan NIK ? Atau ada faktor kesengajaan? Sebab sejauh yang saya ketahui registrasi NIK dan nomor KK hanya untuk pelanggan personal, bukan corporate.

Tanggal 25 September 2023, saya coba klik link cek status tersebut, tapi sudah di-take down. Jadi sampai saat ini, saya tidak mengetahui apakah NIK dan nomor KK saya masih dibajak oleh pelanggan corporate tersebut. Mohon kepada pihak Telkomsel agar dapat memberikan klarifikasi perihal tindak kejahatan pembajakan NIK dan nomor KK pelanggannya.

Terima kasih.

Sukarna Lukita
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

20 komentar untuk “Pembajakan NIK eKTP dan Nomor Kartu Keluarga oleh Pelanggan Telkomsel Corporate

  • 27 September 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    saya barusan iseng iseng ngecek juga ternyata no NIK dan KK saya teregister atas no lain juga… bahaya ya..

    6
    2
    • 28 September 2023 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Nik saya juga pernah dipakai pelanggan telkomsel lain. Tapi saya tdk tahu siapa namanya. Akhirnya saya ke grapari minta dihapus nomor yg menyalahgunakan nik saya. Ternyata setelah saya cek lagi nik ayah dan ibu saya juga dipakai pelanggan telkomsel lain. Mau saya minta dihapus, tapi sama cs diminta orang tua saya yg datang sendiri. Padahal saya bawa KK asli. Ngeri klo sampai nomor telkomsel ya disalahgunakan, kita bisa² kena masalah.

  • 27 September 2023 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Langsung saya cek no Nik saya & istri di telkomsel, ternyata aman…

    Cukup menyesakkan juga kalo ternyata no Nik yang notabene milik kita pribadi bisa disalahgunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab…

    4
    2
    • 27 September 2023 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, Telkomsel selalu memberikan yang terbaik. Tetapi kenapa yah saya kalo isi paket/ pulsa selalu habis tiba2 apakah itu disadap oleh orang lain mohon informasikan pak.. Karena setiap habis isi pulsa 10 menit tiba-tiba habis..

  • 27 September 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Kalo saya di tagihan telkomsel ada biaya layanan digital, tapi beda2 harganya tiap bulan sekitar 20rb sampai 40rb, tapi setelah d cek di my telkomsel tidak ada langganan layanan digital.

    2
    2
    • 27 September 2023 - (22:56 WIB)
      Permalink

      Akses mobile banking (BCA) dikenai tarif layanan digital telkomsel (walau pake wifi connect nya). Langsung bengkak tagihan Halo kalo di bulan bersangkutan sempat login.

  • 27 September 2023 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Waktu awal2 pemberlakuan NO NIK dan KK untk register simcard, NIK dan KK adik saya malah dipake (tanpa sepengetahuan adik saya) oleh org lain, saya dan adik saya tau karna pas mendatangi gerai diberitahu oleh CS yg melayani (setelah dicek di komputernya). Bahkan si CS itu sampe bingung knp bisa terjadi begitu, dan mayoritas yg memakai NIK dan KK adik saya adalah org luar (asing). Saya langsung minta takedown nmr2 yg memakai data adik saya.

    3
    2
  • 27 September 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Kok sama data saya juga dipake untuk halo orang lain , kata cs mereka kalo mau tutup harus lunasi tagihan lah itu bukan nomor saya , bahaya telkomsel ini.

    3
    2
  • 27 September 2023 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Nah lohh..di tunggu jawabannya telkomsel. Apakah kebocoran data benar2 terjadi di telkomsel.

    3
    2
  • 27 September 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Bukan kebocoran data tapi ada oknum dari pemerintahan atau swasta yg jual beli foto copy KK biasanya 1 KK di hargai seribu rupiah itu yg saya tau.jadi siapa pun gk ada yg aman datanya bisa di pakai untuk registrasi model kaya gini

    4
    2
    • 27 September 2023 - (17:05 WIB)
      Permalink

      bener instansi pemerintah yang biasa butuh fc KK orang dlm ini yg suka bocorin datanya, tak ada data yg aman dinegeri wakanda chuakz

      3
      1
  • 27 September 2023 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Patut diduga penggunaan nik orang lain tanpa izin bisa jd digunakan utk kejahatan, kalau memang niat baik kenapa tdk pakai nik sendiri, saya sarankan peda pelanggan yg jadi korban utk menuntut 1000milyar kpd siapapun yg penyalahgunaan nik dan dpt memggandeng pengacara hotman Paris dkk

    • 27 September 2023 - (22:50 WIB)
      Permalink

      ini kejadian pas awal2 di berlakukan nya registrasi menggunakan KK/NIK.
      dulu saya juga lupa tahun berapa PS di berlakukan itu masih SMA. asal make KK dan nik aja yg penting aktif. Bahkan ada tmn yg bawa KK 1. itu aja di pake di tongkrongan . dulu belum tau data2 yg pnting asal pake.

  • 27 September 2023 - (22:49 WIB)
    Permalink

    ini kejadian pas awal2 di berlakukan nya registrasi menggunakan KK/NIK.
    dulu saya juga lupa tahun berapa PS di berlakukan itu masih SMA. asal make KK dan nik aja yg penting aktif. Bahkan ada tmn yg bawa KK 1. itu aja di pake di tongkrongan . dulu belum tau data2 yg pnting asal pake.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pembajakan NIK eKTP dan Nomor Kartu Keluarga oleh Pelanggan Telkomsel …

oleh SUKARNA LUKITA dibaca dalam: 1 menit
20