Tokopedia Membatasi Promo pada Akun Saya

Perkenalkan, nama saya Adi Purwanto, pemilik akun Tokopedia dengan alamat email oohad**@gmail.com. Saya dituduh oleh Tokopedia melanggar ketentuan promo dari Tokopedia. Padahal, di bulan sebelumnya saya cuma mengambil promo yang tersedia saja di pilihan promo Tokopedia, dan akun saya cuma 1 karena saya tidak memiliki hp yang lain.

Lantas, apakah saya mengambil promo yang tersedia di akun saya sendiri itu adalah salah saya? Dan Tokopedia langsung memvonis saya bersalah tanpa mendengarkan penjelasan dari saya. Saya berharap MK dapat menjembatani antara saya dengan Tokopedia agar hal seperti ini tidak terulang kembali. Karena saya juga punya beberapa e-commerce seperti Blibli dan Shopee, pun tidak pernah memperlakukan saya seperti ini.

Berikut ini merupakan histori pembelanjaan terakhir saya sebelum akun saya kena banned.

Di sini saya cuma mengambil promo bulanan CIMB yang rutin ada setiap tanggal 1, dan aku isikan di token saya sendiri, dan voucher itu pun nempel dan disediakan oleh Tokopedia. Lantas, kalau saya dibanned oleh Tokopedia karena menggunakan promo yang disediakan di akun saya, lantas kenapa promo tersebut disediakan?

Adi Purwanto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Tokopedia Membatasi Promo pada Akun Saya

  • 5 Oktober 2023 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Halo mas adi, kami turut prihatin atas masalah yg menimpa mas adi. Wah wah, promo potongan harga / cashback ecommerce baik yg organik maupun dr bank itu jebakan batman mas. Percuma ikut WAR stp jam 00.00, 11.00 , dsb karena Semakin sering dipake, semakin tinggi potensi akun dimandulkan. Apalagi kalo uda sampe diamond atau platinum, makin tinggi pula resiko akun mandul.

    Dari pengalaman ku dan tmn2 ya mas, Pemandulan akun itu nggak cuma dipengaruhi kesamaan data dgn akun lain. Sering menang WAR (Dapet diskon, cashback, dsb yg organik bahkan yg dari bank) itu juga menyebabkan akun mandul. Itu ngga cuma berlaku di tokped doang, Blibli dan Shopee jg sama. Ini tingkatan ecommerce yg paling sering mandulin akun yg WAR Promo bank & organik :
    1. Tokped
    2. Blibli
    3. Shopee

    Biasanya kalo sekali udah kena mandul misal di tokped, di ecommerce lain kyk bli2 dan shopee mengikuti. Mas Adi Purwanto dgn no hp sekian yg terdaftar di ecommerce tsb berpotensi jg terkena pembatasan promo. Dulu kalo udah dimandulin, solusinya ya ganti no.hp (pas cabe msh dlm bentuk point). Sekarang msh relevan atau ngga, ane blm eksperimen. Ane harap ada komentar rekan medkom lain yg lbh expert ttg gimana cara normalisasi akun yg dibatasi promonya.

    Meskidemikian, pembatasan promo jg wewenang tokped. Justifikasinya dr history transaksi mas. Semoga tokped bisa lebih ramah pada klan pejuang promo yg sering menang WAR. 😅 ups

    7
    1
    • 5 Oktober 2023 - (18:31 WIB)
      Permalink

      Masalahnya saya di bulan sblmnya tuh kyk ketinggalan promo kak di tokped, krn keseringan belanja di blibli…
      Semoga deh kak yg lain ga ngikut mengingat shopee ama blibli aku baik² saja krn sering belanja, tapi tolong dong kak ajak temannya buat tanggepin disini biar tokopedia sadar bahwa apa yg dilakukannya salah

      2
      3
      • 5 Oktober 2023 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Cuman 1x sudah lesu kayak kiamat, saya sudah berkali2 kena pelanggaran ini biasa2 saja, ya nikmati saja yg penting ngak di blok akun kamu.

        • 6 Oktober 2023 - (08:13 WIB)
          Permalink

          Lesu lah kak akun cm 1
          Aku jg perlu kulakan kak di tokped
          Lah ini kan termasuk dah diblok kak akun saya

          1
          1
  • 5 Oktober 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Beberapa alasan kenapa akun tokped kena Softband :

    -Alamat pengiriman/metode pembayaran,ada kemiripan dengan akun lain baik 1 keluarga bahkan tetangga.

    -Pernah login dan logout di hp yg berbeda,dan hp tersebut pernah dipake login akun lain.Atau login di aplikasi kloningan macam Parralel Space.

    -Pernah melakukan orderan dengan alamat yg berbeda dari biasanya.

    Solusi : Banding ke CS Tokped

    Semoga akunnya pulih.

    1
    1
    • 6 Oktober 2023 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Saya gapernah sekalipun login logout di device lain
      Orderan jg selalu dikirim di alamat yg sama
      Klo tetangga yg pesen ada sih kak, dpn rmh… tp aneh ini tokped hrsnya kan dia verifikasi ktp ya jd setiap org hanya bs punya 1 akun

  • 5 Oktober 2023 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Saya ini dari 2020 sampe skrg gapernah ganti ho dan ga pernah log out login di hp org kak
    Klo ada alamat yg mirip sih iya ada tetangga depan rmh tuh sering pesan lwt tokped jg, dulu pernah disangkain 1 identitas padahal beda nama jenis kelamin dan beda kk jg
    Tp masa iya hanya krn tetangga sering belanja saya yg disalahin jg 🙁

    1
    2
  • 7 Oktober 2023 - (09:58 WIB)
    Permalink

    emang gitu sistem tkp bayarin tagihan/pulsa orang pake promo juga kena baned intinya 1 akun buat sendiri

    • 8 Oktober 2023 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Hahaha iya kak makanya itu
      Masalahnya ini saya uda ati² bgt
      Dalam sebulan itu dah ketinggalan bbrp promo soalnya fokus ke blibli ya
      Eh malah ke soft banned

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopeda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Membatasi Promo pada Akun Saya

oleh Adijkstra dibaca dalam: 1 menit
10