Shopee Melindungi Pembeli Nakal, Keputusan Admin Mediasi Shopee Merugikan Penjual

Terima kasih Media Konsumen telah mengijinkan surat pembaca ini untuk diterbitkan. Pada kesempatan kali ini, saya mengajukan komplain tentang keputusan admin mediasi bagian pengembalian barang dan dana, karena memihak pada komplain pembeli yang merugikan penjual.

Kejadian ini bermula dengan pembeli dengan user “aether113” yang membeli produk sepeda pada toko saya “Toko Sepeda Modern,” yaitu sepeda balap dengan jasa kirim JNE Trucking dikirimkan dari Sidoarjo menuju Kota Yogyakarta pada tanggal 21/09/23 sampai diterima pada tanggal 25/09/23 oleh bersangkutan.

Sebelum melakukan transaksi, pembeli menanyakan perihal garansi, dan keamanan packing, dan pihak toko sudah menjelaskan tentang garansinya. Lalu saat produk sudah diterima, pembeli terlihat bingung dengan menanyakan cara merakit dan cara pemakaian produk sepedanya.

Pihak toko sudah menjelaskan dengan menonton video YouTube cara merakit sepeda atau bisa dibawa ke bengkel, karena di deskripsi sudah dijelaskan bahwa produk belum dirakit dan segel dus. Mau beli produk apapun juga seharusnya masih segel dus atau perlu dirakit dulu.

Pada keesokan harinya tanggal 27 September, pembeli chat kepada penjual bahwa sepertinya pembeli salah membeli produk sepeda. padahal seharusnya jika ingin membeli suatu barang harus mengerti dan menyesuaikan ekspetasi dengan barang aslinya, atau minimal bertanya kepada seller/menonton review barang di Youtube. Entah karena barang tidak sesuai ekspektasi, tiba-tiba pembeli mengajukan komplain dengan alasan barang baret dan cacat di nomor pengajuan 2309300NXF2YNCA.

Di sini kami mulai kecewa dengan komplain pembeli yang sudah menggunakan produk, digowes hingga ban kotor bekas tanah lalu dikomplain pengembalian barang dengan alasan barang cacat. Kami juga cek penilaian penjual terhadap pembeli “aether113,” yaitu 3 bintang. Pantas saja jika pembeli ini suka bermasalah dengan penjual dan suka melakukan komplain tanpa dasar.

Padahal packing dari toko dan pabrik sudah dilengkapi dengan bubble pada bagian frame tersebut sehingga mengurangi gesekan atau baret. Pembeli mengajukan komplain kepada Shopee, dan pihak penjual menolak pengajuan komplain dikarenakan kondisi ban sudah bekas dan kotor tersebut tidak sesuai kondisi awal baru.

Namun pihak Shopee langsung memutuskan untuk menyetujui pengembalian barang dan dana pihak pembeli, tanpa mengizinkan penjual memberikan bukti kondisi awal packing yang sudah sesuai dengan dilengkapi bubble dan dus tebal.

Berikut adalah kondisi awal packing produknya:

Padahal menurut peraturan Shopee (https://seller.shopee.co.id/edu/article/16761), penjual dapat mengajukan banding jika untuk pengembalian barang/dana, dengan ketentuan berikut ini: Menerima pengembalian produk dengan kerusakan fisik, namun pihak admin Shopee malah menyetujui pengembalian barang dan dana dari pembeli tersebut.

Meskipun untuk penjual akan dilakukan klaim kepada jasa kirim, namun ini tidak jelas dan memakan waktu yang lama. Apakah benar dana dicairkan penuh ke penjual atau tidak, ini jelas sangat merugikan pihak penjual. Padahal jelas-jelas pembeli mengembalikan barang dikarenakan tidak sesuai ekspektasinya yaitu berubah pikiran, dan pihak penjual dirugikan dengan barang yang rusak dan bekas seperti ini tidak dapat dijual kembali.

Pihak admin mediator Shopee terkesan tidak hati-hati dalam mengambil keputusan, dan tergesa-gesa mengamankan keputusan kepada pembeli yang komplain tanpa bukti yang jelas, yaitu video unboxing paket dari awal, dan sudah jelas pada bagian ban produk sepeda sudah dalam keadaan kotor dan bekas pakai.

Seharusnya jika pembeli tidak cocok sedari awal, tidak perlu dirakit dan dicoba hingga kondisi ban dalam keadaan bekas tanah dan kotor. Penjual sepeda mana yang mau barangnya dicoba hingga ban kotor lalu tidak jadi dibeli dan dikembalikan seperti itu?

Sebenarnya saya sudah enggan membuat surat pembaca ini karena kejadian sudah sering penjual dirugikan oleh pembeli, namun saya sudah terlanjur kesal dengan perlakuan admin mediasi Shopee sehingga saya menerbitkan surat pembaca ini agar dapat dilakukan perbaikan tentang pengambilan keputusan admin mediasi Shopee.

Sekian surat pembaca saya, semoga surat pembaca ini dapat dilihat oleh bagian atasan mediator Shopee untuk dilakukan evaluasi kembali tentang masalah pengembalian barang dan dana ini agar tidak merugikan penjual.

Christian Budi Hartanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Shopee Melindungi Pembeli Nakal, Keputusan Admin Mediasi Shopee Merugikan Penjual

  • 6 Oktober 2023 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Salah anda kenapa jualan di Shopee, itu ajah sih, bergantung pada lapak orang harus ikut aturan mereka walaupun dirasa kurang adil, jualan dilapak sendiri ya kita sendiri yg buat aturan

    5
    63
      • 7 Oktober 2023 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Makanya lo baca aturan dan rules yg ada di Shopee, segala keputusan oleh pihak Shopee tidak bisa di ganggu gugat, udah tau gitu masih jualan di lapak orang dan udah dikasih keputusan masih tetap jualan disitu, gak sekalian ajah bawa ke jalur hukum, minta keadilan bukan pada tempat nya, karena di dunia ini harus pintar pintar mencari lapak dengan usaha maksimal dan tidak tergantung pada tempat orang lain yg bisa merugikan diri sendiri, jadi tanggung resiko sendiri karena semua aturan udah di baca dan disetujui, paham?

        22
    • 8 Desember 2023 - (07:47 WIB)
      Permalink

      Kepada yth bapak Christian Budi Hartanto. Perkenalkan saya Fadila Mahasiswa UIN Malang. Saya tertarik untuk melakukan penelitian terhadap kasus atau cerita yang bapak kirim di media konsumen ini. Jikalau berkenaan bolehkah saya menghubungi bapak secara langsung melalui Wa. Terima kasih atas perhatiannya.

  • 6 Oktober 2023 - (13:48 WIB)
    Permalink

    Ngaco banget admin nya. Mau baret kek, karatan, patah, dll… Kalo namanya barang dikirim baru trus dah dipake ya ngga bisa retur. Sedih banget jd penjual di shopee.

    32
    0
    • 7 Oktober 2023 - (05:54 WIB)
      Permalink

      Kan ada lagunya sekarang, sopi ceode sopi ceode, pake dulu baru retur, sopi ceode sopi ceode, pakeee dulu baru retuuurrrr, chuchuchuchuuaaakksss

  • 6 Oktober 2023 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Ada istilah Pembeli adalah raja , menurut saya apa yg di lakukan shopee sudah benar melayani komplain sang raja

    6
    25
  • 6 Oktober 2023 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Terima dan nikmatin aja selagi anda jualan di shopee ini bagian dari resiko jualan online di shopee dan tidak ada solusi.sering2 baca di MK dan emank tidak ada solusi kalau model komplen yg kaya gini.jadiin pengalaman.

    2
    1
  • 6 Oktober 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Jangan jualan di shopee lah, busuk penanganan komplin, ot*k cs nya sudah Ga berfungsi sehingga hilang sisi kemanusiaanya.

    • 6 Oktober 2023 - (21:46 WIB)
      Permalink

      miris ya…..barang sudah di pakai direturn, gak ada otak pembelinya….dampak ke penjual sudah jadi barang seken, shopee kurang profesional…..ancor kayak gitu klu pedagang….🤔

      13
  • 6 Oktober 2023 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Korban buat artikel ini untuk meminta keadilan, masnya lagi di uji,namanya kita jualan pasti ada aja,balasan komentar disini pun rata rata orang berotak dangkal,sabar ya

    9
    1
  • 6 Oktober 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Kalau begini kayaknya sebagai seller jg harus hati2. Buyer d bawah bintang 4 gak usah d layanin dah, kayaknya bakal ribet. Nanti rugi lagi.

  • 7 Oktober 2023 - (05:00 WIB)
    Permalink

    dibuat tulisan brg yg sudah dirakit dan dicoba tdk dpt dikembalikan

    membeli = setuju

    4
    1
  • 7 Oktober 2023 - (06:14 WIB)
    Permalink

    Shopee ****** emang entah admin nya pinter atau bodoh admin shopeenya atau apa cr kerja biar cepet beres kerjaan dia cepet pulang ,

    enak bener dah dipakai bisa di retur….
    Besok2 ada yg beli hp ipon 15 dah dipake 1hari buat gaya terus diretur alasan baret dilayar Krn user nya yg beli nakal kesalahan dia trs dinyatakan boleh retur pinter ya shopee,

    Tapi pengalaman saya jualan hp bekas di shopee pasti saya belikan buyer nya ke lapak ijo bodo amat toko orange direpot dr pd ketemu buyer nakal shopee dan ketemu kurir nakal shopee barang hilang cuman di ganti 10x dr harga ongkir….

    Saya ngiklan di shopee cmn buat spam iklan saja ntr pas transaksi saya arahkan ke tempat yg aman yg ada asuransi nya jadi buyer tenang , seller tenang jika ada apa2 dengan paketnya…

  • 7 Oktober 2023 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Mungkin harus di bikin peraturan kalo barang di atas harga 500rb Atawa 1jt kalo sudah di unboxing tidak dapat di return Atawa di kembalikan.membeli =setuju

  • 7 Oktober 2023 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Ibarat beli makanan, makanannya sudah dimakan setengah, terus komplain sama yang jual. Minta dikembalikan uangnya. Ada ada aja macam manusia di negara +62.

  • 7 Oktober 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    khan di shoprettt itu udah jelas iklan nya, pake dulu baru bayar !!!!!!! wkwkwkkwwwkwķķķk ga cocok balikin , itu loh yg iklan nya “sompret COnDean”

    sue khan jualan di si sompret!!!!!

  • 7 Oktober 2023 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Admin Shopee kan robor. Mereka gk pernah berani berhadapan langsung baik dengan pembeli atau penjual karena di otak Shopee yg penting duit, terserah kalian mau untung atau rugi.
    Jadi klo belanja atau jualan di Shopee harus tau resiko nya karena mrk TIDAK PERNAH MELINDUNGI PEMBELI ATAU PENJUALNYA.

    • 7 Oktober 2023 - (14:31 WIB)
      Permalink

      Udah terlanjur basah, ya terima aja, terus jual murah lagi di syopi.
      Mending sebelum kirim sepeda, video call an ato kirim video dulu ama calon pembeli mengenai kecocokan barangnya. Kalo orangnya masih ragu dan agak bolot, ga usah diladeni.

  • 7 Oktober 2023 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Wah, jadi gitu ya caranya. Saya pernah beli barang (rak piring plastik) rusak (retak2 dan hancur diujung 2) sungguhan karena perjalanan, saya ajukan komplen pengembalian dana nggak diterima. Padahal yg modus gini malah diterima komplen nya. Heraaan

 Apa Komentar Anda mengenai mediasi Shopee?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Shopee Melindungi Pembeli Nakal, Keputusan Admin Mediasi Shopee Merugi…

oleh rudi dibaca dalam: 3 menit
29